fbpx

7 Jus Penambah Stamina Setelah Sakit, Segar dan Kaya Nutrisi

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Mengolah buah menjadi jus adalah ide bagus untuk memulihkan stamina. Ketujuh jus ini menjadi opsi terbaik untuk Anda. Selamat mencoba!

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Hampir semua jenis penyakit yang Anda alami, berpotensi mempengaruhi nafsu makan. Maka ketika sembuh, Anda membutuhkan suplemen seperti jus penambah stamina setelah sakit.

Beberapa nutrisi dipercaya mampu mengembalikan stamina Anda, misalnya:

  • Protein
  • Vitamin C
  • Air
  • Kalium
  • Gula alami
  • dan masih banyak lagi

Jus dengan berbagai kandungan di atas, dapat membantu mempercepat proses pemulihan stamina. Sehingga, Anda bisa beraktivitas optimal sebagaimana biasanya. 

Pertanyaannya, jus apa yang menambah stamina dengan nutrisi-nutrisi di atas? Pada prinsipnya, hampir seluruh jus dan sayur sebagai bahan jus itu bagus kok. Hanya saja, jika Anda mencari yang paling baik, berikut daftarnya!

1. Jus Alpukat

Alpukat tergolong buah dengan kandungan protein tinggi. Per-100 gram, umumnya mengandung 2 gram protein. Kandungan ini didukung dengan tingginya asam folat yang dapat membantu memecahkan protein dan memompa stamina dalam tubuh.

Selain itu, alpukat juga kaya mengandung berbagai vitamin yang mampu memenuhi belasan % kebutuhan harian per-100 gramnya. Mulai dari Vitamin B5, B6, C, E, serta K. Sementara itu, serat larut dalam alpukat, berguna untuk menyokong optimalisasi fungsi tubuh.  

2. Jus Pisang

Pisang sudah terbukti memiliki banyak khasiat. Dua makronutrien utama dalam pisang adalah air (75%) dan karbohidrat (termasuk gula). Bagi Anda yang baru pulih dari sakit, keduanya sangat penting. Air bisa membuat tubuh Anda terhidrasi kembali pasca sakit dan gula alami dalam pisang menjadikannya buah untuk stamina yang baik.

Dengan tekstur dasarnya yang lembek, jus pisang juga menjadi salah satu opsi terbaik bagi Anda yang baru sembuh dari masalah pencernaan seperti penyakit tipes. Sifat ini membuatnya lebih ramah untuk saluran pencernaan.

3. Jus Jeruk

87% adalah komposisi air dalam jeruk. Selain memulihkan hidrasi pada tubuh Anda, jeruk juga sangat kaya dengan vitamin C. Anda dapat bayangkan, 1 buah jeruk besar umumnya sudah memenuhi 100% kebutuhan harian Anda untuk vitamin ini. 

Perlu Anda ketahui, vitamin C berguna untuk memulihkan imunitas tubuh Anda pasca sakit dan punya kemampuan untuk melawan virus. Berdasarkan riset, konsumsi jeruk mampu mempercepat proses pemulihan 8% lebih cepat pada orang dewasa dan 14% untuk anak-anak.

Maka, jika Anda bertanya jus apa yang cocok untuk orang sakit dan setelah sembuh, jeruk lah jawabannya.

4. Jus Pepaya

Sisa-sisa nyeri pada tubuh Anda saat sakit, misalnya pada kepala atau persendian, dapat Anda pulihkan dengan mengkonsumsi jus pepaya. Hal ini berkat kandungan enzim papain yang ada di dalamnya. Bantuan jus pepaya bisa membuat Anda kembali beraktivitas dengan normal.

Selain itu, pepaya juga sama kayanya dengan jeruk dalam aspek vitamin C. Bahkan, untuk pepaya ukuran sedang, kadarnya bisa melebihi kebutuhan vitamin C harian. Semakin lengkap lagi karena pepaya juga mengandung, kalium, magnesium, serta folat yang baik bagi tubuh.

5. Jus Strawberry

Mengolah buah berry seperti strawberry atau blueberry menjadi jus setelah sakit juga merupakan ide bagus. Nutrisi dalam berbagai buah jenis ini dapat mendukung pemulihan tubuh Anda. Termasuk, energi untuk dapat kembali beraktivitas.

Hanya dengan mengkonsumsi 150 gram, sudah cukup memenuhi kebutuhan vitamin C setelah sakit. Efek antiinflamasi juga berpotensi membuat rasa sakit pada berbagai bagian tubuh cepat pulih. Zat besi, kalium, magnesium, dan berbagai nutrisi lainnya menyempurnakan khasiat dari jus strawberry untuk tubuh.

6. Jus Lemon

Sebagai sesama buah dalam kategori citrus, lemon tak kalah khasiatnya dengan jeruk. Mengkonsumsi lemon juga sering orang-orang kaitkan dengan efek pembangkit energi. Anda bisa mengikuti anggapan tersebut, karena lemon memang berpotensi membantu. 

Kandungan riboflavin, tiamin, serta vitamin B6 dalam lemon, mampu membantu mengubah makanan dalam tubuh menjadi energi yang dibutuhkan. Kekayan vitamin C di dalamnya juga berpotensi meningkatkan imunitas tubuh agar lebih kebal terhadap penyakit.

7. Jus Semangka

92% kandungan semangka adalah air. Tentu, mengkonsumsinya menjadi jus akan membuat Anda merasa segar dan terhidrasi dengan baik. Anda bahkan bisa merasa kenyang dengan mengkonsumsinya, padahal kalori dalam semangka tergolong kecil.

Sama seperti buah-buah sebelumnya, semangka juga kaya dengan vitamin untuk memulihkan stamina setelah sakit, seperti Vitamin C dan Vitamin A. Dalam kadar kecukupan lebih kecil, buah ini juga memiliki kalium, magnesium, vitamin B1, B5, serta B6.

Rekomendasi

Jika Anda suka dan ingin bereksperimen, Anda juga bisa mencampur bahan-bahan buah tersebut ke dalam satu menu jus. Misalnya menggabungkan jeruk dan apel atau strawberry dengan buah seperti mangga.

Namun ingat, meskipun berbagai jus di atas enak rasanya, mengkonsumsinya tetap memerlukan batasan. Beberapa jenis buah mungkin meningkatkan stamina dan daya tahan tubuh, tapi pada saat bersamaan bereaksi negatif terhadap penyakit Anda yang lain.

Akhir kata, mudah-mudahan jus penambah stamina setelah sakit ini bukan hanya memulihkan energi Anda, namun mampu menjaga daya tahan tubuh. Jika bosan dengan jus, Anda bisa coba  susu kambing Supergoat yang tak kalah khasiatnya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Artikel Terkait:

Berlanggaan Gratis!

Dapatkan pemberitahuan artikel menarik dari Supergoat, dengan berlangganan newsletter dibawah ini. Terimakasih :)

Tinggalkan komentar

Ingin Jadi Mitra Kami?

Isi form ini dan kami akan menghubungi Anda.

Pastikan data di atas sudah benar, setelah klik Join Mitra, Anda akan dibawa ke chat WA admin, silakan lanjutkan klik kirim dan jangan hapus pesan.

Form Pemesanan Supergoat

Penting!! Pastikan data di atas sudah benar, setelah klik Pesan Supergoat, Anda akan dibawa ke chat WA admin, silakan lanjutkan klik kirim dan jangan hapus pesan.