fbpx

Sunah Seputar Meminum Susu, Amalkan agar Semakin Berkah!

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Agar mendapatkan keberkahan, sebaiknya tak sembarangan ketika minum susu. Hidupkan berbagai sunnah yang berhubungan dengannya!

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Anda pasti sudah tahu bahwa minum susu itu anjuran Rasulullah Saw. Namun, tahukah Anda, bahwa ada sunah seputar minum susu yang sebaiknya Anda amalkan?

Agar mendapatkan berkah, sebaiknya Anda tak sembarangan meminumnya. Perhatikan juga hal-hal berikut ini!

1. Menerima pemberian susu

Menerima dan menolak pemberian sebenarnya hak Anda sebagai manusia. Hanya khusus untuk tiga hal, Rasulullah Saw melarang umatnya menolak. Termasuk, ketika mendapatkan susu.

Dalam hadis, Rasulullah Saw bersabda:

ثَلاَثٌ لاَ تُرَدُّ الْوَسَائِدُ وَالدُّهْنُ وَاللَّبَنُ

“Tiga hal yang tidak boleh ditolak jika diberi, yakni bantal, minyak wangi, dan susu.” (H.R. at-Tirmidzi)

2. Mulai dengan basmallah dan gunakan tangan kanan

Sebenarnya, bukan hanya saat minum susu, sebelum mengkonsumsi apapun mengucap basmallah itu diperintahkan. Meski ini kelihatannya sepele, sebaiknya Anda tak melupakannya agar dapat keberkahan.

Rasulullah Saw bersabda tentang hal ini:

‏سَمِّ اللَّهَ، وَكُلْ بِيَمِينِكَ‏

“Bacalah basmallah dan makanlah dengan tangan kananmu.” (H.R. Bukhori)

3. Berdoa sebelum minum susu

Anda pasti sudah tahu jika terdapat doa sebelum makan yang lazim umat Islam lakukan. Sepertinya, Anda juga terbiasa melakukannya.

Akan tetapi, ketika hendak minum susu, terdapat sunah khusus. Jadi, doanya agak sedikit berbeda.

Mengenai doa minum susu sunnah, Rasulullah Saw bersabda:

ومن سقاه الله لبناً فليقل: اللهم بارك لنا فيه وزدنا منه

“Dan barangsiapa minum susu yang dikaruniai oleh Allah SWT, hendaknya ia berdoa, ‘Allahumma barik lana fihi, wa zidna minhu (ya Allah berilah keberkahan kepada kami dalam susu ini dan karuniakan kami lebih banyak dari susu ini)” (H.R. Abu Daud)

4. Minum susu sebelum tidur

Secara medis, ada anjuran agar minum susu Anda lakukan sebelum tidur. Berbagai efek positif dapat Anda rasakan jika melakukannya. Misalnya tidur lebih berkualitas, berat badan terkontrol, serta memberi kesegaran ketika bangun.

Tahukah Anda? Ternyata, itu juga persis yang Islam sarankan. Sunah minum susu sebelum tidur memiliki pijakan sabda Rasulullah Saw:

اللبن في المنام فطرة

“Minum susu sebelum tidur itu fitrah” (H.R. Al Haitsami)

Waktu Rasulullah minum susu ini bisa Anda amalkan setiap hari untuk mendapatkan khasiat maksimal.

5. Berkumur setelah minum susu

Setelah habis, Anda jangan langsung beranjak melakukan aktivitas lainnya. Jika Anda ingin mengikuti sunah Rasulullah Saw, sebaiknya Anda berkumur-kumur terlebih dahulu dengan air.

Hal ini sebagaimana anjuran Beliau dalam hadis yang diriwayatkan Ibnu Abbas ra.

عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ: أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ شَرِبَ لَبَنًا فَمَضْمَضَ وَقَالَ: إِنَّ لَهُ دَسَمًا

“Dari Ibnu Abbas, bahwa Rasulullah Saw minum susu kemudian berkumur-kumur, Beliau lalu bersabda: “Sesungguhnya susu mengandung lemak,” (H.R. Bukhori)

6. Meminum jenis susu yang disunnahkan

Susu yang dimaksud dalam pembahasan ini, adalah susu dari binatang ternak yang halal. Jadi, susu kedelai, almond, atau kelapa, tak termasuk di dalamnya.

Dalam Al-Qur’an, Allah SWT berfirman:

وَإِنَّ لَكُمْ فِي الْأَنْعَامِ لَعِبْرَةً ۖ نُسْقِيكُمْ مِمَّا فِي بُطُونِهِ مِنْ بَيْنِ فَرْثٍ وَدَمٍ لَبَنًا خَالِصًا سَائِغًا لِلشَّارِبِينَ

“Dan sesungguhnya pada binatang ternak itu benar-benar terdapat pelajaran bagi kamu. Kami memberimu minum daripada apa yang berada dalam perutnya (berupa) susu yang bersih antara kotoran dan darah, yang mudah ditelan bagi orang-orang yang meminumnya.” (QS. An Nahl : 66)

Salah satu susu favorit Rasulullah Saw adalah susu kambing. Susu ini menjadi ‘teman’ beliau saat berhijrah ke Madinah bersama Abu Bakar ash-Shiddiq di Gua Tsur. 

Jika masih mencari referensi susu untuk Anda konsumsi, ada baiknya mempertimbangkan Supergoat. Susu kambing etawa bubuk kaya nutrisi ini dapat menjadi teman terbaik menjalankan sunah seputar minum susu!

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Artikel Terkait:

Berlanggaan Gratis!

Dapatkan pemberitahuan artikel menarik dari Supergoat, dengan berlangganan newsletter dibawah ini. Terimakasih :)

Tinggalkan komentar

Ingin Jadi Mitra Kami?

Isi form ini dan kami akan menghubungi Anda.

Pastikan data di atas sudah benar, setelah klik Join Mitra, Anda akan dibawa ke chat WA admin, silakan lanjutkan klik kirim dan jangan hapus pesan.

Form Pemesanan Supergoat

Penting!! Pastikan data di atas sudah benar, setelah klik Pesan Supergoat, Anda akan dibawa ke chat WA admin, silakan lanjutkan klik kirim dan jangan hapus pesan.