fbpx

9 Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga Mudah & Minim Modal

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Jangan sampai usaha Anda membuat kewajiban rumah tangga terbengkalai. Langkah mencegahnya bosa Anda sejak dari pemilihan jenis usaha.

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Bosan dengan rutinitas ibu rumah tangga yang begitu-begitu saja? Mengapa Anda tidak mencoba usaha sampingan ibu rumah tangga? Selain mengisi waktu, Anda juga bisa turut membantu perekonomian keluarga.

Bahkan, siapa tau, usaha yang Anda mulai ini bisa sukses dan mendapat keuntungan besar. Banyak lho ibu rumah tangga yang mengalami hal tak terduga ini.

Kalau Anda tertarik dengan pekerjaan sampingan ibu rumah tangga yang menghasilkan uang, Anda bisa memulainya dengan ide-ide usaha berikut ini!

1. Katering Rumahan

Anda senang masak? Pernah mendapat pujian masakannya enak dari suami, anak, atau mertua di meja makan?

Jika pernah, ketahuilah bahwa itu potensi. Anda bisa mengerjakannya sendiri atau bekerja sama dengan tetangga sekitar. Persis yang dilakukan Cynthia Tenggara yang merintis Berry Kitchen. 

Usaha bermula dengan mempekerjakan 3 orang. Kini, pegawainya sudah ratusan dan sanggup menerima order ribuan box per hari. Menariknya, usaha ini juga sebenarnya tergolong usaha sampingan untuk ibu rumah tangga tanpa modal.

Modal:

  • Kemampuan masak (kemampuan pribadi/tetangga/rekanan)
  • Jejaring perkenalan ke kantor, komunitas, lembaga, pengurus RT/RW, dsbg.
  • Kemauan marketing dan promosi (bisa lewat WA atau media sosial)

2. Tata Rias (Make Up Artist)

Anda menginginkan waktu yang lebih senggang dalam pekerjaan? Kalau Anda menjawab iya, menjadi make up artist bisa menjadi pilihan.

Melakoni pekerjaan ini, umumnya hanya menyita waktu Anda saat weekend. Terutama, ketika ada pernikahan atau event-event tertentu. Jadi, kewajiban Anda selaku ibu rumah tangga tidak akan banyak terusik.

Keuntungannya juga tak dapat dibilang sedikit. Hanya saja, syaratnya Anda mau belajar dan menguasai skill-nya.

Modal:

  • Belajar ikut kursus, bisa datang ke salon terdekat dari rumah Anda
  • Perlengkapan make up
  • Kemauan marketing dan promosi, lebih bagus jika menjalin kerjasama dengan Event Organizer

3. Bisnis Tanaman Hias

Belakangan ini, tren merawat tanaman sedang tinggi. Durasi waktu masyarakat yang lebih lama di rumah, mendorong mereka senang mempercantik lingkungan rumahnya.

Peluang untuk sukses, semakin tinggi jika pada dasarnya Anda adalah orang yang memang suka merawat bunga. Terlebih, jika setiap harinya Anda sudah biasa mengalokasikan waktu untuk menyiram tanaman dan mendekorasi sendiri.

Namun, bukan berarti Anda yang saat ini belum akrab dengan tanaman hias bisa mengabaikan peluang ini. Toh, modalnya juga minim kok. 

Modal:

  • Tanaman hias dan bibit, jumlahnya sesuai dengan anggaran awal bisnis
  • Kemampuan membaca tren-tren tanaman hias di sekitar
  • Kemauan promosi dan marketing, dapat dimulai ke tetangga dekat rumah atau lewat online

4. Jasa Les Anak-Anak

Anda punya potensi mengajar namun selepas menikah dan jadi full time mother tak pernah tersalurkan? Jika itu adanya, mungkin sudah saatnya kini Anda menyalurkannya.

Membuka les atau belajar tambahan, sangat cocok jika Anda tinggal di daerah dengan karakter orang tua sibuk seperti perkotaan. Bagi keluarga yang suami-istri sama-sama bekerja, mendaftarkan anak ke tempat les adalah pilihan bijak ketimbang membiarkan anak lebih banyak bermain.

Untuk mengawalinya, Anda sebaiknya tak langsung mematok harga tinggi. Mulailah dengan niat membantu hingga pada akhirnya orang tua yang menitipkan anaknya bisa melihat sejauh mana pengaruh Anda bagi anaknya.

Modal:

  • Spanduk di depan rumah atau promosi mulut ke mulut
  • Belajar lagi untuk meningkatkan kemampuan pedagogik
  • Ruang belajar bisa di ruang tamu, alat cukup beli meja kecil, papan tulis, serta spidol

5. Penjahit Rumahan

Usaha menjahit tak pernah sepi. Bagaimanapun, kebutuhan manusia terhadap sandang (pakaian) tak pernah ada habisnya.

Apalagi, belakangan tumbuh bisnis-bisnis pakaian level UMKM. Biasanya, bisnis ini belum sanggup bekerja sama dengan vendor konveksi besar hanya menerima order minimum beberapa kodi. Sebagai alternatif, bisnis ini biasanya bekerjasama dengan penjahit rumahan.

Melihat fakta di atas, Anda mestinya menangkap ini sebagai peluang. Selain bekerjasama dengan pebisnis pakaian, Anda juga bisa membuka order dari tetangga, saudara, atau teman di dunia online.

Modal:

  • Seperangkat alat jahit dan skill belajar, Anda bisa belajar lewat kursus
  • Relasi dan kemauan untuk promosi
  • Satu petak tempat menjahit di salah satu sudut rumah

6. Bisnis Kerajinan Tangan

Tangan Anda terampil dalam mengolah benda-benda tak bernilai menjadi bernilai? Kalau iya, Anda hanya perlu sedikit mengasah kemampuan dan meningkatkan percaya diri untuk melakukan pemasaran.

Bisnis kerajinan tangan ini tak bisa Anda anggap sepele. Sebagai inspirasi, Anda bisa tiru sosok Neni Dwi Kurniawati yang merintis bisnis jenis ini dengan modal hobi. Jadi, kalau Anda punya kesamaan hobi, Anda tentu bisa menirunya.

Dengan tangannya, ia membuat berbagai hiasan dinding unik dari bahan-bahan seadanya seperti sendok makan dan talenan. Harganya dari puluhan hingga ratusan ribu.

Modal:

  • Memiliki tangan terampil/ hobi
  • Bahan-bahan kerajinan, jumlahnya menyesuaikan modal
  • Kemauan dan kemampuan promosi, bisa bekerjasama dengan marketplace kerajinan tangan

7. Day Care (Penitipan Anak)

Ketika semakin banyak ibu rumah tangga yang beralih menjadi pekerja pabrik atau kantoran, Anda bisa ikut berpenghasilan meski tetap berada di rumah.

Fenomena di atas bisa menjadi peluang bagi Anda untuk membuka jasa penitipan anak atau sering disebut daycare. Agar tidak terkesan seperti penitipan biasa yang dibayar seikhlasnya, Anda perlu membangun branding yang lebih profesional.

Secara logis, bisnis ini memang lebih cocok bagi Anda yang tinggal di komplek atau perkotaan. Walaupun tak menutup kemungkinan ini menjadi usaha sampingan ibu rumah tangga yang menguntungkan. Mengingat, kini eranya globalisasi.

Modal:

  • Ruang atau halaman rumah yang lumayan lapang
  • Mainan anak-anak, jumlahnya menyesuaikan modal
  • Kemauan dan kemampuan promosi, bisa Anda mulai dengan orang-orang terdekat yang mempercayai kapasitas Anda.

8. Jasa Laundry

Jasa laundry juga ide bagus bagi Anda yang tinggal di daerah komplek, kampus atau perkotaan. Faktanya, tak sedikit yang sukses dengan bisnis ini.

Tak perlu gengsi karena laundry berbeda dengan buruh cuci. Dengan pengemasan bisnis yang baik, bisnis Anda akan tampak profesional. Selain itu, Anda juga berpotensi mendapat keuntungan berlipat.

Agar jangkauan semakin luas, kami sarankan Anda bekerjasama dengan orang lain untuk jemput pakaian konsumen. Sekarang, orang-orang senang dan hal praktis semacam ini.

Modal:

  • Seperangkat alat laundry, jika modal terbatas mulai dari yang harganya murah dulu saja.
  • Jika sudah jalan, Anda bisa mempekerjakan orang dan Anda fokus pada kontrol serta promosi

9. Reseller dan Dropshipper

Poin terakhir ini adalah idola banyak ibu rumah tangga. Selain minim modal, berjualan dengan kedua cara ini juga termasuk usaha sampingan ibu rumah tangga di desa maupun kota. Dengan kata lain, bisa Anda lakukan dimana saja.

Hanya saja, Anda harus pandai-pandai memilih produk yang dijual. Jika merujuk kepada data, belakangan ini yang sedang naik trennya adalah penjualan suplemen kesehatan.

Saat ini, orang-orang semakin sadar dengan pentingnya menjaga kesehatan. Salah satu produk yang perlu Anda pertimbangkan adalah susu kambing dari Supergoat. Produknya kaya manfaat dan peluang bisnisnya masih terbuka lebar (belum banyak saingan)

Modal:

  • Stok barang awal (jika reseller) atau cukup relasi dengan supplier (jika dropshipper)
  • Ponsel dan kuota untuk promosi online.
  • Kemauan dan kemampuan promosi.

Rekomendasi

Meskipun semua jenis pekerjaan di atas bisa saja Anda garap, Anda tetap perlu memilihnya dengan seksama. Beberapa poin yang perlu Anda pertimbangkan adalah:

  • Hobi dan skill; keduanya merupakan modal dasar Anda. Maka, memilih yang sesuai dengan keduanya akan membuat Anda tak kesulitan beradaptasi. Anda tak butuh banyak waktu untuk belajar dan melakukan penyesuaian.
  • Waktu; beberapa jenis bisnis di atas, meskipun bisa Anda kerjakan di rumah, tetap memerlukan waktu fixed. Sementara itu, sebagiannya lagi menawarkan fleksibilitas. Dengan keadaan Anda saat ini, mana yang lebih cocok?
  • Sumber daya: selain modal, Anda perlu perhatikan rumah atau lingkungan sekitar Anda yang belum termanfaatkan. Poin ini juga bisa jadi pertimbangan memilih usaha.

Jadi, sauaha apa yang akan Anda pilih? Semoga, pemilihan usaha sampingan ibu rumah tangga Anda tepat dan menghasilkan kesuksesan ya!

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Artikel Terkait:

Berlanggaan Gratis!

Dapatkan pemberitahuan artikel menarik dari Supergoat, dengan berlangganan newsletter dibawah ini. Terimakasih :)

Tinggalkan komentar

Ingin Jadi Mitra Kami?

Isi form ini dan kami akan menghubungi Anda.

Pastikan data di atas sudah benar, setelah klik Join Mitra, Anda akan dibawa ke chat WA admin, silakan lanjutkan klik kirim dan jangan hapus pesan.

Form Pemesanan Supergoat

Penting!! Pastikan data di atas sudah benar, setelah klik Pesan Supergoat, Anda akan dibawa ke chat WA admin, silakan lanjutkan klik kirim dan jangan hapus pesan.