fbpx

10+ Minuman Penghilang Stres Alami dan Terbukti Berkhasiat

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

64% masyarakat Indonesia mengalami kecemasan dan depresi akibat situasi hidup yang kian tak menentu. Jangan sampai Anda termasuk di dalamnya!

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Ketika banyak masalah mendera, Anda mungkin perlu bersantai sejenak sambil mengonsumsi minuman penghilang stres. 

Ada banyak pilihan minuman tersedia. Anda tinggal memilihnya sesuai dengan keterjangkauan, selera lidah, serta gizi yang terkandung di dalamnya. Untungnya, sebagian besar pilihan sangat mudah ditemukan.

Berikut ini daftar minuman untuk hilangkan stres. Selain bersifat alami, rekomendasi Supergoat berpijak atas pertimbangan medis.

Selamat mencoba!

1. Teh Hijau

Sebenarnya, semua jenis teh memiliki daya untuk menenangkan pikiran. Namun, teh hijau perlu untuk Anda pertimbangkan. Selain mudah dijangkau, khasiatnya juga sudah banyak dibuktikan.

Senyawa yang memiliki peran penting dalam memberikan pengaruh ketenangan adalah asam amino L-theanine. Tahun 2017, sebuah studi di Jepang membuktikan bahwa siswa yang rutin mengonsumsi teh hijau memiliki tingkat stres lebih rendah.

Hanya saja, jika berlebihan mengonsumsinya, ada risiko Anda justru merasa lebih cemas dan susah tidur. Jadi, hati-hati ya!

2. Rebusan jahe

Jika Anda sudah biasa menjadikannya salah satu komponen bumbu masak, mengapa tidak coba merebusnya untuk diminum?

Dalam jahe, terkandung belasan senyawa bioaktif unik dengan sifat antioksidan. Berdasarkan riset,  berbagai senyawa tersebut mampu menajamkan fungsi kognitif. Jadi, sangat cocok bagi Anda yang sedang punya masalah stres.

Anda bisa menyeduhnya lalu menyajikannya baik dengan air hangat maupun dingin. Meski tak memiliki efek samping, sebaiknya Anda tak terlalu banyak mengonsumsinya. Angka 4 gram adalah batas wajar yang perlu Anda perhatikan.

3. Cuka sari apel

Cuka dari sari apel sudah terbukti mampu mengurangi stres oksidatif, yakni stres yang diakibatkan terlalu banyaknya radikal bebas. Cairan ini memiliki daya untuk membendungnya.

Bukan hanya itu, cuka apel juga berkhasiat menurunkan berat badan, mengatur gula darah, mencegah kolesterol, serta meningkatkan daya tahan tubuh. Kelengkapan khasiatnya bisa Anda pertimbangkan.

Cara mengonsumsinya, cukup Anda campurkan 1 gram ke dalam air. Jika dosisnya terlalu banyak, Anda perlu hati-hati. Ancaman pencernaan terganggu dan luka bakar pada tenggorokan bisa mengintai.

4. Rebusan ashwagandha

Minuman herbal penghilang stres ini merupakan khas India. Sering disebut sebagai ginseng India, kekayaan manfaatnya tak diragukan. Menghilangkan stres hanya salah satunya.

Kandungan adaptogen dalam tanaman ini dipercaya mampu mengurangi kadar kortisol, menghilangkan cemas, serta melawan lelah.

Untuk mendapat khasiatnya, Anda perlu mengonsumsi dua cangkir (150 miligram) per hari selama satu bulan. Anda bisa campurkan bersama susu kakao untuk membuatnya lebih nikmat.

Sayangnya, Ashwagandha tidak cocok untuk ibu hamil. Sebab, ada risiko persalinan perlu Anda lakukan lebih awal. 

5. Air kelapa

Menemukan buah kelapa tak sulit di Indonesia. Jika sedang stres, Anda bisa meminumnya sebagai obat alami pereda stres.

Dalam air kelapa, terdapat vitamin B kompleks serta magnesium dalam jumlah yang baik. Keduanya mampu memberikan efek tenang sekaligus memberi pencegahan terhadap stres. Jadi, sangat recomended untuk Anda.

Selain itu, jenis minuman penghilang stres ini juga memiliki khasiat lainnya. Mulai dari meningkatkan daya ingat, mencegah kanker, membesarkan otot, sekaligus menurunkan berat badan.

6. Teh matcha

Sebagian orang mengira bahwa matcha sama saja dengan teh hijau (green tea). Padahal, keduanya jelas berbeda. Meski berasal dari tanaman yang sama, namun pengolahan serta warna yang dihasilkannya berlainan.

Berdasarkan riset, kandungan antioksidan pada matcha 3 kali lipat dibandingkan teh hijau biasa. Maka, secara kemampuan, matcha jelas lebih powerfull untuk menghalau radikal bebas penyebab stres oksidatif.

Matcha bubuk dapat diminum dengan air hangat maupun dingin. Hanya saja, perlu dicatat bahwa matcha memiliki kandungan kafein cukup kuat. Jadi, pastikan tak mengonsumsinya berlebihan agar terhindar dari efek sampingnya.

7. Air putih

Minum air putih mungkin terdengar biasa dan membosankan bagi Anda. Namun ketahuilah, kandungannya sebenarnya memiliki kemampuan untuk mengurangi tingkat stres.

Minuman penghilang stres alami ini disarankan langsung oleh Amanda Carlson, salah seorang pelatih atlet profesional. Ia menjelaskan, bahwa dehidrasi adalah salah satu penyebab stres. Maka, air putih bisa jadi solusi menguranginya.

Sayangnya, ini mungkin bukan pilihan bagus bagi Anda yang merasa sudah cukup minum air putih. Artinya, Anda perlu memilih konsumsi minuman lain.

8. Rebusan kunyit

Sama seperti jahe, kunyit sebagai jenis bumbu masak populer ini sebenarnya bagus juga bagi penderita stres. Anda bisa coba jika tak percaya.

Kuatnya kandungan senyawa bioaktif bernama kurkumin, menjadi alasan mengapa kunyit disarankan. Zat ini mampu meningkatkan kadar serotonin serta dopamin, yang keduanya bisa mengobati masalah kegelisahan.

Anda bisa coba meminum rebusan 1000 miligram kunyit per hari selama 6 minggu untuk dapatkan khasiatnya. Namun, tetap hindari mengonsumsinya secara berlebihan, karena overdosis kunyit punya potensi menyebabkan penyakit batu ginjal.

9. Jus jambu biji

Jambu, khususnya jambu biji, ternyata memiliki efek bagus juga untuk Anda yang sedang stres. Jika Anda bertanya buah apa yang menghilangkan stres, inilah jawabannya.

Jambu biji kaya dengan vitamin C serta berbagai fitonutrien yang memiliki kemampuan menghalau radikal bebas penyebab stres oksidatif. Dalam jangka panjang, jambu biji juga menyelamatkan Anda dari penuaan dini.

Anda dapat mengonsumsinya dengan memblendernya agar menjadi jus. Namun, Anda perlu mencoba dulu untuk memastikan ketiadaan efek samping. Pasalnya, pada sebagian kecil orang, jambu biji mungkin menyebabkan mual serta sakit perut.

10. Kopi

Berdasarkan data, konsumen kopi di Indonesia dari tahun ke tahun terus bertambah. Salah satu dorongan orang meminati kopi adalah kemampuannya dalam mengurangi tingkat stres.

Salah satu zat utama kopi adalah kafein. Jika Anda mengonsumsinya dalam batas wajar (rendah ke sedang), pengaruh pada suasana hati yang lebih tenang dan semangat akan terasa. 

Hanya perlu Anda garis bawahi, ketika kecanduan dan terlalu banyak minum kopi, maka pengaruh kafein justru sebaliknya. Ia malah bisa memicu depresi. Batas wajar kafein harian yang disarankan European Food Safety adalah 400 miligram per hari. 

Maka, kalau Anda memilih kopi, pastikan mampu mengontrol level konsumsinya.

11. Susu Kambing

Susu pada umumnya sebenarnya punya kemampuan dalam meredakan stres. Keberadaan asam amino triptofan adalah alasannya. Senyawa ini, mampu memproduksi hormon serotonin yang membuat suasana hati lebih nyaman.

Ketimbang susu sapi, susu kambing lebih layak untuk Anda pilih jika memutuskan susu sebagai solusi stres. Alasannya, susu kambing punya berbagai kelebihan, misalnya dalam kandungan protein, kalsium, fosfor, kalium, serta keramahannya terhadap penderita intoleransi laktosa.

Jika Anda mengonsumsinya malam hari sebelum tidur, secangkir susu kambing dapat berkontribusi untuk tidur lebih nyenyak. Jadi, pagi hari Anda akan lebih bugar.

Sayangnya, terkadang banyak orang enggan minum susu kambing dengan alasan aroma prengus-nya yang tak sedap. Apabila itu yang Anda khawatirkan juga, cobalah konsumsi Supergoat. 

Supergoat merupakan susu kambing etawa bubuk anti prengus dengan campuran gula aren. Kelezatan rasanya tak mengurangi gizi khas susu kambing yang kaya dan tinggi. 

Rekomendasi

Setelah membaca deretan daftar di atas, sudah terbayang mau mengonsumsi yang mana?

Untuk kebaikan Anda, kami sarankan pilih minuman yang bukan hanya membantu menenangkan hati, akan tetapi kaya dengan nutrisi lain. Selain itu, pertimbangkan juga efek sampingnya. Sebaiknya konsumsi minuman dengan risiko efek samping serendah mungkin.

Semua kriteria minuman penghilang stres itu sesungguhnya ada dalam Supergoat. Silakan buktikan khasiatnya. Supergoat memberi garansi uang kembali jika 8 box tak cukup mampu menghasilkan pengaruh positif bagi tubuh Anda!

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Artikel Terkait:

Berlanggaan Gratis!

Dapatkan pemberitahuan artikel menarik dari Supergoat, dengan berlangganan newsletter dibawah ini. Terimakasih :)

Tinggalkan komentar

Ingin Jadi Mitra Kami?

Isi form ini dan kami akan menghubungi Anda.

Pastikan data di atas sudah benar, setelah klik Join Mitra, Anda akan dibawa ke chat WA admin, silakan lanjutkan klik kirim dan jangan hapus pesan.

Form Pemesanan Supergoat

Penting!! Pastikan data di atas sudah benar, setelah klik Pesan Supergoat, Anda akan dibawa ke chat WA admin, silakan lanjutkan klik kirim dan jangan hapus pesan.