fbpx

Produktif dan Kreatif! 17 Cara Menikmati Libur Lebaran di Rumah

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Selama pandemi, menjadi tantangan untuk tetap menikmati libur lebaran meski di rumah saja. Bagaimana kiatnya agar tetap seru, menyenangkan, dan bermanfaat?

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Menikmati libur lebaran di rumah di tengah pandemi butuh ide yang kreatif dan menantang. Terutama bagi Anda yang sudah berkeluarga dan memiliki anak-anak yang tidak bisa diam.

Walau bagaimanapun, suasana liburan dan lebaran tetap harus ada, meski tak dapat mengunjungi sanak saudara. 

Tapi, tak perlu khawatir. Berikut ini adalah 17 ide kreatif dan produktif untuk menikmati libur lebaran di rumah agar tetap seru dan menyenangkan.

Video Call / Conference

Tak bisa bersama bukan berarti tak dapat menyapa. Anda tetap bisa menghidupkan silaturahim dengan teknologi video call untuk saling bertukar kabar dan cerita.

Lebih seru lagi jika Anda bisa menghubungkan smartphone dengan perangkat layar yang lebih lebar. Atau, gunakan video conference agar sekalian keluarga besar bisa berkumpul dalam 1 forum.

silaturahim lebaran dengan video call

Suasana lebaran pun masih terasa bukan?

Memasak Kue Bersama

Memasak merupakan kegiatan produktif dan menyenangkan, apalagi jika Anda lakukan bersama-sama.

Tak perlu khawatir dengan resep, Anda selalu bisa menemukan resep di internet. Mulai dari kue putu, kue nastar, hingga cilok atau siomay.

Tapi, walau bagaimanapun, Anda perlu siap-siap untuk bersabar menyaksikan dapur atau ruang tengah berantakan. Namanya juga have fun, kan? 

Meresensi Film Islami

Menonton film maraton juga bisa jadi ide kreatif menikmati libur lebaran di rumah saja. Tapi, agar menjadi lebih produktif, Anda dapat menyisipkan sesi resensi.

Tak perlu berharap anak-anak menulis resensi yang berat. Dengan mereka mampu menceritakan alur dan mengungkapkan hikmah yang mereka tangkap juga sudah cukup.

Lalu, apa filmnya? Coba untuk menemukan film islami atau film anak-anak yang memberikan unsur mendidik. Contohnya, seperti film Bilal, New Breed of Hero 2018.

film keluarga cocok untuk libur lebaran

Main Game Online

Setiap orang suka permainan, apalagi anak laki-laki, suka sekali bermain. Untuk seru-seruan, Anda bisa menghibur mereka saat suasana lagi boring dengan  bermain game online.

Sebisa mungkin pilih game yang dapat dimainkan bersama. Game online seperti Hago bisa masuk dalam rekomendasi.

Namun, sebagai orang tua, Anda tetap perlu memberikan batasan waktu. Satu jam mungkin cukup untuk menghidupkan suasana agar menjadi lebih ceria.

Main Game Papan

Bagaimana jika tak semua orang memiliki perangkat smartphone atau tablet?

Tak masalah, Anda tetap bisa memainkan permainan papan klasik seperti ular tangga, monopoli, ludo dan sebagainya.

main ludo saat libur lebaran

Agar lebih seru, Anda dapat memberikan hadiah bagi juara atau menerapkan hukuman bagi yang kalah. Tak perlu yang berat, sekadar coklat untuk hadiah dan minum air untuk hukuman juga cukup untuk meningkatkan keseruan. 

Camping dan Mukbang di Halaman Rumah

Jika memiliki peralatan berkemah dan halaman yang agak luas, Anda bisa mengajak keluarga untuk camping di luar rumah. Tak perlu jauh-jauh, di halaman depan atau belakang sudah cukup seru.

Apalagi dilengkapi dengan mukbang saat malam. Makan makanan panas saat cuaca sedang dingin memang paling nikmat.

Lagipula, pasti seru untuk sekali-kali tidur di dalam tenda. Ini bisa memberikan pengalaman sekali-kali yang agak berbeda bagi anak Anda.

Pesta Barbekyu

Kegiatan seru lain yang bisa Anda lakukan di luar rumah saat libur lebaran adalah pesta barbekyu.

Banyak sekali yang bisa Anda panggang. Mulai dari sekadar jagung bakar, sosis, hingga ikan bakar atau daging sapi panggang.

bakar jagung saat lebaran

Kegiatan ini juga sekaligus bisa menjadi pelengkap camping Anda. Yang pasti, setiap orang pasti bakal bersemangat untuk memanggang dan menikmati hasil panggangan mereka.

Dekorasi Rumah

Mendekor ruangan juga bisa menjadi inspirasi cara menikmati libur lebaran di rumah yang seru dan produktif. Terutama jika Anda memberikan kebebasan kepada anak untuk membentuk kamar seperti maunya mereka.

Seperti sudah banyak orang ketahui, imajinasi anak-anak sering tidak terduga. Siapa tahu ia bisa menelurkan hasil yang unik dan menarik.

Yang lebih penting, anak-anak pasti jadi lebih bersemangat untuk menjaga kebersihan dan kerapian kamar mereka nantinya.

Membuat Taman

Selain ruangan rumah, bagian lain yang dapat Anda kembangkan adalah taman.

Apa saja yang bisa Anda lakukan? Anda bisa menanam, menumbuhkan bunga, atau membuat kolam kecil sekadar untuk mendengar percikan air yang mengalir.

gardening sebagai pengisi libur lebaran di rumah

Yang paling penting, kegiatan ini bisa Anda lakukan beramai-ramai. Sekaligus menanamkan rasa cinta pada bumi dan makhluk hidup, Anda bisa sekalian membuat rumah Anda tampak lebih cantik dan menawan.

Karaoke Bersama

Hampir setiap orang suka bernyanyi, walaupun tidak setiap orang suka mendengar orang lain bernyanyi.

Tapi, tak apa lah. Untuk momen libur lebaran di rumah saja, berikan kebebasan kepada anggota keluarga untuk bersenang-senang dengan bernyanyi.

Kegiatan ini tak perlu modal besar. Cukup mikrofon, speaker aktif sederhana, dan video YouTube. Tapi, kegembiraan yang muncul dari kegiatan menyanyi bersama jelas lebih besar dari modalnya.

Latihan Senam/Dansa Bersama

Ingin kegiatan yang lebih menyehatkan? Coba latihan senam atau dansa zumba bersama anggota keluarga. 

Selain seru, kegiatan ini juga bisa merontokkan lemak dan kolesterol yang menumpuk saat menyantap kuah ketupat di hari raya lebaran.

Dan, tentu saja, tak perlu harus serius dengan gerakannya. Asal lompat dan asal goyang juga tak apa, yang penting semua anggota tubuh bergerak dan setiap hati bergembira.

Membuat Kerajinan Tangan

Membuat kerajinan tangan selalu seru dan menyenangkan. Kegiatan kreatif saat lebaran di rumah saja ini juga bisa membantu melatih fokus dan konsentrasi.

libur lebaran di rumah dengan membuat kerajinan tangan

Tak perlu kerajinan yang rumit. Sekadar merangkai atau mewarnai juga sudah cukup seru. Kecuali jika Anda memiliki target tertentu seperti menguasai teknik menjahit dan semacamnya.

Lomba Bercerita antara Anggota Keluarga

Menyelenggarakan lomba bercerita untuk anggota keluarga bisa jadi kegiatan liburan di rumah yang seru dan produktif. Ini sekaligus melatih kemampuan dalam berbicara di depan publik (public speaking).

Jangan lupa untuk menyiapkan hadiah bagi anggota keluarga. Sebaiknya setiap orang mendapatkan hadiah. Masalah juara di kategori cerita paling apa, itu terserah Anda untuk mengaturnya,

Membuat Konten Video untuk TikTok / YouTube

Selain bercerita di depan orang, beraksi di depan kamera juga menjadi salah satu cara terbaik melatih public speaking di masa liburan.

Anda bisa menjadwalkan sekalian untuk membuat konten video bagi media sosial seperti TikTok, Facebook, atau YouTube. Siapa tahu nanti ada yang berbakat menjadi content creator.

menikmati libur lebaran di rumah dengan menjadi content creator

Lagipula, hampir setiap orang akan suka melihat video dirinya tampil di YouTube. Siapa tahu bisa menjadi salah satu jalan pembuka karir ke depan.

Menulis Ungkapan Terima Kasih

Sesi ini bisa menjadi salah satu momen yang penuh dengan kedekatan dan kasih sayang. Caranya mudah, Anda cukup mengarahkan anggota keluarga untuk menuliskan kartu berisikan terima kasih untuk sikap positif tertentu yang masing-masing miliki.

Misal, Anda menulis ungkapan terima kasih bagi anak Anda karena telah menjadi anak yang rajin membantu, dan semacamnya.

menulis kartu ucapan terima kasih sebagai pengisi waktu libur di rumah

Yang paling penting, pastikan berisi ungkapan positif agar energi dalam keluarga juga positif.

Menulis Buku Memori

Acara ini mirip seperti bercerita, hanya saja dalam bentuk tulisan atau gambar.

Lalu, apa yang perlu diceritakan? Momen paling berkesan setiap anggota keluarga pada tahun tersebut. Tepatnya, dari lebaran tahun lalu sampai lebaran tahun ini.

Jika sudah, Anda bisa meminta masing-masing memperlihatkan buku memori dan menceritakannya. Pasti akan banyak cerita dan kenangan yang bisa jadi tak terduga. Ini juga sangat berguna untuk meningkatkan kedekatan antar anggota keluarga.

Membuat Kapsul Harapan

Jika buku memori berisikan kenangan yang telah lewat, maka kapsul harapan berisi asa tentang masa depan. Terutama keinginan-keinginan yang berkaitan dengan anggota keluarga.

Misalkan, Anda ingin anak lebih rajin salat, silakan tulis di kapsul harapan khusus masing-masing. Pastikan setiap orang memiliki kapsul tertutup yang akan masing-masing baca nanti.

Demikian 17 cara tetap menikmati libur lebaran di rumah secara kreatif dan produktif. Nah, sambil melakukan semua kegiatan seru dan menyenangkan itu, jangan lupa memberikan nutrisi yang bergizi. bagi keluarga Anda.

Susu Supergoat Lezat

Susu kambing etawa bubuk Supergoat dapat menjadi pelengkap nutrisi yang baik dan segar untuk mendampingi kegiatan Anda. 

Dengan bahan utama susu kambing dan gula aren, rasa dan manfaat susu Supergoat sangat cocok sebagai minuman kesehatan andalan keluarga.

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Artikel Terkait:

Berlanggaan Gratis!

Dapatkan pemberitahuan artikel menarik dari Supergoat, dengan berlangganan newsletter dibawah ini. Terimakasih :)

Tinggalkan komentar

Ingin Jadi Mitra Kami?

Isi form ini dan kami akan menghubungi Anda.

Pastikan data di atas sudah benar, setelah klik Join Mitra, Anda akan dibawa ke chat WA admin, silakan lanjutkan klik kirim dan jangan hapus pesan.

Form Pemesanan Supergoat

Penting!! Pastikan data di atas sudah benar, setelah klik Pesan Supergoat, Anda akan dibawa ke chat WA admin, silakan lanjutkan klik kirim dan jangan hapus pesan.