fbpx

9 Ide Kado Lebaran untuk Ibu, yang Mana Favorit Anda?

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Inspirasi bingkisan lebaran istimewa untuk ibunda.

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Tidak hanya hari ibu atau ulang tahun, lebaran bisa menjadi momentum istimewa untuk memberi hadiah istimewa bagi ibunda tercinta. Namun, memilih kado lebaran untuk ibu memang gampang-gampang susah. Alih-alih terkesan, barang yang kita berikan bisa teronggok merana di sudut lemari atau malah diberikan kepada orang lain karena beliau kurang suka.

Agar kado dari Anda tidak mengalami nasib yang sama, banyak faktor yang perlu dipertimbangkan sebelum membeli sesuatu untuk ibu. Nah, beberapa ide berikut mungkin bisa menginspirasi.

Mukena Cantik

Mukena Cantik

Mukena cantik bisa menjadi pilihan bingkisan lebaran yang pas di hari raya. Mama tercinta bisa mengenakannya untuk salat Idul Fitri atau saat ibadah sehari-hari di rumah. Tidak melulu putih, pakaian salat ini sekarang hadir dengan varian warna dan model yang beragam. Sebaiknya jangan membeli secara online agar Anda dapat memilih ukuran yang benar-benar sesuai: tidak terlalu pendek agar dapat menutup tubuh dengan sempurna saat salat dan tidak pula terlalu panjang agar tidak ribet.

Bahan mukena idealnya juga yang lembut dan sejuk di kulit agar ibu tetap nyaman memakainya walaupun dalam waktu lama. Beberapa jenis bahan yang umum digunakan adalah katun Jepang organik, katun rayon, katun sutra, atau katun paris. Mengenai warna dan desainnya, Anda bisa menyesuaikannya dengan selera ibu dengan mengamati koleksi mukenanya di rumah.

Sajadah

Selain mukena, alas salat alias sajadah juga dapat menjadi alternatif hadiah lebaran yang manis dan mengesankan. Untuk orang tua, apalagi yang usianya telah beranjak lansia, sebaiknya Anda memilih bahan yang empuk dan sedikit tebal. Selain itu, serat kain sajadah juga harus bertekstur lembut untuk menghindari lecet misalnya pada bagian dahi saat bersujud.

Terkait warnanya sebaiknya Anda memilih varian yang netral dan cocok dipadukan dengan mukena kesayangannya. Corak sajadah sebaiknya yang sederhana saja dan tidak terlalu mencolok agar tidak mengganggu konsentrasi saat beribadah.

Abaya/Gamis

Ibu pasti akan menerima hadiah abaya atau gamis dengan senang hati, apalagi jika desain dan warnanya benar-benar sesuai keinginan beliau. Gamis adalah busana muslimah yang cocok tidak hanya untuk wanita muda, tetapi terutama lansia karena kepraktisannya. Untuk itu pastikan pilihan desain gamis untuk ibu adalah yang simple, tanpa banyak kancing atau resleting punggung yang menyulitkan saat mengenakannya.

Cermati juga bahan gamis dan utamakan untuk memilih yang kualitasnya bagus agar tetap sejuk dikenakan walaupun saat musim kemarau yang gerah. Sesuai syariat Islam, busana untuk wanita seharusnya berdesain longgar dan tidak membentuk lekuk tubuh, jadi jangan lupa untuk memperhatikan aspek tersebut. Agar tidak salah beli, Anda juga bisa mengajak ibu untuk berbelanja bersama agar beliau dapat memilih gamis sesuai seleranya.

Jilbab

Jilbab

Hijab atau jilbab tidak hanya bisa menjadi alternatif hadiah spesial untuk ibu melainkan juga bingkisan untuk mertua saat lebaran. Ada banyak model jilbab yang bisa dipilih, mulai dari jilbab instan alias bergo, khimar atau jilbab lebar, sampai pashmina. Coba perhatikan kebiasaan berbusana sehari-hari ibunda tersayang untuk mendapatkan gambaran model jilbab favorit beliau.

Menurut Restu Anggraeini, desainer busana muslim Tanah Air, wanita di usia 50 tahunan atau lebih sebaiknya mengenakan warna-warna yang cerah. Ini misalnya pink, kuning kunyit, atau ungu. Alasannya pada usia tersebut kebanyakan wanita kondisi kulitnya sudah tidak sesegar dahulu saat masih muda. Kondisi tersebut akan tersamarkan dengan warna-warna cerah yang mampu menonjolkan aura mereka, sehingga terlihat lebih fresh dan awet muda.

Saran dari perancang busana tersebut mungkin bisa Anda terapkan saat memilih jilbab untuk mama.

Vas Bunga

Momen silaturahmi di hari yang fitri biasanya memotivasi orang untuk memperindah rumah agar para tamu merasa semakin nyaman. Untuk mama Anda bisa menghadiahkan vas bunga komplit dengan rangkaian bunga indah agar ruang tamu rumah kian semarak. Ada banyak pilihan model vas yang dapat mempercantik ruangan, mulai dari vas meja, vas tempel, atau vas untuk sudut ruangan.

Dalam memilih model yang sesuai Anda dapat menyinkronkannya dengan konsep desain interior rumah orang tua. Jika memungkinkan Anda juga bisa membuat vas bunga tersebut sebagai point of interest yang menarik perhatian pengunjung.

Gadget

Ide kado lebaran untuk orang tua selanjutnya yang pasti akan sangat berguna adalah gadget untuk berkomunikasi. Apalagi jika Anda tinggal di luar kota atau luar negeri yang membuat orang tua terutama ibu seringkali merasa kangen. Dengan hadiah tersebut, ibu bisa dengan mudah menghubungi Anda kapan saja.

Ada tiga prinsip penting yang dapat membantu Anda memilih gadget untuk orang tua. Pertama harus user friendly mengingat daya ingat ibu, terutama yang sudah berusia sepuh sudah tidak setajam dulu. Kedua, tidak perlu memilih produk gadget dengan fitur-fitur yang rumit karena biasanya tidak akan terlalu berguna. Terakhir, sesuaikan dengan kebutuhan atau kapasitas kemampuan beliau. Misalnya, Anda bisa mempertimbangkan untuk membelikan tablet atau phablet yang layarnya lebih besar daripada ponsel mengingat indera pengelihatannya yang sudah menurun.

Tas

Tas

Semua wanita menyukai tas, termasuk ibunda yang telah menginjak usia senja. Jadi kalau Anda bingung memilih hadiah untuk ibu, tas bisa dibilang pilihan yang paling aman. Biasanya orang tua lebih menyukai tas dengan desain yang simple dan berukuran agak besar untuk menyimpan berbagai barang. Warna-warna netral yang cocok untuk ibu misalnya warna earthy, seperti beige, hijau army, terracotta (merah bata), atau coklat.

Tas hadiah dari buah hati sekarang siap menemani keseharian ibu baik untuk pergi ke majelis taklim, reuni sekolah, atau sekedar berbelanja.

Aneka Kue atau Hidangan Lebaran

Hamper kue lebaran juga cocok sebagai hadiah istimewa untuk ibu, termasuk bawaan lebaran ke rumah mertua. Ini misalnya paket kue kering lebaran, cake, kue tart, atau oleh-oleh makanan khas dari kota tempat tinggal Anda sekarang. Ada pula hamper Idul Fitri yang berisi hidangan khas lebaran seperti ketupat dan opor ayam lengkap dengan aneka lauk pendampingnya.

Yang tidak kalah penting dalam memilih hamper makanan untuk ibu atau ibu mertua adalah dengan memperhatikan riwayat kesehatan beliau. Membawakan makanan dengan kandungan gula atau garam tinggi, sarat kolesterol, atau kaya lemak tentu kurang bijaksana apalagi jika mereka sudah lansia.

Sebagai solusinya Anda bisa memilih oleh-oleh makanan yang lebih sehat, seperti kue kering berbahan dasar kurma, kue pisang, dan sejenisnya.

Paket Supergoat

Paket Supergoat

Seiring dengan semakin menuanya usia ibunda, fungsi organ serta panca inderanya juga kian menurun dan ini kerap memicu gangguan kesehatan. Untuk meminimalkan risiko tersebut ibu perlu mengonsumsi suplemen untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh dan menjaga kinerja organ-organ penting. Inilah alasannya paket Supergoat akan menjadi hadiah lebaran yang paling tepat untuk ibu tercinta.

Supergoat adalah produk susu kambing etawa bubuk yang dikombinasikan dengan gula aren yang membuat cita rasanya semakin lezat. Produk berkualitas premium ini mengandung lebih dari 50 jenis nutrisi, telah tersertifikasi BPOM dan halal MUI sehingga terjamin keamanannya. Tidak hanya untuk ibu, paket suplemen ini juga cocok sebagai hadiah lebaran untuk keluarga dan orang-orang terdekat Anda.

Kesimpulan

Idul Fitri juga bisa menjadi momen istimewa untuk memberikan hadiah istimewa untuk ibunda. Ada berbagai pilihan barang yang dapat Anda berikan mulai dari perlengkapan ibadah, dekorasi rumah, makanan, hingga suplemen untuk membantu menjaga kesehatan. Dari daftar kado lebaran untuk ibu tersebut, mana kira-kira yang akan menjadi pilihan Anda?

Subscribe laman ini untuk mendapatkan informasi aktual seputar gaya hidup dan kesehatan bersama Supergoat dan bagikan juga pada media sosial Anda!

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Artikel Terkait:

Berlanggaan Gratis!

Dapatkan pemberitahuan artikel menarik dari Supergoat, dengan berlangganan newsletter dibawah ini. Terimakasih :)

Tinggalkan komentar

Ingin Jadi Mitra Kami?

Isi form ini dan kami akan menghubungi Anda.

Pastikan data di atas sudah benar, setelah klik Join Mitra, Anda akan dibawa ke chat WA admin, silakan lanjutkan klik kirim dan jangan hapus pesan.

Form Pemesanan Supergoat

Penting!! Pastikan data di atas sudah benar, setelah klik Pesan Supergoat, Anda akan dibawa ke chat WA admin, silakan lanjutkan klik kirim dan jangan hapus pesan.