fbpx

9 Resep Awet Muda Menurut Islam, Mudah dan Terbukti Ilmiah!

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Meski berbagai amalan ini punya khasiat medis untuk awet muda, tetaplah melakukannya dengan niat beribadah ya!

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Cepat atau lambat, Anda pasti akan menua. Baik dari aspek fisik maupun pikiran. Namun, dengan mengikuti resep awet muda menurut Islam ini, prosesnya bisa jadi akan melambat.

Ada berbagai anjuran dalam Islam, yang secara medis ternyata ampuh untuk mencegah penuaan lebih cepat. Sambil meniatkannya sebagai ibadah, Anda bisa dapatkan manfaat dari berbagai syariat berikut ini!

1. Banyak Tersenyum

Memperbanyak tersenyum merupakan anjuran Nabi Muhammad Saw. Cukup menyunggingkan kedua ujung bibir, Anda bisa dapat pahala. Persis yang Beliau sampaikan dalam hadits berikut:

تَبَسُّمُكَ فِى وَجْهِ أَخِيكَ لَكَ صَدَقَةٌ

“Senyummu di hadapan saudaramu (sesama muslim) adalah (bernilai) sedekah bagimu,” (H.R. Tirmidzi)

Menariknya, secara medis, senyum akan membuat otot-otot wajah Anda tertarik layaknya sedang operasi facelift yang memakan biaya 60-80 juta rupiah. Jika dilakukan dalam intensitas tinggi, senyum akan membuat kulit wajah jadi lebih kencang. Jadi,ini merupakan cara mempercantik diri menurut Islam ini sangat praktis dan murah.

2. Berwudhu

Jika Anda tak absen shalat, setiap hari minimal berwudhu 5 kali. Faktanya, Rasulullah Saw menganjurkan kita menjaga wudhu setiap waktu. Maka bisa jadi, Anda melakukannya lebih dari itu.

لَوْلَا أَنْ أَشُقَّ عَلَى أُمَّتِي لَأَمَرْتُهُمْ بِالسِّوَاكِ مَعَ كُلِّ وُضُوءٍ – أَخْرَجَهُ مَالِكٌ, وأَحْمَدُ, وَالنَّسَائِيُّ, وَصَحَّحَهُ اِبْنُ خُزَيْمَة َ

“Seandainya bukan karena khawatir akan menyusahkan umatku, niscaya aku perintahkan mereka untuk bersiwak setiap kali berwudhu.” (HR. Malik)

Menariknya, ada banyak bukti riset yang menerangkan pengaruh wudhu sebagai wujud Hydrotherapy. Mulai dari peningkatan konsentrasi dalam belajar, mengurangi kecemasan, hingga mengurangi stres dan insomnia. Ketiga masalah itu, berpotensi menciptakan penuaan dini jika Anda idap. 

3. Berprasangka Baik (Berpikir Positif)

Dalam menghadapi kondisi-kondisi dalam kehidupan, Islam mengajarkan pemeluknya untuk memandangnya dengan prasangka positif (husnuzan). Allah SWT menjanjikan balasan yang baik jika Anda yakin bahwa Ia akan membersamai Anda dalam hidup. Dalam hadits, Rasul Saw bersabda:

اَ يَمُوتَنَّ أَحَدُكُمْ إِلاَّ وَهُوَ يُحْسِنُ بِاللَّهِ الظَّنَّ  

“Janganlah seseorang di antara kalian meninggal dunia, kecuali dalam keadaan berbaik sangka terhadap Allah.” (H.R. Muslim)

Faktanya, berpikir positif dan optimis dalam bentuk husnudzan kepada Allah SWT merupakan salah satu resep awet muda dalam Islam. Berbagai riset sudah membuktikan pengaruhnya. Mulai dari peningkatan prestasi belajar, penurunan tingkat stres dan kecemasan, serta berbagai hal yang menunjukan produktivitas khas anak muda. 

Sebaliknya, jika Anda selalu berburuk sangka, Anda akan diliputi kecemasan hingga stress berkepanjangan dan menyebabkan penuaan dini.

4. Bersyukur

Perintah bersyukur ada banyak tertuang dalam Al-Qur’an maupun hadits. Jika berbagai nikmat yang Allah SWT berikan kita syukuri, niscaya Allah akan menambahkan kenikmatan bagi pemilik rasa syukur. Dalam Al-Qur’an, Allah SWT berfirman:

وَإِذْ تَأَذَّنَ رَبُّكُمْ لَئِن شَكَرْتُمْ لَأَزِيدَنَّكُمْ ۖ وَلَئِن كَفَرْتُمْ إِنَّ عَذَابِى لَشَدِيدٌ 

“Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih.” (TQS: Ibrahim ayat 7)

Dalam riset yang dilakukan pada tahun 2021, budaya bersyukur bisa mempengaruhi kondisi psychological well being. Secara lebih spesifik, banyak riset lainnya, bersyukur juga punya pengaruh bagi kebahagiaan manusia.

Tentu saja, semakin bahagia, semakin sering tersenyum, Anda akan terlihat semakin awet muda.

5. Berdzikir dan Ibadah Mahdhah

Ibadah mahdhoh seperti sholat, membaca Al-Qur’an, hingga berdzikir, merupakan bentuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dalam prosesnya, kita berkhalwat dan berkomunikasi dengan-Nya. Selain berpahala, ibadah semacam ini juga membuat hati lebih tenang. 

ٱلَّذِينَ ءَامَنُوا۟ وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُم بِذِكْرِ ٱللَّهِ ۗ أَلَا بِذِكْرِ ٱللَّهِ تَطْمَئِنُّ ٱلْقُلُوبُ 

“(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tenteram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.” (TQS Ar-Ra’d: 28)

Dalam berbagai kajian, ibadah seperti dzikir dapat dipergunakan sebagai psikoterapi dalam mengobati jiwa yang terganggu. Suasana hati yang tenang dan tentram, menghindarkan Anda pada kondisi stress sebagai penyebab penuaan dini.

Jangan lupa lakukan resep awet muda menurut Islam ini dengan ikhlas ya!

6. Shaum Wajib dan Sunnah

Selain pada bulan Ramadhan, anjuran shaum dalam Islam cukup banyak. Shaum daud, senin-kamis, hingga ayyamul bidh adalah shaum lain yang bisa Anda jalankan. Ada banyak keutamaan di balik ibadah yang satu ini, misalnya dalam shaum ayyamul bidh.

يَا أَبَا ذَرٍّ إِذَا صُمْتَ مِنَ الشَّهْرِ ثَلاَثَةَ أَيَّامٍ فَصُمْ ثَلاَثَ عَشْرَةَ وَأَرْبَعَ عَشْرَةَ وَخَمْسَ عَشْرَةَ

Jika engkau ingin berpuasa tiga hari setiap bulannya, maka berpuasalah pada tanggal 13, 14, dan 15 (dari bulan Hijriyah). (HR. Tirmidzi)

Riset tesis yang dilakukan di Pesantren Bina Insani, membuktikan bahwa kebiasaan shaum Senin-Kamis berimplikasi positif bagi kesehatan mental (jiwa). Secara medis, berpuasa juga membantu proses detoksifikasi dan melancarkan metabolisme tubuh agar tetap sehat layaknya anak muda.

7. Mandi (Bersuci)

Islam menganjurkan umatnya untuk menjaga kebersihan dan kesucian. Terbukti bahwa ketika seseorang terkena najis, ada mekanisme bersuci yang disyariatkan. Sebagian caranya dengan berwudhu dan sebagian lainnya harus dengan mandi. Rasulullah Saw bersabda:

الطُّهُوْرُ شَطْرُ الإِيْمَانِ

”Kesucian itu separuh dari iman.” *(H.R. Muslim)

Ternyata, ada banyak manfaat dari mandi, terutama pada pagi hari. Beberapa diantaranya berhubungan dengan awet muda yang Anda inginkan. Misalnya menutup pori-pori kulit, melindungi minyak alami, menghilangkan mata panda, hingga mencerahkan kulit.

8. Menghindari Begadang

Selepas shalat Isya, seorang muslim sebaiknya tidak berlama-lama menghabiskan waktu dengan perkara sia-sia. Rasulullah Saw mencontohkan agar umatnya agar tidur terlalu larut bahkan begadang. Dalam hadits, Beliau bersabda:

أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَكْرَهُ النَّوْمَ قَبْلَ الْعِشَاءِ، وَلَا يُحِبُّ الْحَدِيثَ بَعْدَهَا

“Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam membenci tidur sebelum isya dan beliau tidak menyukai obrolan setelah isya. (HR. Ahmad)

Secara medis, tidur membantu membentuk kolagen sehingga kulit Anda tetap terjaga dan elastis. Sebaliknya, kacaunya waktu tidur membuat produksi kolagen otomatis menurun. Akibatnya, potensi kerutan pada kulit menjadi lebih tinggi. 

9. Memilih makanan dan minuman thayyib

Memang benar, dalam Islam batasan utama dalam memilih makanan adalah halal dan haram. Namun, ada anjuran juga agar Anda memperhatikan standar thayyib atau baik dan menyehatkan. Faktanya, tak semua asupan halal baik untuk tubuh Anda.

يٰٓاَيُّهَا النَّاسُ كُلُوۡا مِمَّا فِى الۡاَرۡضِ حَلٰلًا طَيِّبًا  ۖ وَّلَا تَتَّبِعُوۡا خُطُوٰتِ الشَّيۡطٰنِؕ اِنَّهٗ لَـكُمۡ عَدُوٌّ مُّبِيۡنٌ

“Wahai manusia! Makanlah dari (makanan) yang halal dan baik yang terdapat di bumi, dan janganlah kamu mengikuti langkah-langkah setan. Sungguh, setan itu musuh yang nyata bagimu.” (TQS: Al Baqarah: 168)

Faktanya, ada makanan dan minuman tertentu yang berkhasiat untuk membuat Anda jauh dari stress dan bisa lebih awet muda. Salah satunya adalah susu kambing dari Supergoat. Secara medis, susu ini bisa membantu kulit lebih cerah, cantik, dan sehat.

Rekomendasi

Sebagai muslim, tak salah jika Anda ingin awet muda. Namun, ketika menjalankan anjuran-anjuran di atas, sebaiknya tetap posisikan aktivitas Anda sebagai bentuk ibadah, bukan dalam rangka awet muda.

Alangkah lebih tepat, Anda menganggapnya sebagai hikmah atau efek samping dari taat syariat. Anggap saja resep awet muda menurut Islam ini sebagai bonus dari Allah SWT atas ketaatan dalam menjalankan perintah-Nya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Artikel Terkait:

Berlanggaan Gratis!

Dapatkan pemberitahuan artikel menarik dari Supergoat, dengan berlangganan newsletter dibawah ini. Terimakasih :)

Tinggalkan komentar

Ingin Jadi Mitra Kami?

Isi form ini dan kami akan menghubungi Anda.

Pastikan data di atas sudah benar, setelah klik Join Mitra, Anda akan dibawa ke chat WA admin, silakan lanjutkan klik kirim dan jangan hapus pesan.

Form Pemesanan Supergoat

Penting!! Pastikan data di atas sudah benar, setelah klik Pesan Supergoat, Anda akan dibawa ke chat WA admin, silakan lanjutkan klik kirim dan jangan hapus pesan.