fbpx

7 Olahraga yang Dianjurkan Rasulullah SAW dan Manfaatnya

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Rasulullah SAW sangat menyukai jika umatnya kuat. Beberapa olahraga yang dianjurkan beliau dapat menjadi pilihan yang menarik untuk ditekuni.

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Menjadi orang beriman yang kuat merupakan sebuah perintah dari Allah SWT dan anjuran dari Rasulullah SAW. Beberapa olahraga yang dianjurkan Rasulullah SAW merupakan sebuah cara untuk mewujudkan hal tersebut.

hadis Allah lebih menyukai mukmin yang kuat

Dari Abu Hurairah RA, berkata, Rasûlullâh SAW bersabda: mukmin yang kuat lebih baik dan dicintai Allâh daripada mukmin yang lemah; dan pada masing-masing ada kebaikan” (HR. Muslim no. 2.664)

Tentu saja maksud dari kuat di sini berarti luas; bisa fisik, mental, intelektual, ekonomi, dan sebagainya. Jika berkaitan dengan olahraga, tentu kuat fisik yang menjadi maksudnya.

Pada dasarnya, semua olahraga itu bagus untuk membangun tubuh yang bugar dan kuat. Namun, memang Rasulullah SAW menganjurkan, memberi teladan atau menyebutkan beberapa olahraga tertentu.

Berikut adalah 7 olahraga yang dianjurkan Rasulullah SAW sesuai riwayat hadis beserta manfaatnya.

1. Berenang

Berenang merupakan olahraga penuh manfaat yang tak hanya menguatkan tubuh, tapi juga memberikan kecakapan untuk bertahan hidup. Tak heran olahraga ini menjadi tradisi yang dianjurkan untuk diajarkan kepada anak-anak muslim.

Dalam hadis riwayat Nasa’i, Rasulullah SAW memang tidak memerintahkan secara langsung untuk berenang. Namun, beliau menyebutnya sebagai salah satu permainan yang tidak membawa kesia-siaan.

hadis tentang berenang termasuk olahraga yang dianjurkan rasulullah

Dari Jabir bin Abdillah RA Rasulullah SAW bersabda, “Segala sesuatu yang di dalamnya tidak mengandung dzikrullah merupakan perbuatan sia-sia, senda gurau, dan permainan, kecuali empat (perkara), yaitu senda gurau suami dengan istrinya, melatih kuda, berlatih memanah, dan mengajarkan renang.” (HR. Nasai dalam Al-Kubro no. 8.889)

Selain itu, sahabat Umar bin Khattab RA memerintahkan secara tegas kepada panglimanya, Abu Ubaidah bin Jarrah agar mengajarkan anak berenang. Sebab, beliau mampu melihat bahwa keterampilan berenang sangat penting dalam kehidupan.

Umar memerintahkan untuk mengajari berenang

“Umar menulis surat kepada Abu ‘Ubaidah Bin Al Jarrah: ‘Ajarkanlah kepada anak-anak kalian berenang dan cara berperang kalian dengan menggunakan panah, sebab mereka akan melaksanakan berbagai tujuan.’” (Musnad Ahmad no. 305)

Terlepas dari itu, berenang melatih jantung dan paru lebih kuat, otot lebih liat, dan koordinasi gerakan lebih akurat. Dalam 1 jam berenang, Anda bisa membakar hingga 480 Kalori. 

Maka dari itu, manfaatnya bagi kesehatan dan kebugaran tubuh sangat besar.

2. Berkuda

Berkuda menjadi olahraga selanjutnya yang Rasulullah SAW anjurkan. Bahkan, beliau pernah mengikuti lomba berkuda dan menjadi juaranya.

Hal ini berdasarkan riwayat sahabat Anas bin Malik RA ketika beliau ditanya:

hadis Rasulullah mengikuti lomba balap kuda

“‘Wahai Abu Hamzah, apakah engkau melakukan lomba adu kuda pada masa Rasulullah SAW’, ‘apakah Rasulullah SAW ikut berlomba kuda di dalamnya?’ 

“(Anas bin Malik RA) berkata; “Ya, demi Allah Rasulullah SAW telah ikut lomba berkuda dengan seekor kuda miliknya yang dijuluki dengan Sabhah, maka beliau menang hingga beliau kagum dan suka akan itu” (HR. Ahmad no. 13.194)

Dari segi kesehatan fisik dan mental, berkuda sendiri menyimpan banyak manfaat. Mulai dari:

  1. melatih intuisi dan kepekaan terhadap makhluk lain;
  2. menguatkan otot lengan, kaki, dan punggung; serta
  3. melatih koordinasi motorik yang lebih halus.

Maka dari itu, jika ada kesempatan untuk berkuda di sekitar Anda, sangat baik untuk tidak menyia-nyiakannya.

3. Memanah

Olahraga memanah merupakan salah satu olahraga yang dianjurkan Rasulullah SAW. Bahkan, dalil tentang memanah sangat konsisten dan banyak di berbagai hadis sahih.

Di antaranya hadits riwayat Salamah bin al-Akwa berikut:

memanah olahraga yang dianjurkan rasulullah

Nabi SAW pernah lewat di hadapan beberapa orang dari suku Aslam yang sedang berlomba dalam menunjukkan kemahiran memanah, lalu Nabi SAW bersabda: ‘Memanahlah wahai Bani Isma’il, karena sesungguhnya nenek moyang kalian adalah ahli memanah. memanahlah dan aku ada bersama Bani Fulan’. 

“Lalu salah satu dari dua kelompok ada yang menahan tangan-tangan mereka (berhenti sejenak berlatih memanah), maka Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam bertanya: ‘Mengapa kalian tidak terus berlatih memanah?’ 

“Mereka menjawab: ‘Bagaimana kami harus berlatih sedangkan Tuan berpihak kepada mereka?’ 

“Maka Nabi SAW bersabda: ‘Berlatihlah, karena aku bersama kalian semuanya’”. (HR. Bukhari no. 3.507)

Dalam riwayat lain di kitab Sunan Nasa’i, Rasulullah bahkan mengungkapkan kesukaannya pada memanah yang lebih besar dari kesukaan beliau pada berkuda.

hadis rasulullah lebih suka memanah daripada berkuda

Memanah dan berkudalah, dan kalian memanah lebih aku sukai daripada kalian berkuda.” (HR. Nasai no. 3.522)

Dari segi kesehatan, olahraga memanah memiliki manfaat untuk:

  1. meningkatkan kemampuan untuk fokus dan konsentrasi;
  2. melatih otot-otot bagian atas termasuk lengan, bahu, dan punggung;
  3. meningkatkan koordinasi motorik halus antara mata dengan tangan;
  4. melatih dan meningkatkan rasa percaya diri serta kemampuan bersosialisasi.

4. Jalan Cepat

Memang tidak ada hadits yang meriwayatkan anjuran Rasulullah SAW untuk melakukan olahraga jalan cepat. Namun, berjalan cepat dan tegak sendiri merupakan sebuah kebiasaan bagi beliau.

Dalam riwayat Sunan Tirmidzi, Abu Hurairah RA mengungkapkan kebiasaan Rasul SAW berjalan cepat yang kadang sulit bagi para sahabat mengikuti langkah beliau.

hadis rasulullah berjalan cepat

Aku tidak pernah melihat sesuatu yang lebih bagus daripada Rasulullah SAW, seakan-akan matahari berjalan di wajahnya, dan tidaklah aku melihat seseorang ketika berjalan lebih cepat dari Rasulullah SAW, seakan-akan bumi dikisutkan baginya. Kami melakukannya dengan susah payah, namun bagi beliau dianggapnya enteng.” (HR. Tirmidzi no. 3.581)

Dalam riwayat lain dari Bukhari, disebutkan bahwa Rasulullah berjalan dengan 2 cara:

  1. ‘anaq, yang berarti tidak cepat ataupun lambat
  2. nash, yang berarti cepat, tapi tidak sampai berlari.

Dari segi kesehatan, jalan cepat sendiri memiliki banyak manfaat, di antaranya:

  1. meningkatkan kekuatan jantung dan paru-paru;
  2. mengurangi risiko obesitas, kolesterol, kanker, dan berbagai penyakit lain;
  3. meningkatkan sistem imunitas tubuh;

dan masih banyak lagi yang lain.

5. Berlari

Berlari merupakan kemampuan atletik dasar yang menjadi pondasi hampir semua jenis olahraga. Meski Rasulullah SAW tidak menganjurkan secara khusus olahraga berlari ini, tapi dalam beberapa kesempatan, beliau sangat suka melakukannya.

Riwayat yang paling populer adalah ketika beliau berlomba lari dengan istrinya, ‘Aisyah RA.

hadis Rasulullah SAW berlomba lari

Aku (‘Aisyah) pernah keluar bersama Rasulullah SAW, dan saat itu aku masih kurus. Ketika kami telah sampai di suatu tempat, beliau berujar kepada para sahabatnya: ‘Pergilah kalian terlebih dahulu!’ 

“Kemudian beliau menantangku untuk berlari, ‘Kesinilah! aku akan berlomba denganmu!’ kemudian beliau berlomba denganku, namun akhirnya aku memenangkan lomba tersebut.

“Pada lain kesempatan, aku kembali keluar bepergian bersama beliau, dan saat itu badanku semakin besar. Ketika kami berada di suatu tempat, Rasulullah SAW kembali berkata kepada para sahabatnya: ‘Pergilah kalian terlebih dahulu!’

“Kemudian beliau menantangku untuk berlari, ‘Ke sinilah! aku akan berlomba denganmu!’

“Kemudian beliau berlomba denganku, tetapi akhirnya beliau memenangkan lomba tersebut. Sembari memukul pundakku, beliau berkata: ini adalah balasan untuk yang itu’” (HR. Ahmad dengan derajat hasan).

Dari segi kesehatan, berlari sendiri memiliki manfaat yang setara dengan berjalan cepat. Dengan asumsi sebagai lari santai alias jogging.

6. Gulat

Gulat merupakan salah satu olahraga yang membutuhkan kekuatan dan teknik yang tinggi. Karena itu, siapa pun yang tertarik perlu berhati-hati dalam melakukannya.

Rasulullah SAW sendiri pernah bertanding gulat dengan seorang pegulat terkenal bernama Rukanah. Dalam kejadian itu, baik Rukanah maupun Rasulullah SAW dapat beradu secara seimbang.

gulat salah satu yang pernah dilakukan rasulullah

Dari Abu Ja’far bin Muhammad bin Ali bin Rukanah dari bapaknya berkata, ‘Rukanah pernah menggulat (membanting) Nabi SAW, lalu Nabi SAW ganti membanting rukanah.” (HR. Abu Daud no. 3.556)

Manfaat gulat sendiri sangat bagus untuk melatih kekuatan tubuh. Namun, perlu digarisbawahi bahwa gulat bebas yang sampai melukai secara berlebihan tidak dianjurkan.

7. Anggar

Anjuran untuk melakukan anggar secara literal sendiri memang tidak ada karena olahraga itu memang belum ada. 

Namun, dalam sebuah hadis riwayat Abu Hurairah, Rasulullah SAW melarang Umar RA menghentikan orang-orang Habasyah yang sedang bermain dengan alat perang.

Anggar olahraga yang dianjurkan rasulullah

Ketika orang-orang Habasyah bermain-main dengan alat perang di masjid di sisi Rasulullah SAW, Umar bin Al Khaththab masuk dan mengambil kerikil untuk melempar mereka, lalu Nabi SAW bersabda kepadanya: “Biarkan mereka wahai Umar.” (HR. Ahmad no. 7.734)

Alat perang saat itu adalah pedang dan tombak. Maka dari itu bermain pedang (anggar) dapat dianggap sebagai salah satu olahraga yang dianjurkan Rasulullah SAW.

Menyikapi Olahraga yang Dianjurkan Rasulullah SAW

Pada prinsipnya, semua olahraga yang bertujuan membentuk tubuh sehat dan kuat adalah bagus di dalam Islam. Karena itu, tak perlu harus melakukan olahraga ini tapi tidak mau melakukan yang itu.

Sebagai contoh, pencak silat dapat menjadi salah satu olahraga beladiri yang prinsipnya serupa dengan gulat.

Lagipula, jika kita perhatikan, semua olahraga yang Rasulullah SAW anjurkan memiliki hubungan langsung dengan kemampuan bertahan hidup. Jadi, jika ingin memilih olahraga, pastikan yang memiliki manfaat langsung terhadap kemampuan survival Anda.

Selanjutnya, olahraga saja tanpa memedulikan nutrisi juga dapat merusak tubuh. Agar olahraga Anda optimal. pastikan sedia susu kambing Supergoat yang kaya nutrisi untuk mendukung aktivitas Anda.

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Artikel Terkait:

Berlanggaan Gratis!

Dapatkan pemberitahuan artikel menarik dari Supergoat, dengan berlangganan newsletter dibawah ini. Terimakasih :)

Tinggalkan komentar

Ingin Jadi Mitra Kami?

Isi form ini dan kami akan menghubungi Anda.

Pastikan data di atas sudah benar, setelah klik Join Mitra, Anda akan dibawa ke chat WA admin, silakan lanjutkan klik kirim dan jangan hapus pesan.

Form Pemesanan Supergoat

Penting!! Pastikan data di atas sudah benar, setelah klik Pesan Supergoat, Anda akan dibawa ke chat WA admin, silakan lanjutkan klik kirim dan jangan hapus pesan.