fbpx

Mau Puasa Lancar di Bulan Ramadan? Praktikkan Gaya Hidup Sehat Ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Puasa membuat tubuh Anda jadi lesu dan kurang produktif? Atasi dengan tips pola hidup sehat berikut.

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Puasa membuat tubuh Anda jadi lesu dan kurang produktif? Atasi dengan tips pola hidup sehat berikut. Pada minggu awal puasa Ramadan beberapa orang kerap merasa kurang nyaman karena tubuh tengah beradaptasi dengan pola makan dan istirahat yang baru. Sebenarnya dengan menerapkan pola hidup sehat di bulan Ramadan berbagai keluhan yang berkaitan dengan ibadah puasa dapat diminimalkan.

Manfaat Puasa bagi Kesehatan

Terlepas dari ibadah puasa wajib bagi umat Islam, secara ilmiah puasa memang terbukti memberikan manfaat bagi kesehatan. Jadi, selain menggugurkan kewajiban yang merupakan rukun Islam keempat, dengan berpuasa Anda menjadi lebih sehat baik secara fisik atau pun mental.

Beberapa manfaat kesehatan yang sudah terbukti dalam sains adalah

  • Puasa menunjang proses detoksifikasi untuk menghilangkan limbah dari metabolisme tubuh
  • Membantu mengatasi peradangan
  • Dapat menstabilkan tekanan darah serta kadar kolesterol
  • Mencegah gangguan neurodegenerative sehingga fungsi otak terus terjaga sampai usia tua
  • Membantu Anda mencapai berat badan ideal dengan membatasi asupan kalori saat melewatkan jadwal bersantap
  • Menstimulasi produksi hormon-hormon pemicu perasaan bahagia dan relaks
  • Mengurangi risiko terserang penyakit jantung
  • Menghambat perkembangan sel-sel kanker

Cara Mudah Terapkan Pola Hidup Sehat di Bulan Ramadan

Walaupun puasa memang memberi kontribusi positif bagi kesehatan, namun Anda tetap wajib menerapkan cara hidup sehat di bulan Ramadan. Ini terutama berkaitan dengan asupan nutrisi yang harus tercukupi walaupun Anda melewatkan dua kali jadwal bersantap. Cermati langkah-langkahnya!

Jangan skip santap sahur

pola hidup sehat di bulan Ramadan

Mungkin dengan alasan mengantuk atau merasa kuat walaupun tidak sahur, akhirnya Anda melewatkan makan sahur. Tidak hanya sebagai kesempatan mengisi tenaga untuk bekal beraktivitas keesokan harinya, waktu sahur ternyata mempunyai keutamaan dalam agama.

Di saat sepertiga malam inilah umat Islam sebaiknya memohon ampunan dan memanjatkan doa karena merupakan waktu mustajabnya doa kita.

Pada saat bersantap sahur, pastikan Anda mengonsumsi hidangan bernutrisi seimbang, antara lain seperti karbohidrat kompleks  yang membantu stabilitas gula darah serta membuat Anda merasa kenyang sekaligus bertenaga. Selanjutnya, Anda juga perlu konsumsi makanan berserat untuk menjaga kesehatan pencernaan dan menunjang proses metabolisme.

Terakhir adalah makanan kaya protein agar stamina tetap terjaga, memperbaiki jaringan tubuh, serta menunjang kinerja berbagai hormone dalam tubuh.

Baca juga: Menu Makan Sahur Sehat & Praktis

Mengkonsumsi buah dan sayuran setiap hari

Mengkonsumsi buah dan sayuran setiap hari

Tips hidup sehat saat puasa yang terbilang penting adalah mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan segar setiap hari, paling sedikit sebanyak tujuh porsi. Buah dan sayuran mengandung banyak air yang penting untuk menghidrasi tubuh sekaligus untuk memasok vitamin dan beragam mineral.

Anda bisa mengolahnya menjadi jus atau smoothies agar lebih praktis untuk dikonsumsi. Alternatif lainnya adalah memasaknya menjadi sup sayur yang dapat disantap sebagai hidangan berbuka puasa. Kuliner yang satu ini dapat menggantikan cairan tubuh setelah berpuasa, membuat perut terasa hangat, serta mudah dicerna.

Memenuhi kebutuhan cairan tubuh

Memenuhi kebutuhan cairan tubuh

Orang dewasa perlu minum air enam sampai delapan gelas per hari untuk mencegah dehidrasi. Selain air, Anda juga perlu mengonsumsi jus atau susu untuk mencegah kekurangan cairan di siang hari. Jika ini sampai terjadi, Anda bisa mengalami pusing, sulit fokus, dan merasa kelelahan.

Jika sudah demikian berbagai kesibukan bisa terbengkalai, bukan?

Menghindari 4 jenis makanan

Menghindari 4 jenis makanan

Saat berpuasa penting untuk memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi saat sahur dan berbuka. Sebaiknya hindari gorengan, makanan manis, makanan yang mengandung gas, dan kafein. Gorengan termasuk makanan yang sulit dicerna dan berisiko membuat asam lambung naik serta tenggorokan menjadi panas.

Sementara makanan dengan gula rafinasi berpotensi menyebabkan obesitas, melonjakkan kadar gula darah, serta membuat kerja pankreas lebih berat. Selama puasa, sebaiknya hindari dulu makan durian atau nangka yang mengandung gas karena berakibat perut bisa tidak nyaman seperti begah, perih, dan kembung.

Batasi pula konsumsi teh atau kopi karena minuman berkafein memicu sering buang air kecil sehingga Anda mudah merasa haus.

Istirahat yang berkualitas

Istirahat yang berkualitas
Gambar:https://www.pexels.com/photo/photo-of-sleeping-man-3771069/

Tips sehat di bulan Ramadan berikutnya yang dapat Anda coba adalah menyediakan waktu untuk tidur siang, misalnya di saat jam istirahat kantor. Mendapatkan tidur yang nyenyak dan berkualitas sangat penting di bulan Ramadan karena durasi tidur Anda sudah pasti akan berkurang.

Tidur siang selama maksimal 30 menit akan membuat Anda merasa lebih segar, bertenaga, serta memperbaikai suasana hati.

Olahraga ringan

Jangan melewatkan olahraga di bulan Ramadan untuk menjaga kebugaran tubuh serta melancarkan metabolisme. Namun ingat, jangan sampai berlebihan! Durasi ideal untuk olahraga saat sedang berpuasa adalah selama maksimal 60 menit. Olahraga ringan lebih disarankan, seperti jalan kaki santai, bersepeda, atau yoga.

Anda dapat melakukannya menjelang buka puasa, 2 hingga 3 jam setelah buka puasa, atau setelah bersantap sahur.

Mengkonsumsi susu kambing

Mengkonsumsi susu kambing

Jika merasa kesulitan menerapkan cara mengatur pola makan saat puasa yang sehat dan seimbang sebaiknya mengkonsumsi suplemen sebagai tambahan. Misalnya, susu kambing yang mengandung gizi yang lengkap, mulai dari karbohidrat, vitamin, mineral, lemak, dan protein.

Jika dibandingkan susu sapi, ukuran molekul susu kambing lebih kecil sehingga lebih mudah diserap tubuh. Susu kambing juga memiliki struktur protein khas yang berbeda dibandingkan susu sapi. Inilah sebabnya susu kambing lebih minim memicu alergi termasuk intoleransi laktosa.

Baca juga: Tetap Bugar Saat Ramadan Ala Supergoat

Supergoat Susu Kambing Etawa Berkualitas Premium yang Kaya Nutrisi

Supergoat Susu Kambing Etawa Berkualitas Premium yang Kaya Nutrisi
Gambar: https://supergoatindonesia.com/

Di pasaran memang beredar berbagai produk susu kambing etawa, tapi jika Anda menghendaki hanya mengkonsumsi yang berkualitas premium, Supergoat adalah satu-satunya. Karena Supergoat hanya menggunakan susu kambing terbaik serta memberlakukan pengawasan ketat dalam proses produksinya agar higenitas dan kealamiannya tetap terjaga.

Supergoat juga merupakan produk susu kambing etawa instan yang pertama dan satu-satunya yang dikombinasikan dengan gula aren. Inilah yang memberikan cita rasa gurih, nikmat, dan manis yang pas pada Supergoat.

Lebih dari sekadar pemanis, gula aren juga sumber nutrisi yang memberikan berbagai manfaat bagi kesehatan. Ini antara lain kalsium, fosfor, seng, besi, mangan, tembaga, dan sebagainya. Gula aren mempunyai indeks glikemik yang lebih rendah daripada bahan pemanis lain, termasuk gula tebu.

Mengonsumsi Supergoat secara teratur akan memberi Anda beberapa manfaat kesehatan berikut:

  • Menstabilkan kinerja jantung
  • Mengurangi risiko pengerasan pembuluh darah
  • Mencegah hipertensi, hipotensi, dan anemia
  • Menstabilkan kadar kolesterol dalam darah
  • Meminimalkan risiko terserang penyakit autoimun
  • Membuat tidur lebih berkualitas
  • Menjaga kesehatan mental
  • Menghambat perkembangan sel kanker
  • Menjaga kepadatan tulang dan kesehatan gigi hingga lansia

Yang lebih istimewa lagi, Supergoat memberikan Anda jaminan uang kembali 100%.  Jika Anda telah mengkonsumsi 8 kotak Supergoat dan tidak merasakan manfaatnya sama sekali bagi kesehatan, uang Anda akan dikembalikan secara utuh.

Kesimpulan:

Agar ibadah puasa yang Anda jalankan benar-benar memberikan kontribusi positif bagi kesehatan, pastikan untuk menerapkan pola hidup sehat di bulan Ramadan. Caranya adalah dengan mengonsumsi hidangan yang bernutrisi saat sahur dan berbuka, memenuhi kebutuhan cairan tubuh, olahraga, dan istirahat cukup.

Selain itu, Anda juga perlu mengkonsumsi Supergoat, susu kambing etawa yang mengandung gizi lengkap untuk menjaga daya tahan tubuh. Menjadikan Supergoat sebagai bagian dari diet sehat Anda dijamin dapat memberikan manfaat luar biasa bagi kesehatan.

Jangan lupa klik tombol subscribe sekarang untuk mendapatkan informasi aktual seputar gaya hidup sehat bersama Supergoat. Bagikan juga informasi ini di meida sosial Anda agar semakin banyak orang yang mendapatkan manfaatnya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Artikel Terkait:

Berlanggaan Gratis!

Dapatkan pemberitahuan artikel menarik dari Supergoat, dengan berlangganan newsletter dibawah ini. Terimakasih :)

Tinggalkan komentar

Ingin Jadi Mitra Kami?

Isi form ini dan kami akan menghubungi Anda.

Pastikan data di atas sudah benar, setelah klik Join Mitra, Anda akan dibawa ke chat WA admin, silakan lanjutkan klik kirim dan jangan hapus pesan.

Form Pemesanan Supergoat

Penting!! Pastikan data di atas sudah benar, setelah klik Pesan Supergoat, Anda akan dibawa ke chat WA admin, silakan lanjutkan klik kirim dan jangan hapus pesan.