fbpx

Penuhi Kebutuhan Gizi Saat Puasa Dari Makanan Halal & Toyib

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Agar kebutuhan nutrisi tubuh tetap terpenuhi walaupun tengah berpuasa, Anda perlu mengkonsumsi makanan-makanan halal dan thayib berikut saat sahur dan berbuka.

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Agar kebutuhan nutrisi tubuh tetap terpenuhi walaupun tengah berpuasa, Anda perlu mengkonsumsi makanan-makanan halal dan thayib berikut saat sahur dan berbuka.

Bulan ramadhan yang paling ditunggu-tunggu oleh umat muslim di seluruh dunia kembali menyapa. Di tengah kebahagiaan menjalankan ibadah untuk meraih ridho-Nya pastikan Anda tetap berupaya memenuhi kebutuhan gizi saat puasa. Dengan begitu seluruh aktivitas sehari-hari tetap berjalan lancar walaupun tubuh tidak mendapatkan asupan makanan mulai dari sahur hingga waktu berbuka tiba.

Kebutuhan Gizi Saat Puasa

Rasulullah SAW telah menjadi contoh terbaik berkaitan dengan puasa ramadhan, terutama dengan kebiasaan bersantap sahur dan buka beliau. Rasul Muhammad SAW selalu bersantap mendekati waktu imsak dan segera berbuka begitu adzan maghrib. 

Dengan begitu sistem metabolisme tubuh tidak akan berada dalam kondisi “kelaparan” terlalu lama.

Berikut pola makan sehat yang direkomendasikan agar kebutuhan nutrisi terpenuhi dan daya tahan tubuh tetap terjaga selama beribadah puasa.

Pola Makan yang Tepat Saat Puasa

Rekomendasi Menu Sehat Untuk Santap Sahur

Direktur Bina Keluarga Kementerian Kesehatan, Eni Gustina menyarankan porsi makan saat sahur sama dengan makan siang sebagaimana biasanya. Ini karena Anda membutuhkan asupan sebagai pasokan energi sebagai modal beraktivitas sampai 13 jam ke depan.

Waktu sahur yang paling ideal adalah di pukul 3 pagi dan asupan makanan yang seharusnya Anda konsumsi agar tubuh selalu sehat adalah:

Karbohidrat kompleks

Karbohidrat berfungsi sebagai penyedia energi untuk bekal beraktivitas selama belasan jam ke depan nanti. Daripada karbohidrat sederhana seperti nasi putih atau roti tawar, pilihlah karbohidrat kompleks yang membutuhkan waktu lebih lama untuk dicerna. Efeknya Anda akan merasa kenyang lebih lama. Menu sahur sehat yang merupakan karbohidrat kompleks misalnya, nasi uduk beras merah, sandwich roti gandum, dan bubur oatmeal susu dengan toping buah.

Protein

Anda memerlukan asupan protein sebagai pembentuk dan perbaikan jaringan tubuh, serta menjaga sistem kekebalan tubuh. Imunitas yang baik akan melawan infeksi bakeri dan virus secara optimal sehingga Anda tidak mudah sakit. Penuhi kebutuhan protein bagi tubuh saat santap sahur dengan menu: pepes ayam tahu, orak-arik telur, sup ayam, tumis tempe jamur, dan tim ikan salmon.

Sayuran dan buah

Sayur dan buah wajib tersedia dalam menu santap sahur karena kedua jenis makanan ini merupakan pemasok vitamin serta mineral, seperti vitamin A, B, C, E, magnesium, asam folat, dan sebagainya. Unsur-unsur tersebut berkontribusi penting dalam metabolisme tubuh serta menjaga daya tahan. Buah dan sayuran juga kaya serat yang membantu mengatasi sembelit. Beberapa menu olahan sayuran dan buah-buahan yang dapat menjadi rekomendasi Anda misalnya: smoothies buah naga dan apel, urap sayur, atau salad.

Cairan

Untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi Anda tidak harus mengkonsumsi air terus-menerus. Jus  buah atau sayur, sup, dan susu kambing etawa bisa jadi pilihan. Agar tidak gampang haus hindari teh dan kopi yang mempunyai sifat diuretic dan membuat Anda sering ke toilet.

Rekomendasi Menu Sehat Untuk Berbuka Puasa

Saat berbuka jangan segera menyantap hidangan porsi besar agar lambung yang sudah kosong selama 13 jam tidak “kaget”. Akibatnya perut bisa terasa begah atau tidak nyaman, belum lagi badan menjadi lemas sehingga malas shalat tarawih. Asupan bergizi berikut ini yang seharusnya terhidang di meja makan Anda saat berbuka puasa.

Glukosa

Seperti Rasulullah, anjuran mengkonsumsi kurma saat adzan maghrib berkumandang di bulan ramadhan adalah yang paling tepat.  Beliau biasanya menyantap kurma dalam jumlah ganjil, minum air, ditambah dua sendok makan madu saat berbuka. Secara ilmiah mengkonsumsi makanan yang manis untuk berpuasa memang baik agar tubuh memperoleh suplai glukosa sehingga gula darah kembali normal.

Cairan

Selanjutnya Anda dapat mengkonsumsi ta’jil bergizi untuk mengganti cairan tubuh dan menambah tenaga. Ini misalnya jus atau smoothie, buah potong yang mengandung banyak air, atau segelas susu kambing.

Serat

Utamakan konsumsi serat saat berbuka puasa untuk menyeimbangkan jumlah bakteri pada usus agar kesehatan sistem cerna tetap terjaga. Manfaat jangka panjangnya Anda akan terhindar dari resiko gangguan pencernaan, termasuk iritasi, radang dan kanker usus. Beberapa menu hidangan kaya serat yang cocok untuk berbuka puasa adalah: es rumput laut, agar-agar biji selasih, salad sayur dengan saus yoghurt, atau sop buah.

Makanan berat sebaiknya disantap setelah menjalankan ibadah sholat sunnah tarawih. Hampir sama seperti santap sahur, hidangan berbuka idealnya juga terdiri dari karbohidrat kompleks, sayuran, dan protein.

Penuhi Nutrisi Tubuh dengan Konsumsi Supergoat

Mengkonsumsi Supergoat Susu Kambing Etawa Untuk Memenuhi Kebutuhan Nutrisi Tubuh

Faktanya hanya mengandalkan menu santap sahur dan berbuka saja seringkali kurang memenuhi asupan gizi saat berpuasa. Ini kerap terjadi pada mereka yang tidak punya banyak waktu menyiapkan hidangan yang memadai akibat kesibukan. Solusinya adalah mengkonsumsi suplemen atau makanan tambahan berkualitas agar daya tahan tubuh tetap terjaga. Salah satunya adalah Supergoat, produk susu kambing etawa instan yang kaya nutrisi dengan tambahan gula aren murni.

Minum Supergoat saat mengawali sahur dan berbuka akan memberikan rasa kenyang sehingga terhindar dari makan berlebihan. Selain manfaat tersebut, Supergoat juga membantu Anda tetap produktif menjalankan rutinitas harian karena memberikan pasokan energi yang optimal. Ini karena Supergoat mengandung gizi lengkap yang dibutuhkan tubuh, yaitu beberapa jenis vitamin, mineral, protein, dan asam lemak. Tidak hanya nikmat dikonsumsi seperti biasa, produk ini juga dapat ditambahkan dalam berbagai olahan hidangan terutama sebagai pengganti susu atau santan.

Baca juga: Manfaat Susu Kambing Etawa Supergoat

Kesimpulan:

Pastikan untuk memenuhi kebutuhan gizi saat puasa secara optimal agar kegiatan sehari-hari Anda berjalan lancar. Caranya dengan disiplin mengkonsumsi menu sehat dan seimbang sebagaimana rekomendasi para ahli. Dengan begitu sebagai mukmin kita telah memenuhi dua ketentuan dalam mengkonsumsi makanan, yaitu halal (tidak ada larangan dalam Al-Qur’an) dan thayib (baik) atau mengandung nutrisi yang bermanfaat bagi tubuh dan pikiran.

Tambahan Supergoat, susu kambing etawa setiap sahur dan berbuka Anda juga telah mengikuti sunnah yang dicontohkan Rasulullah SAW. Semoga menginspirasi.

Bagikan artikel ini pada media sosial Anda agar semakin banyak orang yang mendapatkan manfaat dari informasi pada ulasan ini! Untuk meningkatkan wawasan seputar gaya hidup sehat bersama Supergoat klik tombol subscribe sekarang

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Artikel Terkait:

Berlanggaan Gratis!

Dapatkan pemberitahuan artikel menarik dari Supergoat, dengan berlangganan newsletter dibawah ini. Terimakasih :)

Tinggalkan komentar

Ingin Jadi Mitra Kami?

Isi form ini dan kami akan menghubungi Anda.

Pastikan data di atas sudah benar, setelah klik Join Mitra, Anda akan dibawa ke chat WA admin, silakan lanjutkan klik kirim dan jangan hapus pesan.

Form Pemesanan Supergoat

Penting!! Pastikan data di atas sudah benar, setelah klik Pesan Supergoat, Anda akan dibawa ke chat WA admin, silakan lanjutkan klik kirim dan jangan hapus pesan.