fbpx

10 Makanan Diet Sehat untuk Menurunkan Berat Badan dengan Cepat

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Tambahkan makanan ini dalam menu harian Anda untuk membantu menurunkan berat badan dalam waktu singkat tanpa rasa lapar berlebihan.

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Mempunyai berat badan ideal tidak hanya penting bagi kesempurnaan penampilan tetapi juga membantu menjaga tubuh tetap sehat. Apakah saat ini Anda tengah menjalankan program untuk menurunkan berat badan? Jika demikian, Anda perlu memasukkan aneka makanan diet sehat ini dalam menu harian demi mendapatkan hasil yang memuaskan.

Makanan Sehat untuk Diet Cepat Langsing dan tanpa Kelaparan

Daftar makanan ini dapat membantu Anda mencapai target angka di timbangan dalam waktu singkat tanpa perlu jadi malnutrisi atau tersiksa karena kelaparan.

Telur

Jangan menghindari telur saat Anda berniat menurunkan berat badan! Pertama, karena telur sangat sarat nutrisi sekaligus rendah kalori asalkan Anda tidak mengolahnya dengan cara digoreng. Kedua, telur dapat memberikan rasa kenyang lebih lama sekaligus membantu mengurangi nafsu makan berlebih karena kandungan proteinnya yang tinggi.

Kelebihannya yang terakhir adalah telur dapat meningkatkan sistem metabolisme karena untuk mencernanya tubuh perlu membakar banyak kalori.

Jam makan untuk diet yang tepat dalam mengonsumsi telur adalah saat sarapan sehingga Anda tidak tergoda untuk ngemil sembari beraktivitas. Jadi mulai sekarang tambahkan sebutir telur rebus pada menu sarapan sehat Anda.

Labu Kuning

Sama seperti telur, labu kuning juga dapat mempertahankan rasa kenyang mengingat kandungan seratnya yang cukup tinggi. Teksturnya yang lembut dengan rasa agak manis membuat labu sedap disantap kapan saja tanpa perlu pengolahan yang rumit.

Buah yang satu ini juga sangat kaya nutrisi untuk memenuhi kebutuhan gizi harian tubuh Anda. Antara lain vitamin C dosis tinggi, beta karoten, mineral, dan kalium yang efektif mengembalikan kekuatan otot setelah aktivitas berat. Sementara vitamin C-nya dapat menunjang kekebalan tubuh Anda.

Kacang Polong

Tahukah Anda jika kacang polong cocok menjadi makanan diet untuk mencapai berat badan ideal? Dalam secangkir kacang polong terdapat 8 gram protein serta begitu banyak kandungan nutrisi yang penting bagi tubuh.

Misalnya vitamin C, zat besi, magnesium, kalium, serta natrium yang membantu melancarkan suplai oksigen ke dalam sel darah. Selain itu, ada pula kandungan serat yang bermanfaat untuk mengenyangkan perut, melancarkan pencernaan, hingga mengatasi kembung.

Kentang

Selama tidak berbentuk french fries alias kentang goreng, jenis sayuran yang satu ini cocok menjadi bagian dari pola makan sehat Anda. Ini berlaku baik untuk yang tengah menurunkan berat badan atau pun tidak.

Alasannya, kentang kaya potassium dan juga serat, serta mempunyai kandungan senyawa bernama proteinase inhibitor 2. Senyawa ini terbukti membantu mengurangi nafsu makan.

Sebaiknya kentang tak menjadi menu diet tunggal karena Anda juga perlu asupan nutrisi lain agar daya tahan tubuh tetap terjaga.

Oat

Biji-bijian yang satu ini tak pernah ketinggalan masuk dalam daftar menu diet sehat terutama untuk mencapai berat tubuh ideal. Alasannya, oat kaya akan serat larut yang berkhasiat mengendalikan nafsu makan dengan merangsang produksi hormon yang memberikan “perintah” kenyang.

Dengan demikian Anda tidak akan tertarik untuk mengudap cemilan berkalori tinggi sehingga berat badan lebih cepat turun.

Tidak hanya itu, oat juga merupakan sumber mineral, vitamin, dan antioksidan yang berkontribusi untuk menjaga kesehatan tubuh. Kandungan probiotiknya juga dapat meningkatkan jumlah bakteri baik pada sistem pencernaan secara signifikan.

Kacang Almond

Tidak perlu menghentikan hobi ngemil saat berniat menurunkan berat badan, namun Anda perlu mengganti jenis cemilannya jadi lebih sehat. Ini misalnya kacang almond yang terbukti dapat membantu penurunan berat badan jika Anda mengonsumsinya secara teratur.

Faktanya kacang almond memang mampu mempercepat proses metabolisme sebagaimana yang diuraikan dalam Journal of Research in Medical Sciences. Selain kacang almond, alternatif ngemil sehat lainnya bisa Anda dapatkan pada kacang kenari dan pistasio yang sekaligus dapat menyehatkan jantung.

Minyak Zaitun

Kita selalu disarankan untuk menghindari minyak jika ingin program melangsingkan badan berlangsung sukses. Namun minyak zaitun atau olive oil justru harus masuk dalam menu makanan diet sehat menurunkan berat badan. Pada kenyataannya, minyak zaitun efektif untuk mengatasi obesitas, menstabilkan kadar gula darah, serta mencegah diabetes tipe 2.

Dengan cara konsumsi yang tepat, khasiat minyak zaitun akan dapat Anda rasakan sepenuhnya, terutama dalam meningkatkan kadar antioksidan dalam tubuh. Rekomendasinya adalah 1 sampai 3 sendok makan minyak zaitun per hari sudah cukup untuk membantu menjaga kesehatan. Anda bisa menjadikannya dressing (saus) untuk salad agar rasanya semakin nikmat.

Ikan laut

Menurut The Dietary Guidelines for American, setiap orang seharusnya mengkonsumsi 2 porsi ikan laut setiap minggu. Ternyata kandungan asam omega-3 pada ikan seperti sarden atau bahkan udang ampuh untuk mengurangi lemak dalam tubuh.

Proteinnya yang tinggi juga membantu mengekang nafsu makan dan dapat memberikan rasa kenyang hingga berjam-jam. Kandungan asam lemak pada seafood juga menunjang kesehatan otak dan jantung. Sangat komplet bukan?

Apel

Jika prioritas Anda adalah membuat daftar menu diet sehat dan murah agar cepat langsing, jangan lupakan apel dalam pola makan harian. Apel termasuk buah dengan kandungan air dan serat tinggi dengan syarat Anda turut memakan kulitnya.

Lebih dari itu, apel juga enak rasanya, rendah kalori, dan mengenyangkan. Buah apel merah atau hijau dapat menjadi cemilan sehat dengan dimakan langsung atau sebagai tambahan dalam smoothie buah dan sayur.

Susu Kambing Etawa

Saat berdiet untuk menurunkan berat badan Anda juga perlu memastikan tubuh mendapatkan nutrisi yang mencukupi agar kinerjanya tetap optimal. Nah, susu kambing etawa adalah minuman yang pas untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Sebab, susu kambing memiliki kandungan nutrisi yang padat dan beragam, termasuk membuat Anda merasa kenyang. Keunggulan lain dari susu kambing etawa terkait program diet adalah:

  • efektif meningkatkan penyerapan gizi pada sistem pencernaan;
  • dapat membakar lemak dengan cepat karena merangsang peningkatan metabolisme;
  • membantu menstabilkan kadar kolesterol darah;
  • memiliki kandungan magnesium, kalsium, Vitamin B dan C yang dapat membantu menurunkan berat badan.

Untuk Anda yang berniat menambahkan susu kambing dalam menu makanan diet sehat sekarang ada Supergoat, susu kambing etawa bubuk yang nikmat. Sebab, ada tambahan gula aren asli yang membuat citarasa susu kambing semakin lezat  dan bebas aroma prengus. Jadi mau minum susu…ya Supergoat aja!

Selamat mencoba!

Jangan lupa follow laman ini untuk mendapatkan referensi bermanfaat terkait gaya hidup dan pola makan sehat bersama Supergoat.

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Artikel Terkait:

Berlanggaan Gratis!

Dapatkan pemberitahuan artikel menarik dari Supergoat, dengan berlangganan newsletter dibawah ini. Terimakasih :)

Tinggalkan komentar

Ingin Jadi Mitra Kami?

Isi form ini dan kami akan menghubungi Anda.

Pastikan data di atas sudah benar, setelah klik Join Mitra, Anda akan dibawa ke chat WA admin, silakan lanjutkan klik kirim dan jangan hapus pesan.

Form Pemesanan Supergoat

Penting!! Pastikan data di atas sudah benar, setelah klik Pesan Supergoat, Anda akan dibawa ke chat WA admin, silakan lanjutkan klik kirim dan jangan hapus pesan.