fbpx

Konsumsi Dengan Rutin 9 Minuman Sehat untuk Jantung Ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Mengkonsumsi minuman berikut secara teratur akan menjaga jantung tetap sehat sampai lansia.

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Bayangkan betapa kerasnya jantung kita bekerja yang setiap saat menyediakan suplai oksigen, darah, dan nutrisi ke seluruh organ dan jaringan tubuh. Jantung dapat dikatakan inti kehidupan yang membuat kita tetap hidup dan sehat. Karena itu kita perlu merawat organ yang satu ini sebaik mungkin, salah satunya dengan rutin mengkonsumsi minuman sehat untuk jantung.

Daftar Minuman yang Menyehatkan Jantung

Tahukah Anda jika di tanah air penyakit jantung menjadi penyebab kematian kedua terbanyak setelah stroke? Jadi, Anda seyogyanya menjaga kesehatan jantung sedini mungkin, yaitu dengan menerapkan gaya hidup terutama pola makan sehat. Mengingat asupan makanan berkontribusi penting pada kondisi organ vital tersebut.

Membatasi konsumsi makanan berkolesterol tinggi, sarat gula, serta sodium dapat menjadi langkah awal untuk menjaga kesehatan jantung. Selain itu, mengonsumsi minuman herbal untuk jantung, jus dan teh sebagaimana rekomendasi ini dapat membantu menjaga jantung Anda tetap sehat hingga usia lanjut.

Teh Hijau – Efektif Mencegah Aterosklerosis

Teh hijau alias matcha mengandung senyawa EGCG atau epigallocatechin gallate yang memiliki sifat antioksidan serta anti inflamasi yang kuat. Khasiatnya untuk jantung adalah dapat mengatasi aterosklerosis, yaitu penumpukan lemak pada dinding arteri yang mengalirkan darah menuju jantung. EGCG juga membantu mengurangi peradangan serta membuat usia sel lebih panjang.

Inilah alasannya asupan teh hijau dapat menurunkan risiko penyakit jantung serta serangan stroke secara signifikan. Konsumsi teh hijau dua sampai tiga cangkir per hari sudah cukup untuk mendapatkan manfaat sehatnya bagi jantung Anda.

Kopi – Sumber Antioksidan Untuk Menjaga Kesehatan Jantung

Walaupun sering dituding jadi pemicu melonjaknya tekanan darah, namun faktanya kopi justru berkontribusi pada kesehatan jantung karena kandungan antioksidannya yang tinggi terutama pada kopi jenis arabika.

Masalahnya orang jarang menyeruput kopi hitam polos begitu saja melainkan dengan menambahkan banyak gula serta krim. Inilah yang membuat nilai kalorinya meningkat dan justru mengundang penyakit jika Anda mengkonsumsi secara berlebihan.

Untuk mendapatkan khasiatnya, selain minum kopi tanpa tambahan apa pun, Anda juga bisa mengolahnya menjadi smoothie. Misalnya dengan menambahkan sedikit kopi bubuk dalam minuman smoothie pisang Anda.

Tiga hingga empat cangkir kopi per hari adalah takaran maksimal bagi mereka tanpa riwayat kesehatan tertentu. Namun, bagi penderita penyakit jantung bawaan, Anda perlu berkonsultasi kepada dokter dulu sebelum menikmati kopi.

Jus Pepaya – Sarat Nutrisi Untuk Jantung Sehat

Benarkah jus buah sembuhkan penyakit jantung? Tentu saja tidak semata-mata demikian, namun menjadikan jus pepaya sebagai bagian dari diet sehat dapat membantu meningkatkan kesehatan jantung bagi penderita.

Sebab, pepaya kaya dengan kandungan likopen yang memberikan warna oranye cerah pada buah tersebut. Likopen sendiri merupakan antioksidan kuat sekaligus membawa sifat anti-inflamasi yang efektif mencegah aterosklerosis dan berkhasiat melancarkan peredaran darah.

Selain pepaya, Anda juga bisa mengkonsumsi jus melon dan tomat untuk mendapatkan manfaat yang sama. Ini karena ketiga buah tersebut kaya akan kandungan beta-karoten, magnesium, dan kalium yang berdampak positif untuk kesehatan jantung.

Coklat Bubuk (Kokoa) – Menjaga Kestabilan Tekanan Darah

Untuk memberikan manfaat positif bagi kesehatan jantung, sebaiknya pilih produk coklat yang tidak melalui banyak pemrosesan sehingga kandungan nutrisinya lebih terjaga. Secara alami tumbuhan kakao mampu memperkecil risiko penyakit kardiovaskular karena sarat antioksidan flavonoid dan mineral.

Selain itu, kakao juga berkhasiat menjaga kestabilan tekanan darah, meningkatkan kualitas pembuluh darah, serta memperkecil rsiko terjadinya serangan jantung.

Sesendok makan cokelat bubuk tidak hanya membuat secangkir susu hangat jadi lebih sehat, tapi sekaligus menambah cita rasanya. Alih-alih menambahkan gula, Anda dapat menggantikannya dengan madu untuk memberikan rasa manis.

Sari Jeruk – Memperkecil Resiko Stroke dan Serangan Jantung

Keluarga buah sitrus seperti jeruk, lemon, dan limau populer dengan kandungan vitamin C-nya yang tinggi. Manfaatnya antara lain adalah menetralkan dampak radikal bebas, melindungi sel, menurunkan tekanan darah, serta meminimalkan peluang terjadinya serangan stroke dan jantung. Selain itu kandungan senyawa flavonoid pada buah sitrus juga dapat melancarkan sirkulasi darah.

Sebaiknya pilih sari jeruk alami buatan sendiri daripada jus jeruk instan yang biasanya mengandung banyak gula. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan sepotong buah jeruk segar pada aneka minuman seperti teh atau jus.

Smoothie Sayuran – Menyediakan Nutrisi Buat Jaga Kesehatan Jantung

Ada beberapa alternative sayuran sahabat jantung yang bisa Anda campurkan dengan susu almond untuk membuat segelas smoothie lezat. Ini misalnya kale dan bayam yang dapat mencegah timbunan plak lemak pada pembuluh darah dan alpukat yang kaya omega 3.

Selain itu, ada wortel yang mengandung likopen tinggi, serta bit. Sementara susu almond sendiri kaya kandungan vitamin E dan asam lemak omega 3 yang juga berperan penting dalam meningkatkan kesehatan jantung.

Jus Anggur – Mengandung Antiplatelet Pencegah Penggumpalan Darah

Anggur kaya akan polifenol yang dapat mengatasi efek radikal bebas secara efektif sekaligus mencegah gangguan kesehatan pada jantung karena kelompok senyawa tersebut membawa sifat antiradang serta antiplatelet (pengencer darah) yang dapat mencegah aterosklerosis dan tekanan darah tinggi.

Buah anggur juga diketahui memiliki kandungan flavonoid yang dapat memperkecil peluang terjadinya serangan stroke. Oleh karena itu, jus anggur juga banyak dikonsumsi sebagai minuman untuk jantung berdebar.

Air Putih – Memperlancar Peredaran Darah dan Menjaga Kinerja Jantung

Walaupun bukan termasuk minuman herbal untuk kesehatan jantung, namun mengkonsumsi air putih adalah kebiasaan yang baik bagi kesehatan tubuh secara umum. Menjaga kebutuhan cairan tetap terpenuhi juga dapat mendukung kinerja jantung yang harus memompa hingga 2000 galon darah per hari.

Dehidrasi (kekurangan cairan) bisa menyebabkan kekentalan darah akibat kadar garam yang terlalu tinggi dan lonjakan tekanan darah. Kondisi tersebut dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

Susu Kambing Etawa – Mengandung Asam Lemak Untuk Menstabilkan Kolesterol

Jika Anda tengah mencari susu untuk penyakit jantung, susu kambing etawa dapat menjadi pilihan yang tepat. Ini karena susu kambing mempunyai kandungan asam lemak yang dapat menstabilkan kadar kolesterol dalam darah.

Selanjutnya, komplikasi gangguan kesehatan yang berkaitan dengan arteri koroner juga lebih mudah dicegah. Misalnya serangan stroke, aterosklerosis, hingga serangan jantung mendadak. Tidak hanya itu, susu kambing etawa juga mengandung potasium yang mampu menjaga kestabilan tekanan darah.

Kesimpulan:

Kesehatan jantung Anda tak dapat dipungkiri bergantung pada gaya hidup dan kebiasaan makan sehari-hari. Jadi untuk melindungi organ vital ini pastikan Anda memilih menu harian yang sehat dan seimbang plus minuman sehat untuk jantung. Salah satunya adalah produk Supergoat, susu kambing etawa bubuk dengan tambahan gula aren yang nikmat. Produk susu kambing etawa instan ini aman bagi siapa saja, termasuk penderita gula darah tinggi.

Semoga menginspirasi!  

Jangan lupa membagikan informasi ini pada media sosial Anda serta subscribe laman ini untuk mendapatkan informasi terkait gaya hidup sehat bersama Supergoat.

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Artikel Terkait:

Berlanggaan Gratis!

Dapatkan pemberitahuan artikel menarik dari Supergoat, dengan berlangganan newsletter dibawah ini. Terimakasih :)

Tinggalkan komentar

Ingin Jadi Mitra Kami?

Isi form ini dan kami akan menghubungi Anda.

Pastikan data di atas sudah benar, setelah klik Join Mitra, Anda akan dibawa ke chat WA admin, silakan lanjutkan klik kirim dan jangan hapus pesan.

Form Pemesanan Supergoat

Penting!! Pastikan data di atas sudah benar, setelah klik Pesan Supergoat, Anda akan dibawa ke chat WA admin, silakan lanjutkan klik kirim dan jangan hapus pesan.