fbpx

Tanda GERD Sudah Sembuh Total yang Dapat Dicermati Sendiri

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Kesembuhan penyakit GERD ternyata dapat dicermati dari menghilang atau berkurangnya gejala-gejala yang menyakitkan pada sistem pencernaan.

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Mulai sekarang jangan lagi meremehkan gejala perih, mual, dan panas di ulu hati karena ini bisa merupakan tanda-tanda gangguan pencernaan GERD alias asam lambung. Namun kabar baiknya, penyakit yang menyerang 1 dari 4 masyarakat Indonesia ini dapat disembuhkan, dan ini tanda-tanda GERD sudah sembuh.

Tanda Sembuh Dari Penyakit GERD

GERD (gastroesophageal reflux disease) adalah kondisi naiknya asam lambung ke kerongkongan karena kelemahan yang terjadi pada katup bagian bawah kerongkongan. Akibatnya isi lambung berupa asam lambung bercampur makanan bisa naik kembali ke bagian kerongkongan. Ini tentu saja berbahaya mengingat asam lambung mempunyai derajat keasaman yang tinggi.

Selain kegiatan sehari-hari jadi terganggu akibat perut tidak nyaman, GERD bisa memicu peradangan pada esophagus (kerongkongan).

Menurut Prof Dr dr Ari Fahrial Syam, SpPD-KGEH pakar gastroenterology (pencernaan) dari Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, sebenarnya GERD dapat sembuh total. Syaratnya, pasien menjalani perawatan medis hingga tuntas serta menjalankan gaya hidup sehat.

Nah, begini tanda-tanda kesembuhan GERD yang menunjukkan sistem cerna Anda sudah mulai membaik.

Heartburn sirna

Salah satu yang membedakan GERD dengan maag adalah heartburn. Ini merupakan rasa terbakar di dada yang dapat mengganggu aktivitas sehari-hari Anda. Beberapa orang mungkin mengalami sensasi ringan saja, namun tidak jarang juga menyakitkan. Jadi jika gejala ini sudah semakin jarang terjadi, artinya penyakit GERD sudah mulai pulih.

Perut lebih nyaman

Ciri-ciri sakit lambung sembuh adalah hilangnya gejala-gejala seperti kembung, nyeri, dan mual. Anda pun merasa lebih sehat karena perut terasa semakin nyaman dari hari ke hari.

Lebih berenergi

Tidak sedikit pasien GERD yang kekurangan gizi karena terus-menerus merasa mual sehingga sulit menyantap makanan. Jika mual sudah sirna Anda pun lebih nyaman mengkonsumsi berbagai makanan bernutrisi. Tentu saja selanjutnya tubuh akan menjadi semakin bugar dan bertenaga setelah zat nutrisi tersebut terserap secara optimal.

Sakit di tenggorokan mulai sembuh

Kenaikan asam lambung bisa membuat tenggorokan teriritasi sehingga penderitanya sulit menelan makanan. Ganggun GERD dapat dikatakan membaik jika Anda tidak lagi mengalami masalah tersebut. Dengan begitu Anda dapat menyantap hidangan dengan lebih nyaman sehingga nafsu makan kembali normal.

Batuk kering hilang

Lecet pada tenggorokan akibat kenaikan asam lambung tidak hanya membuat Anda sulit menelan, tetapi juga memicu batuk kering. Ini merupakan respon natural tubuh untuk menghilangkan benda asing dari tenggorokan, termasuk asam lambung. Jadi pertanda Anda mulai sembuh dari GERD parah adalah hilangnya gejala tersebut.

Kesimpulan

Secara umum,menghilangnya berbagai ketidaknyamanan pada sistem cerna merupakan tanda GERD sudah sembuh. Ini misalnya heartburn, kembung, nyeri, mual, sakit tenggorokan, serta batuk kering. Acara bersantap pun jadi lebih nikmat tanpa dihantui ketakutan akan merasakan sakit.

Pada kondisi tersebut upayakan untuk tetap mempertahankan gaya hidup dan pola makan sehat Anda, agar GERD tidak lagi berkunjung. Selain itu Anda tetap perlu berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui secara pasti kondisi kesehatan.

Untuk mempercepat pemulihan, konsumsilah Supergoat, susu kambing etawa instan dengan gula aren yang kaya nutrisi sekaligus memiliki khasiat penyembuhan, termasuk untuk GERD. Semoga bermanfaat!

Jangan lupa subscribe laman ini untuk mendapatkan informasi terbaru seputar gaya hidup sehat bersama Supergoat.

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Artikel Terkait:

Berlanggaan Gratis!

Dapatkan pemberitahuan artikel menarik dari Supergoat, dengan berlangganan newsletter dibawah ini. Terimakasih :)

Tinggalkan komentar

Ingin Jadi Mitra Kami?

Isi form ini dan kami akan menghubungi Anda.

Pastikan data di atas sudah benar, setelah klik Join Mitra, Anda akan dibawa ke chat WA admin, silakan lanjutkan klik kirim dan jangan hapus pesan.

Form Pemesanan Supergoat

Penting!! Pastikan data di atas sudah benar, setelah klik Pesan Supergoat, Anda akan dibawa ke chat WA admin, silakan lanjutkan klik kirim dan jangan hapus pesan.