fbpx

Jangan Dibuang, Ini Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

[kkratings]
Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Daun pepaya memiliki warna hijau pahit yang berbentuk jari yang berasal dari pohon pepaya. Orang biasanya mengonsumsi daun pepaya sebagai lalapan atau bahan tambahan untuk masakan.

Saat ini, pepaya adalah salah satu tanaman yang paling banyak dibudidayakan di dunia. Buah, biji, dan daunnya sering digunakan dalam berbagai praktik kuliner dan pengobatan tradisional.

Secara historis, pohon pepaya berasal dari Amerika Utara, tepatnya di Meksiko. Meski daun pepaya memiliki rasa yang pahit, tetapi ada banyak manfaat yang bisa didapatkan dengan mengkonsumsi daun pepaya. 

Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan

Berikut sejumlah manfaat kandungan gizi yang terkandung dalam daun pepaya.

Vitamin Daun Pepaya

  1. Vitamin A 18250 C
  2. Vit B1 0,15 miligram per 100 gram
  3. 140 miligram vitamin C per 100 gram
  4. 79 kalori per 100 gram
  5. 8,0 gram protein per 100 gram
  6. 2.0 gram lemak per 100 gram
  7. 11,9 gram karbohidrat per 100 gram
  8. 353 miligram kalsium per 100 gram
  9. Berisi 75,4 gram air per 100 gram

Kandungan dalam daun pepaya bermanfaat bagi kesehatan tubuh. Lantas, apa saja manfaatnya untuk tubuh dan kesehatan? Mengutip Healthline berikut daftarnya.

Manfaat Daun Pepaya

Daun Pepaya Untuk Batu Ginjal

Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan

Ambil beberapa lembar daun pepaya, cuci bersih lalu rebus dengan air. 

Manfaat air rebusan daun pepaya ampuh untuk obat batu ginjal. Meski begitu daun pepaya tidak cocok untuk orang yang menderita tekanan darah tinggi.

Daun Pepaya Untuk Obat Disentri

Manfaat daun pepaya selanjutnya adalah sebagai obat disentri. Disentri adalah peradangan usus yang bisa menyebabkan diare disertai darah atau lendir.

Untuk menyembuhkannya, rebus dua lembar daun pepaya dengan 1 liter air. Setelah mendidih tambahkan 1 sendok teh bubuk kopi, lalu saring air rebusan tersebut dan minum secara rutin dengan segelas setiap hari.

Daun Pepaya untuk Keputihan Pada Wanita

Keputihan pada wanita memang mengganggu, meminum satu lembar daun pepaya dengan 1,5 liter air, 50 gram tebu dan saringan bulasari dapat mengobati keputihan pada wanita.

Dapat menyehatkan kulit

Kandungan vitamin E, A, dan C yang tinggi dalam daun pepaya dapat membantu proses kesehatan kulit seperti jerawat dan kerutan wajah.

Daun Pepaya untuk Penyakit Kulit dan Eksim

Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan

Eksim merupakan penyakit kulit yang kerap terjadi pada manusia. Untuk mengobati eksim bisa dengan cara mengoleskan daun pepaya bersih pada kulit yang terkena penyakit ini.

Daun Pepaya untuk Flek Hitam di Wajah

Flek hitam pada wajah biasanya terjadi karena berbagai hal. Untuk mengobatinya, Anda bisa melakukan dengan cara melunakkan daun pepaya hingga halus.

Kemudian tambahkan air secukupnya. Air perasan daun pepaya tersebut oles ke wajah seperti masker. Tunggu sampai 15 menit dan bilas menggunakan air bersih.

Daun Pepaya untuk Meredakan Sakit Saat Haid

Sakit saat haid bisa terobati dengan daun pepaya. Campurkan daun pepaya mentah dengan asam jawa dan garam yang telah melalui proses rebusan. Setelah itu, tumbuk sampai empuk dan minum, maka rasa sakit saat haid akan berkurang.

Daun Pepaya untuk Demam Berdarah

Manfaat Daun Pepaya untuk Kesehatan

Demam berdarah merupakan penyakit yang mengerikan. Daun Pepaya bisa mengobati penyakit tersebut. Caranya campurkan jahe dengan 5 lembar daun pepaya bersih, tambahkan gula merah dan mineral secukupnya, lalu rebus semua bahan sampai lunak. Air rebusan kemudian aduk secara teratur. 

**

Sebenarnya masih banyak lagi manfaat daun pepaya untuk kesehatan yang bisa kita manfaatkan seperti melancarkan ASI bagi ibu menyusui, menguatkan tulang dan gigi, mengobati ketombe, hingga membantu melancarkan sistem pencernaan.

Semoga bermanfaat.

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Artikel Terkait:

Berlanggaan Gratis!

Dapatkan pemberitahuan artikel menarik dari Supergoat, dengan berlangganan newsletter dibawah ini. Terimakasih :)

Tinggalkan komentar

Syarat Klaim GARANSI

susu kambing etawa
  1. Konsumen wajib membeli SuperGoat langsung minimal 8 Box.
  2. konsumen wajib minum SuperGoat 2 sachet per hari secara rutin tanpa putus selama 40 hari.
  3. Konsumen wajib konsumsi air lebih banyak. Misalnya 2 liter per hari maka ditingkatkan menjadi 3 liter per hari. (air yang diminum air hangat).
  4. Konsumen wajib menjaga pola makan sehat sesuai kecukupan gizi.

Apabila minum 8 kotak tidak mendapatkan khasiat, uang akan DIKEMBALIKAN 100%

Ingin Jadi Mitra Kami?

Isi form ini dan kami akan menghubungi Anda.

Pastikan data di atas sudah benar, setelah klik Join Mitra, Anda akan dibawa ke chat WA admin, silakan lanjutkan klik kirim dan jangan hapus pesan.

Form Pemesanan Supergoat

Penting!! Pastikan data di atas sudah benar, setelah klik Pesan Supergoat, Anda akan dibawa ke chat WA admin, silakan lanjutkan klik kirim dan jangan hapus pesan.