fbpx

Apa Khasiat Daging Kambing Menurut Islam? Begini Penjelasannya!

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Dibalik ketetapan syariat, pasti ada maslahat. Demikian halnya ketika Allah SWT memerintahkan umat Islam menyembelih kambing untuk berkurban, pasti ada kebaikan dibalik itu.

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Kambing menjadi hewan spesial karena termasuk salah satu hewan kurban. Kenyataan ini mungkin menimbulkan tanya dalam benak Anda, “Apakah ada khasiat daging kambing menurut Islam? Mengapa ia menjadi bagian dari syariat di Hari Raya Idul Adha?”  

Meskipun maksud dari setiap syariat itu hakikatnya hanya Allah SWT yang tahu, namun tak salah jika manusia berusaha menyibak tabir untuk mengambil pelajaran. Upaya semacam ini bisa jadi sarana untuk menguatkan keyakinan betapa Allah SWT itu Maha Besar.

Bagaimana Khasiat Daging Kambing Menurut Islam?

manfaat daging domba

Memang, mayoritas ayat serta riwayat lebih sering menunjukan pujian dan anjuran bagi umat Islam untuk mengkonsumsinya. Sebaliknya, dalil yang menjelaskan bahwa kambing bisa menyembuhkan penyakit A, B, atau C jumlahnya sedikit.

Namun terlepas dari itu semua, tak ada alasan untuk meragukan bahwa daging kambing itu penuh keutamaan. Berikut ini beberapa hadits tentang kambing yang berbicara khasiatnya.

1. Memberikan keberkahan

Berkah secara istilah adalah ziyadatul khair, atau bertambahnya kebaikan. Setiap muslim dituntut untuk meraihnya. Menariknya, kambing dan berbagai hal yang dapat dimanfaatkannya adalah sarana mendapat berkah. Ini mungkin alasan kenapa Nabi Muhammad SAW menyukai daging kambing.

Dalam hadis, Beliau bersabda:

اتخذوا الغنم فإن فيها بركة

“ Peliharalah (manfaatkan) oleh kalian kambing karena di dalamnya terdapat barakah.” (HR Ahmad)

2. Membuat muslim lebih dekat dengan sunnah

Rasulullah Saw merupakan teladan utama bagi setiap muslim. Mengikuti sunnah atau berbagai aktivitas Beliau semasa hidup merupakan jalan untuk meraih keridhoan-Nya. Faktanya, daging kambing itu termasuk makanan kegemaran Rasulullah Saw. Khususnya, bagian lengan.

Salah satunya adalah riwayat yang dikabarkan Abu Hurairah ra, Ia berkata:

“Suatu ketika dihidangkan ke hadapan Rasulullah Saw semangkuk bubur dan daging. Maka beliau mengambil bahagian lengan (dari daging tersebut), dan bahagian itulah yang paling disenangi oleh Nabi Muhammad Shallallahu’alaihi wasallam.” (HR. Muslim)

3. Obat penyakit Irqun Nasa

Irqun nasa’ merupakan penyakit yang mulanya datang dari diri sendiri. Gejalanya dimulai dari nyeri sendi pada pangkal paha, lalu terus menjalar ke bawah hingga mata kaki dan bisa lebih luas lagi. Ada sebagian kaum muslimin yang menyerupakannya dengan asam urat, syaraf kejepit, dan lainnya.

Dalam hadis, Rasulullah Saw pernah menganjurkan makan kambing, tepatnya lemak ekor domba (masih satu jenis dengan kambing) sebagai obat irqun nasa’.

شفاء عرق النسا ألية شاة أعرابية تذاب ثم تجزأ ثلاثة أجزاء ثم يشرب على الريق في كل يوم جزء

“Obat ‘irqun nasa adalah (lemak) ekor domba pedalaman (dari Arab), kemudian ditumbuk dan direbus, dicairkan, kemudian dibagi menjadi 3 bagian. Setiap bagian diminum pagi, siang, dan sore (saat perut masih kosong).” (HR. Ibnu Majah)

Khasiat daging kambing menurut para sahabat dan ulama

Digolongkannya daging kambing sebagai makanan penuh berkah dan favorit Rasulullah Saw, sejatinya merupakan qarinah (indikasi) yang menunjukan bahwa pasti ada banyak khasiat lain dari daging ini.

Makanya, kalau jika mencermati, sejak dulu, dari generasi ke generasi, kaum muslimin mencoba menyibak rahasia ini. Berikut beberapa khasiat yang terungkap:

  • Ali bin Abi Thalib ra: membuat warna jernih, perut lapar, dan akhlak membaik
  • Muhammad bin Wasi : bisa menambah penglihatan.
  • Imam Az Zuhri: menambah tenaga.
  • Qadhi Iyadh: jauh dari bahaya.

Tentu, jika Anda mencermati dengan pembuktian medis, Anda akan temukan banyak manfaat luar biasa dari daging kambing lainnya. Misalnya sebagai berikut:

  • Mencegah kanker
  • Membakar lemak
  • Menjaga kesehatan tulang
  • Mencegah stroke
  • Meningkatkan kesehatan mental

Hanya saja, dalam mengkonsumsinya,Anda sebaiknya tidak berlebihan. Hal ini persis pesan Umar bin Khattab yang terdapat dalam Kitab Al-Muwatha karangan Imam Malik: “Hindarilah daging (berlebihan), karena sesungguhnya daging itu mengandung zat yang ganas seperti ganasnya kahmr.” 

Sebenarnya, selain ada khasiat daging kambing menurut Islam, Anda juga dapat menemukan khasiat lain dari kambing lho! Misalnya dengan cara memeliharanya, merawatnya, atau meminum susunya. 

Khusus untuk susunya, Supergoat Indonesia, produsen susu kambing etawa telah membuktikan khasiatnya secara medis. Sudah banyak orang mencobanya. Anda tertarik mencoba juga?

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Artikel Terkait:

Berlanggaan Gratis!

Dapatkan pemberitahuan artikel menarik dari Supergoat, dengan berlangganan newsletter dibawah ini. Terimakasih :)

Tinggalkan komentar

Ingin Jadi Mitra Kami?

Isi form ini dan kami akan menghubungi Anda.

Pastikan data di atas sudah benar, setelah klik Join Mitra, Anda akan dibawa ke chat WA admin, silakan lanjutkan klik kirim dan jangan hapus pesan.

Form Pemesanan Supergoat

Penting!! Pastikan data di atas sudah benar, setelah klik Pesan Supergoat, Anda akan dibawa ke chat WA admin, silakan lanjutkan klik kirim dan jangan hapus pesan.