fbpx

10 Manfaat Makan Telur Rebus di Pagi Hari yang Menyehatkan

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Sekiranya orang paham betapa besar manfaat makan telur rebus di pagi hari, tentu banyak yang akan menjadikannya menu sarapan wajib.

Meski bukan merupakan menu populer untuk sarapan, telur rebus sebenarnya merupakan salah satu menu terbaik untuk makan pagi. Ini jika melihat kandungan dan nutrisi yang telur miliki.

Lalu, apa saja kandungan telur dan apa manfaat makan telur rebus di pagi hari? Berikut ulasannya.

Memenuhi Kebutuhan Asam Amino Esensial

Asam amino esensial merupakan asam amino penting yang tubuh butuhkan, tapi tubuh tidak bisa memproduksinya sendiri. Karena itu, butuh sumber dari luar untuk memasok jenis asam amino ini.

Salah satu sumber protein terbaik adalah telur. Ini karena telur mengandung asam amino esensial lengkap. Artinya, semua protein yang tubuh Anda tidak bisa membuatnya, bisa Anda dapatkan dari telur.

kandungan asam amino esensial pada telur

Mengonsumsi telur di pagi hari akan menjamin ketersediaan asam amino esensial tersebut.

Memberikan Suplai Vitamin dan Mineral

Tubuh memang tidak membutuhkan vitamin dan mineral dalam jumlah yang banyak. Akan tetapi, jika terjadi kekurangan atau defisiensi vitamin maupun mineral, efeknya akan menimbulkan gangguan bagi tubuh.

Telur merupakan salah satu sumber vitamin dan mineral yang baik. Selain jumlahnya cukup besar, variasinya juga bermacam-macam sehingga bagus untuk menjadi suplemen multivitamin dan mineral.

Vitamin paling banyak dari telur adalah vitamin A ( 6% AKG ), B2 ( 15% AKG ), B5 ( 7% AKG ), dan B12 ( 9% ). Sedangkan jenis mineral utama pada telur adalah selenium (22% AKG) dan Fosfor ( 9% AKG).

Selain micronutrient tersebut, telur juga mengandung sejumlah vitamin dan mineral lain seperti vitamin D, E, K, B6, dan zinc. Jadi, mengawali hari dengan sarapan telur jelas berpengaruh besar bagi kecukupan gizi harian.

kandungan vitamin dan mineral dalam telur

Membantu Mencapai Postur Tubuh Ideal

Telur rebus merupakan salah satu menu terbaik untuk sarapan bagi Anda yang ingin menjalani diet menurunkan berat badan. Ada beberapa alasan untuk hal ini.

Pertama, telur mengandung protein yang tinggi untuk membantu membentuk massa otot. Olahraga mungkin dapat membakar lemak, tapi tidak menambah massa otot. Untuk menambah massa otot, Anda butuh asupan protein yang cukup.

Kedua, asupan protein yang tinggi akan membuat perut Anda merasa kenyang lebih lama. Dengan demikian, Anda tidak akan begitu mudah tergoda dengan cemilan yang tidak sehat.

manfaat makan telur rebus di pagi hari mempertahankan kenyang lebih lama

Pada uji singkat terhadap 30 perempuan dengan berat badan berlebih, telur dapat menurunkan asupan makan harian. Setelah mengganti sarapan dari karbohidrat ke telur, asupan kalori 36 jam berikutnya jadi berkurang.

Nah, bagi Anda yang ingin diet sehat menurunkan berat badan secara alami, masukkan menu telur rebus dalam sarapan Anda.

Menambah Berat Badan secara Lebih Sehat

Selain bagus sebagai menu untuk diet, makan telur rebus saat pagi juga dapat membantu Anda menambah berat badan. Lebih lagi, berat badan bertambah secara sehat karena yang bertambah adalah otot, bukan lemak.

Tentu ini dengan catatan bahwa porsi makan Anda normal seperti sebelumnya. Dengan demikian, menambah konsumsi telur membuat asupan protein untuk membentuk otot tersedia. Sisanya tinggal aktivitas dan olahraga.

Menambahkan 1 butir telur rebus berarti menambahkan 150 Kalori. Jika Anda mengonsumsi 3 telur setiap hari, maka berat badan Anda bisa bertambah hingga 0,5 – 1 kg per minggu.

Mengandung Kolesterol Baik

Banyak anjuran yang beredar bahwa untuk mendapat manfaat kesehatan dari telur, sebaiknya hanya mengonsumsi bagian putihnya saja. Alasannya adalah karena bagian putih mengandung protein, sedangkan bagian kuning mengandung lemak.

Sebagian pernyataan ini benar, tetapi faktanya bagian kuning telur juga mengandung protein sebesar 50%. Bahkan, micronutrient lain juga lebih terkonsentrasi di kuning telur.

Selain itu, lemak pada kuning telur juga mengandung kolesterol baik (HDL) yang bermanfaat untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah. Pada penelitian di mana subjek mengonsumsi telur 2 butir per hari selama 6 minggu, nilai HDL darah naik mencapai sebesar 10%

Jadi, tak ada alasan untuk memisahkan yang kuning dan mengonsumsi putih telurnya saja.

Tidak Meningkatkan Kolesterol Total

Kandungan kolesterol pada telur utuh memang cukup besar, mencapai 373 mg dari 100 gram. Akan tetapi, ternyata mengonsumsi telur tidak meningkatkan nilai kolesterol darah total di sebagian besar orang.

Sebesar 70% subjek yang mengonsumsi telur, tidak mengalami peningkatan kolesterol total pada darah. Ini juga berarti rasio HDL akan lebih besar dan profil kolesterol semakin baik untuk kesehatan.

Hanya sekitar 30% yang mengalami kenaikan pada LDL dan kolesterol total. Hal ini biasanya terjadi pada orang dengan “hyper response”.

Jadi, jika Anda tidak memiliki masalah kolesterol sebelumnya, tak perlu khawatir mengonsumsi telur setiap hari saat sarapan. Ini justru malah semakin meningkatkan kesehatan Anda.

Mengurangi Risiko Serangan Jantung

Sebagai pelengkap untuk 30% orang yang mengalami kenaikan LDL, profil LDLnya justru makin mengalami perbaikan.

Selama ini banyak yang mengenal LDL sebagai kolesterol jahat. Padahal, LDL sendiri terdiri dari beberapa ukuran dari yang kecil hingga yang besar.

Mengonsumsi telur justru membantu untuk memperbanyak LDL berukuran kecil dan mengurangi LDL berukuran besar. Ini juga bermanfaat untuk mengurangi risiko perlemakan pembuluh darah serta mencegah penyakit jantung.

Dengan cara direbus, 

Melindungi Fungsi Otak dari Penurunan

Otak menggunakan neurotransmitter untuk berkomunikasi, dan salah satu neurotransmitter yang penting adalah asetilkolin yang terbentuk dari kolin.

Telur merupakan salah satu sumber terbaik untuk kolin. Dari 1 butir telur, kandungan kolin mencapai lebih dari 100 mg.

Selain sebagai neurotransmitter, kolin juga menjadi penyusun membran sel dan pembentuk jaringan saraf. Ibu hamil yang kekurangan kolin memiliki risiko janin mengalami kerusakan jaringan saraf. Untungnya kejadian ini sangat jarang. 

Maka dari itu, mengonsumsi telur rebus setiap pagi sangat membantu memenuhi kebutuhan kolin harian Anda.

Mencerahkan Mata dan Mengurangi Risiko Katarak

Katarak adalah kondisi penurunan fungsi mata di mana lensa mata menjadi keruh dan pandangan menjadi buram. Kondisi ini biasa terjadi mengiringi usia yang semakin lanjut.

manfaat makan telur rebus menghindari katarak

Salah satu nutrisi yang dapat mencegah ini adalah antioksidan lutein dan zeaxanthin cukup tinggi di telur. Penelitian mengungkapkan konsumsi 1 telur setiap hari selama 4,5 minggu meningkatkan hingga 50% lutein dan 142% zeaxanthin di darah.

Selain itu, telur juga mengandung vitamin A dalam dosis tinggi (6% AKG) yang sangat baik untuk mata. Vitamin A membantu mengenali warna dan membuat penglihatan tetap tajam saat peralihan dari terang ke gelap atau sebaliknya.

Tidak Membuat Kantong Kering

Yang paling penting, telur rebus mudah dibuat, dan harganya relatif tidak mahal. Hingga artikel ini terbit, harga telur masih stabil di kisaran Rp 20 – 23 ribu per setengah papan yang berisikan 15 butir.

Selain itu, Anda hanya perlu memasak air dan memasukkan telur ke dalamnya untuk memuat telur rebus. Tinggal tunggu 4-7 menit setelah mendidih dan Anda langsung bisa menikmati telur rebus untuk sarapan.

Hemat waktu dan biaya, bukan?

Nah, setelah menyimak 10 manfaat makan telur rebus di pagi hari, tentu Anda bersemangat untuk menerapkan kebiasaan ini. 

Selain makan telur rebus, Anda juga dapat melengkapi nutrisi harian dengan susu Supergoat saat sarapan. Kombinasi telur rebus dan susu Supergoat sangat jitu untuk mencukupi hampir semua kebutuhan vitamin dan mineral harian Anda.

Yuk, hidup lebih sehat dan kuat dengan 1 butir telur dan segelas susu Supergoat di pagi hari.

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Artikel Terkait:

Berlanggaan Gratis!

Dapatkan pemberitahuan artikel menarik dari Supergoat, dengan berlangganan newsletter dibawah ini. Terimakasih :)

Tinggalkan komentar

Ingin Jadi Mitra Kami?

Isi form ini dan kami akan menghubungi Anda.

Pastikan data di atas sudah benar, setelah klik Join Mitra, Anda akan dibawa ke chat WA admin, silakan lanjutkan klik kirim dan jangan hapus pesan.

Form Pemesanan Supergoat

Penting!! Pastikan data di atas sudah benar, setelah klik Pesan Supergoat, Anda akan dibawa ke chat WA admin, silakan lanjutkan klik kirim dan jangan hapus pesan.