fbpx

Sebab dan Cara Atasi Hidung Mampet Tapi Tidak Keluar Ingus

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Hidung tersumbat dan sulit bernafas tidak selalu karena terserang flu. Cek apa saja yang menjadi penyebab dan bagaimana cara mengatasinya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Anda mungkin pernah merasakan kondisi di mana hidung mampet tapi tidak keluar ingus dan tidak pilek.

Di satu sisi, kondisi ini mungkin ringan dan sekadar menjengkelkan bagi orang dewasa. Akan tetapi, bagi anak-anak atau bayi, ini merupakan kondisi yang dapat mengganggu pertumbuhan.

Lalu, apa sebenarnya penyebab kondisi ini? Dan bagaimana cara mengatasi hidung tersumbat tapi tidak pilek tersebut? Simak ulasan berikut.

Penyebab Hidung Mampet tapi Tidak Pilek

ilustrasi orang dengan hidung mampet atau tersumbat

Pada dasarnya, hidung tersumbat atau mampet adalah kondisi di mana terjadi pembengkakan pada jaringan hidung atau pembuluh darah di sekitarnya. Pembengkakan ini membuat jalur udara mengecil sehingga memberikan perasaan tersumbat pada hidung.

Lalu, apa penyebab pembengkakan ini terjadi? Berikut 5 penyebab yang umum:

1. Alergi

Terkadang, alergi pada hidung (rhinitis allergica) tidak selalu muncul dengan keluarnya ingus. Beberapa mungkin hanya dalam bentuk hidung mampet.

Alergi ini bisa muncul karena debu, serbuk sari, asap, atau polutan lain di udara. Mengenali penyebab alergi ini akan menjadi kunci penting mengatasi hidung mampet akibat alergi tersebut.

2. Virus

Varian virus ada juga yang dapat menyebabkan inflamasi (peradangan) pada hidung dan sinus (rhinosinusitis). Meski seringnya beserta dengan pilek dan meler, namun ada kalanya hanya dalam bentuk nasal congestion atau hidung pembengkakan area hidung.

3. Sinusitis Kronis

Penderita sinusitis kronis dapat mengalami perasaan tersumbat di hidung dan berat di kepala karena penumpukan cairan di area sinus. Kondisi ini biasa terjadi berulang atau kambuhan meski telah sembuh saat terapi.

4. Polip dan Benda Asing

Adanya polip atau benda asing di jalur pernapasan area hidung juga menimbulkan perasaan sesak dan tersumbat di hidung.

Polip adalah daging tumbuh yang tidak bersifat ganas seperti kanker. Akan tetapi, jika ukurannya cukup besar dapat menyumbat dan mempersempit jalur nafas.

Benda asing seperti manik-manik dan biji-bijian juga dapat menyumbat jalur udara di hidung. Biasanya ini terjadi pada anak-anak atau penderita disabilitas yang belum atau tidak mampu membersihkan hidungnya sendiri.

5. Kehamilan

Kehamilan menyebabkan perubahan hormonal yang dapat menyebabkan hidung tersumbat. Kondisi ini biasanya terjadi pada trimester pertama dan dapat bertahan beberapa minggu.

6. Penyebab Lain

Selain penyebab yang telah disebutkan di atas, ada juga penyebab lain, seperti:

  1. Konsumsi alkohol,
  2. Kelainan septum (dinding pemisah) hidung,
  3. pembengkakan adenoid,
  4. rokok,
  5. makanan pedas,
  6. gangguan hormon tiroid,
  7. stress,

Cara Mengatasi Hidung Tersumbat tapi Tidak Pilek

Karena banyaknya penyebab hidung yang mampet tanpa pilek, ini menjadikan cara mengatasinya juga berbeda-beda.

Akan tetapi, umumnya ada 4 terapi yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi hidung mampet tapi tidak keluar ingus tersebut.

1. Menghirup Inhaler

Inhaler adalah pelega saluran nafas dalam bentuk batang yang digunakan dengan cara menghirupnya. Biasanya, inhaler terbuat dari bahan kapur barus, menthol, dan methyl salisilat. Namun, ada juga yang menggunakan minyak aromatherapy untuk beragam keperluan.

Inhaler dapat mengatasi hidung mampet tapi tidak keluar ingus

Kombinasi bahan ini dapat membuat otot-otot pernapasan menjadi rileks sehingga nafas terasa lega. Inhaler ini sendiri bebas Anda gunakan tanpa efek samping, meski tidak semua kondisi akan membaik dengan ini.

2. Hindari Penyebab

Jika hidung Anda mampet karena penyebab yang spesifik, maka cara terbaik adalah dengan menghindari penyebabnya. Contohnya, yang berupa: alergi serbuk, alkohol, rokok, atau makanan pedas.

3. Operasi

Jika penyebab hidung tersumbat adalah karena adanya polip hidung, benda asing di rongga hidung, atau kelainan septum, maka solusinya adalah operasi.

Dengan mengangkat polip, menghilangkan benda asing, atau memperbaiki septum, aliran udara dapat kembali normal.

4. Gurah Hidung

Penderita sinusitis kronis yang mengalami hidung mampet karena penumpukan cairan di rongga sinus dapat melakukan gurah sebagai terapinya. Dengan gurah, cairan yang menumpuk pada sinus dapat keluar dan melegakan saluran nafas serta meringankan kepala.

5. Minum Susu Supergoat

Jika hidung mampet Anda terjadi karena inflamasi kronis seperti rhinitis dan sinusitis, minum Susu Supergoat dapat membantu memperbaiki kondisi ini.

Supergoat mengandung anti inflamasi yang bermanfaat untuk menormalkan kembali sistem imun tubuh. Karena itu, meminum Supergoat secara rutin juga membantu penanganan sinusitis kronis Anda menjadi lebih baik.

Demikian penyebab hidung mampet tapi tidak keluar ingus serta solusi terapi untuk mengatasinya. Tentunya, jika telah menerapkan terapi di atas tapi kondisi tetap bertahan lebih dari 10 hari, Anda perlu menemui dokter untuk mendapatkan bantuan profesional.

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Artikel Terkait:

Berlanggaan Gratis!

Dapatkan pemberitahuan artikel menarik dari Supergoat, dengan berlangganan newsletter dibawah ini. Terimakasih :)

Tinggalkan komentar

Ingin Jadi Mitra Kami?

Isi form ini dan kami akan menghubungi Anda.

Pastikan data di atas sudah benar, setelah klik Join Mitra, Anda akan dibawa ke chat WA admin, silakan lanjutkan klik kirim dan jangan hapus pesan.

Form Pemesanan Supergoat

Penting!! Pastikan data di atas sudah benar, setelah klik Pesan Supergoat, Anda akan dibawa ke chat WA admin, silakan lanjutkan klik kirim dan jangan hapus pesan.