fbpx

7 Lauk Pauk Untuk Penderita Asam Lambung, Sayuran Paling Ideal

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Menjalankan pola makan khusus dengan beberapa jenis makanan tertentu dapat membantu penderita asam lambung atau maag untuk meringankan penyakitnya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Mempunyai gangguan asam lambung memang menuntut Anda untuk teliti mengatur asupan makanan sehari-hari. Jika sedikit saja makan sembarangan, perih, mual, kembung, sampai heartburn bisa kambuh dan mengganggu rutinitas harian.

Sebagai referensi kesehatan Anda, coba konsumsi lauk pauk untuk penderita asam lambung ini yang berkhasiat mencegah naiknya asam lambung.

Daftar Menu Makanan yang Aman dan Berkhasiat Untuk Penderita Asam Lambung

Sulit untuk memastikan apakah penyakit asam lambung atau maag bisa saja sembuh total atau tidak. Namun menurut Ekta Gupta, M.B.B.S., M.D., ahli gastroenterologi dari Johns Hopkins Medicine, diet khusus adalah pilihan terbaik.

Ini artinya Anda perlu mengatur pola makan dengan hidangan-hidangan yang dapat mengontrol gejala refluks asam (kenaikan asam lambung).

Menerapkan diet sehat juga merupakan bagian penting dalam terapi penyembuhan gangguan asam lambung. Ini misalnya dengan memasukkan jenis-jenis hidangan ini dalam menu makanan untuk penderita asam lambung.

1. Dada ayam

Bagian dada ayam terbilang mudah dicerna dan sekaligus kaya protein untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Untuk menghilangkan lemak jahatnya jangan lupa untuk mengelupas bagian kulitnya sebelum mengolahnya.

Dada ayam sebaiknya dimasak dengan cara digoreng atau ditumis, alih-alih dipanggang.

2. Putih telur

Tidak hanya dada ayam, Anda bisa mendapatkan asupan protein dari putih telur yang juga aman bagi penderita gangguan asam lambung. Kualitas protein yang terkandung dalam putih telur juga lebih baik daripada kuningnya, karena memiliki asam amino yang lebih tinggi.

Tubuh kita membutuhkan komponen tersebut untuk menjaga kesehatan secara menyeluruh, sumber energi, serta menunjang pertumbuhan jaringan sel.

3. Kentang

Kentang termasuk tanaman umbi-umbian yang ideal untuk diet pasien gangguan asam lambung karena kandungan seratnya yang mudah cerna. Selain itu kentang juga termasuk karbohidrat sehat yang dapat memasok energi bagi tubuh sekaligus mengenyangkan perut.

Tapi hati-hati, jangan mengolah kentang dengan tambahan bumbu bawang merah atau putih yang dapat mengiritasi lambung dan memicu kenaikan asam lambung. Sebenarnya ada cukup banyak resep lauk untuk penderita asam lambung dengan bahan dasar kentang yang bisa Anda cari secara online.

4. Selada

Selain kentang, sayuran yang boleh dimakan penderita asam lambung adalah selada yang berkhasiat menyamankan perut Anda. Sayuran yang cocok Anda santap mentah ini juga rendah kalori dan tidak menimbulkan gas pada lambung.

Selada juga mempunyai kandungan nutrisi penting bagi tubuh seperti vitamin C, asam folat, kalium, dan magnesium.

5. Wortel

Wortel kaya akan serat sehat yang dapat memberikan rasa kenyang dalam waktu lama. Dengan begitu Anda tidak akan makan berlebihan, yang pada pasien maag umumnya akan memicu perih dan sensasi panas pada bagian dada.

6. Kembang kol

Sayuran yang satu ini mempunyai pH tinggi sehingga membawa sifat basa yang ampuh untuk menetralisir asam lambung. Inilah alasannya sebaiknya Anda lebih sering mengkonsumsi kembang kol untuk mengurangi ketidaknyamanan pada sistem cerna.

7. Sup kaldu

Cobalah resep lauk untuk penderita asam lambung yaitu sup kaldu sayuran dengan kuah bening. Hidangan dengan kandungan air yang banyak dapat mengencerkan asam lambung dan menetralisir sifat asamnya.

Kesimpulan

Faktanya makanan yang Anda konsumsi setiap hari berdampak pada jumlah asam yang terbentuk dalam lambung. Menerapkan pola makan yang tepat merupakan alternatif terbaik untuk mengendalikan asam lambung serta mencegah sensasi kurang nyaman pada lambung.

Daftar lauk pauk untuk penderita asam lambung di atas dapat menjadi referensi untuk diet Anda.

Ikhtiar lain yang dapat Anda lakukan untuk meredakan gangguan pencernaan ini adalah mengkonsumsi Supergoat, susu kambing etawa bubuk dengan gula aren. Salah satunya karena susu kambing mempunyai kandungan antiinflamasi yang dapat mengurangi heartburn. Semoga bermanfaat!

Subscribe laman ini untuk mendapatkan informasi aktual terkait pola makan dan gaya hidup sehat bersama Supergoat.

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Artikel Terkait:

Berlanggaan Gratis!

Dapatkan pemberitahuan artikel menarik dari Supergoat, dengan berlangganan newsletter dibawah ini. Terimakasih :)

Tinggalkan komentar

Ingin Jadi Mitra Kami?

Isi form ini dan kami akan menghubungi Anda.

Pastikan data di atas sudah benar, setelah klik Join Mitra, Anda akan dibawa ke chat WA admin, silakan lanjutkan klik kirim dan jangan hapus pesan.

Form Pemesanan Supergoat

Penting!! Pastikan data di atas sudah benar, setelah klik Pesan Supergoat, Anda akan dibawa ke chat WA admin, silakan lanjutkan klik kirim dan jangan hapus pesan.