fbpx

Cara Tetap Bugar di Bulan Ramadan ala Supergoat

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Seluruh mu’min tentu mengidamkan dapat menjalankan Ibadan di bulan Ramadan secara optimal. Apalagi, seluruh amal ibadah kita akan dilipatgandakan pahalanya di bulan penuh berkah ini.

Untuk itu Anda perlu mengetahui tips menjaga kesehatan saat berpuasa pada ulasan berikut. Karena, bagaimanapun juga Anda perlu fisik yang bugar sebagai modal menjalankan ibadah di bulan suci ini.

Puasa itu Sehat

Menjaga Kesehatan Saat Berpuasa

 

“Berpuasalah kamu, niscaya akan sehat.” (HR. Muslim), demikian sabda Rasulullah SAW mengenai ibadah puasa baik yang wajib atau pun sunnah. Sebagai umat mukmin tentunya kita tidak boleh meragukan pernyataan tersebut. 

Faktanya, berbagai riset medis yang digelar di dalam dan luar negeri telah membuktikan hal ini. Metode pengobatan dengan terapi puasa bahkan semakin naik daun di mancanegara. 

Menurut praktisi pengobatan herbal, Prof H.M. Hembing Wijayakusuma, puasa memang efektif untuk mengobati berbagai jenis penyakit, seperti: gangguan kesehatan yang berkaitan dengan pembuluh darah dan jantung, kanker, gangguan pencernaan, radang, bahkan sampai stress dan depresi.

Beberapa dari Anda mungkin bertanya-tanya jika puasa memang menyehatkan, mengapa tubuh kerap terasa lemas dan sulit berkonsentrasi. Andang Gunawan, pakar terapi nutrisi menjelaskan bahwa ini sebenarnya gejala yang wajar terutama pada minggu-minggu awal bulan Ramadhan.

Alasannya, karena tubuh tengah menyesuaikan diri dengan pola makan saat berpuasa. Asupan kalori yang berkurang membuat tekanan serta gula darah turun sehingga tubuh sedikit lesu. Sebenarnya tubuh Anda tengah menghemat energi karena pasokan makanan yang lebih sedikit.

Saat tubuh sudah mulai beradaptasi, sel-sel akan lebih maksimal melakukan detoksifikasi serta menyembuhkan diri. Dengan begitu berbagai gangguan kesehatan sedikit demi sedikit akan teratasi.

Agar proses tersebut dapat berjalan secara optimal Anda perlu menjaga stamina saat puasa dengan menerapkan diet sehat dan seimbang.

Andang Gunawan merekomendasikan menambahkan lebih banyak porsi buah dan sayuran dalam menu berbuka dan sahur, karena keduanya merupakan sumber nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

Panduan Pola Hidup Sehat di Bulan Ramadhan

Agar tubuh tetap bugar sehingga ibadah semakin lancar, tips sehat selama Ramadhan berikut ini bisa jadi referensi Anda.

Menjaga tubuh tetap terhidrasi

Panduan Pola Hidup Sehat di Bulan Ramadhan Menjaga tubuh tetap terhidrasi

Saat puasa tubuh tidak mendapat asupan cairan selama lebih kurang 13 jam. Padahal rata-rata kebutuhan cairan orang dewasa adalah 2 hingga 3 liter per hari. Ingat, 60% tubuh kita terdiri dari air untuk menunjang berbagai fungsi tubuh, mulai dari metabolisme, transportasi nutrisi, sampai detoksifikasi.

Inilah alasannya tubuh harus terhidrasi saat sahur dan berbuka. Selain air putih, jus segar dan susu kambing etawa saat dianjurkan sebagai alternatif minuman yang menyehatkan sekaligus nikmat cita rasanya.  Susu kambing etawa dapat memberikan pasokan energi yang memadai untuk menjalankan aktivitas harian walaupun sedang berpuasa.

Salah satu keunggulan susu kambing dibanding susu sapi, yaitu lebih mudah dicerna oleh tubuh. Akhirnya enzim pencernaan dapat memprosesnya dalam waktu lebih singkat menjadi energi.

Menerapkan pola makan sehat dan seimbang saat sahur dan berbuka

Hindari makan berlebihan baik saat sahur dan terutama ketika berbuka. Ini agar lambung tidak “kaget” saat tiba-tiba harus bekerja keras setelah seharian kosong. Akibatnya tubuh Anda bisa tekor energi dan justru menjadi lemas setelah menyantap hidangan berbuka. 

Rugi besar, bukan jika sampai melewatkan ibadah shalat tarawih berjamaah karena malas dan mengantuk?

Menerapkan pola makan sehat dan seimbang saat sahur dan berbuka

Untuk menghindari hal ini contohlah kebiasaan Rasulullah SAW saat berbuka puasa! Rasulullah menyegerakan berbuka dengan memakan 3 buah kurma lalu meminum air. Ternyata khasiat kurma untuk berbuka sangat luar biasa, yaitu sebagai gula alami yang dapat memberikan energi bagi tubuh.

Kurma juga kaya serat serta mengandung mineral-mineral penting yang dibutuhkan tubuh seperti kalium, tembaga, dan mangaan.

Selanjutnya pilihan menu sehat untuk berbuka dan sahur adalah buah segar yang merupakan sumber vitamin dan mineral. Anda bisa menyantapnya dalam bentuk buah potong, jus, atau dijadikan smoothies dengan menambahkan susu kambing etawa.

Aneka olahan sup segar juga bisa menjadi pilihan yang baik. Sup sangat cocok sebagai hidangan pembuka yang sekaligus dapat memberikan asupan cairan bagi tubuh. Sup kaldu daging dengan sayuran atau kacang-kacangan sebagai santapan sahur akan memberikan Anda cukup energi serta nutrisi sebagai bekal beraktivitas di siang hari.

Untuk memenuhi asupan karbohidrat Anda bisa memilih nasi merah, roti gandum, atau pilihan karbohidrat kompleks lainnya. Dibandingkan nasi putih atau roti tawar, karbohidrat kompleks akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama serta lebih bertenaga.

Berolahraga

Berolahraga adalah cara memelihara kesehatan selama bulan Ramadhan yang tidak seharusnya Anda skip walaupun sedang berpuasa. Agar proses metabolisme tubuh berjalan lancar, Anda tetap perlu beraktivitas fisik ringan. Berjalan kaki setengah jam setiap hari, jogging santai keliling kompleks, bersepeda, atau yoga bisa menjadi alternatif pilihan.

Sementara hindari dulu olahraga yang terlalu berat seperti angkat beban atau sprint yang beresiko lemas dan pusing.  Kalau sudah demikian ibadah puasa Anda jadi malah terganggu.

Istirahat yang berkualitas

Panduan Pola Hidup Sehat di Bulan Ramadhan Istirahat yang berkualitas

Bangun lebih cepat untuk santap sahur atau shalat malam memang membuat waktu istirahat kita menjadi berkurang. Padahal kurang tidur bisa membuat tubuh kelelahan dan akibatnya mudah terinfeksi virus atau bakteri. Di bulan Ramadhan ini ada strategi untuk tetap mendapatkan istirahat berkualitas.

Pertama, Anda bisa tidur lebih awal untuk memenuhi durasi tidur paling tidak selama 6 jam. Jadi setelah ibadah shalat tarawih segera siapkan diri untuk beristirahat. Alternatif lainnya untuk memenuhi waktu istirahat adalah dengan tidur siang selama 20 sampai maksimal 30 menit.  Dalam Islam tidur siang boleh dilakukan baik sebelum shalat Dhuhur atau pun setelahnya.

Setelah tidur siang biasanya orang akan merasa lebih segar, mudah konsentrasi, dan mood jadi lebih baik. Kamar yang rapi serta tempat tidur yang nyaman akan membuat Anda merasa rileks dan cepat mengantuk.

Selanjutnya jauhi semua perangkat elektronik, termasuk ponsel paling tidak 2 jam sebelum jadwal tidur agar Anda segera terlelap. Menggunakan pencahayaan yang minim juga dapat membantu Anda beristirahat lebih baik.

Konsumsi Supergoat

Gambar: https://supergoatindonesia.com/wp-content/uploads/2021/02/Supergoat-Home.png

Untuk mendapatkan kecukupan nutrisi bagi tubuh saat berpuasa biasanya orang mengkonsumsi suplemen. Sekarang Anda mempunyai pilihan yang lebih baik, yaitu dengan minum Supergoat susu kambing etawa saat berbuka dan sahur.

Susu kambing adalah salah satu minuman favorit Rasulullah sehingga mengikuti kebiasaan tersebut merupakan sunnah yang memberikan banyak kebaikan. Begitu luar biasanya kandungan nutrisi pada susu kambing etawa hingga dikatakan paling mendekati ASI.  Ini antara lain kalsium, beberapa jenis mineral, vitamin, karbohidrat, serta lemak baik.

Etta Indonesia sebagai produsen Supergoat memberikan kesempatan untuk menikmati susu kambing etawa dengan cara yang modern dan lebih praktis. Dikemas dalam bentuk sachet akan memudahkan Anda membawa produk ini kemanapun dan menikmatinya kapan saja.

Dikombinasikan dengan gula aren murni yang mempunyai banyak khasiat bagi kesehatan, mengkonsumsi Supergoat akan memberikan manfaat ganda. Salah satunya adalah sebagai sumber antioksidan untuk melawan gejala penuaan.

Supergoat aman dan sehat untuk siapa saja, baik bayi mulai usia 1 tahun sampai lansia, termasuk penderita kencing manis. Ini karena indeks glikemik gula aren yang lebih rendah daripada gula pasir.

Kesimpulan

Agar tubuh tetap bugar dan aktivitas harian berjalan lancar Anda bisa menerapkan tips menjaga kesehatan saat berpuasa dengan beberapa langkah mudah. 

Kuncinya adalah memastikan tubuh mendapatkan asupan nutrisi yang seimbang, olahraga teratur, istirahat yang berkualitas, dan mengkonsumsi Supergoat.

Dengan tubuh yang bugar, menjalankan ibadah di bulan Ramadhan tentu dapat berjalan lancar. Semoga menginspirasi!Jangan lupa klik tombol subscribe sekarang untuk mendapatkan informasi aktual seputar gaya hidup sehat bersama Supergoat. Bagikan juga informasi ini di sosial media Anda.

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Artikel Terkait:

Berlanggaan Gratis!

Dapatkan pemberitahuan artikel menarik dari Supergoat, dengan berlangganan newsletter dibawah ini. Terimakasih :)

Tinggalkan komentar

Ingin Jadi Mitra Kami?

Isi form ini dan kami akan menghubungi Anda.

Pastikan data di atas sudah benar, setelah klik Join Mitra, Anda akan dibawa ke chat WA admin, silakan lanjutkan klik kirim dan jangan hapus pesan.

Form Pemesanan Supergoat

Penting!! Pastikan data di atas sudah benar, setelah klik Pesan Supergoat, Anda akan dibawa ke chat WA admin, silakan lanjutkan klik kirim dan jangan hapus pesan.