fbpx

5 Makanan Ibu Hamil Sesuai Sunnah, Sehatkan Ibu dan Janin

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Betapa sempurnanya Islam, semua hal ada tuntunannya. Termasuk, bagi Anda yang sedang hamil. Yuk konsumsi berbagai asupan sunnah ini agar kehamilan Anda lancar!

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Anda tentu sudah tahu, saat hamil Anda membutuhkan nutrisi yang lebih berkualitas. Namun tahukah Anda, bahwa secara khusus ada juga makanan ibu hamil sesuai sunnah yang dianjurkan Islam?

Selain itu, ada juga makanan serta minuman yang meskipun Rasulullah Saw tidak menyebut secara spesifik khasiatnya bagi bumil, namun setelah diteliti secara medis, ternyata manfaatnya ada.

Nah, penasaran kan dalam Islam ibu hamil harus konsumsi apa saja? Berikut pembahasannya untuk Anda.

1. Kurma

Buah kurma banyak termaktub dalam nash syar’i, baik Al Qur’an maupun hadits. Dari sekian banyak nash, beberapa diantaranya menyinggung kebaikan kurma bagi ibu hamil dan sedang dalam fase nifas.

Mengenai amalan ibu hamil sesuai sunnah ini, dalam sebuah hadits, Nabi Saw bersabda:

“Berilah makan buah kurma kepada isteri-isteri kamu yang sedang hamil, karena istri-istri kamu yang sedang hamil. Karena sekiranya wanita hamil itu memakan buah kurma, niscaya anak yang akan lahir kelak akan menjadi anak yang penyabar, bersopan santun serta cerdas.” (H.R. Bukhari)

Adapun tentang khasiat kurma bagi wanita dalam fase nifas, para ulama menyimpulkannya dari tafsir terhadap Surat Maryam ayat 23 dan 24. Imam Al-Baghawi mengutip perkataan Ar-Rabi’ bin Khutsaim dalam kitab tafsirnya, bahwa kurma merupakan makanan paling baik bagi wanita nifas.

Fakta medisnya, kurma juga memiliki zat-zat yang dikandung semangka seperti zat besi serta kalium. Selain itu, kurma mengandung zat lain, yakni:

  • Zat Besi: mengurangi risiko anemia yang sebabkan bayi lahir prematur.
  • Kalium: menguatkan persendian dan membantu tumbuh kembang janin.
  • Vitamin K: menjaga kekuatan otot dan fungsi saraf bumil dan membantu pertumbuhan janin.
  • Asam folat: menghindari risiko bayi terkena catat yang berhubungan dengan otak serta sumsum tulang belakang.

2. Anggur

Anggur

Selain kurma, anggur juga menjadi buah-buahan yang banyak disebutkan dalam Al-Qur’an. Buah ini bahkan tergolong buahnya para penghuni surga.

Terkait hal ini, Allah SWT berfirman:

حَدَآئِقَ وَأَعْنَٰبًاo وَكَوَاعِبَ أَتْرَابًاo

“Sesungguhnya orang-orang yang bertaqwa mendapat kemenangan,(yaitu) kebun-kebun dan buah anggur.” (TQS: An Naba: 31-32)

Rasulullah Saw juga dalam beberapa riwayat disebutkan menyenangi buah ini. 

Meskipun dalam nash syara’ tidak ada anjuran khusus ibu hamil untuk mengkonsumsinya layaknya kurma, namun Anda sebaiknya konsumsi buah ini. Soalnya, khasiatnya untuk ibu hamil mendapat dukungan medis.

Beberapa kandungan yang terdapat pada kurma, seperti zat besi, asam folat, dan kalium terdapat juga dalam anggur. Anggur juga kaya dengan air dan serat untuk menjaga kesehatan ibu hamil.

Hanya saja, sebagian ahli tidak menyarankan anggur jika Anda baru memasuki trisemester pertama kehamilan. Bagi Anda yang punya problem diabetes dan gula darah tinggi, anggur juga sebaiknya dihindari.

3. Semangka

Meskipun tidak ada anjuran serta keutamaan sebesar kurma atau anggur, semangka merupakan makanan yang sering Rasulullah Saw konsumsi semasa hidupnya.

Dalam sebuah riwayat, Sayyidah Aisyah Ra mengisahkan:

“Sesungguhnya Nabi Saw memakan semangka dengan kurma.” (HR Tirmidzi)

Ternyata, jika mengacu kepada pandangan medis, semangka memang benar-benar makanan yang thayyib bagi ibu hamil. 

Sama seperti kurma dan anggur, semangka mengandung zat besi, asam folat, air, serta kalium yang termasuk nutrisi penting bagi ibu hamil.

Semangka juga termasuk buah dengan kandungan likopen tinggi. Berdasarkan studi, mengkonsumsi likopen 4 gram sehari dapat mengurangi  50% risiko preeklampsia yang mengancam nyawa ibu dan janin.

Menariknya, hanya mengkonsumsi 152 gram semangka, Anda sudah bisa memenuhi 60% kebutuhan harian likopen tersebut.

Hanya saja, Anda perlu membatasi konsumsinya agar tak berlebihan karena bisa membuat kembung dan diare.

4. Madu

Cairan kental yang Anda kenal sebagai madu merupakan makanan lain yang termaktub dalam Al-Qur’an. Bahkan, nama penghasilnya, yakni lebah, Allah SWT abadikan sebagai nama surat.

Mengenai keutamaan madu, Allah SWT berfirman:

ثُمَّ كُلِي مِنْ كُلِّ الثَّمَرَاتِ فَاسْلُكِي سُبُلَ رَبِّكِ ذُلُلا يَخْرُجُ مِنْ بُطُونِهَا شَرَابٌ مُخْتَلِفٌ أَلْوَانُهُ فِيهِشِفَاءٌ لِلنَّاسِ إِنَّ فِي ذَلِكَ لآيَةً لِقَوْمٍ يَتَفَكَّرُونَo

“Dari perut lebah itu keluar minuman (madu) yang bermacam-macam warnanya, di dalamnya terdapat obat yang menyembuhkan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda (kebesaran Tuhan) bagi orang-orang yang memikirkan” (TQS An Nahl: 69)

Beberapa hadits Nabi juga menguatkan ayat di atas meski tidak secara khusus menjelaskan khasiat madu untuk ibu hamil.

Namun, itu tak berarti Anda bisa mengabaikan madu. Faktanya, madu juga membantu proses kehamilan Anda. Beberapa khasiatnya antara lain:

  • Mengurangi mual pada trimester pertama kehamilan. Jadi, cocok sebagai makanan sehat untuk ibu hamil 3 bulan.
  • Mengobati iritasi lambung akibat perubahan hormonal di trimester terakhir.
  • Mengontrol berat badan dan menjaga kesehatan secara umum.

Hanya saja, untuk dapatkan khasiat madu, pastikan bahwa madu yang Anda konsumsi adalah madu murni dan sudah melalui proses pasteurisasi yang baik. Soalnya, ibu hamil sangat rentan dengan bakteri.

5. Susu Kambing

Fakta bahwa susu kambing merupakan minuman favorit Rasulullah Saw mungkin Anda sudah tahu. Ada banyak riwayat yang menguatkan ini. Kami sudah membahas hadits-hadits tentang susu kambing sebelumnya.

Di balik fakta itu, ternyata ada sisi lain dari susu kambing yang masih jarang orang-orang tahu. Yakni, mengenai khasiat susu hewani ini bagi Anda yang sedang mengandung janin.

Beberapa khasiat yang ada antara lain:

  • Memberikan kestabilan emosi selama hamil.
  • Menjaga imunitas tubuh.
  • Menstabilkan tekanan darah
  • Memperlancar produksi ASI selepas melahirkan.
  • dan masih banyak khasiat lainnya.

Anda ingin membuktikan khasiatnya? Jika iya, Anda bisa mencoba susu kambing etawa bubuk dari Supergoat. Selain berkhasiat, susunya juga enak dan gurih berkat campuran gula aren berkualitas.

Rekomendasi

Semua makanan di atas bisa Anda coba tanpa ragu. Namun, pastikan bahwa Anda mengkonsumsinya dalam kadar yang tubuh butuhkan. 

Insya Allah, selain menyehatkan, makanan ibu hamil sesuai sunnah di atas juga membawa keberkahan. Barakallah ya, mudah-mudahan kelak bayi bunda lahir dengan sehat dan jadi anak solehah. Aamiin.

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Artikel Terkait:

Berlanggaan Gratis!

Dapatkan pemberitahuan artikel menarik dari Supergoat, dengan berlangganan newsletter dibawah ini. Terimakasih :)

Tinggalkan komentar

Ingin Jadi Mitra Kami?

Isi form ini dan kami akan menghubungi Anda.

Pastikan data di atas sudah benar, setelah klik Join Mitra, Anda akan dibawa ke chat WA admin, silakan lanjutkan klik kirim dan jangan hapus pesan.

Form Pemesanan Supergoat

Penting!! Pastikan data di atas sudah benar, setelah klik Pesan Supergoat, Anda akan dibawa ke chat WA admin, silakan lanjutkan klik kirim dan jangan hapus pesan.