fbpx

Manfaat Susu Kambing Etawa Menurut Dokter dan Penelitian

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Dibutuhkan oleh berbagai usia dalam mengatasi beragam masalah kesehatan, manfaat susu kambing Etawa tak perlu diragukan.

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Saat ini semakin banyak orang yang menyadari manfaat susu kambing Etawa untuk kesehatan sangat sangat luar biasa. Hebatnya lagi, khasiat dan manfaat ini bekerja secara luas bagi berbagai kalangan usia untuk beragam tujuan kesehatan.

Berbagai hasil penelitian menunjukkan bahwa susu kambing berkhasiat tinggi menjaga kesehatan tubuh maupun mencegah penyakit. Secara total, manfaat susu kambing Etawa menurut dokter dapat mencegah hingga lebih dari 20 macam penyakit.

Ini karena susu kambing Etawa mengandung nutrisi yang sangat lengkap, baik makro maupun mikro. Total ada lebih dari 50 jenis nutrisi termasuk 13 asam lemak, 17 asam amino, 11 vitamin, dan 11 mineral.

Untuk mengenal khasiat susu kambing lebih jauh, baca ulasan 17 manfaat susu kambing Etawa berikut ini.

Menyehatkan Pencernaan

Pencernaan merupakan salah satu kunci penting kesehatan tubuh. Saluran cerna yang sehat dapat membantu mencegah penyakit masuk dan menjaga kebugaran tubuh.

Susu kambing mengandung prebiotik alami yang membantu memelihara flora normal usus.

British Journal of Nutrition mengungkap Sebanyak 14 oligosakarida dalam susu kambing Etawa mampu mengembangkan bakteri baik dan mencegah bakteri jahat penyebab penyakit. Efeknya, susu kambing Etawa dapat menyehatkan pencernaan dan mencegah infeksi dari saluran cerna.

Membantu Tubuh Menyerap Nutrisi

Tak hanya menguatkan sistem pertahanan saluran cerna, susu kambing Etawa juga dapat meningkatkan penyerapan mineral dan nutrisi lain.

Berbagai penelitian membuktikan bahwa tubuh lebih mudah menyerap mineral seperti kalsium, besi, fosfor, dan lainnya yang berasal dari susu kambing. Tingkat penyerapan ini bahkan 30% lebih tinggi dari susu sapi dan 50% lebih tinggi dari sumber mineral lain.

diagram ketersediaan zat besi dari susu kambing untuk pembentukan hemoglobin

Efek ini membuat susu kambing Etawa menjadi pilihan terbaik dalam mengatasi kekurangan nutrisi dan kemampuan penyerapan oleh tubuh.

Mengatasi Maag dan GERD

Kebiasaan makan yang buruk dapat menyebabkan berkembangnya maag dan tukak lambung. Kondisi ini menyebabkan lambung luka (tukak) maupun nyeri ulu hati karena asam lambung yang naik.

Susu kambing Etawa mengandung anti inflamasi yang dapat meredakan nyeri akibat maag maupun asam lambung yang naik. Selain itu, tingkat pengosongan lambung juga menjadi lebih cepat sehingga mengurangi waktu kontak asam lambung dengan permukaan saluran cerna.

Gabungan efek tersebut membuat susu kambing Etawa dapat mengatasi maag maupun refluks gastroesofagus (asam naik) secara alami.

Melawan Infeksi Virus dan Bakteri

Selama manusia hidup, penyakit virus, bakteri, maupun jamur selalu memberikan ancaman infeksi. Serangan kuman penyebab penyakit ini bisa berdampak ringan sekadar mengganggu penampilan, maupun parah sampai menyebabkan kematian.

Kabar baiknya, berbagai penelitian menunjukkan bahwa kandungan susu kambing Etawa memiliki aktivitas antivirus dan antimikroba.

Yang terbaru, Clinical Nutrition Open Science melaporkan efek penghambatan replikasi pseudo virus SARS Cov 02 atau Covid-19 (Corona) oleh susu kambing. Efek ini berasal dari fraksi protein susu pada susu kambing.

susu kambing Etawa mencegah virus corona

Maka dari itu, konsumsi susu kambing secara rutin sangat membantu tubuh untuk melawan infeksi virus, bakteri hingga jamur sekalipun.

Mengatasi Penyakit Pernapasan

Saluran napas merupakan salah satu yang rentan mengalami infeksi dari luar karena adanya kontak langsung darah dan udara. Meski perlindungan sistem pernapasan berlapis dari rambut halus, mukosa, dan lendir, tapi ancaman penyakit pernapasan tetap saja ada.

Susu kambing Etawa mengandung antibakteri dan antivirus yang dapat mencegah infeksi pernapasan. Selain itu, khasiat susu kambing juga dapat merangsang pembentukan antibodi yang melawan infeksi kuman dari saluran napas.

Yang tak kalah penting, susu kambing Etawa mengandung anti inflamasi spesifik IgE yang mencegah asma dan reaksi hipersensitivitas. Dengan kata lain, manfaat susu kambing Etawa dapat menekan respon alergi tanpa mengurangi kekuatan imun tubuh.

Memperkuat Sistem Imun Tubuh

Ada banyak kandungan susu kambing Etawa yang dapat memperkuat sistem imun tubuh, mulai dari oligosakarida, peptida, hingga CLA (Conjugated Linoleic Acid).

Tak heran, susu kambing mendapat julukan grandmother’s drugs alias nenek moyang obat di kalangan masyarakat.

Tak hanya kandungan antivirus dan antimikroba yang tinggi, susu kambing Etawa juga mengandung nutrisi yang mendorong produksi antibodi Ig A, Ig G, dan Ig M.

Secara keseluruhan, susu kambing Etawa dapat memperkuat sistem imun tubuh sehingga dalam kondisi optimal.

Menyehatkan Jantung dan Pembuluh Darah

Jantung dan pembuluh darah merupakan organ penting dalam mempertahankan kehidupan karena fungsinya mengalirkan oksigen dan nutrisi. Maka dari itu, menjaga kesehatan organ ini penting untuk kesehatan.

Menurut dokter, susu kambing Etawa dapat menurunkan kolesterol sehingga baik untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Selain itu, kandungan kalsium dan kalium di dalamnya juga berkhasiat mengatur kerja jantung tetap stabil.

Jadi, bisa dibilang bahwa minum susu kambing Etawa secara rutin dapat menyehatkan jantung dan pembuluh darah.

Menjaga Kesehatan Otak dan Psikis

Otak merupakan organ penting, baik secara biologis maupun psikis. 

Secara biologis, otak mengolah rangsang dan mengatur aktifitas motorik tubuh. Dari segi psikis, otak merupakan tempat koordinasi dan olah kognitif yang menentukan kecerdasan dan kesehatan mental.

Susu kambing Etawa dapat membantu Anda menjaga kesehatan otak secara biologis maupun psikis.

Secara biologis, manfaat susu kambing Etawa dapat memperlancar aliran darah ke otak, meningkatkan oksigen dan nutrisi, serta mencegah stroke.

Sedangkan dari segi psikis, kandungan triptofan di dalamnya menjadi bahan pembentuk hormon melatonin (hormoon santai) yang membantu otak merasa rileks dan mencegah stress.

manfaat susu kambing Etawa untuk otak

Jadi, rutin mengonsumsi susu kambing sangat baik untuk menjaga otak dan kesehatan mental Anda.

Menguatkan Tulang dan Gigi

Susu kambing Etawa mengandung kalsium dalam jumlah tinggi dan tingkat penyerapannya bahkan lebih besar dari susu sapi. Kombinasi ini menjadikannya sumber terbaik untuk memperkuat tulang dan gigi.

Di antara kelompok yang membutuhkan kalsium dalam jumlah tinggi antara lain:

  1. ibu hamil untuk pembentukan organ janin;
  2. anak-anak untuk pertumbuhan serta perkembangan gigi;
  3. remaja untuk pertumbuhan tubuh yang lebih tinggi; serta
  4. dewasa dan lanjut usia untuk mencegah tulang keropos.

Dengan kata lain, konsumsi susu kambing Etawa secara rutin sangat berguna bagi seluruh kelompok usia untuk tulang dan gigi yang kuat.

Mencukupi Nutrisi Ibu Hamil dan Janin

Ibu hamil membutuhkan nutrisi untuk 2 orang, dirinya dan janin yang dikandung. Maka dari itu, kebutuhan nutrisi ibu hamil meningkat baik dari segi kalori maupun nutrisi mikro.

Salah satu sumber terbaik untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tambahan ini adalah susu kambing Etawa.

Ini karena susu kambing Etawa mengandung protein dan kalsium tinggi yang sangat penting untuk pembentukan organ janin. Selain itu, protein dan kalsium dari susu kambing Etawa paling mudah diserap daripada sumber lain, termasuk pil multivitamin sekalipun.

Untuk informasi, konsumsi susu kambing Etawa bagi ibu hamil yang dianjurkan adalah 1 gelas/hari di trimester 1 dan 2 gelas/hari di trimester 2 dan 3.

Meningkatkan Produksi ASI Ibu Menyusui

Ibu menyusui perlu memiliki produksi ASI yang stabil untuk kebutuhan nutrisi bayi agar sehat. Sayangnya, beberapa kondisi seperti malnutrisi dapat mengurangi produksi ASI ibu.

Salah satu solusi yang paling baik dan enak adalah dengan rutin minum susu kambing.

Susu kambing Etawa mengandung nutrisi yang dapat meningkatkan produksi ASI. Studi di Indonesian Journal of Medicine mengungkap peningkatan rerata produksi ASI mencapai 30%.

Selain itu, susu kambing merupakan susu yang paling mirip ASI. Sebanyak 5 dari 14 oligosakarida pada susu kambing Etawa memiliki kemiripan dengan yang ada pada ASI ibu.

Meningkatkan Kecerdasan Anak

Ada banyak hal yang mempengaruhi tingkat kecerdasan anak, mulai nutrisi hingga pengasuhan dan pendidikan.

Namun, hal yang jelas bahwa konsumsi susu kambing Etawa dapat berpengaruh besar meningkatkan kecerdasan dan kemampuan anak untuk belajar.

Ini karena susu kambing Etawa mengandung energi yang penting dalam proses belajar. Selain itu, ada pula kandungan vitamin B2, B3, dan fosfolipid yang baik untuk perkembangan sel otak dan jaringan saraf.

Energi yang cukup dan nutrisi otak dalam susu kambing Etawa menjadi modal dasar penting untuk belajar. Selanjutnya, tinggal mengoptimalkan pendidikan anak untuk kecerdasan yang lebih baik.

Membantu Membentuk Otot

Bagi Anda yang sedang menjalani diet dan memperbaiki postur tubuh, susu kambing sangat membantu Anda mendapatkan tubuh ideal.

Ini karena susu kambing mengandung protein tinggi yang penting bagi pertumbuhan dan pembentukan otot. Selain itu, kandungan vitamin dan mineral tinggi di dalamnya membantu metabolisme lemak lebih efisien.

Dengan kata lain, konsumsi susu kambing dapat membantu Anda dalam menjalani diet untuk tubuh ideal.

Mencegah dan Mengatasi Diabetes

Diabetes tipe-2 akibat resistensi insulin adalah penyakit tidak menular yang telah menjadi pandemi global karena pola makan yang buruk. Efeknya, tubuh kesulitan mengolah glukosa yang berujung pada berbagai masalah kesehatan.

Susu kambing Etawa dapat meningkatkan toleransi glukosa dan mengurangi komposisi lemak tubuh secara signifikan. Selain itu, khasiat susu kambing juga mencegah perlemakan hati (hepatic steatosis) dan efek degeneratif lain.

Kombinasi ini menjadikan susu kambing Etawa sebagai salah satu terapi non-obat terbaik untuk mencegah dan mengatasi diabetes.

Efek ini dapat lebih meningkat pada susu kambing Etawa dengan gula aren seperti Supergoat. Ini karena gula aren memiliki indeks glikemik rendah dan antioksidan tinggi yang bagus mengatasi diabetes dan penyakit degeneratif lain.

Mencegah Kanker dan Penyakit Degeneratif

Salah satu penyebab utama kanker dan banyak penyakit degeneratif lain adalah paparan radikal bebas. Paparan radikal bebas ini menyebabkan perubahan struktur DNA alias mutasi dan mengganggu fungsi sel tubuh.

Susu kambing Etawa merupakan salah satu sumber antioksidan yang tinggi sehingga sangat baik untuk mencegah kanker dan penyakit degeneratif lain.

Berbagai penelitian menunjukkan aktivitas anti kanker dari susu kambing. Efek ini berasal dari berbagai oligosakarida, peptida, dan komponen bioaktif lain di dalam susu kambing.

Membuat Kulit Lebih Lembut, Sehat, dan Cerah

Penggunaan susu kambing Etawa tak hanya terbatas pada konsumsi. Akan tetapi, kandungannya juga bagus untuk kulit.

Lactic acid di dalamnya dapat membantu melembabkan dan melembutkan kulit. Selain itu, ada pula niasin yang membantu mencerahkan kulit.

Yang tak banyak orang tahu, susu kambing Etawa mengandung anti inflamasi yang bagus mengatasi kulit kering dan gatal seperti eksim dan psoriasis.

Jadi, secara keseluruhan, susu kambing Etawa memberikan efek perawatan yang sempurna untuk mengatasi berbagai masalah kulit.

Mengatasi Masalah Seksual dan Kesuburan

Ada beberapa hal yang menjadi penyebab masalah seksual dan kesuburan, baik pada laki-laki maupun perempuan. Di antaranya adalah:

  1. malnutrisi dan kondisi psikis yang berpengaruh pada hormon reproduksi, serta
  2. radikal bebas yang mengurangi kesuburan sperma dan sel telur.

Solusinya jelas dengan memperbaiki nutrisi dan kondisi psikis, serta mengurangi efek paparan radikal bebas.

Susu kambing Etawa mengandung nutrisi yang baik untuk organ reproduksi seperti protein, zinc, dan kolesterol baik sebagai prekursor hormon seksual. Selain itu, kandungan antioksidan tinggi dalam susu kambing juga berperan penting menjaga sel telur dan sperma tetap dalam kondisi terbaik.

Selanjutnya, kalori dan prekursor hormon santai dalam susu kambing dapat membantu menjaga gairah di atas ranjang.

Dengan kata lain, secara keseluruhan, kandungan nutrisi susu kambing Etawa dapat membantu Anda mengatasi masalah seksual dan kesuburan.

Keunggulan Susu Kambing Etawa Bubuk

Demikian manfaat susu kambing Etawa yang super lengkap bagi berbagai kalangan untuk beragam tujuan.

Untuk mendapatkan khasiat sempurna, Anda dapat mengonsumsi Supergoat, susu kambing Etawa bubuk yang telah diperkaya dengan gula aren.

Gula aren mengandung serat inulin dan kaya akan antioksidan yang bermanfaat mencegah penyakit degeneratif. Formula ini menyempurnakan nutrisi pada susu kambing, memberinya rasa yang enak tanpa efek samping dari kandungan gulanya.

Adapun formula susu kambing Etawa bubuk menjadikannya lebih higienis, mudah dibuat serta disimpan tanpa mengurangi kualitas dan kandungan gizinya.

Jadi, mau hidup sehat dengan cara yang mudah dan enak? Ya, minum Supergoat aja!

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Artikel Terkait:

Berlanggaan Gratis!

Dapatkan pemberitahuan artikel menarik dari Supergoat, dengan berlangganan newsletter dibawah ini. Terimakasih :)

Tinggalkan komentar

Ingin Jadi Mitra Kami?

Isi form ini dan kami akan menghubungi Anda.

Pastikan data di atas sudah benar, setelah klik Join Mitra, Anda akan dibawa ke chat WA admin, silakan lanjutkan klik kirim dan jangan hapus pesan.

Form Pemesanan Supergoat

Pastikan data di atas sudah benar, setelah klik Pesan Supergoat, Anda akan dibawa ke chat WA admin, silakan lanjutkan klik kirim dan jangan hapus pesan.