fbpx

10+ Penawar Setelah Makan Daging Kambing Berlebihan

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Naiknya kadar kolesterol jahat setelah makan daging memicu berbagai gejala buruk. Mengkonsumsi penawar ini bisa membantu meredakannya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Penawar setelah makan daging kambing, sebenarnya hanya Anda butuhkan jika memakannya berlebihan. Namun apabila dalam porsi wajar, Anda tak begitu membutuhkannya. 

Soalnya, kalau kolesterol yang paling umum dianggap jadi efek sampingnya, justru kolesterol dalam daging kambing kadarnya tergolong rendah. Maksudnya, jika Anda komparasi dengan jenis daging lainnya.

Coba lihat perbandingannya kadar kolesterol pada beberapa jenis daging ini:

Jenis dagingKadar kolesterol (per 100 gram)
Kambing75 mg
Sapi90 mg
Domba110 mg
Ayam85 – 135 g

Sayangnya, pada momen Idul Adha, sebagian dari Anda mungkin kesulitan mengontrol konsumsinya. Padahal, sudah jelas bahwa kolesterol jahat atau LDL (Low Density Lipoprotein) merupakan faktor utama risiko penyakit jantung.

Walaupun tak sampai kena jantung, efek samping jangka pendek saat kolesterol jahat naik membuat pusing dan sakit kepala. Tetap bikin tak enak kan?

Kalau sudah begini, harus bagaimana?

Untuk menanganinya, Anda dapat mencoba makanan serta minuman yang bisa menjadi penawar. Terutama, untuk mengendalikan kembali kadar kolesterol. Berikut ini solusi pusing setelah makan daging kambing dan berbagai efek samping lainnya!

1. Teh 

Teh

Teh, entah itu teh hijau, teh hitam, maupun teh putih, semua memiliki khasiat serupa untuk menurunkan kembali kolesterol jahat. Meskipun berbagai penelitian menyoroti teh hijau sebagai yang terbaik, Anda bisa mengkonsumsi teh jenis lainnya juga.

Minuman ini punya dua senyawa penting sehingga bisa memberi kontribusinya:

  • Katekin; menjaga tekanan darah sehat, menghambat penyerapan kolesterol, dan mencegah penggumpalan darah.
  • Quercetin; menurunkan peradangan dan meningkatkan fungsi pembuluh darah.

Jadi, jika Anda bertanya habis makan daging minum apa, teh jadi jawaban terbaik!

2. Sayuran berpektin

Sayuran Berpektin

Sayuran secara umum memang terkenal baik nutrisinya. Namun, jika perhatian Anda adalah menurunkan LDL, mengkonsumsi sayuran tinggi pektin atau serat larut adalah pilihan. Berdasarkan riset, salah satu khasiat pektin adalah menurunkan kadar kolesterol jahat.

Mengkonsumsi beberapa sayuran ini bisa jadi cara menghilangkan sakit kepala setelah makan daging kambing:

  • Wortel
  • Brokoli
  • Ubi

3. Buah-buahan

Buah-Buahan

Sama seperti sayuran, buah-buahan juga bagus untuk Anda. Umumnya buah memiliki senyawa bioaktif yang memiliki efek antioksidan dan antiinflamasi untuk mencegah penyakit kronis. Sebagian buah juga mengandung pektin, sama seperti sayuran. Jadi, efektivitasnya untuk menurunkan LDL tak perlu Anda ragukan.

Berikut ini beberapa rekomendasi buah-buahan ini bisa jadi penawar pusing setelah makan daging kambing:

  • Apel
  • Alpukat
  • Anggur
  • Jeruk
  • Buah berry (Strawberry, Blueberry, dsbg)

4. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan

Merujuk pada riset yang dilakukan pada tahun 2014, mengkonsumsi 100 gram kacang-kacangan per-hari dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat rata-rata 6,6 miligram setiap hari.

Selain kaya dengan mineral serta protein, kacang-kacangan memang terkenal dengan serat untuk melancarkan pencernaan.

Dari banyaknya jenis kacang, beberapa kacang ini jadi pilihan untuk mengobati pusing setelah makan daging kambing atau sembelit:

  • Kacang polong
  • Kacang merah
  • Almond
  • Kedelai
  • Kacang tanah

5. Ikan berlemak

Ikan Berlemak

Meskipun masuk kategori daging, sebagian ikan justru berfungsi membantu menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL).

Ikan yang kami maksud adalah ikan sumber lemak omega-3 yang umumnya didapat dari lautan. Bukan hanya itu, mengacu pada penelitian, ikan jenis ini juga mampu menurunkan risiko penyakit stroke.

Anda sudah tahu apa saja jenis ikannya? Berikut beberapa diantaranya:

  • Tuna
  • Salmon
  • Sarden
  • Mackerel

6. Biji-bijian

Makanan berjenis biji-bijian, dapat pula Anda masukan dalam daftar penawar.

Umumnya, makanan ini menawarkan kandungan beta glucan, sejenis serat larut yang efektif mengontrol kembali kadar kolesterol Anda. Jadi, jangan ragu untuk mengkonsumsinya dengan campuran bahan makanan lain.

Dua jenis biji-bijian kaya beta glucan yang sangat disarankan antara lain:

  • Oat 
  • Barley

7. Cokelat hitam

Cokelat Hitam

Apakah Anda terkejut cokelat hitam masuk dalam daftar ini? Kami tak sedang bercanda, karena berdasarkan riset, makanan kaya lemak jenuh dan flavonoid ini memang punya kemampuan untuk itu. Bahkan selain menurunkan kolesterol jahat, makanan berbahan kakao ini bisa menurunkan tekanan darah.

Hanya saja, Anda perlu atur konsumsinya jika mengkonsumsi cokelat hitam olahan yang mengandung banyak gula. Jika berlebihan, kesehatan jantun bisa malah terganggu.

8. Bawang putih

Bawang Putih

Mudah sekali bukan menemukan bawang putih dan mengkonsumsi makanan ini setelah overdosis daging kambing? Siapa sangka, ada juga riset yang menunjukan efektivitas bawang ini.

Bawang putih memiliki senyawa phytochemical yang mencegah munculnya reaksi oksidatif dalam pembuluh darah. Kandungan senyawa allicin  di dalamnya juga membantu menghambat peningkatan kolesterol jahat. 

9. Sayuran berdaun hijau gelap

Selain sayuran dengan pektin, Anda juga bisa konsumsi sayuran berdaun hijau gelap untuk mengimbangi pengaruh daging kambing yang terlalu banyak. Kandungan didalamnya punya fungsi mengikat asam empedu dan membuat tubuh Anda mengeluarkan banyak kolesterol.

Ada cukup banyak pilihan sayuran jenis ini dan mudah Anda temukan, antara lain:

  • Kangkung
  • Bayam
  • Sawi hijau

10. Minyak zaitun

Meminum langsung minyak zaitun, sangat dianjurkan juga untuk menjaga kolesterol tetap stabil. Asupan khas diet orang Mediterania ini kaya dengan asam lemak jenuh tak tunggal untuk meningkatkan HDL (High Density Lipoprotein) atau kolesterol baik.

Selain itu, minyak zaitun merupakan sumber polifenol sebagai antiinflamasi yang mencegah risiko penyakit jantung.

11. Lemon

Lemon

Selain risiko kolesterol, efek samping makan daging kambing adalah gangguan perut serta pusing. Meminum perasan lemon hangat berpotensi membantu. Apalagi, jika Anda mencampurnya dengan teh dan madu. Bukan hanya itu, lemon juga mampu menetralisir lemak untuk mencegah peningkatan berat badan.

Maka, kalau Anda bingung apa obat pusing setelah makan daging kambing? Cobalah konsumsi lemon hangat.

Rekomendasi

Bagaimanapun, mencegah lebih baik ketimbang mengobati. Ketika Anda berhasil menurunkan kadar kolesterol jahat dengan, maka sebisa mungkin berupayalah agar tak jatuh ke masalah yang sama.

Maka dari itu, penting untuk menjaga pola makan agar teratur dan tidak berlebihan. Semakin bagus jika Anda menambahkan olahraga dalam agenda harian Anda. Beberapa olahraga yang melibatkan kerja otot bisa menjaga kadar kolesterol tubuh.

Untuk menunjang itu semua, Anda sebaiknya update selalu informasi seputar hidup sehat di blog Supergoat Indonesia. Kami punya banyak informasi menarik selain penawar setelah makan daging kambing lho!

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Artikel Terkait:

Berlanggaan Gratis!

Dapatkan pemberitahuan artikel menarik dari Supergoat, dengan berlangganan newsletter dibawah ini. Terimakasih :)

Tinggalkan komentar

Ingin Jadi Mitra Kami?

Isi form ini dan kami akan menghubungi Anda.

Pastikan data di atas sudah benar, setelah klik Join Mitra, Anda akan dibawa ke chat WA admin, silakan lanjutkan klik kirim dan jangan hapus pesan.

Form Pemesanan Supergoat

Penting!! Pastikan data di atas sudah benar, setelah klik Pesan Supergoat, Anda akan dibawa ke chat WA admin, silakan lanjutkan klik kirim dan jangan hapus pesan.