fbpx

Waktu Olahraga untuk Mengecilkan Perut yang Tepat & Caranya

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Hal yang lebih penting dari waktu adalah kemauan dan niat Anda untuk konsisten berolahraga. Jadi, setelah tau waktunya, jangan tunda prakteknya!

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Anda sudah sadar kan membiarkan perut buncit dalam waktu yang panjang berpotensi memicu bahaya? Maka, ini saatnya Anda mengetahui waktu olahraga untuk mengecilkan perut beserta caranya. 

Ketika sudah tau dan mempraktekannya, Anda terhindar dari berbagai resiko penyakit yang diakibatkan perut buncit, antara lain:

  • Hipertensi
  • Diabetes
  • Jantung
  • Penyakit Hati
  • Kanker

Waktu Olahraga untuk Mengecilkan Perut

Waktu Olahraga Mengecilkan Perut

Jika perhatian Anda mengecilkan perut yang berisi lemak,waktu yang disarankan adalah pagi hari saat perut masih kosong. Dengan kata lain, sebelum sarapan, kira-kira pukul 05.00-07.00 pagi.

Waktu olahraga mengecilkan perut ini akan ‘memaksa’ tubuh Anda membakar lemak sebagai energi saat berolahraga, alih-alih membakar karbohidrat. Maka, menurut berbagai studi, cara ini mampu membuat lemak lebih banyak terbakar hingga 20%.

Hanya saja, pilihan waktu ini hanya aman jika Anda memilih olahraga ringan seperti jogging dengan durasi yang tidak terlalu lama, cukup sekitar 30 menit. 

Sebaliknya, jika Anda memilih olahraga yang lebih memakan energi dengan durasi panjang, Anda tidak disarankan melakukannya dengan perut kosong.

Karenanya, apabila Anda ingin memilih olahraga yang membutuhkan energi lebih banyak, waktu yang lebih tepat adalah;

  • Pagi hari, 2-3 jam setelah makan
  • Sore hari

Mengutip Healthline, jika Anda memilih sore, maka waktu terbaiknya antara pukul 14.00 hingga 18.00. 

Dalam rentang waktu tersebut, suhu tubuh sedang tinggi dan kinerja tubuh untuk berolahraga bisa maksimal. Tentu, Anda bisa lebih optimal dalam melakukan berbagai jenis olahraga dalam durasi lebih panjang.

Antara pagi dan sore hari, pada dasarnya memiliki keunggulan masing-masing yang bisa Anda pertimbangkan.

Kelebihan Pagi HariKelebihan Sore Hari
Meningkatkan mood sepanjang hari karena melepas hormon endorfin di awal hari..Otot ada pada kondisi terbaik untuk berolahraga karena suhu tubuh saat sore umumnya hangat.
Membantu mengontrol nafsu makan dan menurunkan berat badan.Daya tahan berolahraga saat sore umumnya lebih panjang ketimbang pagi hari,
Meningkatkan metabolisme tubuh.Sore hari tubuh lebih reaktif dan lincah.

Cara Olahraga Mengecilkan Perut

Olahraga apa yang cepat mengecilkan perut? Terdapat beberapa olahraga yang dipercaya mampu mengecilkan perut, antara lain:

  1. Jogging

Olahraga ringan ini bisa Anda lakukan 3-5 kali seminggu dengan durasi 20 hingga 30 menit. Jika Anda mencoba memilih waktu sebelum sarapan, jogging akan cocok.

Namun tak salah jika Anda melakukannya sore hari, karena bisa membantu Anda melepas stress dan bisa dilakukan dalam durasi lebih lama.

  1. Side Plank

Ada beberapa gerakan plank yang bermanfaat untuk mengecilkan perut, namun yang paling populer adalah side plank. Cara melakukannya sebagai berikut:

  • Berbaringlah di lantai dan menghadap ke sebelah kiri.
  • Angkat separuh tubuh Anda dengan bertumpu pada siku bagian kiri.
  • Tumpuk kaki kanan di atas kaki kiri.
  • Bentangkan lengan kanan ke atas.

Jika sudah terbiasa, Anda bisa melakukannya hingga 2 menit. Namun, kalau masih pemula, cukup lakukan 10-15 detik saja untuk menghindari resiko yang tidak diinginkan. Anda bisa melakukannya baik pagi maupun sore.

  1. Sit up

Anda sudah tahu kan sit up? Latihan fisik ini sering diajarkan di sekolah. Sebenarnya, gerakan bagus juga untuk mengecilkan perut. Cukup 2-3 set per hari, dengan 1 set sebanyak 10 kali sit up, perut buncit bisa perlahan rata kembali.

  1. Zumba

Latihan zumba yang menguras keringat juga bisa Anda pilih. Kalori akan banyak terbakar dengan variasi gerakan yang banyak dan penuh semangat.

Namun, sebaiknya perut Anda sudah terisi 3-4 jam sebelumnya dengan asupan karbohidrat dan protein lebih banyak. 

  1. Berenang

Renang juga cara yang bagus. Berenang dengan durasi 20-30 menit setidaknya 3-4 kali seminggu bisa membantu mengecilkan perut.

Sebelum berenang, jangan biarkan perut benar-benar kosong, karena akan memicu resiko keram lebih tinggi. Selain itu, Anda perlu mengawalinya dengan pemanasan untuk menghindari resiko yang sama.

Rekomendasi

Selain berolahraga yang benar, Anda juga perlu mengimbangi ikhtiar Anda dengan pola hidup dan pola makan yang sehat. Tentu, agar hasil yang Anda dapatkan bisa benar-benar optimal.

Menambahkan konsumsi susu kambing etawa dari Supergoat setelah berolahraga juga sangat bagus. Susu kambing mampu membantu membentuk otot tubuh setelah olahraga.

Jadi, selain  mendapatkan manfaat dari jenis dan waktu olahraga untuk mengecilkan perut, bentuk tubuh Anda akan semakin bagus dengan otot yang terbentuk. Menarik bukan?

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Artikel Terkait:

Berlanggaan Gratis!

Dapatkan pemberitahuan artikel menarik dari Supergoat, dengan berlangganan newsletter dibawah ini. Terimakasih :)

Tinggalkan komentar

Ingin Jadi Mitra Kami?

Isi form ini dan kami akan menghubungi Anda.

Pastikan data di atas sudah benar, setelah klik Join Mitra, Anda akan dibawa ke chat WA admin, silakan lanjutkan klik kirim dan jangan hapus pesan.

Form Pemesanan Supergoat

Penting!! Pastikan data di atas sudah benar, setelah klik Pesan Supergoat, Anda akan dibawa ke chat WA admin, silakan lanjutkan klik kirim dan jangan hapus pesan.