fbpx

Mengenal Manfaat Susu Kambing Minuman Favorit Rasulullah

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Ajaran Islam tidak hanya berkaitan dengan ritual peribadatan saja tetapi juga tuntunan dalam segala aspek kehidupan. Ini termasuk dalam menjalankan pola hidup dan pola makan yang sehat sesuai teladan Rasulullah Muhammad SAW. Salah satunya Rasulullah gemar minum susu kambing.

Dalam agama Islam sendiri susu memang memiliki nilai keistimewaan tersendiri. Buktinya pada QS. An Nahl tercantum mengenai kebaikan susu.

“Dan sesungguhnya pada binatang ternak itu benar-benar terdapat pelajaran bagi kamu. Kami memberimu minum daripada apa yang berada dalam perutnya (berupa) susu yang bersih antara kotoran dan darah, yang mudah ditelan bagi orang-orang yang meminumnya” (QS. An Nahl : 66)

Makna susu pada ayat tersebut memang dapat berupa susu sapi, unta, atau kambing. Namun berdasarkan Sirah Nabawiyah (sejarah kehidupan Nabi Muhammad SAW) susu kambinglah yang lebih Baginda Nabi sukai.

Meniru Pola Makan Sehat Rasulullah yang Rajin Konsumsi Susu Kambing

Meniru Pola Makan Sehat Rasulullah yang Rajin Konsumsi Susu Kambing

Siapa sangka dalam perjalanan Rasulullah menuju ke Madinah untuk menjalankan perintah hijrah juga terdapat kisah yang berkaitan dengan susu kambing. Saat itu Rasul Muhammad dan rombongan tengah kehabisan bekal dan berniat membeli daging, kurma dan susu kambing di suatu tenda.

Tenda tersebut adalah milik Ummu Ma’bad yang kerap menyediakan hidangan bagi para musafir. Sayangnya makanan jarang tersedia karena kawasan tersebut sedang mengalami paceklik. Tiba-tiba Rasul Muhammad melihat seekor kambing yang begitu lemah dan kurus dan meminta izin untuk memerahnya.

Ummu Ma’bad mempersilakan walaupun dia sangsi kambing kurus itu dapat menghasilkan susu. Rasulullah SAW kemudian berdoa dan mengusap kantong susu kambing sembari menyebut nama Allah. 

Tidak disangka air susu mengalir melimpah-ruah sehingga semua orang yang berada di sana mendapat bagian sampai kenyang.

Setelah minum susu bagiannya, Rasul Muhammad SAW kembali memerah susu kambing itu sebagai persediaan bagi keluarga Ummu Ma’bad.

Selain peristiwa tersebut, Ibnu Abbas ra juga pernah meriwayatkan suatu kejadian yang berkaitan dengan kebiasaan Rasulullah mengkonsumsi susu kambing. 

Saat berkunjung ke rumah Maimunah binti Al-Harits Rasulullah, dia, dan Khalid bin al Walid mendapat suguhan semangkuk susu kambing. Rasulullah Muhammad SAW tanpa ragu segera menghabiskannya.

Dari dua peristiwa tersebut tentu kita dapat mengambil hikmah bahwa konsumsi susu kambing merupakan kebiasaan baik dan sehat yang dicontohkan Rasulullah.

Konsumsi Susu Kambing Merupakan Kebiasaan Baik dan Sehat

Bahkan Rasul Muhammad SAW juga mengajarkan doa khusus setelah minum susu, yaitu: ‘Allahumma barik lana fihi wa zidna minhu’ (Ya Allah berilah keberkahan kepada kami dalam susu ini dan berilah tambahan susu untuk kami lebih dari itu).

Lebih dari sekedar kebiasaan Rasulullah minum susu kambing, umat Islam juga tidak boleh menolak jika seseorang memberi hadiah susu. Anjuran ini tercantum dalam hadits yang diriwayatkan At Tirmidzi: Tiga hal yang tidak boleh ditolak jika diberi: bantal, minyak wangi, dan susu.

Menjadi Muslim yang Kuat Dengan Rajin Minum Susu Kambing

Menjadi Muslim yang Kuat Dengan Rajin Minum Susu Kambing

Rasulullah SAW bersabda, Mukmin yang kuat lebih baik dan lebih dicintai Allâh Azza wa Jalla daripada Mukmin yang lemah; dan pada keduanya ada kebaikan. Meski demikian bukan berarti Allah tidak menyukai hamba-Nya yang lemah.

Hadits yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah Radhiyallahu anhu ini lebih untuk memberikan motivasi agar umat Islam bersungguh-sungguh dalam berikhtiar meraih kesehatan. Bukankah dengan fisik yang sehat dan stamina yang kuat kita jadi semakin bersemangat dalam beribadah.

Untuk menjaga tubuh kita tetap bugar dan terbebas dari berbagai penyakit Rasulullah telah mencontohkan gaya hidup yang sehat. Salah satunya dengan menerapkan pola makan sehat yang menyertakan susu kambing dalam diet Anda.

Walaupun susu sapi lebih populer di Tanah Air, tetapi faktanya lebih dari 65% penduduk dunia adalah peminum susu kambing. Walaupun kebiasaan ini di beberapa kawasan bertarbelakang kebudayaan atau kepercayaan, namun pada kenyataannya susu kambing mempunyai beberapa aspek kelebihan daripada susu sapi.

Molekul susu kambing berukuran lebih kecil daripada susu sapi sehingga membuatnya lebih mudah dicerna. Artinya seluruh kandungan nutrisi susu juga dapat terserap dalam waktu lebih singkat. Susu kambing dapat menjadi alternatif sumber kalsium jika Anda atau buah hati menderita intoleransi laktosa jika mengkonsumsi susu sapi.

Susu kambing justru dapat membantu mengatasi mengatasi masalah pencernaan yang mengganggu aktivitas harian Anda. Jadi kesimpulannya selain dapat memetik manfaat sehatnya, Anda dan keluarga juga menjalankan sunnah sebagai gaya hidup seorang mukmin yang taat.

Selain menambahkan susu kambing dalam diet sehat Anda sehari-hari, jangan lupakan olahraga secara teratur, serta cukup beristirahat.

Rekomendasi Produk Susu Kambing Berkualitas

Di pasaran saat ini memang semakin mudah menemukan brand susu kambing dengan harga serta klaim khasiat yang bervariasi. Untuk Anda dan orang-orang terkasih pastikan memilih yang terbaik, yaitu Supergoat. 

Inilah satu-satunya susu kambing yang dikombinasikan dengan gula aren yang memungkinkan Anda mendapatkan manfaat dari kedua bahan tersebut.

Khasiat susu kambing Supergoat antara lain:

  • Mencegah pengerasan pada pembuluh darah sekaligus dapat menstabilkan kinerja jantung
  • Mengatasi anemia, hipotensi, serta hipertensi
  • Meminimalkan terjadinya penyakit pembuluh darah karena mampu menurunkan kadar kolesterol dalam darah
  • Mencegah penyakit yang berkaitan dengan kekebalan tubuh (autoimun)
  • Menjaga kesehatan mental dan sistem saraf
  • Menghambat perkembangan sel kanker
  • Sebagai sumber kalsium untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi termasuk pada ibu hamil dan janinnya

Inilah alasannya mengapa Anda harus memilih susu kambing Supergoat:

  • Susu kambing bubuk yang dapat dinikmati secara praktis ini telah lulus uji BPOM serta kandungan produknya 100% sama dengan label komposisi.
  • Produk ini terjamin kehalalannya yang dibuktikan dengan sertifikat halal MUI.
  • Produsen Supergoat adalah Etta Indonesia yang telah berkecimpung dalam industri pengolahan susu kambing selama lebih dari 1 dekade.
  • Supergoat dijamin 100% alami tanpa bahan tambahan seperti pewarna, pemanis, pengawet, bahkan perasa buatan. Demi menjaga kualitas ini Supergoat tidak tersedia dalam pilihan rasa yang bervariasi.
  • Dengan mengkonsumsi Supergoat Anda tidak hanya mendapatkan manfaat susu kambing saja tapi juga dari gula aren murni. Ini antara lain sumber antioksidan, memiliki sifat anti radang, menurunkan demam, melancarkan pencernaan, mengatasi senggugut, dan masih banyak lagi.

Rasulullah gemar minum susu kambing, bagaimana dengan Anda? Semoga tidak ragu lagi untuk menjadikan susu kambing Supergoat sebagai bagian dari pola makan sehat Anda.

Untuk terus mendapatkan informasi bermanfaat seputar kesehatan dan gaya hidup dari Supergoat Klik tombol subscribe sekarang. Jangan lupa juga membagikannya juga pada media sosial Anda! Semoga menginspirasi!

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Artikel Terkait:

Berlanggaan Gratis!

Dapatkan pemberitahuan artikel menarik dari Supergoat, dengan berlangganan newsletter dibawah ini. Terimakasih :)

Tinggalkan komentar

Ingin Jadi Mitra Kami?

Isi form ini dan kami akan menghubungi Anda.

Pastikan data di atas sudah benar, setelah klik Join Mitra, Anda akan dibawa ke chat WA admin, silakan lanjutkan klik kirim dan jangan hapus pesan.

Form Pemesanan Supergoat

Penting!! Pastikan data di atas sudah benar, setelah klik Pesan Supergoat, Anda akan dibawa ke chat WA admin, silakan lanjutkan klik kirim dan jangan hapus pesan.