fbpx

Manfaat Gula Aren Untuk Lambung, Bisa Melancarkan Pencernaan

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Tahukah Anda jika 1 dari 4 orang penduduk Indonesia memiliki masalah kesehatan lambung? Padahal menjaga kesehatan lambung dapat dilakukan dengan cara yang mudah, salah satunya mengganti pemanis dari gula tebu dengan gula aren.

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Mempunyai masalah kesehatan lambung, seperti maag dan naiknya asam lambung memang mengganggu aktivitas sehari-hari karena memicu sensasi yang sungguh tidak nyaman. Mulai dari mual, begah, sampai perih terutama saat salah makan.

Solusinya, beralihlah pada pola makan sehat termasuk menyertakan gula aren dalam diet Anda mengingat manfaat gula aren untuk lambung sangat besar.

Khasiat Gula Aren Untuk Lambung

Gula aren terbuat dari sari pati pohon aren yang kerap dijadikan bahan pemanis sehat sebagai alternatif pengganti gula tebu. Ini karena gula aren mempunyai kandungan indeks glikemik yang lebih rendah daripada gula pasir.

Bagi para pria, pemanis alami tersebut juga mempunyai manfaat khusus, mulai dari meningkatkan stamina sampai kualitas sperma.

Tidak hanya itu, gula aren juga mengandung nutrisi lain yang dibutuhkan tubuh seperti zinc, zat besi, magnesium, thiamin, riboflavin, inulin sampai vitamin C. Senyawa riboflavin atau vitamin B2 inilah yang berperan penting dalam menjaga kesehatan sistem pencernaan termasuk lambung.

Sementara kandungan inulin atau serat nabati pada gula aren bemanfaat untuk mengendalikan pertumbuhan bakteri baik dalam usus serta memperlancar pencernaan. Komponen serat pada bahan pemanis ini juga membantu penyerapan mineral dalam tubuh.

Beberapa negara di kawasan Asia Tenggara bahkan mempercayai gula aren sebagai herbal untuk mengatasi masalah lambung. Caranya, cukup menyeduhnya dengan secangkir air hangat. Meski demikian belum ada penjelasan ilmiah terkait manfaat air gula hangat untuk asam lambung tersebut.

Jadi jangan hanya mengandalkan terapi penyembuhan demikian ini karena Anda membutuhkan rekomendasi profesional dokter untuk mendapatkan solusi terbaik.

Tips Menjaga Kesehatan Lambung

Manfaat gula aren untuk kesehatan lambung memang lebih unggul daripada gula tebu, namun untuk menjaga kesehatan sistem cerna secara keseluruhan, beberapa tips ini bisa jadi panduan!

  • Kurangi konsumsi hidangan olahan, sarat lemak jenuh, dan pemanis buatan karena dapat meningkatkan resiko mengalami masalah lambung.
  • Konsumsi hidangan kaya serat untuk memperlancar BAB serta menjaga kesehatan pencernaan.
  • Tambahkan hidangan dengan kandungan asam lemak omega-3 untuk meminimalkan resiko peradangan pada lambung. Asam lemak baik ini terdapat pada ikan sarden, kacang kenari, chia, dan rami.
  • Penuhi kebutuhan cairan tubuh baik dari air, sayuran, atau buah yang mengandung banyak air untuk menghindari sembelit.
  • Bersantaplah perlahan-lahan dan kunyah makanan Anda dengan baik agar kinerja sistem pencernaan lebih ringan. Kebiasaan ini juga dapat mencegah penumpukan gas penyebab kembung.

Kesimpulan

Ternyata manfaat gula aren untuk lambung sangat besar terutama untuk menjaga kesehatan lambung serta sistem pencernaan secara keseluruhan. Sementara kandungan serat nabati pada gula aren berkhasiat melancarkan BAB.

Produk Supergoat yang merupakan susu kambing etawa instan telah menggabungkan khasiat sehat susu kambing dengan gula aren murni. Tidak hanya meningkatkan manfaat kesehatannya, gula aren juga membuat cita rasa susu kambing jadi lebih gurih dan nikmat tanpa manis berlebihan.

Subscribe laman ini untuk mendapatkan informasi seputar gaya hidup sehat ala Supergoat.

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Artikel Terkait:

Berlanggaan Gratis!

Dapatkan pemberitahuan artikel menarik dari Supergoat, dengan berlangganan newsletter dibawah ini. Terimakasih :)

Tinggalkan komentar

Ingin Jadi Mitra Kami?

Isi form ini dan kami akan menghubungi Anda.

Pastikan data di atas sudah benar, setelah klik Join Mitra, Anda akan dibawa ke chat WA admin, silakan lanjutkan klik kirim dan jangan hapus pesan.

Form Pemesanan Supergoat

Penting!! Pastikan data di atas sudah benar, setelah klik Pesan Supergoat, Anda akan dibawa ke chat WA admin, silakan lanjutkan klik kirim dan jangan hapus pesan.