fbpx

5 Ikan yang Boleh Dimakan Penderita Asam Lambung (Recommended)

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Meski semua ikan itu menyehatkan, namun ada beberapa ikan yang berkhasiat jika Anda penderita asam lambung.

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Untuk menjelaskan apa saja ikan yang boleh dimakan penderita asam lambung sangatlah mudah. 

Sebab, pada dasarnya semua ikan itu aman untuk asam lambung. Sekalipun tetap mengandung kolesterol dan lemak jenuh, tapi jumlahnya jauh lebih sedikit ketimbang daging-daging lain.

Sudah terjawab kan? 

Namun, ada baiknya, Anda juga tahu jenis-jenis ikan yang memiliki keunggulan dalam membantu mengatasi asam lambung. 

Perlu Anda ketahui, salah satu zat yang sering ada pada ikan dan bermanfaat bagi penderita asam lambung adalah omega 3, yakni salah satu senyawa lemak jenuh tak tunggal (lemak sehat). 

Nutrisi ini dipercaya mampu meredakan inflamasi dan mencegah munculnya gejala asam lambung. Karena itulah, ikan termasuk makanan untuk asam lambung yang baik.

1. Ikan Salmon

Ikan laut yang umumnya didapat dari perairan atlantis ini sudah terkenal dengan kekayaan gizinya. Harganya yang lebih mahal dari ikan-ikan lainnya sebanding dengan kualitasnya. Selain omega 3, ikan salmon juga kaya dengan nutrisi baik lainnya.

Zat yang perlu diperhatikanKadar per 28 gAngka Persentase Kecukupan Harian
Omega 3656 mg 41%
Lemak Jenuh0,4 g2%
Kolesterol20,1 mg7%

2. Ikan Makarel

Ikan makarel harganya memang lebih murah dari salmon. Namun, kadar omega 3-nya tak kalah dari salmon. Bahkan, sebenarnya lebih tinggi. Belum lagi jika Anda mengetahui kadar beberapa vitamin seperti B12 dan D yang sangat besar dan bisa memenuhi dosis kebutuhan harian Anda.

Zat yang perlu diperhatikanKadar per 28 gAngka Persentase Kecukupan Harian
Omega 3791 mg 49%
Lemak Jenuh0,9 g5%
Kolesterol19,8 mg7%

3. Ikan Sarden

Meski tubuh ikan ini kecil, tapi omega 3 nya sangat besar. Di Indonesia, Anda bisa dengan mudah menemukan ikan ini dalam bentuk kaleng. 

Dalam daftar kami, sarden adalah ikan dengan omega 3 paling tinggi. Namun, lemak tak jenuh dan kolesterolnya juga paling tinggi, meski masih dalam batas aman. 

Zat yang perlu diperhatikanKadar per 28 gAngka Persentase Kecukupan Harian
Omega 31321 mg 98%
Lemak Jenuh1,5 g7%
Kolesterol43,1 mg14%

4. Ikan Kakap

Omega 3 dalam ikan kakap tergolong rendah jika dibandingkan ikan kembung, salmon, sarden. Namun, ia memiliki keunggulan dalam jumlah protein dan kelengkapan vitamin. Dalam kadar yang bervariasi, kakap mengandung vitamin A, B, C, D, E, hingga K. Selain tentu saja lemaknya juga rendah.

Zat yang perlu diperhatikanKadar per 100 gAngka Persentase Kecukupan Harian
Omega 3343 mg 24%
Lemak Jenuh0,4 g2%
Kolesterol47 mg16%

5. Ikan Kerapu

Ikan laut yang tinggal di dalam karang ini juga mengandung omega yang lumayan. Di Indonesia, ikan ini sering jadi buruan pemancing. Sama seperti ikan kakap, kerapu juga hampir tidak memiliki lemak jenuh. Jadi, tentu aman dan baik untuk penderita asam lambung.

Zat yang perlu diperhatikanKadar per 100 gAngka Persentase Kecukupan Harian
Omega 3265 mg 17%
Lemak Jenuh1,3 g6%
Kolesterol47 mg16%

Rekomendasi

Jadi, bolehkah asam lambung makan ikan? Ya. Namun, meskipun pada dasarnya semua ikan baik untuk asam lambung, namun dengan cara pengolahan yang salah, bisa jadi malah berbahaya. 

Misalnya jika Anda mengolahnya dengan tambahan bahan lain yang membuatnya menjadi pedas dan berminyak. Hal ini akan membuat kadar kolesterol dan lemak jenuh pada makanan Anda meningkat.

Sambil mengkonsumsi ikan yang boleh dimakan penderita asam lambung, Anda juga bisa melengkapi menu harian dengan susu kambing. Susu ini memiliki khasiat menurunkan kadar kolesterol serta mengontrol kadar trigliserida yang baik untuk asam lambung.

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Artikel Terkait:

Berlanggaan Gratis!

Dapatkan pemberitahuan artikel menarik dari Supergoat, dengan berlangganan newsletter dibawah ini. Terimakasih :)

Tinggalkan komentar

Ingin Jadi Mitra Kami?

Isi form ini dan kami akan menghubungi Anda.

Pastikan data di atas sudah benar, setelah klik Join Mitra, Anda akan dibawa ke chat WA admin, silakan lanjutkan klik kirim dan jangan hapus pesan.

Form Pemesanan Supergoat

Penting!! Pastikan data di atas sudah benar, setelah klik Pesan Supergoat, Anda akan dibawa ke chat WA admin, silakan lanjutkan klik kirim dan jangan hapus pesan.