fbpx

7 Minuman yang Baik Setelah Makan Daging Kambing dan Khasiatnya

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Ketika kadar kolesterol jahat meningkat, gejala yang mengganggu tubuh berpotensi berdatangan. Deretan minuman ini bisa jadi solusi saat itu terjadi.

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Anda sudah tahu minuman yang baik setelah makan daging kambing? Pengetahuan ini sangat penting lho! Terutama, saat menyambut momen yang membuat Anda kesulitan mengontrol nafsu makan daging kambing, seperti Hari Raya Idul Adha.

Sebenarnya, mengkonsumsi daging kambing dalam jumlah wajar itu tak akan memicu masalah. Akan tetapi, jika berlebihan, kadar kolesterol jahat LDL (Low Density Lipoprotein) bisa meningkat dan memicu aneka gejala seperti pusing dan mual.

Maka dari itu, alangkah baiknya Anda imbangi dengan menyiapkan minuman yang punya khasiat menetralisir efek samping kebanyakan makan daging kambing. 

Minuman Penawar Daging Kambing

Jadi, habis makan daging minum apa? Berikut ini kami bagikan beberapa penawar setelah makan daging kambing untuk Anda!

1. Es Jeruk

Es Jeruk

Sebagai teman makan daging, es jeruk tergolong yang paling baik. Ada berbagai manfaat jika Anda memilih minuman ini.

Kandungan vitamin C dalam jeruk, dapat membantu proses penyerapan zat besi yang Anda dapat dari daging kambing. Selain itu, antioksidannya berfungsi menjaga kestabilan tekanan darah dan menurunkan LDL. 

Hanya saja, agar manfaatnya semakin sempurna, Anda tidak disarankan menambahkan gula dalam sajian es jeruk agar asupan kalori tetap terkontrol. 

2. Teh Hijau

Teh Hijau

Teh hijau sudah terbukti baik untuk melawan kadar kolesterol yang mungkin naik setelah makan daging kambing.

Di dalamnya, terkandung berbagai senyawa antioksidan seperti katekin, yang berfungsi mengurangi LDL. Pada saat bersamaan, kandungan kafeinnya mampu mendorong kadar kolesterol baik atau HDL (High Density Lipoprotein).

Meskipun beberapa jenis teh lain juga memiliki pengaruh sama, namun minum teh hijau paling recomended sebagai cara menghilangkan sakit kepala setelah makan daging kambing.

3. Minuman Jahe

Minuman Jahe

Selain menimbulkan efek hangat pada tubuh, minuman dengan campuran bahan rempah seperti jahe cocok untuk mengontrol LDL. Terutama, jika Anda tak mencampurkan gula dalam resepnya.

Berdasarkan riset, jahe tak hanya mampu menurunkan LDL. Lebih dari itu, jahe membantu mengontrol trigliserida, jenis lemak dalam darah yang bisa memicu berbagai penyakit karena terlalu banyak konsumsi daging. 

Ada aneka macam resep minuman jahe. Anda bisa siapkan resep populer seperti wedang jahe hangat.

4. Es Timun Serut

Timun Serut

Pernahkah Anda bertanya, mengapa banyak pedagang sate kambing menyertakan acar timun sebagai pelengkap? Ternyata, timun memiliki aneka manfaat jika dikonsumsi bersama daging kambing.

Bukan hanya menjaga kadar kolesterol dan tekanan darah, timun juga dapat mendinginkan pencernaan setelah mengkonsumsi daging yang memiliki sifat panas. Tentunya, berbagai gejala buruk pasca menyantap daging kambing dapat Anda reduksi.

Menariknya, selain jadi acar, Anda bisa mengolahnya jadi minuman seperti timun serut. Anda bisa tambahkan komponen lain seperti selasih untuk membuatnya makin nikmat dan bergizi.

5. Lemon Tea

Lemon Tea

Sama seperti saudaranya, jeruk, lemon juga cocok lho jadi pendamping makan daging kambing! Apalagi, jika Anda padukan minuman ini dengan teh, khasiatnya jadi berlipat.

Efek mual serta pusing, dapat Anda hindari dengan menyiapkan lemon tea. Kadar kalium yang tinggi juga membantu Anda mengontrol tekanan darah. Belum lagi, kandungan vitamin dan antioksidannya membantu tubuh tetap fit.

Menyajikannya baik dalam bentuk dingin maupun hangat sama baiknya. Tinggal, mana yang jadi selera Anda?

6. Minuman Kakao (Cokelat)

Cokelat, terutama cokelat hitam, sebenarnya bukan minuman yang buruk untuk lengkapi santap daging. Anda bisa mempertimbangkan untuk menyiapkannya.

Di dalamnya, terdapat kandungan antioksidan bernama flavianol serta asam lemak jenuh tak tunggal yang mampu meningkatkan HDL sekaligus menurunkan LDL. Bahkan, berdasarkan penelitian, efeknya sangat terasa jika Anda konsumsi secara rutin.

Untuk alasan kesehatan, kakao cokelat murni lebih baik ketimbang Anda meminum coklat dengan campuran bahan makanan lain.

7. Jus Jambu Biji

Terakhir, Anda bisa coba jus jambu biji. Buah kaya vitamin dan mineral ini tak diragukan lagi khasiatnya. 

Kekayaan vitamin C dan serat di dalamnya memiliki manfaat sempurna setelah kenyang makan daging kambing. Mulai dari menurunkan kadar kolesterol jahat, menjaga tekanan darah, hingga melancarkan pencernaan. 

Selain mengolah jambu biji menjadi jus, Anda juga bisa menjadikan daunnya sebagai teh. Khasiatnya sama tingginya, terutama bagi pengidap kolesterol tinggi.

Minum susu kambing untuk mengontrol nafsu makan

Susu kambing mungkin bukan pilihan terbaik untuk Anda minum bersamaan daging kambing. Tinjauan medis menyarankan ini untuk keamanan tubuh Anda.

Namun, bukan berarti Anda boleh melewatkan minuman ini begitu saja.Untuk mengontrol meningkatnya nafsu makan sepanjang momen Idul Adha, Anda bisa minum susu kambing

Di dalamnya, terkandung lemak MCT (Medium Chain Triglyceride). Salah satu fungsinya adalah membuat tubuh merasa cepat kenyang dan membantu Anda terhindar dari makan berlebihan. Selain itu, sebenarnya berkontribusi juga bagi penurunan kadar kolesterol jahat. 

Jadi, meski bukan tergolong minuman yang baik setelah makan daging kambing, sebaiknya sisipkan susu kambing sebagai asupan harian Anda.

Mau coba khasiat susu kambing? Minum Supergoat aja!

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Artikel Terkait:

Berlanggaan Gratis!

Dapatkan pemberitahuan artikel menarik dari Supergoat, dengan berlangganan newsletter dibawah ini. Terimakasih :)

Tinggalkan komentar

Ingin Jadi Mitra Kami?

Isi form ini dan kami akan menghubungi Anda.

Pastikan data di atas sudah benar, setelah klik Join Mitra, Anda akan dibawa ke chat WA admin, silakan lanjutkan klik kirim dan jangan hapus pesan.

Form Pemesanan Supergoat

Penting!! Pastikan data di atas sudah benar, setelah klik Pesan Supergoat, Anda akan dibawa ke chat WA admin, silakan lanjutkan klik kirim dan jangan hapus pesan.