fbpx

6 Makanan Pengganti Nasi untuk Diet yang Bikin Langsing

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Ingin berpantang nasi putih agar tubuh langsing dan sehat? Beberapa bahan makanan berikut bisa jadi alternatif sehat pengganti nasi yang murah meriah.

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Jangan skip karbohidrat begitu saja jika Anda tengah menjalankan program untuk menurunkan berat badan. Bagaimana pun juga tubuh membutuhkan karbo sebagai pasokan tenaga untuk beraktivitas. Meski demikian, Anda sebaiknya menghindari nasi putih yang merupakan karbohidrat sederhana penyebab perut mudah lapar. Ini alternatif makanan pengganti nasi untuk diet yang bisa menjadi referensi.

Daftar Makanan Pengganti Nasi yang Murah dan Gampang Dicari

Tidak hanya nasi, faktanya kita memiliki berbagai pilihan karbohidrat sehat yang efektif membantu mencapai berat badan ideal. Lagipula beberapa jenis makanan berikut harganya terjangkau dan cukup mudah dicari.

Ubi Jalar/Ubi Manis

Ubi jalar atau ubi manis bertekstur lembut dan cita rasanya lezat serta dapat menghalau rasa lapar tidak kalah dengan nasi putih. Sayuran yang satu ini juga termasuk karbohidrat kompleks yang memerlukan waktu lebih lama untuk diproses dalam sistem cerna sehingga Anda tak mudah kelaparan. Dengan begitu, Anda akan terhindar dari hasrat untuk ngemil di antara jadwal bersantap.

Tidak hanya mengandung karbohidrat sehat, kadar vitamin A dalam ubi berjumlah hingga 6 kali lipat dibandingkan kebutuhan harian kita. Ubi jalar juga kaya serat yang membantu menyehatkan sistem pencernaan, menunjang kesehatan jantung, serta mengurangi risiko terkena diabetes.

Jagung

Daftar makanan pengganti nasi untuk diet selanjutnya adalah jagung yang juga mengandung banyak kalori namun dengan indeks glikemik rendah. Ada 86 kalori serta vitamin B kompleks dalam 100 gram jagung untuk memenuhi kebutuhan nutrisi.

Selain itu, jagung juga sarat antioksidan serta karotenoid yang membantu mengurangi dampak buruk radikal bebas serta dapat menjaga kesehatan mata. Anda dapat mengolah jagung dengan cara merebus, mengukus, atau sebagai bubur jagung.

Kentang

Kentang mungkin hanya jadi lauk teman makan nasi selama ini, padahal tanaman umbi-umbian ini ideal sebagai sumber karbohidrat sehat. Selain itu, kentang juga efektif menunjang program penurunan berat badan Anda karena mempunyai kandungan pati yang tidak bisa tercerna (pati resiten).

Yang perlu jadi catatan adalah jangan menambah asupan lemak dengan mengolah kentang menjadi French fries (kentang goreng). Pilihan olahan kentang pengganti nasi yang dapat Anda coba adalah kentang tumbuk, salat kentang, kentang panggang, dan sup kentang.

Sukun

Yati Supriati, ilmuwan dari Balai Besar Litbang Bioteknologi, menyatakan bahwa buah sukun ideal sebagai alternatif substitusi beras. Salah satu alasannya adalah kandungan karbohidrat sukun terbilang setara dengan beras, sementara nilai gizinya relatif lebih tinggi. Antara lain adalah protein, serat, mineral, beberapa jenis vitamin hingga antioksidan polifenol dan flavonoid.

Sebagai karbohidrat kompleks buah sukun juga lebih rendah kalori yang dapat membantu Anda mencapai berat ideal.

Kembang Kol

Tahukah Anda jika kembang kol juga bisa dimodifikasi menjadi makanan nasi untuk diet karena kalori dan karbohidratnya yang rendah? Caranya mudah, pertama bagian bunga kol diparut terlebih dahulu kemudian Anda tinggal merebus atau mengukusnya selama 5 menit. Dalam 57 gram kembang kol tersedia 13 kilo kalori yang bisa memberikan Anda suplai energi.

Lagipula kembang kol kaya akan vitamin K yang menurut riset dari Oregon State University dapat mencegah risiko penggumpalan darah. Pilihan sayuran lain yang memberikan manfaat sama seperti kembang kol adalah kubis.

Buah-buahan

Bukan sembarang buah tentunya, melainkan pisang, mangga, dan apel yang paling cocok sebagai buah pengganti nasi. Pada sebuah pisang berukuran sedang ada kandungan 27 gram karbohidrat yang cocok sebagai pengganti sarapan atau makan malam mengenyangkan.

Sementara semangkuk mangga potong juga mempunyai kandungan karbohidrat yang setara dengan pisang. Apalagi buah mangga kaya vitamin, mineral, dan antioksidan yang dapat menjaga daya tahan tubuh. Selanjutnya ada apel yang tidak hanya sarat karbohidrat sehat tetapi juga serat yang dapat menyehatkan pencernaan dan mengurangi plak pada gigi.

Kesimpulan

Jangan takut kelaparan atau lemas saat berpantang nasi putih demi kesehatan dan mencapai berat tubuh ideal! Pada kenyataannya di sekitar kita tersedia cukup banyak pengganti nasi putih yang dapat menjadi alternatif penyuplai energi yang lebih sehat.

Anda tinggal pilih saja sesuai selera, mulai dari ubi, kentang, sayuran, atau buah-buahan yang semuanya kaya nutrisi dan mengenyangkan. Ditambah lagi bahan makanan pada daftar di atas dapat Anda peroleh dengan harga yang cukup terjangkau.  

Selain mengubah pola makan menjadi lebih sehat Anda bisa melengkapi menu diet dengan Supergoat, susu kambing etawa bubuk dengan gula aren. Walaupun bukan secara khusus bermanfaat sebagai susu pengganti nasi, namun Supergoat membantu memberikan rasa kenyang lebih lama. Selain itu, kandungan nutrisinya sangat lengkap sehingga Anda tak perlu khawatir malnutrisi saat menjalani diet melansingkan badan.

Semoga informasi mengenai makanan pengganti nasi untuk diet pada ulasan ini dapat menjadi referensi kesehatan yang bermanfaat. Selamat mencoba!

Jangan lupa subscribe laman ini untuk mendapatkan informasi aktual terkait pola makan dan gaya hidup sehat bersama Supergoat.

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Artikel Terkait:

Berlanggaan Gratis!

Dapatkan pemberitahuan artikel menarik dari Supergoat, dengan berlangganan newsletter dibawah ini. Terimakasih :)

Tinggalkan komentar

Ingin Jadi Mitra Kami?

Isi form ini dan kami akan menghubungi Anda.

Pastikan data di atas sudah benar, setelah klik Join Mitra, Anda akan dibawa ke chat WA admin, silakan lanjutkan klik kirim dan jangan hapus pesan.

Form Pemesanan Supergoat

Penting!! Pastikan data di atas sudah benar, setelah klik Pesan Supergoat, Anda akan dibawa ke chat WA admin, silakan lanjutkan klik kirim dan jangan hapus pesan.