fbpx

Manfaat Gula Aren Untuk Diet, Mengenyangkan dan Menyehatkan

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Gula aren memang tidak secara langsung membuat berat badan Anda turun, namun kandungan nutrisinya dapat membantu menyukseskan diet Anda.

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Sejak lama gula aren dipercaya sebagai pemanis alami yang lebih sehat pengganti gula tebu terutama saat diet. Faktanya gula aren mengandung lebih banyak nutrisi penting bagi tubuh daripada gula tebu.

Namun apakah gula aren benar-benar berkhasiat membantu Anda menurunkan berat badan? Nah, ini daftar manfaat gula aren untuk diet.

Khasiat Gula Aren Untuk Diet Sehat Turunkan Berat Badan

Saat mengatur pola makan untuk diet turunkan bobot tubuh, kebanyakan orang akan berkonsentrasi pada jumlah kalori asupan makanan. Faktanya kalori pada gula aren hampir sama dengan gula merah, yaitu sekitar 20 kalori per sendok teh. Artinya Anda juga perlu membatasi konsumsinya jika tidak ingin berat badan melonjak.

Jumlah yang disarankan yaitu 6 sendok teh per hari untuk perempuan, dan 9 sendok teh untuk pria. Ini bukanlah cara konsumsi gula aren untuk diet, melainkan demi kesehatan secara umum sesuai pedoman dari American Heart Association.

Meski begitu Anda tetap perlu beralih pada pemanis alami ini jika ingin menurunkan berat badan dengan sehat. Walaupun kandungan kalorinya setara, namun gula aren menyediakan berbagai nutrisi yang Anda butuhkan seperti zinc, zat besi, riboflavin, inulin sampai vitamin C. Selain itu kandungan indeks glikemik gula aren juga lebih rendah daripada gula tebu.

Indeks glikemik artinya seberapa cepat makanan yang mengandung karbohidrat dapat meningkatkan gula darah. Indeks glikemik yang rendah akan membuat lambung terasa kenyang lebih lama. Dengan begitu Anda akan terhindar dari godaan untuk ngemil di antara jadwal bersantap.

Gula aren juga terbilang lebih aman bagi pola makan penderita diabetes agar kadar gula darahnya tetap terkendali.

Ternyata gula aren juga merupakan makanan probiotik dengan kandungan serat nabati atau inulin yang menunjang pertumbuhan bakteri baik dalam usus. Manfaat bakteri baik ini adalah menjaga keseimbangan mikrobiota sehingga pencernaan kita tetap sehat.

Serat nabati juga berperan untuk melancarkan pencernaan yang tentu berdampak baik pada program penurunan berat badan Anda.   

Jadi walaupun tidak memberikan pengaruh secara langsung dalam penurunan berat badan, manfaat gula aren tetap membantu diet melangsingkan badan Anda.

Kesimpulan

Saat berniat menurunkan berat badan, sebaiknya ganti konsumsi gula tebu dengan gula aren yang lebih sehat. Selain lebih kaya gizi ada dua manfaat gula aren untuk diet. Pertama, memberikan rasa kenyang yang lama mengingat bahan tersebut indeks glikemiknya rendah.

Kedua, kandungan serat nabatinya dapat melancarkan pencernaan yang menunjang kesuksesan diet Anda.

Agar nutrisi tubuh tetap terpenuhi saat diet, Anda dapat mengkonsumsi Supergoat, susu kambing etawa instan plus gula aren. Tidak hanya meningkatkan manfaat sehatnya, gula aren juga membuat citarasa produk ini jadi semakin istimewa. Selamat mencoba!

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Artikel Terkait:

Berlanggaan Gratis!

Dapatkan pemberitahuan artikel menarik dari Supergoat, dengan berlangganan newsletter dibawah ini. Terimakasih :)

Tinggalkan komentar

Ingin Jadi Mitra Kami?

Isi form ini dan kami akan menghubungi Anda.

Pastikan data di atas sudah benar, setelah klik Join Mitra, Anda akan dibawa ke chat WA admin, silakan lanjutkan klik kirim dan jangan hapus pesan.

Form Pemesanan Supergoat

Penting!! Pastikan data di atas sudah benar, setelah klik Pesan Supergoat, Anda akan dibawa ke chat WA admin, silakan lanjutkan klik kirim dan jangan hapus pesan.