fbpx

6 Peluang Usaha Sampingan Karyawan Sibuk Tanpa Perlu Resign

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Sulit memenuhi kebutuhan hidup karena gaji sebagai karyawan pas-pasan? Tenang saja, Anda bisa mencoba bisnis sampingan berpeluang besar ini tanpa mengganggu jam kerja di kantor.

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Biaya hidup yang kian melangit kerap memaksa orang untuk mencari penghasilan tambahan walaupun sudah mempunyai pekerjaan tetap.

Apakah Anda salah satu di antaranya? Jika ya, beberapa peluang usaha sampingan karyawan ini mungkin bisa jadi ide menarik. Tanpa perlu resign dari pekerjaan, Anda tetap berkesempatan mendulang cuan tambahan.

Yuk simak sekarang!

Ide Peluang Bisnis Untuk Karyawan Tanpa Mengganggu Jam Kerja

Saat memutuskan merintis bisnis untuk menambah penghasilan, Anda perlu mempersiapkan diri untuk menjalani dua profesi sekaligus yang mungkin tingkat kesibukannya tinggi.

Ini tentu tidak gampang, namun memilih langsung meninggalkan pekerjaan sebagai karyawan juga kurang bijaksana jika bisnis yang Anda jalankan belum memberi hasil memuaskan.

Nah, ide usaha sampingan karyawan sibuk ini cocok dicoba sembari menjalankan rutinitas kerja di kantor.

1. Guru les

Apakah Anda merasa mempunyai kemampuan akademik yang bagus? Atau cukup berbakat pada suatu bidang, seperti musik, olahraga, atau yang lain? Jika ya, bagaimana kalau mencoba menjadi guru les (tutor) privat yang dapat Anda lakukan baik secara luring atau daring.

Pekerjaan sampingan ini dapat Anda lakukan setelah pulang kerja atau di akhir pekan dengan berkunjung langsung ke rumah siswa.

Untuk mendapatkan klien, Anda bisa mempromosikannya mulai dari lingkungan terdekat misalnya pada grup-grup Whatsapp. Jangan lupa memanfaatkan media sosial untuk menginformasikan kepada teman-teman online terkait bisnis baru Anda.

Alternatif lainnya adalah melamar sebagai mitra guru pada website-website belajar online seperti Ruangguru,  snapask, Kelaskita, dan lain-lain.

Tips:

Anda perlu membuat perencanaan kelas dahulu baik untuk mengajar daring atau luring. Ini meliputi silabus dan materi sesuai dengan kurikulum yang dibutuhkan siswa. Selain itu guru zaman now juga perlu menguasai teknologi agar semakin mudah dalam menyampaikan materi, terutama bagi guru les online.

Bidang pekerjaan tersebut juga membutuhkan keterampilan komunikasi yang baik agar siswa memahami materi yang Anda ajarkan dengan optimal.

2. Penulis artikel freelance

Ide kerja sampingan karyawan shift yang dapat Anda coba adalah menjadi penulis freelance karena jam kerjanya yang fleksibel. Anda dapat mengerjakan artikel pesanan klien setelah jadwal shift di kantor selesai atau bisa juga sebelumnya.

Target klien Anda misalnya para blogger yang membutuhkan konten-konten berkualitas, atau pengusaha yang membuat bisnisnya go online dengan mengembangkan website.

Untuk mendapatkan klien Anda bisa bergabung sebagai mitra situs-situs penyedia jasa penulisan artikel.

Anda juga bisa menjual artikel kepada website-website berita dan opini yang populer seperti IDN Times, UC News, atau Mojok.co. Pilih tema sesuai minat, kemampuan, latar belakang pendidikan, atau passion untuk menghasilkan artikel yang benar-benar berbobot.  

Tips:

Untuk menjadi penulis yang berkualitas dan disukai klien, Anda perlu komitmen yang tinggi untuk terus meningkatkan kualitas tulisan. Ini dapat dilakukan dengan banyak membaca, berlatih menulis, atau mengikuti kursus-kurus penulisan dengan pemateri yang kompeten.

Sebagai penulis artikel website Anda perlu mempelajari teknik SEO agar karya Anda berkesempatan bertengger pada halaman pertama mesin pencari.

3. Penerjemah paruh waktu

Sama seperti profesi penulis freelance, jam kerja penerjemah paruh waktu juga cukup fleksibel dan dapat Anda atur sesuai kehendak. Tentu saja idealnya Anda harus mempunyai skill bahasa asing yang kompeten atau memang berlatar belakang pendidikan tersebut.

Jika kesulitan mendapatkan klien secara mandiri, bergabung dengan situs penyedia job-job penerjemahan bisa jadi alternatif. Jangan bosan belajar untuk meningkatkan kemampuan, yaitu dengan berlatih secara rutin menerjemahkan teks dengan tema yang Anda sukai.

Tips:

Anda sebaiknya menjadi anggota organisasi profesi seperti HPI (Himpunan Penerjemah Indonesia). Organisasi tersebut akan membantu Anda memperluas jaringan yang nantinya bisa saling membantu, misalnya berkaitan dengan pekerjaan penerjemahan. Dengan keanggotaaan tersebut Anda juga berkesempatan mengikuti pelatihan peningkatan kualitas penerjemahan.

Jika merasa skill dan pengalaman Anda sudah cukup mumpuni, cobalah mengikuti ujian sebagai penerjemah tersumpah. Dengan begitu Anda berhak menerjemahkan dokumen-dokumen penting seperti akte kelahiran, ijazah, sampai kontrak kerja penting yang tentu saja bertarif tinggi.

4. Pemasaran jaringan (MLM)

Contoh usaha sampingan untuk karyawan selanjutnya yang dapat Anda kerjakan tanpa mengganggu jam kerja adalah bisnis pemasaran jaringan (Multi Level Marketing). Keuntungan bergabung dengan MLM adalah Anda berpeluang mendapatkan profit dari dua jalur.

Pertama, komisi dari produk MLM yang berhasil Anda jual, dan kedua, keuntungan dari penjualan pemasar lain yang merupakan downline Anda. Downline adalah istilah untuk sales-sales lain rekrutan Anda.

Tips:

Agar peluang usaha sampingan karyawan ini mendapatkan hasil sebagaimana yang Anda kehendaki, cek-ricek dulu perusahaan MLM incaran sebelum bergabung. Salah satu kategorinya adalah sudah mengantongi sertifikasi dari APLI ( Asosiasi Penjual Langsung Indonesia). Ini artinya perusahaan tersebut telah memenuhi persyaratan sebagai perusahaan MLM yang baik.

Selain itu Anda juga perlu mencermati produk perusahaan, apakah benar-benar berkualitas dan sepadan dengan harganya. Terakhir, pilihlah perusahaan yang menyediakan support sistem terbaik, mulai dari sistem yang adil, upline yang tulus membantu, serta support center.

5. Dropshipper

Menjadi dropshipper adalah usaha sampingan karyawan tanpa modal yang bisa Anda pertimbangkan. Tentu saja bukan tanpa modal sama sekali, namun dengan menjalankan sistem dropship Anda tidak perlu menghabiskan banyak uang untuk stok barang.

Dropshipper hanya bertugas menjualkan barang milik supplier atau produsen, alias hanya menjadi penghubung. Anda bisa mempromosikan produk-produk milik supplier baik secara online atau offline, lalu jika ada pembeli yang ingin order Anda tinggal memberitahu supplier tersebut.

Proses selanjutnya seperti pengemasan dan pengiriman akan ditangani oleh supplier mitra Anda. Menarik, bukan?

Tips:

Untuk meraih kesuksesan dalam bisnis dropship, sekali lagi Anda perlu cermat dalam memilih mitra supplier serta produk. Inilah kunci untuk meningkatkan repeat order oleh konsumen Anda. Beberapa jenis produk cukup umum untuk dijual secara dropship adalah fashion item, aksesoris gawai, skincare dan kosmetik, serta perlengkapan rumah tangga.

Kerahkan seluruh sumber daya untuk mempromosikan dagangan Anda hingga laris manis terjual. Mulai promosi dari mulut ke mulut, grup Whatsapp, media sosial, marketplace dan bila perlu bangunlah website yang dilengkapi fitur-fitur yang memudahkan untuk order.

6. Reseller

Jika memang tersedia bujet untuk memulai bisnis, Anda bisa mencoba menjadi reseller suatu produk. Jadi Anda harus stok barang terlebih dahulu dari pemasok untuk dijual kembali kepada konsumen.

Sekarang ini semakin banyak perusahaan yang menyediakan peluang sebagai mitra reseller kepada masyarakat bahkan dengan modal yang minim. Anda bisa mengambil kesempatan tersebut dan menjalankan bisnis pemasaran di sela-sela waktu kerja di kantor.

Menjadi reseller juga bisa jadi ide usaha sampingan karyawan pabrik mengingat jam kerjanya yang fleksibel.

Tips:

Ada beberapa kategori yang perlu Anda perhatikan dalam memilih pemasok atau produsen mitra jika berniat menjadi reseller. Pertama, modal yang diperlukan terjangkau, berpeluang menghasilkan margin profit yang besar, dan produknya  mempunyai repeat order yang tinggi.

Anda dapat menemukan semua keunggulan tersebut pada program kemitraan produk Supergoat, susu kambing etawa instan. Selain memberikan manfaat besar bagi kesehatan, Supergoat juga menghadirkan peluang untuk meningkatkan penghasilan sebagai reseller, distributor, sampai agen.

Kesimpulan

Walaupun berprofesi sebagai karyawan dengan jam kerja yang padat Anda berkesempatan meraup penghasilan tambahan bahkan tanpa perlu resign dari pekerjaan tetap. Anda dapat mencoba peluang usaha sampingan karyawan di atas dengan jam kerja yang terbilang fleksibel.

Agar mendapatkan hasil maksimal, Anda perlu menerapkan manajemen waktu yang baik agar kedua profesi berjalan seimbang.

Semoga bermanfaat.

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Artikel Terkait:

Berlanggaan Gratis!

Dapatkan pemberitahuan artikel menarik dari Supergoat, dengan berlangganan newsletter dibawah ini. Terimakasih :)

Tinggalkan komentar

Ingin Jadi Mitra Kami?

Isi form ini dan kami akan menghubungi Anda.

Pastikan data di atas sudah benar, setelah klik Join Mitra, Anda akan dibawa ke chat WA admin, silakan lanjutkan klik kirim dan jangan hapus pesan.

Form Pemesanan Supergoat

Pastikan data di atas sudah benar, setelah klik Pesan Supergoat, Anda akan dibawa ke chat WA admin, silakan lanjutkan klik kirim dan jangan hapus pesan.