fbpx

Adakah Pantangan Diet OCD? Begini Penjelasannya!

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Sejak 2013, Deddy Corbuzier memperkenalkan OCD atau Obsessive Corbuzier’s Diet. Kalau saat ini Anda baru merasa tertarik menjalaninya, jelas tak terlambat. Masih banyak orang mempelajari anjuran dan pantangan Diet OCD untuk mengontrol bobot tubuhnya.

Apakah Ada Pantangan Diet OCD?

Kalau yang Anda maksud pantangan dalam artian asupan yang tidak boleh dimakan, Anda tidak akan menemukan pantangan apa-apa.

Soalnya, metode OCD yang serupa dengan IF (Intermittent Fasting) berbeda dengan jenis diet lain seperti diet Keto, Atkins, atau Vegan yang membatasi jenis asupan makanan.

Kalau Anda perhatikan, dalam buku panduan OCD 3.5 yang Deddy Corbuzier susun, pembicaraannya tidak banyak menyinggung keharusan makan A, B atau larangan makan C, D. Tidak ada menu diet OCD agar berhasil yang secara khusus Ia anjurkan.

Jika Anda bertanya bagaimana diet OCD yang benar? Titik tekannya, justru terletak pada pengaturan waktu makan. Inilah yang menjadi ciri khas dari diet OCD. 

Namun, kalau pantangan yang dimaksud dalam konteks lain, tentu saja ada. Bagaimanapun, setiap metode punya panduan. Semua panduan, pasti berbicara do dan dont.

Pantangan Diet OCD

Ada beberapa larangan diet OCD yang perlu Anda lakukan selama diet ini. Menjalaninya dengan disiplin, bisa membuat tujuan tercapai sesuai target.

1. Pantang makan pagi

Diet OCD tidak mengenal makan pagi. Anggapan bahwa sarapan adalah waktu makan paling penting dalam satu hari kehidupan manusia, dipertanyakan dalam OCD.

Setidaknya, ada beberapa alasan yang dikemukakan:

  • Tidak membantu meningkatkan metabolisme
  • Tidak membantu mempertahankan otot
  • Sarapan meningkatkan rasa lapar pada siang hari
  • Tidak mengelola gula darah
  • Mengganggu konsentrasi
  • Tidak wajar (Sesuai dengan kebiasaan masyarakat zaman dahulu)

Setiap argumen dalam OCD ada alasannya. Anda bisa membaca panduan OCD sendiri jika penasaran.

Sebagai ganti makan pagi, OCD punya konsep buka puasa dan jendela makan. Jadi, setiap hari Anda bukan mulai makan di pagi hari, melainkan saat masuk waktu jendela makan. 

Misalnya Anda memulai OCD dengan puasa 16 jam sejak pukul 20.00 malam hingga 12.00 siang, maka awal makan Anda adalah pukul 12.00. Tidak ada makan pagi kecuali kebetulan ketika Anda mengatur OCD, jendela bukanya ternyata ada pada pagi hari.

2. Pantang asupan kalori saat puasa

Berbeda dengan puasa pada umumnya, seperti shaum Ramadhan, puasa dalam OCD tidak melarang sepenuhnya mengkonsumsi asupan. Anda masih boleh minum air putih yang 0% kalori. 

Selain itu, Anda tak boleh mengkonsumsinya. Lakukan persis puasa dalam konteks ibadah.

Adapun terkait waktunya, tergantung lama jendela makan yang Anda gunakan. 

  • Jika 8 jam, puasa 16 jam
  • Jika 6 jam, puasa 18 jam
  • Sementara jika 4 jam, puasa 20 jam

Deddy juga menyarankan Anda menyisipkan beberapa hari selama OCD untuk berpuasa 24 jam. Jika Anda sedang menjalankan itu, artinya Anda jangan mengkonsumsi kalori sepanjang itu.

3. Pantang rakus saat jendela makan

Anda pernah dengar atau mengalami peningkatan berat badan justru terjadi setelah rutin puasa seperti puasa Ramadhan? 

Hal itu logis, karena ketika berbuka, sebagian orang menjadikannya ajang balas dendam. Segala dilahap dengan kuantitas berlebih dan terus menerus. 

Dalam OCD, perilaku semacam ini membuat upaya mengatur jadwal makan Anda jadi sia-sia. Menangani problem ini, dapat dilakukan dengan mengubah mindset. 

Adapun untuk pilihan makanan, tidak ada pantangan makanan diet OCD. Selama tidak dengan perilaku rakus, Anda bisa konsumsi nasi padang, cheese cake, brownis, dan apapun itu.

Soalnya, konsep ini berpijak dari keresahan Deddy Corbuzier yang melihat  kegagalan pada pelaku diet gara-gara ketidakmampuan dalam mengontrol diri terhadap makanan yang disenanginya.

4. Pantang Malas Gerak

Selain ingin berat turun, Anda juga pasti ingin kan memiliki tubuh ideal? Dengan postur yang bagus, Anda pasti akan semakin percaya diri dalam menjalani kehidupan.

Maka dari itu, OCD juga pantang membiarkan pelakunya untuk malas-malasan selama puasa. Tidak makan bukan berarti tidak beraktivitas. Inilah yang OCD ajarkan.

Untuk itu, OCD juga memperkenalkan konsep O7W (OCD 7 Minutes Workout) dalam menunjang diet dengan beberapa tujuan:

  • Membangun kekuatan di semua bagian otot.
  • Membakar lemak lebih cepat tanpa alat ketimbang latihan dengan mesin kardio atau alat aerobik.

Setidaknya, ada 12 gerakan yang bisa Anda lakukan. Masing-masing, cukup dengan 30 detik dengan selingan istirahat sekitar 10 detik. Total, jadi sekitar 470 detik, atau 7 menit 50 detik.

Meski hanya sebentar, namun pengaruhnya luar biasa. Agar diet OCD Anda sempurna, Anda perlu melakukannya.

Rekomendasi

Memang, dalam beberapa kasus, ada orang-orang yang diet OCD secara longgar (tidak begitu disiplin), namun tetap mampu menurunkan berat badannya. 

Akan tetapi, jika Anda menginginkan hasil optimal, Anda sebaiknya tidak seperti itu. 

Satu hal lagi, meski tidak ada pantangan diet OCD dalam hal jenis makanan, Anda sebaiknya tetap pilih makanan dan minuman bergizi. Termasuk, menyisipkan susu kambing  Supergoat dalam program diet Anda untuk menjaga imunitas tubuh. 

Akhir kata, semoga program diet Anda sukses ya!

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Artikel Terkait:

Berlanggaan Gratis!

Dapatkan pemberitahuan artikel menarik dari Supergoat, dengan berlangganan newsletter dibawah ini. Terimakasih :)

Tinggalkan komentar

Ingin Jadi Mitra Kami?

Isi form ini dan kami akan menghubungi Anda.

Pastikan data di atas sudah benar, setelah klik Join Mitra, Anda akan dibawa ke chat WA admin, silakan lanjutkan klik kirim dan jangan hapus pesan.

Form Pemesanan Supergoat

Penting!! Pastikan data di atas sudah benar, setelah klik Pesan Supergoat, Anda akan dibawa ke chat WA admin, silakan lanjutkan klik kirim dan jangan hapus pesan.