fbpx

5 Tips Diet ala Istri Rasulullah SAW untuk Dapatkan Tubuh Ideal

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Menurunkan badan tak harus menyiksa. Keluarga Rasulullah SAW telah mencontohkan diet harian yang optimal untuk menjaga postur tubuh ideal.

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Mendapatkan postur tubuh ideal tak hanya soal penampilan, tapi juga berkaitan dengan kesehatan. Di antara sekian banyak cara diet, tips diet ala istri Rasulullah SAW mungkin perlu untuk Anda pertimbangkan.

Ini karena keluarga Rasulullah tidak pernah terdengar memiliki masalah dalam berat badan maupun penyakit degeneratif. Sedikit banyaknya, pola makan dan cara hidup keluarga beliau bisa menjadi teladan yang patut Anda pertimbangkan.

Berikut adalah 5 tips diet ala istri Rasulullah SAW untuk tubuh yang sehat dan ideal.

Konsumsi Mentimun dan Kurma

Mungkin ini salah satu tips diet yang kurang populer, namun tips tubuh ideal ala Aisyah ini layak Anda coba.

Mentimun merupakan sayur berbentuk buah yang rendah kalori serta memiliki kadar kalium dan vitamin C yang cukup tinggi. Sedangkan kurma merupakan buah kaya serat, vitamin, dan mineral dengan indeks glikemik yang rendah.

Paduan kedua menu ini sangat bagus untuk Anda yang mendambakan berat badan yang ideal dan bentuk tubuh proporsional. Sebagaimana yang istri Rasulullah SAW, ‘Aisyah RA ceritakan.

makanan favorti aisyah mentimun dan kurma basah

“Ibuku mengobatiku agar aku kelihatan gemuk, saat dia hendak mempertemukan aku dengan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, dan usaha itu tidak membuahkan hasil sehingga aku memakan timun dengan kurma basah. Kemudian aku menjadi gemuk dengan bentuk yang ideal.” (HR. Ibnu Majah no. 3315)

Konsumsi Biji-bijian Utuh

Kebanyakan orang lebih suka mengonsumsi biji-bijian (serealia) yang digiling halus. Padahal, banyak nutrisi yang justru sudah hilang dan hanya menyisakan karbohidrat.

Nutrisi baik seperti vitamin, mineral, dan serat justru lebih banyak di bagian kulitnya. Penelitian modern membuktikan bahwa kandungan pada gandum utuh lebih bermanfaat dari gandum halus. Begitu juga beras coklat terhadap beras putih.

Istri-istri Rasulullah SAW pun lebih sering mengonsumsi serealia yang tidak digiling halus. Makanan Aisyah RA dan istri-istri Rasulullah lainnnya ini memberikan manfaat optimal untuk diet.

diet islami mengonsumsi bulir utuh

Dari Aisyah RA berkata, ‘Keluarga Muhammad shallallahu ‘alaihi wasallam tidak pernah kenyang dari gandum halus selama tiga malam berturut-turut sejak tiba di Madinah hingga beliau wafat.’” (HR. Bukhari no. 4996)

Sering Makan 2x Sehari

Keluarga Rasulullah SAW sangat sederhana dan bersahaja, terlebih dalam urusan makan. Tak jarang keluarga beliau melewatkan makan siang jika memang tidak ada yang bisa dimakan.

diet ala Rasulullah berpuasa jika tidak ada makanan

Dari Ummul Mukminin ‘Aisyah berkata, Rasulullah Shallallaahu ‘alaihi wasallam ke rumahku seraya bertanya: ‘Apa kamu memiliki makanan?’ 

“Saya menjawab, ‘Tidak.’ 

“Beliau berkata, ‘Kalau begitu saya berpuasa.’

“Dia (‘Aisyah RA) berkata, suatu hari beliau datang lagi kepadaku, lalu saya katakan kepadanya, “Kita diberi hadiah berupa makanan.” 

“Beliau bertanya, ‘Apakah itu?’ 

“Saya menjawab, ‘Hais (yaitu kurma yang dicampur dengan samin dan ‘Aqith),

“Beliau bersabda: ‘Sebenarnya tadi pagi saya berniat untuk puasa.’ Lalu, beliau pun makan.” (HR. Tirmidzi no. 666).

Ilmu kesehatan modern mengenal metode ini sebagai intermittent fasting, yaitu salah satu bentuk puasa yang bermanfaat dalam mengelola berat badan ideal. Selain mengurangi kalori, memberi jarak cukup panjang untuk makan juga memberikan waktu bagi saluran cerna untuk pulih.

Mengonsumsi Serat Setiap Hari

Serat merupakan nutrisi penting yang memiliki fungsi besar dalam menyehatkan saluran cerna dan mengontrol berat badan. Karena itu mengonsumsi serat setiap hari merupakan salah satu cara diet sehat alami yang terbaik.

Istri-istri Rasulullah SAW pun selalu mengonsumsi serat dalam bentuk kurma setiap hari.

diet ala istri Rasulullah makan hanya 2x

Dari Aisyah RA berkata; ‘Keluarga Muhammad tidak pernah makan hingga dua kali dalam sehari melainkan salah satunya dengan makan kurma.’” (HR. Bukhari no. 6.455)

Minum Susu untuk Pelengkap Nutrisi

Susu merupakan minuman sehat yang kaya dengan nutrisi dan manfaat. Dalam hal diet, susu dapat berperan melengkapi nutrisi yang kurang selama program diet Anda.

Meski keluarga Rasulullah SAW lebih sering mengonsumsi kurma dan air, namun nutrisi lainnya bisa tercukupi dari tambahan susu.

diet ala istri rasulullah dengan susu kiriman tetangga

Dari Aisyah berkata; ‘Selama satu bulan, keluarga Rasulullah SAW pernah mengalami tak terlihat asap mengepul dari rumah-rumahnya.’ 

“Saya (Abu Salamah) berkata; “Wahai Ibu! Lalu apa yang mereka makan?

“Ia (Aisyah) menjawab; ‘Kurma dan air. Hanya saja beliau mempunyai tetangga yang jujur dari kalangan Anshar, mereka mempunyai kambing ternak dan merekalah yang mengirimkan susu kepadanya.’” (HR. Ahmad no. 23416)

Nah, demikianlah 5 tips diet ala keluarga Rasulullah SAW yang sebenarnya bukan sengaja bertujuan untuk diet. Tapi, kesederhanaan dan kesahajaan keluarga beliau membuat kondisi tersebut terjadi yang ternyata bermanfaat untuk kesehatan.

Jika Anda ingin meniru cara diet ala istri Rasulullah SAW tersebut, salah satunya dengan mengonsumsi susu Supergoat.

Susu Supergoat merupakan susu kambing Etawa asli dengan gula aren yang indeks glikemiknya rendah. Jadi, akan sangat membantu dalam melengkapi nutrisi harian tanpa membuat berat badan Anda berantakan tak terkontrol.

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Artikel Terkait:

Berlanggaan Gratis!

Dapatkan pemberitahuan artikel menarik dari Supergoat, dengan berlangganan newsletter dibawah ini. Terimakasih :)

Tinggalkan komentar

Ingin Jadi Mitra Kami?

Isi form ini dan kami akan menghubungi Anda.

Pastikan data di atas sudah benar, setelah klik Join Mitra, Anda akan dibawa ke chat WA admin, silakan lanjutkan klik kirim dan jangan hapus pesan.

Form Pemesanan Supergoat

Penting!! Pastikan data di atas sudah benar, setelah klik Pesan Supergoat, Anda akan dibawa ke chat WA admin, silakan lanjutkan klik kirim dan jangan hapus pesan.