fbpx

11 Pantangan Makanan Penyakit Jantung, Termasuk Buah Durian

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Penderita penyakit jantung dapat meminimalkan resiko terjadinya serangan ulang dengan menerapkan diet sehat dan menghindari makanan pantangan.

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Tahukah Anda jika penyakit jantung merupakan salah satu penyebab kematian terbanyak di Tanah Air? Inilah sebabnya sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung sejak usia muda. Namun untuk Anda yang memiliki riwayat sakit jantung, jangan berkecil hati dulu! Dengan pola hidup sehat, yang mencakup diet sehat serta menghindari pantangan makanan penyakit jantung Anda tetap berkesempatan menikmati usia yang panjang.

Daftar Makanan yang Dilarang Untuk Penderita Penyakit Jantung

Serangan jantung yang terjadi baik pada Anda sendiri atau mungkin orang-orang terdekat memang sesuatu yang traumatis. Namun setelah melewati tragedi tersebut Anda dapat mulai berkonsentrasi untuk mencegah serangan ulang, salah satunya adalah menerapkan diet yang tepat.

Tidak hanya mengkonsumsi makanan yang mengandung nutrisi bagi jantung, Anda juga wajib berpantang pada makanan yang dilarang untuk penyakit jantung. Tujuannya adalah untuk memulihkan penyempitan arteri yang merupakan penyebab utama serangan jantung, serta membantu mencegah komplikasi lain, misalnya stroke. Simak daftarnya!

Daging olahan

Bersihkan kulkas Anda dari produk daging olahan seperti nugget, bacon, sosis, sampai bakso beku. Produk-produk demikian ini sarat lemak jenuh yang berpotensi meningkatkan kadar LDL atau kolesterol jahat dalam darah. Daging olahan juga mengandung garam tinggi penyebab penumpukan cairan dan melonjakkan tekanan darah.

Kondisi demikian pada akhirnya memicu serangan jantung, gagal jantung, dan stroke. Belum lagi efek samping bahan pengawet yang juga kurang baik bagi kesehatan secara keseluruhan.

Daripada daging olahan Anda sebaiknya meningkatkan konsumsi ikan yang kaya asam lemak dan menyehatkan jantung.

Daging merah

Hati-hati bagi Anda para meat lovers, karena mengkonsumsi daging merah secara berlebihan akan meningkatkan risiko terserang kencing manis dan penyakit jantung. Ini karena daging merah tinggi kandungan lemak jenuhnya sehingga dapat meningkatkan kadar kolesterol.

Anda perlu tahu bahwa daging merah mengandung senyawa L-carnitine yang akan diubah menjadi zat tertentu oleh bakteri dalam sistem cerna kita. Masalahnya, zat tersebut menyebabkan terbentuknya plak pada pembuluh darah arteri yang lambat laun memicu penyakit jantung coroner.

Mulai sekarang batasilah konsumsi daging merah dan pilih bagian daging yang rendah lemak, misalnya sirloin.

Minuman kemasan

Tahukah Anda jika sekaleng minuman bersoda kandunga gulanya bisa mencapai 47 gram atau setara dengan 12 sendok teh? Jika mengkonsumsi minuman ringan atau kemasan sudah menjadi kebiasaan, ini bisa menyebabkan obesitas dan mengundang penyakit-penyakit berbahaya.

Tidak hanya masalah jantung, mereka yang kelebihan berat badan lebih banyak mengalami masalah kesehatan yang bisa berakibat fatal. Ini antara lain tekanan darah tinggi, stroke, sampai diabetes tipe 2.

Untuk memenuhi kebutuhan cairan sebaiknya minum banyak air putih, jus atau smoothie buah buatan sendiri, atau infused water.

Kue dan kukis

Kue dan kukis yang tersedia di supermarket biasanya terbuat dari tepung terigu yang dapat meningkatkan gula darah dan membuat Anda cepat lapar. Tanpa sadar akhirnya Anda jadi makan lebih banyak dan jadi obesitas. Selain itu kue-kue pabrikan biasanya sarat dengan gula tambahan serta bahan-bahan yang memicu peningkatan kadar trigliserida.

Sebagai alternatif cemilan yang sehat Anda bisa membuat kukis sendiri di rumah yang terbuat dari tepung gandum. Ganti gula dengan madu atau pemanis lain yang lebih sehat, dan alih-alih pakai mentega atau margarin, gunakan minyak nabati.

Durian

Secara umum buah-buahan memang makanan alami yang sehat, namun Anda perlu waspada dengan buah yang dilarang untuk penyakit jantung ini. Pasalnya durian mengandung karbohidrat, lemak, serta gula yang cukup tinggi dan saat penderita gangguan jantung mengkonsumsinya secara berlebihan ini bisa berbahaya.

Namun jika sudah tidak dapat menahan godaan untuk mencicipinya, boleh-boleh saja asalkan sekali lagi, tidak berlebihan. Ini misalnya tidak lebih dari satu atau dua potong saja.

Sebenarnya ada begitu banyak pilihan buah-buahan sehat yang memberi nutrisi bagi jantung Anda. Ini antara lain apel, jeruk, alpukat, pisang, dan sebagainya.

Nasi putih

Selain nasi putih, roti tawar dan pasta dari tepung terigu juga merupakan makanan pantangan bagi penderita penyakit jantung. Alasannya karena dalam pemrosesannya makanan-makanan tersebut telah kehilangan vitamin, mineral, serta serat yang menyehatkan sehingga menjadi karbohidrat sederhana. Mengkonsumsi karbo sederhana dapat menimbun lemak dalam tubuh, menyebabkan diabetes tipe 2, dan gangguan kesehatan jantung.

Mulai sekarang coba ganti karbohidrat sederhana dengan karbohidrat kompleks yang membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna. Ini misalnya beras merah, oatmeal, dan pasta atau roti dari gandum utuh.  

Pizza

Memang banyak orang tidak tahan untuk tidak menyantap sepotong pizza hangat dengan keju yang masih meleleh sebagai toping-nya. Namun untuk Anda yang memiliki riwayat gangguan jantung, termasuk pembengkakan jantung, sebaiknya berpikir dua kali sebelum mengkonsumsi pizza. Pasalnya pizza mengandung natrium (garam) yang cukup tinggi, lemak jenuh, serta sarat kalori.

Meski demikian Anda dapat memodifikasi makanan yang dilarang untuk penderita jantung bengkak ini di dapur Anda. Pilih tepung gandum untuk membuat adonan pizza, jangan terlalu banyak menaburkan toping keju, dan hindari sosis atau pepperoni. Sebagai gantinya tambahkan potongan-potongan sayuran pada bagian atas pizza, seperti brokoli, tomat, dan selada.

Yoghurt dengan gula tambahan

Sebenarnya yoghurt adalah makanan yang menyehatkan terutama untuk pencernaan, termasuk berkhasiat menstabilkan tekanan darah. Namun ini dengan syarat Anda memilih produk yoghurt rendah lemak, tanpa kandungan gula, serta tambahan perasa. Sebaliknya, yoghurt yang padat gula bisa memicu obesitas, melonjaknya tekanan darah, serta meningkatkan risiko mengalami peradangan dan masalah jantung.

Untuk meningkatkan nutrisi yoghurt, selain memilih produk yang sehat Anda bisa menambahkan potongan buah segar.

Kentang goreng/French fries

Kentang goreng yang Anda beli di restoran cepat saji mengandung banyak lemak serta garam yang dapat merugikan kesehatan jantung. Jika memang ingin sekali mengudap kentang goreng sebaiknya pilih porsi terkecil dan tidak terlalu sering.

Alternatif sehat untuk menikmati kentang goreng adalah mengolahnya dengan cara memanggang atau mengukusnya. Selain itu Anda juga bisa menggantikan kentang dengan ubi manis/jalar yang juga ideal bagi yang ingin mengurangi berat badan.

Ayam goreng tepung

Mengolah ayam dengan melumurkan tepung lalu menggoreng dengan metode deep fried dapat meningkatkan kandungan garam, lemak, dan kalorinya. Jika terlalu sering mengkonsumsi hidangan lezat ini peluang Anda untuk mengalami gagal jantung juga akan meningkat.

Sebenarnya ayam dapat diolah menjadi menu makan sehat untuk penderita jantung, yaitu pada bagian dada ayam dengan mengelupas kulitnya. Jika ingin membuatnya renyah seperti ayam goreng restoran, Anda bisa melumurkan tepung gandum kemudian memanggangnya.

Es krim

Es krim pabrikan memiliki kandungan gula, lemak jenuh, serta kalori yang tinggi sehingga tidak bijaksana mengkonsumsinya terlalu sering. Ini terutama bagi Anda dengan riwayat gangguan kesehatan jantung.

Untuk membuat es krim sendiri yang tidak kalah lezat Anda bisa menghaluskan buah-buahan dan mencampurkannya dengan susu rendah lemak atau yoghurt. Selanjutnya Anda tinggal membekukan adonan di kulkas dan siap jadi hidangan penutup.

Kesimpulan

Yang dapat Anda lakukan setelah mengalami serangan jantung adalah mencegah agar hal ini tidak terulang lagi di masa depan. Salah satu caranya adalah dengan menerapkan pola makan sehat serta menghindari pantangan makanan penyakit jantung. Ini terutama jenis-jenis makanan yang dapat meningkatkan kadar kolesterol, sarat gula dan garam, atau memicu obesitas.

Selain itu Anda perlu menambahkan Supergoat, susu kambing etawa bubuk plus gula aren dalam diet harian. Ini karena Supergoat mengandung kalium serta asam lemak yang dapat mencegah pengerasan pembuluh darah serta menstabilkan kadar kolesterol.

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Artikel Terkait:

Berlanggaan Gratis!

Dapatkan pemberitahuan artikel menarik dari Supergoat, dengan berlangganan newsletter dibawah ini. Terimakasih :)

Tinggalkan komentar

Ingin Jadi Mitra Kami?

Isi form ini dan kami akan menghubungi Anda.

Pastikan data di atas sudah benar, setelah klik Join Mitra, Anda akan dibawa ke chat WA admin, silakan lanjutkan klik kirim dan jangan hapus pesan.

Form Pemesanan Supergoat

Penting!! Pastikan data di atas sudah benar, setelah klik Pesan Supergoat, Anda akan dibawa ke chat WA admin, silakan lanjutkan klik kirim dan jangan hapus pesan.