fbpx

5 Manfaat Gula Aren untuk Pria, Makin Sehat Dicampur Susu Kambing!

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Gula aren dapat jadi alternatif gula untuk Anda konsumsi. Selain kaya manfaat, rasanya juga tak kalah nikmat.

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print
Manfaat Gula Aren untuk Pria

Meski tak sepopuler gula putih, gula yang berasal dari nira (cairan) pohon aren ini ternyata lebih kaya khasiat. Tak terkecuali, ada juga manfaat gula aren untuk pria.

Beberapa masalah kesehatan yang biasanya menjangkiti pria, berpotensi membaik berkat kandungan nutrisi di dalamnya. Makanya, menyisipkannya dalam berbagai menu harian Anda merupakan pilihan tepat.

Penasaran kan apa saja manfaatnya? Yuk kita bahas!

1. Meningkatkan stamina

Bekerja itu melelahkan ya? 

Tapi, sebagai pria dewasa, Anda mau tak mau harus melakukannya. Tak ada alasan untuk merasa lelah, karena faktanya Anda dapat mengkonsumsi suplemen penambah stamina.

Rebusan gula aren, dipercaya mampu memberi efek ini. Dian Permatasari, selaku Dokter Spesialis Gizi, membenarkan pengaruh ini. 

Kandungan glukosa serta fruktosa dalam gula aren, menjadi faktor yang memberikan energi bagi tubuh Anda. Hal ini didukung dengan nutrisi lain seperti zat besi, natrium, serta kalium.

Riset yang dipublikasikan di Universitas Negeri Padang cukup mendukung hal di atas. Pemberian gula aren dalam latihan daya tahan terhadap kapasitas VO2 Max di sebuah SSB, berhasil meningkatkan kapasitas VO2 Max meski dalam jumlah yang tak signifikan.

Meski masih perlu memerlukan riset tambahan untuk membuktikannya, namun tak salah jika Anda mencobanya.

Menambahkannya dengan jahe dan kunyit adalah pilihan bagus. Manfaat gula aren jahe kunyit akan sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

2.  Meningkatkan daya tahan otot

Otot Anda mudah lelah tatkala melakukan pekerjaan-pekerjaan fisik? Mungkin, sudah saatnya Anda konsumsi gula aren.

Berdasarkan riset, kandungan karbohidrat dalam gula aren mampu lebih efektif ketimbang dalam menyuplai pembentukan glukosa darah, untuk selanjutnya dibentuk menjadi energi siap pakai atau ATP. 

Mengacu pada penelitian lainnya, konsumsi gula aren juga terbukti memberi pengaruh signifikan bagi daya tahan otot. Mengkonsumsinya sebelum memulai latihan fisik membuat kinerja otot lebih panjang.

Kendati Anda bukan atlet, namun jika sering melakukan kerja-kerja yang melibatkan otot, tentu layak juga mencobanya.

3. Mengurangi risiko diabetes

Diabetes merupakan penyakit berbahaya. Berdasarkan penelitian, penyakit ini lebih berisiko menimpa pria ketimbang wanita. 

Ada dua penyebab yang melatarinya:

  • Pria lebih sensitif terhadap insulin
  • Pria menyimpan lemak di sekitar organ, beda dengan wanita yang di bawah kulit

Fakta ini, semestinya membuat Anda selaku pria lebih aware dengan berbagai pemicu penyakit diabetes. Salah satunya, dengan hati-hati dalam mengkonsumsi gula.

Sudah menjadi rahasia umum, gula pasir putih yang sering menghiasi dapur rumah Anda memiliki indeks glikemik tinggi. Mengkonsumsinya, meski tak banyak, bisa membuat kadar gula darah langsung melonjak.

Sebagai alternatif, gula aren sangat disarankan bagi pengidap diabetes. Manfaat gula aren untuk diabetes adalah konsekuensi dari kandungannya yang lebih baik ketimbang gula pasir biasa.

Gula pasir putihGula aren
Indeks glikemik per-15 gram mencapai angka 68.Indeks glikemik per-15 gram hanya 35. Sementara itu, batas rendanya adalah 55.
Mengandung 100% gulaMengandung 78% gula dan sisanya berupa mineral, vitamin, serat, serta antioksidan.

Dua fakta di atas, cukup jadi bukti bahwa gula aren jauh lebih aman dan sehat untuk Anda. Anda tak perlu tersiksa kehilangan makanan dengan rasa manis saat memiliki diabetes.

Jika saat ini Anda belum mengidap penyakit ini, mengganti gula putih dengan gula aren adalah langkah preventif yang sangat baik.

4. Mengontrol berat badan

Semakin tua, kemampuan metabolisme tubuh semakin berkurang. Kenyataan ini memicu risiko obesitas. Fakta mengejutkannya, risiko obesitas pada pria 3 kali lipat lebih berbahaya ketimbang wanita.

Profesor Richard Peto dari Oxford University menyebutkan bahwa obesitas meningkatkan risiko penyakit berbahaya berikut ini:

  • Kanker
  • Jantung
  • Stroke

Bahkan penelitian lain, mengungkap bahwa obesitas juga memicu rendah tingkat kesuburan. Pria obesitas memiliki 50% potensi kesulitan memiliki keturunan. Mengerikan ya?

Kalori berlebih pada gula putih menjadi salah satu faktor utama pemicunya. Sementara itu, menggantinya dengan gula aren lebih ideal untuk membuat berat badan terkontrol. Selain itu, gula aren juga mengandung kalium yang secara medis dapat berkontribusi bagi penurunan berat badan.

Jadi, jika Anda bertanya apakah gula aren cocok untuk diet. jawabannya bisa. Asalkan, konsumsinya tetap tak berlebihan.

5. Meningkatkan kualitas sperma

Sebagian masyarakat percaya, bahwa gula aren berkontribusi meningkatkan vitalitas pria. Termasuk, dalam mengatasi ejakulasi dini. 

Pertanyaannya, benarkah demikian?

Kami belum menemukan penelitian yang mendukung kepercayaan masyarakat soal manfaat gula aren untuk pria dewasa ini. Jadi, ini mungkin masih sebatas potensi.

Namun, terdapat riset menarik yang menjadikan sapi bali sebagai objek penelitiannya.

Penelitian itu menunjukan penggunaan nira aren sebagai salah satu bahan pengencer semen sapi bali, terbukti mampu mempertahankan kualitas spermatozoa cauda epididimis sapi bali. Baik dari aspek motilitas, daya hidup, maupun membran plasma utuh sperma.

Fakta ini memang perlu pembuktian lebih lanjut. Hanya saja, tak salah jika Anda mengujinya sendiri. Apalagi, pembuktian dari mulut ke mulut tentang khasiat gula aren ini lumayan ramai.

Manfaat berlipat: gula aren + susu kambing

Meskipun gula aren mengandung banyak khasiat, tetap saja kadarnya terbatas. Komposisinya didominasi gula. Adapun nutrisi lainnya, walaupun beragam, jumlahnya relatif kecil.

Maka dari itu, saat mengkonsumsinya, sebaiknya Anda campurkan dengan panganan lain. Misalnya, dengan susu kambing.

Campuran kedua bahan ini akan menghasilkan khasiat berlipat. Soalnya, susu kambing juga punya berbagai manfaat untuk pria dewasa, antara lain:

  • Meningkatkan gairah seksual
  • Mengatasi impotensi
  • Meningkatkan kesuburan
  • Membentuk otot
  • Menurunkan kolesterol
  • dan segudang manfaat lainnya

Khasiat berlipat ini bisa Anda dapatkan dari Supergoat, yakni pelopor susu kambing etawa bubuk dengan campuran gula aren di Indonesia. Selain menyehatkan, Supergoat juga enak rasanya dan tidak memiliki aroma prengus.

Insya Allah, manfaat gula aren untuk pria bisa Anda rasakan dengan rutin mengkonsumsinya setiap hari. Jika sudah tak sabar untuk membuktikannya, Anda bisa mulai mencoba produk kami sekarang juga!

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Artikel Terkait:

Berlanggaan Gratis!

Dapatkan pemberitahuan artikel menarik dari Supergoat, dengan berlangganan newsletter dibawah ini. Terimakasih :)

Tinggalkan komentar

Ingin Jadi Mitra Kami?

Isi form ini dan kami akan menghubungi Anda.

Pastikan data di atas sudah benar, setelah klik Join Mitra, Anda akan dibawa ke chat WA admin, silakan lanjutkan klik kirim dan jangan hapus pesan.

Form Pemesanan Supergoat

Penting!! Pastikan data di atas sudah benar, setelah klik Pesan Supergoat, Anda akan dibawa ke chat WA admin, silakan lanjutkan klik kirim dan jangan hapus pesan.