fbpx

20+ Inspirasi Menu Buka Puasa Irit, Mengenyangkan, dan Sehat

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Sedang cari menu buka puasa irit, tapi tetap mengenyangkan dan sehat?

Bagi umat Muslim, bulan Ramadhan adalah bulan penuh sukacita. Tiap maghrib, di sepanjang jalan kita disuguhi takjil dan makanan buka puasa yang beraneka ragam. Akan tetapi bagaimana kalau kita tidak punya cukup uang untuk beli tiap hari?

Solusinya: Anda bisa masak sendiri lho, dengan biaya yang jauh lebih murah. Artikel ini akan membahas beberapa alternatif menu yang bisa Anda olah.

10+ Inspirasi Takjil Untuk Menu Buka Puasa Irit

Pertama-tama kita bahas menu yang paling penting di bulan Ramadhan dulu: takjil. Di bawah ini kami beri beberapa rekomendasi takjil yang bisa Anda masak sendiri dengan biaya minim.

Es Teh/Teh Hangat

Takjil pertama yang akan kita bahas adalah es teh atau teh hangat. Ini merupakan takjil paling sederhana dan hemat yang bisa kita masak.

Es Teh/Teh Hangat

Cukup siapkan beberapa kantung teh (bisa teh celup/saring), lalu rebus air, larutkan gula, lalu masukkan teh. Jika ingin membuat es teh, sebelumnya Anda bisa beli dulu es batu (biasanya harganya Rp. 500,- sampai Rp. 2000,- saja).

Untuk membuat es teh/teh hangat, biaya paling besar yang perlu Anda keluarkan mungkin cuma Rp. 1000,- sampai Rp. 3000,- saja sekali buat, sangat irit kan?

Es Teh Lemon

Selanjutnya adalah es teh lemon, atau bahasa kerennya “lemon tea”. Biaya yang dikeluarkan untuk membuat lemon tea 11/12 dengan es teh biasa. Anda hanya perlu menambahkan biaya untuk beli lemon.

Es Teh Lemon

Lemon biasanya tidak dijual per biji di pasar, melainkan per gram/kilo. Jika Anda beli ¼ kilo, Anda akan mendapat sekitar 6 – 8 biji lemon di dalamnya.

Satu kali membuat lemon tea, biasanya Anda hanya perlu ½ sampai 1 biji saja per sajian. Jadi ¼ kilo lemon bisa Anda pakai untuk membuat lemon tea 8 – 15 kali.

¼ kilo lemon harganya ada di kisaran Rp. 3000,- sampai Rp. 7000,-, sangat murah bukan?

Tapi ingat, supaya vitamin C-nya tidak hilang, jangan menyeduh lemon langsung dengan air mendidih. Seduh tehnya dengan air panas dulu, baru setelah itu masukkan perasan lemon ke dalam teh.

Ansle

Ansle adalah kolak khas Jawa berupa roti, ketan, mutiara, dan kacang hijau, yang diseduh dengan air santan. Kalau beli, Anda mungkin perlu merogoh kocek sebesar Rp. 5000,- sampai Rp. 15000,- per porsi.

Ansle

Akan tetapi kalau masak sendiri, ansle merupakan salah satu menu buka puasa irit paling enak yang perlu dicoba.

Silakan siapkan bahan-bahan berikut ini jika ingin mencoba (untuk porsi 5 orang):

  • 4 – 8 lembar roti tawar  (harga: Rp. 7000 – 15000,-/pak, 1 pak isi 10 – 15 roti tergantung merk yang dibeli)
  • 100 gram ketan (Rp. 3000 – 5000,-)
  • 1 pcs mutiara (Rp. 3000 – 5000,-)
  • 100 gram kacang hijau (Rp. 3000 – 5000,-)
  • ½ kelapa parut/kelapa instan (Rp. 2000 – 4000,-)
  • Gula secukupnya

Setelah itu, silakan lakukan langkah-langkah berikut ini:

  • Masak ketan, kacang hijau, dan mutiara secara terpisah (ketan dimasak seperti masak nasi), tiriskan setelah matang.
  • Parut kelapa lalu peras santannya, campurkan dengan air biasa agar tidak terlalu kental (lewati langkah ini jika pakai kelapa instan)
  • Masukkan santan dan gula secukupnya ke dalam panci, letakkan di atas api sedang, setelah mendidih, masukkan ketan, kacang hijau, dan mutiara.
  • Aduk sebentar ansle, lalu masukkan ke dalam mangkuk/gelas, potong-potong roti tawar berbentuk dadu lalu masukkan ke dalam ansle.

Kalau dihitung total, biaya maksimal yang dikeluarkan untuk membuat 5 porsi ansle adalah Rp. 20000,- sampai Rp. 30000,-.

Bubur Kacang Hijau

Takjil selanjutnya yang bisa dimasak adalah bubur kacang hijau. Menu buka puasa irit satu ini tidak perlu bahan sebanyak ansle.

Bubur Kacang Hijau

Untuk membuatnya, Anda cukup mempersiapkan kacang hijau, gula, dan santan (parut atau pun cair instan).

Rebus kacang hijau sampai matang, lalu tambahkan santan ke dalamnya (tidak usah ganti air, pakai air rebusan kacang hijaunya saja supaya lebih enak). Setelah itu tambahkan gula sesuai selera, dan hidangkan ke mangkuk/gelas.

100 gram kacang hijau, ½ kelapa parut, dan 4 sendok gula bisa jadi porsi untuk 2 – 3 orang, dan biaya total untuk beli bahan itu hanya sekitar Rp. 5000,- sampai Rp. 10000,- saja.

Es Kolang Kaling

Selanjutnya kita akan membahas bahan takjil yang selalu ada di bulan Ramadhan, yaitu kolang-kaling. Bahan ini terbuat dari biji aren yang direbus sampai kenyal dan empuk.

Es Kolang Kaling

Supaya simpel, untuk membuat es kolang-kaling enak Anda hanya perlu menyiapkan bahan-bahan ini:

  • 100 gram kolang-kaling (Rp. 3000 – 5000,-)
  • ½ kelapa parut/1 pcs santan instan (Rp. 2000 – 4000,-)
  • Gula dan es secukupnya

Untuk membuatnya, masukkan santan (peras/instan) dan air ke dalam panci. Masak sampai mendidih, lalu masukkan kolang-kaling dan gula ke dalamnya. Tunggu sampai dingin, setelah itu masukkan es ke dalamnya.

Rujak Manis 3 Bahan

Menu takjil selanjutnya yang bisa Anda buat adalah rujak manis 3 bahan. Yep, cukup siapkan tiga bahan ini dan Anda sudah bisa membuat takjil yang segar dan enak:

  • Nanas/bengkuang/timun (buah terenak kesukaan Anda, yang biasa dipakai untuk rujak) (Rp. 2000 – 5000,-)
  • Gula secukupnya
  • Terasi secukupnya
Rujak Manis 3 Bahan

Cara membuat rujak manis 3 bahan ini sangat gampang lho! Pertama-tama iris buah sesuai selera, lalu hancurkan terasi dan gula bersamaan dan larutkan dalam air. Masukkan iris-irisan buah ke dalam larutan air – terasi – gula, dan jadilah rujak manis yang menyegarkan!

Anda bisa menambahkan cabe, akan tetapi jangan terlalu banyak ya.

Salad Buah

Takjil hemat yang selanjutnya bisa Anda buat adalah salad buah.

Sebenarnya hemat-tidaknya salad buah tergantung pada jenis dan banyaknya buah yang Anda gunakan. Akan tetapi jika dibandingkan dengan beli (dengan harga Rp. 15000,- sampai Rp. 50000,- per cup), buat sendiri tentu lebih irit.

Salad Buah

Cara membuat salad buah sangat simpel, Anda bahkan tidak perlu menghidupkan kompor.

Pertama-tama iris semua buah yang ingin Anda jadikan salad, letakkan campuran buah ke dalam mangkuk/gelas, lalu masukkan susu kental manis/yogurt/mayonnaise ke dalamnya, aduk merata, dan salad buah pun jadi.

Serbat Blewah

Selanjutnya kita akan bahas menu takjil buka puasa sederhana yang cuma perlu dua bahan, yaitu blewah dan gula (bisa ditambah es jika mau).

Serbat Blewah

Untuk membuat serbat blewah, pertama-tama serut buah blewah yang sudah dibersihkan. Setelah itu, campurkan serutan blewah dengan gula dan air, tambahkan es, dan jadilah serbat blewah yang manis dan segar.

Berapa harga normal blewah di pasar? Per bijinya bervariasi, mulai dari Rp. 2000,- sampai Rp. 5000,-. Satu biji blewah bisa dipakai berbuka untuk satu keluarga langsung.

Es Kopyor

Selanjutnya kita akan bahas es kopyor, salah satu es terlezat khas Indonesia. Ngomong-ngomong, masih banyak orang Indonesia yang belum paham bahan-bahan membuat es kopyor lho!

Padahal bahan-bahan es kopyor sangat sederhana, cukup siapkan kelapa muda (degan dan dagingnya), sirup, susu, dan es batu.

Es Kopyor

Cara membuatnya sangat mudah, cukup siapkan alat serut untuk mengambil daging kelapa muda (kalau tidak ada, sendok juga bisa dipakai). Setelah itu, campurkan air degan, serutan kelapa, sirup, dan susu ke dalam air matang. Aduk sampai seluruh bahan tercampur, setelah itu masukkan es batu.

Ya, membuat es kopyor memang semudah itu, dan biaya yang dikeluarkan maksimal Rp. 20000,-.

Kolak Cincau

Mungkin dari tadi Anda mencari resep “kolak” disebutkan dalam list menu buka puasa irit ini ya? Sayang sekali, resep tersebut memang sengaja tidak kami sebutkan, karena bahan-bahan membuat kolak yang lengkap cukup mahal.

Akan tetapi baiklah, berikut ini kami berikan resep kolak sederhana, yaitu kolak cincau.

Kolak Cincau

Bahan-bahan yang perlu Anda siapkan untuk membuat kolak cincau antara lain:

  • 100 gram cincau, potong dadu (Rp. 2000 – 4000,-)
  • ½ kelapa (diparut)/1 pcs santan instan (Rp. 2000 – 4000,-)
  • Gula secukupnya

Untuk membuat kolak cincau, Anda hanya perlu mencampurkan santan, gula, dan air, lalu merebusnya hingga mendidih. Setelah mendidih silakan masukkan cincau yang sudah dipotong-potong, kolak cincau Anda pun jadi.

Susu Kambing

Menu buka puasa irit selanjutnya adalah susu kambing, minuman favorit Baginda Rasul Muhammad SAW!

Pernahkah Anda bertanya-tanya kenapa Nabi lebih menyukai susu kambing? Itu karena susu kambing terbukti mengandung lebih banyak nutrisi daripada susu sapi.

Manfaat susu kambing sudah diteliti selama 100 tahun lamanya oleh ilmuwan seluruh dunia (pembahasannya ada di jurnal Science Direct berikut ini).

Susu kambing terbukti mengandung protein, riboflavin, vitamin A, C, D, B6, B12, dan potassium. Nutrisi-nutrisi ini mayoritas tidak dapat ditemukan di susu sapi.

Harga susu kambing juga sangat terjangkau, misalnya seperti produk Supergoat Indonesia berikut ini. Satu pak susu kambing harganya hanya Rp. 60000,- per pak isi 10 bungkus.

Susu Kambing

Jadi dengan estimasi konsumsi 1 bungkus tiap buka, biaya yang Anda keluarkan cukup Rp. 6000,- saja.

10+ Inspirasi Makanan Untuk Menu Buka Puasa Irit

Setelah kenyang membahas takjil, selanjutnya kita akan membahas inspirasi makanan buat menu buka puasa irit. Supaya cepat, langsung saja simak list dan resepnya di bawah ini ya!

Sayur Bening

Ini adalah menu buka puasa irit pertama yang tidak ada duanya buat masyarakat Indonesia, sayur bening!

Bahan membuat sayur bening sangat simpel, tapi rasanya dijamin menyegarkan. Apalagi kalau makannya dicampur sambal dan ikan asin, makin gurih!

Sayur Bening

Anda bisa memilih aneka jenis sayur untuk dimasak jadi sayur bening. Nah di menu kali ini kita akan bahas sayur bening bayam oyong (gambas), bahan-bahannya adalah:

  • 1 ikat bayam, diambil daun dan batang mudanya saja (Rp. 2000 – 3000,-)
  • 1 – 2 buah oyong, dikupas dan dipotong-potong sesuai ruasnya (Rp. 2000 – 4000,-)
  • 1 siung bawang merah
  • Garam dan penyedap rasa secukupnya

Pertama-tama rebus air sampai mendidih, setelah itu masukkan bahan-bahan yang sudah dibersihkan dan dipotong-potong. Jangan lupa masukkan irisan bawang merah ke dalam sayur bening, dan tambahkan garam + penyedap rasa.

Jadilah sayur bening bayam oyong yang enak dan irit buat Anda.

Sayur Sup

Menu buka puasa hemat selanjutnya yang tidak bisa dilewatkan adalah sayur sup.

Sayur Sup

Masak sayur sup agak ribet di awal, karena harus membersihkan beberapa jenis sayur sekaligus. Akan tetapi proses memasaknya tidak membutuhkan waktu lama kok.

Bahan-bahan yang perlu Anda siapkan untuk membuat sayur sup sederhana adalah sebagai berikut:

  • 250 gram kentang (potong dadu) (Rp. 4000 – 7000,-)
  • 250 gram wortel (iris sesuai ruas) (Rp. 3000 – 5000,-)
  • ½ buah kubis (iris kecil-kecil) (Rp. 2000 – 5000,-)
  • 250 gram kacang buncis (iris memanjang) (Rp. 3000 – 5000,-)
  • 1 buah tomat
  • 100 gram dada ayam (tanpa tulang, potong dadu) (Rp. 5000 – 7000,-)
  • 5 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • Merica pala, garam, penyedap secukupnya

Pertama, haluskan bawang merah, bawang putih, merica pala, garam, dan penyedap dengan blender/cobek uleg, setelah itu goreng bumbu sampai matang.

Sambil menunggu bumbu matang, jangan lupa rebus air dan potongan ayam sampai mendidih. Setelah mendidih masukkan kentang, wortel, buncis secara bersamaan (kubis cepat matang, jadi masukkan setelahnya saja).

Begitu bumbu berwarna kuning keemasan, masukkan bumbu ke dalam sup. Masukkan tomat, lalu tunggu sebentar lagi sampai sup kembali mendidih.

Sup murah dan enak Anda pun siap dijadikan menu buka puasa.

Tumis Kangkung

Selanjutnya kita akan membahas makanan buka puasa yang sangat cepat waktu masaknya. Hanya kurang lebih 15 menit, Anda sudah bisa lho memasak tumis kangkung.

Tumis Kangkung

Umumnya bahan-bahan untuk tumis cukup sederhana, apalagi jika tumisnya tumis sayuran hijau seperti kangkung.

Berikut ini beberapa bahan yang perlu Anda siapkan untuk membuat tumis kangkung pedas nan lezat:

  • 1 ikat kangkung (potong-potong agar tidak terlalu panjang saat dimasak) (Rp. 2000 – 3000,-)
  • 4 siung bawang merah (cincang)
  • 1 ½ siung bawang putih (cincang)
  • 10 biji cabe rawit (cincang) (Rp. 2000 – 3000,-)
  • 1 biji tomat (diiris-iris)
  • Garam, penyedap, kecap secukupnya

Cara masak tumis kangkung pedas cukup mudah, pertama-tama masukkan bawang merah, bawang putih, cabe rawit, untuk ditumis. Setelah harum, masukkan irisan tomat, garam, penyedap, dan kecap.

Setelah bumbu berwarna kuning keemasan, masukkan kangkung yang sudah dipotong-potong. Beri sedikit air, lalu tutup wajan tempat masak kangkung.

Sesekali aduk kangkung agar bumbunya merata, lalu angkat tumisnya setelah kangkung matang.

Tumis Wortel, Kentang, Telur

Selanjutnya kita akan memasak tumis wortel, kentang, dan telur puyuh.

Tumis Wortel, Kentang, Telur

Tumis satu ini memiliki bahan-bahan dan bumbu yang sedikit berbeda dari tumis kangkung ya, ini daftarnya:

  • 250 gram kentang (potong dadu) (Rp. 4000 – 7000)
  • 250 gram wortel (potong dadu) (Rp. 3000 – 5000)
  • 250 gram telur puyuh (direbus dulu, lalu dikupas) (Rp. 6000 – 9000)
  • 10 biji cabe rawit (iris-iris) (Rp. 2000 – 3000,-)
  • 2 biji cabe besar (bersihkan isi) (Rp. 1000 – 2000,-)
  • 6 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • Kemiri secukupnya
  • Garam dan penyedap rasa secukupnya

Pertama-tama haluskan bawang merah, bawang putih, cabe besar, rawit, kemiri, garam, dan penyedap rasa. Setelah itu goreng bumbu sampai harum dan berwarna kuning  keemasan.

Begitu bumbu masak, masukkan kentang dan wortel, lalu beri air (secukupnya untuk mematangkan kentang dan wortel).

Begitu air agak menguap, masukkan telur puyuh. Tunggu sampai air benar-benar tiris dan cek rasa, kalau sudah pas tumis kentang, wortel, telur Anda sudah siap.

Bali Ayam/Telur/Tahu

Selanjutnya kita akan memasak bali ayam/telur/tahu, kenapa pakai tanda “/” bukan “dan”?

Di sini kita membahas menu buka puasa irit ya, jadi untuk membuat bali, kita tidak harus memasak tiga bahan tadi sekaligus. Silakan pilih salah satu atau salah dua sesuai budget yang Anda miliki.

Bali Ayam/Telur/Tahu

Di bawah ini kita akan membahas bali telur dan tahu saja, ini dia bahan-bahannya:

  • ¼ kg telur (Rp. 6000 – 8000,-)
  • 1 kotak tahu (iris kotak-kotak/sesuai selera) (Rp. 2000 – 3000,-)
  • 7 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 10 biji cabe rawit (Rp. 2000 – 3000,-)
  • 2 biji cabe besar (Rp. 1000 – 2000,-)
  • 2 buah tomat
  • Kemiri, garam, dan penyedap rasa secukupnya

Seperti biasa, haluskan bawang merah, bawang putih, cabe besar, rawit, tomat, dan kemiri. Setelah itu goreng bumbu halus, tambahkan garam dan penyedap rasa.

Sembari memasak bumbu, iris-iris tahu dan rebus telur.  Setelah bumbu harum dan warnanya berubah (merahnya lebih gelap, jangan sampai cokelat), masukkan telur dan tahu ke dalam bumbu. Tunggu sebentar biar bumbu meresap, lalu angkat.

Tahu – Tempe Goreng

Makanan selanjutnya yang jadi menu buka puasa irit adalah tahu dan tempe goreng!

Biaya yang dikeluarkan untuk membuat tahu dan tempe goreng sangat sedikit. Bahkan jika Anda hidup sendirian, membeli tahu dan tempe seharga Rp. 5000,- sudah cukup untuk makan buka dan sahur.

Ada dua cara untuk membuat tahu/tempe goreng, yaitu dengan/tanpa tepung.

Tahu - Tempe Goreng

Jika Anda ingin membuat tahu/tempe goreng tanpa tepung, Anda hanya perlu menyiapkan satu siung bawang merah, bawang putih, dan garam.

Haluskan sebentar bumbu tersebut, beri air, dan rendam tahu/tempe ke dalamnya. Setelah itu, goreng tahu/tempe sampai berwarna kuning keemasan.

Akan tetapi jika Anda ingin membuat tahu/tempe goreng tepung, Anda tidak perlu menghaluskan bumbu. Cukup beli tepung bumbu instan dan balur tahu/tempe dalam tepung tersebut.

 Tempe Goreng

Mana yang lebih enak, dengan/tanpa tepung? Dua-duanya enak kok, dan tentunya murah.

Omelette Sayur

Selanjutnya kita akan membahas menu buka puasa irit berupa omelette (telur dadar) sayur. Supaya lebih sehat, tidak ada salahnya kita memasak telur dadar dengan sayur seperti tomat, sawi, bayam, wortel, dll.

Omelette Sayur

Dalam menu ini, kita akan membuat omelette dari telur dan bayam ya, ini bahannya:

  • 2 buah telur
  • 1 buah tomat
  • ½ ikat bayam
  • Garam dan penyedap secukupnya

Pertama-tama, potong-potong tomat dan bayam menjadi irisan kecil-kecil. Setelah itu kocok telur, masukkan garam dan penyedap, lalu potongan tomat dan bayam.

Kocok-kocok adonan omelette sampai semua bahan menyatu rata (terutama garam dan penyedapnya). Setelah selesai, goreng adonan omelette di wajan/teflon dengan api sedang (jangan pakai api besar agar tidak gosong).

Setelah matang, sajikan di atas piring secara utuh/dipotong-potong. Meski cuma omelette sayur, rasanya dijamin enak seperti martabak.

Pecel

Selanjutnya kita akan memasak makanan khas Jawa lagi, yaitu pecel. Cara membuat pecel cukup gampang, yang susah itu bikin bumbunya. Jadi Anda bebas mau membuat sendiri bumbu pecel atau beli di pasar terdekat.

Pecel

Sayur-sayur untuk bahan pecel juga bebas jenisnya. Akan tetapi yang terenak adalah menggunakan versi lengkapnya, yaitu pecel dengan kacang panjang, tauge, kubis, dan kangkung.

Jika ingin membuat bumbu sendiri, Anda perlu menggoreng ¼ kacang tanah, 3 siung bawang merah, 1 siung bawang putih, garam, gula, kencur secukupnya. Begitu matang, haluskan bahan pecel dengan blender/uleg.

Perlu diketahui bahwa bumbu pecel itu tahan lama, jadi tidak masalah jika bumbu Anda tidak habis sekali makan.

Pindang Goreng

Selanjutnya menu buka puasa irit yang juga menyehatkan adalah pindang goreng. Pindang adalah ikan laut yang diasap/dikukus sehingga saat kita beli, dagingnya sudah dalam keadaan matang.

Pindang Goreng

Meski murah, pindang mengandung banyak protein yang membuat kita lebih bertenaga. Harga satu paknya bervariasi tergantung ukuran ikan, tapi kisaran harganya ada di Rp. 5000,- sampai Rp. 20000,-.

Sebagai catatan, pindang sudah cukup enak meski tidak dibumbui lagi, cukup digoreng saja.

Dadar Jagung

Dadar jagung adalah menu selain tempe dan tahu goreng yang harganya murah, tapi enak dan tentunya bergizi.

Dadar Jagung

Untuk membuat dadar jagung, Anda hanya perlu menyiapkan bahan-bahan berikut ini:

  • ½ kg jagung manis (Rp. 5000 – 7000,-)
  • 5 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • Merica, garam, penyedap secukupnya

Pertama-tama, serut daging jagung, lalu haluskan sampai tidak berbentuk biji lagi (boleh sangat halus/sedikit kasar). Setelah itu haluskan bawang merah, bawang putih, merica, garam, dan penyedap dengan blender/uleg.

Kemudian, campurkan bumbu ke dalam adonan jagung secara merata, lalu goreng dengan ukuran sesuai selera.

Sambal Bajak Terong

Buat umat muslim di Indonesia, rasanya kurang lengkap jika berbuka tanpa sambal ya?

Sambal Bajak Terong

Salah satu resep sambal terenak yang pernah dibuat di Indonesia adalah sambal bajak, apalagi jika dicampur terong. Buat Anda yang ingin mencobanya, ini dia bahan-bahan yang diperlukan:

  • 20 biji cabe rawit (Rp. 3000 – 5000,-)
  • 3 siung bawang merah
  • 1 siung bawang putih
  • 2 buah tomat merah
  • Terasi, gula, garam, penyedap secukupnya
  • ½ kilo terong (kupas, lalu iris bundar)

Pertama-tama goreng semua bumbu sambal, lalu haluskan dengan blender/uleg. Setelah itu goreng lagi bumbu sambal tersebut sampai mengeluarkan bau pedas yang harum.

Setelah sambal matang, masukkan irisan terong (tidak perlu memberi tambahan air). Tumis terong dan sambal sebentar, lalu angkat ke piring.

Penutup

Itulah bahasan lengkap tentang menu buka puasa irit yang bisa Anda jadikan alternatif selama bulan puasa, jadi mana makanan/takjil favorit Anda?

Dan oh ya, mengingatkan lagi soal susu kambing yang tadi sempat dibahas. Jika Anda penasaran di mana membeli susu kambing yang benar-benar berkualitas, coba pesan di Supergoat Indonesia.

Supergoat Indonesia ini adalah salah satu produsen susu kambing berkualitas terbesar di Indonesia. Cabangnya juga banyak, dari Sabang sampai Merauke, sehingga Anda dapat membelinya di mana saja.

Kalau masih ragu untuk beli susu kambing di Supergoat Indonesia, silakan lihat dulu produknya di Youtube atau Instagram.

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Artikel Terkait:

Berlanggaan Gratis!

Dapatkan pemberitahuan artikel menarik dari Supergoat, dengan berlangganan newsletter dibawah ini. Terimakasih :)

Tinggalkan komentar

Ingin Jadi Mitra Kami?

Isi form ini dan kami akan menghubungi Anda.

Pastikan data di atas sudah benar, setelah klik Join Mitra, Anda akan dibawa ke chat WA admin, silakan lanjutkan klik kirim dan jangan hapus pesan.

Form Pemesanan Supergoat

Penting!! Pastikan data di atas sudah benar, setelah klik Pesan Supergoat, Anda akan dibawa ke chat WA admin, silakan lanjutkan klik kirim dan jangan hapus pesan.