fbpx

5 Manfaat Susu Kambing untuk Ibu Menyusui Menurut Medis

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Ibu menyusui membutuhkan asupan nutrisi yang tinggi. Susu kambing mampu membantu memenuhi kebutuhan itu.

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Sebenarnya, manfaat susu kambing untuk ibu menyusui itu sudah terbukti adanya. Anda hanya perlu mencoba dan mengujinya sendiri.

Kalau masih ragu, membaca artikel ini akan menguatkan pertimbangan Anda. Ada berbagai fakta medis yang mendukung kesimpulan bahwa susu kambing adalah asupan bermanfaat sempurna untuk ibu menyusui. 

Berikut manfaat susu kambing bagi ibu menyusui!

1. Susu kambing memperlancar produksi ASI

ASI alami merupakan asupan penting bagi bayi Anda. Bahkan, khasiatnya melebihi asupan lain yang bisa Anda beli di toko-toko dengan harga mahal.

Dalam riset yang terbit di Jurnal Kedokteran Indonesia 2019, sekelompok peneliti dari Universitas Sebelas Maret membuktikan ini. Mereka mengungkap, ibu menyusui dengan rentang usia bayi 1–3 bulan yang mengkonsumsi susu kambing mengalami peningkatan produksi ASI.

Khasiat susu kambing untuk ibu menyusui tersebut disebabkan kualitas dan kuantitas protein dalam susu kambing yang tinggi. Bahkan, jumlahnya melebihi susu sapi.

Selain itu, komposisi serta struktur gizi pada susu kambing memiliki kemiripan dengan ASI. Ia cenderung mudah berbaur dengan tubuh manusia. Hanya saja, untuk mendapatkan efek lebih baik, Anda bahkan disarankan mengkonsumsinya sejak masih hamil. Jadi, risiko ASI sulit keluar saat bayi baru melahirkan dapat Anda hindari.

Tapi tetap tak ada kata terlambat, kok. Jika baru tahu fakta ini, Anda bisa mulai rutin mengonsumsinya sesegera mungkin.

2. Susu kambing menjaga bayi dari risiko kematian

Vitamin A merupakan asupan krusial saat bayi baru melahirkan. Kebutuhan asupannya 1,5 kali lebih tinggi ketimbang wanita dalam kondisi normal. Berdasarkan studi, kekurangan vitamin A pada ibu menyusui dikaitkan dengan risiko kematian bayi.

Selain itu, berdasarkan riset, vitamin A juga membantu mencegah penularan HIV tipe 1 dari ibu ke anak melalui proses menyusui. Perannya menjaga bayi dari penyakit berbahaya tentu sangat penting.

Selain itu, jika ibu menyusui kurang vitamin A, bayi lebih rentan dengan penyakit berikut:

  • Bayi hilang nafsu makan;
  • lebih mudah terkena infeksi;
  • diare;
  • anemia.

Menariknya, susu kambing mengandung 120 I.U vitamin A untuk setiap 100 mililiternya. Ibu yang mengonsumsinya saat menyusui, tentu mendukung angka kebutuhan harian vitamin A Anda. Dengan demikian, bayi Anda lebih aman dari risiko penyakit-penyakit di atas.

3. Susu kambing menjaga imunitas ibu menyusui

Menjaga kesehatan, adalah keharusan bagi ibu menyusui. Kondisi itu, membuat Anda bisa terus merawat dan maksimal dalam memberikan ASI. Makanya, Anda perlu bantuan asupan untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Susu kambing sesungguhnya bisa menawarkan manfaat ini. Kandungan vitamin B2 di dalamnya berfungsi membentuk antibodi serta sistem imun tubuh. Risiko terserang penyakit tentu akan semakin rendah.

Bukan hanya itu, vitamin B2 membantu proses pengubahan karbohidrat menjadi ATP atau Adenosin Trifosfat. Peran ATP dalam adalah menyediakan energi tatkala tubuh membutuhkannya.

Sebaliknya, kekurangan vitamin ini bisa mengakibatkan Anda lemas dan kurang tenaga. Jadi, jika Anda menyayangi bayi dan ingin optimal merawatnya, minum susu kambing merupakan pilihan bagus.

4. Susu kambing menjaga emosi tetap stabil

Tahukah Anda, stres yang busui alami berpengaruh besar terhadap kesehatan bayi? Secara medis, kondisi stress bisa membuat produksi ASI jadi terhambat. Penyebanya, hormon oksitosin yang memiliki peran memperlancar produksi ASI tidak mampu menjalankan fungsinya ketika Anda stres. Akhirnya, ASI akan tetap tersimpan dalam payudara. Makanya, sangat penting bagi ibu menyusui untuk tetap rileks dan memiliki kestabilan emosi. 

Kabar baiknya, susu kambing punya pengaruh untuk masalah ini. Dalam secangkir susu kambing, terdapat asam amino triptofan. Senyawa ini mampu membantu produksi hormon serotonin dalam tubuh. Menariknya, fungsi hormon ini adalah mengatur suasana hati.

Lebih dari itu, kandungan magnesium serta zinc di dalamnya mampu mencegah penyakit yang ada hubungannya dengan saraf. Jadi, potensi stres benar-benar akan semakin rendah.

5. Susu kambing membantu tumbuh kembang anak

Ketika ibu menyusui sehat dan ASI-nya lancar, maka ujung dari manfaat yang diharapkan adalah anak mampu tumbuh dengan sehat. Benar, kan?

Faktanya, lancarnya ASI yang si kecil dapatkan berkorelasi dengan kualitas tumbuh kembangnya. Termasuk, dalam aspek kognitif.

Berdasarkan studi, bayi yang mendapatkan ASI eksklusif memiliki skor kecerdasan lebih tinggi ketimbang bayi dengan asupan susu formula. Pengaruh ini bahkan bersifat jangka panjang.

Selain itu, khasiat lain yang berpotensi anak dapatkan dalam masa pertumbuhannya antara lain:

  • Sistem imun anak lebih kuat
  • Berat badan ideal
  • Tulang lebih kokoh

Tentunya, Anda juga bisa punya uang lebih untuk menabung. Produksi ASI lancar berkat susu kambing tentu membuat Anda tak perlu mengeluarkan uang membeli susu formula bukan?

Rekomendasi

Jadi, dengan segala fakta di atas, apakah perlu susu bagi ibu menyusui? Jawabannya ‘Ya’, Anda perlu susu kambing.

Jika berminat mengonsumsi susu kambing, Anda bisa labuhkan pilihan pada Supergoat. Faktanya, susu kambing etawa bubuk dengan campuran gula aren ini bukan hanya memiliki manfaat susu kambing etawa untuk ibu menyusui yang lengkap. Antara lain:

  • memperlancar ASI;
  • mengontrol berat badan;
  • meningkatkan imunitas tubuh;
  • melancarkan pencernaan;
  • menjaga suasana hati;
  • dan puluhan manfaat susu kambing lainnya.

Namun perlu diingat, meskipun manfaat susu kambing untuk ibu menyusui tak terbantahkan, Anda tetap perlu melengkapi ikhtiar lain. Tambahan nutrisi dari berbagai asupan bergizi tinggi akan semakin membuat Anda dan si kecil selalu sehat.

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Artikel Terkait:

Berlanggaan Gratis!

Dapatkan pemberitahuan artikel menarik dari Supergoat, dengan berlangganan newsletter dibawah ini. Terimakasih :)

Tinggalkan komentar

Ingin Jadi Mitra Kami?

Isi form ini dan kami akan menghubungi Anda.

Pastikan data di atas sudah benar, setelah klik Join Mitra, Anda akan dibawa ke chat WA admin, silakan lanjutkan klik kirim dan jangan hapus pesan.

Form Pemesanan Supergoat

Penting!! Pastikan data di atas sudah benar, setelah klik Pesan Supergoat, Anda akan dibawa ke chat WA admin, silakan lanjutkan klik kirim dan jangan hapus pesan.