fbpx

Banyak Sunnah-Sunnah yang Terlupakan, Yuk Hidupkan Lagi!

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Mengikuti sunnah Nabi Muhammad Saw adalah jalan keselamatan dunia dan akhirat. Sementara melupakannya, jelas bisa membawa Anda menuju jalan sesat.

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Meneladani bagaimana cara hidup Rasulullah Saw adalah keutamaan bagi setiap orang beriman. Sayangnya, justru ada sunnah-sunnah yang terlupakan. Padahal, menjalankannya tidaklah terlalu sulit.

Jika Anda tertarik menjadi orang yang menghidupkan sunnah yang jarang dilakukan, ada baiknya ketahui dulu daftarnya berikut ini.

1. Bersiwak

Membersihkan gigi dan mulut dengan sikat dan cairan pasta mungkin memang efektif. Namun, jika Anda menggunakan kayu siwak, ada keutamaan lebih yang bisa Anda dapatkan.

Dalam hadis, dijelaskan bahwa siwak adalah sarana meraih ridha Allah SWT. Rasulullah Saw bersabda;

“Siwak dapat membersihkan mulut dan sarana untuk mendapatkan ridha Allah.” (HR Ahmad dan An-Nasa`i)

2. Mengucapkan salam 

“Hai, apa kabar, sehat?” Sapaan tersebut memang bagus ketika berjumpa orang lain. Namun, tetap tak mampu melebihi makna salam yang Islam sunnahkan dalam kalimat assalamualaikum wa rahmatullahi wa barakatuhu.

Salam dengan kandungan doa tersebut kini mulai banyak dilupakan. Padahal, kalimat tersebut adalah anjuran Rasulullah Saw.

Suatu ketika, seseorang pernah bertanya kepada Rasul Saw , “Apa ciri keislaman seseorang yang paling baik?” Beliau menjawab, “Kamu memberikan makanan (kepada yang membutuhkan) dan mengucapkan salam kepada orang yang kamu kenal dan orang yang tidak kamu kenal.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim)

3. Tahnik bayi baru lahir

Untuk menyambut bayi, setiap keluarga biasanya sibuk menyiapkan nama dan rencana aqiqah. Padahal, masih ada contoh amalan sunnah lainnya. Tahnik merupakan salah satunya. 

Tahnik adalah Anda mengunyah kurma lalu meletakkannya di jari. Setelah itu, Anda masukkan kunyahan kurma ke mulut bayi dan menggosok-gosoknya ke langit-langit mulut bayi.

Dalam riwayat yang dari Abu Musa, ia menceritakan;

“Aku pernah dikaruniai anak laki-laki, lalu aku membawanya ke hadapan Nabi saw, maka beliau memberinya nama Ibrahim dan mentahniknya dengan sebiji kurma (tamr).” (HR. Bukhari)

4. Berdoa ketika hujan

Hujan sangat bermanfaat bagi keberlangsungan bumi. Ada banyak komponen semesta yang hidup dan berputar karena air yang melimpah tersebut.

Untuk menyambutnya, Rasulullah Saw menganjurkan setiap muslim untuk berdoa.

Aisyah ra pernah berkata, “Rasulullah Saw ketika melihat turunnya hujan, beliau mengucapkan ‘Allahumma shoyyiban nafi’an’ (Ya Allah, turunkan lah pada kami hujan yang bermanfaat)” (H.R. Bukhori)

5. Mengambil berkah ketika turun hujan

Ketika hujan turun, banyak orang menghindarinya. Padahal, sesekali Anda bisa mengambil berkah dengan menyentuhkan air hujan secara langsung dengan tubuh Anda. Ini juga adalah contoh sunnah yang baik.

Anas bin Malik meriwayatkan apa yang dilakukan Rasul Saw ketika hujan turun.

“Kami pernah kehujanan bersama Rasulullah Saw, lalu Rasulullah menyingkap bajunya hingga terguyur hujan. Kemudian kami mengatakan ‘Wahai Rasulullah, mengapa engkau melakukan demikian?’ Kemudian, Rasulullah bersabda ‘Karena hujan ini baru saja Allah ciptakan.”

6. Mengibaskan sprei sebelum tidur

Masih banyak orang sadar tentang sunnah berdoa sebelum tidur. Namun, tidak demikian dengan sunnah yang satu ini.

Mengibaskan sprei sambil melafadzkan kalimat Allah juga merupakan sunnah yang sebaiknya Anda lakukan. Rasulullah Saw bersabda:

“Jika salah seorang di antara kalian akan tidur, hendaklah mengambil potongan kain dan mengibaskan tempat tidurnya dengan kain tersebut sambil mengucapkan, ‘bismillah,’ karena ia tidak tahu apa yang terjadi sepeninggalnya tadi.” (H.R. Bukhori)

7. Minum susu kambing

Meski tak sepopuler susu sapi, nyatanya susu kambing merupakan salah satu minuman favorit Rasulullah Saw. Ini adalah daftar sunnah-sunnah yang terlupakan dalam Islam terakhir dari kami.

Ada beberapa riwayat yang menunjukan hal ini. Salah satunya, susu kambing menjadi minuman Rasul Saw dalam perjalanan hijrah menuju Madinah bersama Abu Bakar ash-Shiddiq. Keduanya menikmati susu ini saat berada di Gua Tsur.

Menariknya, susu kambing juga memiliki banyak khasiat. Bahkan, kandungannya memiliki berbagai kelebihan jika Anda bandingkan dengan susu sapi. Anda bisa membaca artikel-artikel dari Supergoat untuk mengetahuinya.

Setelah mengetahui sunnah-sunnah yang terlupakan diatas, semoga kita mampu untuk mengamalkannya ya! Aamiin!

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Artikel Terkait:

Berlanggaan Gratis!

Dapatkan pemberitahuan artikel menarik dari Supergoat, dengan berlangganan newsletter dibawah ini. Terimakasih :)

Tinggalkan komentar

Ingin Jadi Mitra Kami?

Isi form ini dan kami akan menghubungi Anda.

Pastikan data di atas sudah benar, setelah klik Join Mitra, Anda akan dibawa ke chat WA admin, silakan lanjutkan klik kirim dan jangan hapus pesan.

Form Pemesanan Supergoat

Penting!! Pastikan data di atas sudah benar, setelah klik Pesan Supergoat, Anda akan dibawa ke chat WA admin, silakan lanjutkan klik kirim dan jangan hapus pesan.