fbpx

10 Cemilan Tinggi Kalori, Bisa Bikin Gemuk Lebih Cepat!

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Jika ingin gemuk, asupan kalori perlu ditambah setiap hari. Berbagai cemilan ini dapat membantu tujuan tersebut.

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Cemilan tinggi kalori bukanlah hal buruk. Kecuali, jika Anda sedang diet. Lain halnya bagi orang yang kurus bahkan kurang gizi, makanan dengan kriteria ini justru sangat penting.

Supergoat sudah menghimpun sejumlah cemilan tinggi kalori untuk gemuk. Baik bagi bayi, anak-anak, maupun dewasa. Tentu saja, semuanya sehat selama dikonsumsi dalam batas wajar.

1. Kacang-Kacangan

Kacang adalah makanan favorit saat bersantai. Umumnya, ia mengandung kalori dalam jumlah tinggi. 

Sebagian besar kalori pada kacang bersumber dari karbohidrat. Bahkan, jumlahnya bisa di atas 50%. Sisanya, protein, lemak, serta sejumlah mikronutrien yang bermanfaat bagi tubuh.

Jenis Jumlah Kalori
Kacang Arab330 Kkal per 100 g
Kacang Bogor370 Kkal per 100 g
Kemasan Merk DK160 Kkal per 25 g

2. Coklat

Cemilan tinggi kalori untuk dewasa ini tak diragukan lagi kelezatannya. Dibalik nikmatnya mengkonsumsi coklat, Anda juga bisa mendapatkan kalori dalam jumlah besar. 

Pada makanan ini, kalori didominasi oleh karbohidrat dan lemak. Meski mengandung protein, tapi jumlahnya kecil. 

Jenis Jumlah Kalori (per 100 g)
Coklat Manis Batang527 Kkal 
Coklat Pahit Batang615 Kkal 
Bubuk311 Kkal 

3. Keju

Faktanya, makanan olahan susu ini memiliki gizi yang lengkap. Meskipun kalorinya tinggi, namun komposisinya relatif merata. Baik karbohidrat, lemak, maupun proteinnya. 

Selain itu, di dalam keju juga terdapat kalsium dan fosfor dalam jumlah besar yang membuatnya cocok jadi cemilan tinggi kalori untuk anak.

Jenis Jumlah Kalori 
Parmesan404 Kkal per 100 g
Kemasan Cheddar Merk K70 g per kemasan (20 g)
Mozarella280 Kkal per 100 g

4. Roti

Faktanya, roti memang ada berbagai macam jenis. Namun, semua umumnya memiliki kalori dalam jumlah besar. Baik itu roti putih maupun roti gandum. 

Mayoritas kalori, berasal dari karbohidrat. Tak heran, saat makan roti kenyangnya bisa sama dengan saat makan nasi. Apalagi, jika Anda menambahkan keju atau coklat.

Jenis Jumlah Kalori (per 100 g)
Roti Gandum267 Kkal 
Roti Tawar Putih280 Kkal 

5. Biskuit 

Umumnya biskuit dibuat dari olahan tepung yang dicampur dengan bahan-bahan lain. Hal ini membuat mayoritas biskuit tinggi dengan kalori, terutama berasal dari karbohidrat. Adapun gizi-gizi lainnya, sangat bergantung dari campuran biskuit yang pabrik olah. 

Biskuit juga merupakan cemilan tinggi kalori untuk bayi. Namun sebaiknya, pilih biskuit khusus bayi.

Jenis Jumlah Kalori (per 100 g)
Biskuit Sandwich Merk R140 Kkal per 3 keping  (27 g)
Malkist Merk R120 Kkal per 3 keping (27 g)
Biskuit Bayi Merk P210 Kkal per 50 g
Regal Merk M70 Kkal per 15 g

6. Keripik

Keripik umumnya berbahan makanan tinggi kalori semisal kentang, singkong, atau ubi. Jadi, sudah pasti kaya kalori.

Mengenai nutrisi lainnya, kandungannya berbeda tergantung jenis keripik yang Anda makan. Namun, harap berhati-hati karena umumnya perasa pada keripik tinggi natrium, yang jika berlebihan konsumsinya bisa memicu resiko hipertensi.

Jenis Jumlah Kalori (per 100 g)
Kentang448 Kkal 
Singkong478 Kkal 
Ubi486 Kkal

7. Kerupuk

Sama dengan keripik, kerupuk juga kaya kalori. Sebagian besarnya berasal dari karbohidrat dan lemak. Namun, kerupuk juga biasanya tinggi natrium yang jika berlebih bisa bahaya bagi kesehatan. 

Apalagi, jika kerupuk tersebut mengandung pewarna yang bersifat karsinogen. Zat tersebut bisa memicu kanker dalam jangka panjang. Jadi, tetap konsumsi dengan normal dan lebih selektif adalah pilihan bagus.

Jenis Jumlah Kalori (per 100 g)
Kerupuk Cumi444 Kkal 
Kemplang Panggang356 Kkal 
Udang Goreng477 Kkal

8. Wafer

Jika Anda mencari cemilan tinggi kalori di Indomaret, Alfamart, atau supermarket lainnya, Anda bisa dengan mudah menemukan wafer. Meski dalam takaran saji yang rendah, wafer menawarkan kalori dalam jumlah tinggi.

Produsen wafer juga biasanya memproduksi wafer dengan kandungan mikro nutrisi seperti vitamin. Sayangnya, Anda juga sebaiknya tak terlalu berlebihan memakannya karena biasanya memiliki mengandung lemak trans atau gula buatan dalam jumlah lumayan tinggi. 

Jenis/ MerkJumlah Kalori 
N140 Kkal per 25 g
R40 Kkal per 8 g
S160 Kkal per 30 g
O140 Kkal per 29 g

9. Biji Bunga Matahari

Biji-bijian yang akrab dengan sebutan kuaci ini, selain bisa membuat ketagihan, juga ternyata tinggi kalori. 

Lemak memang menjadi makronutrisi dominan dalam kuaci. Hanya kabar baiknya, lemak di dalam kuaci memiliki sifat tak jenuh (lemak baik). Selain itu, kuaci juga kaya dengan protein yang tentu baik bagi tubuh.

Jenis Jumlah Kalori 
Kuaci Merk R35 – 40 Kkal per kemasan 6 g
Kuaci Merk DK80 Kkal per kemasan 13 g

10. Buah-Buahan

Sebenarnya, camilan yang paling baik ada pada buah-buahan. Sayangnya, masih banyak yang mengira buah-buahan tidak cocok dijadikan camilan. 

Padahal, dari sisi kesehatan dan keamanan, buah-buahan lebih bagus dari cemilan yang lainnya. Memang, tidak semua buah kaya kalori. Namun, ada beberapa yang tergolong tinggi.

Nama BuahJumlah Kalori (Per 100 gram)
Pisang100 Kkal
Alpukat85 Kkal
Kelapa354 Kkal (Air dan dagingnya)

Rekomendasi

Kalau Anda perhatikan, sebagian besar cemilan di atas berpotensi membuat Anda ketagihan. Sekali cicip, Anda boleh jadi sangat sulit berhenti.

Fakta tersebut semestinya membuat Anda waspada. Bagaimanapun, ada batas harian yang sebaiknya tidak Anda tabrak agar tubuh Anda bertambah gemuk namun tetap terhindar dari obesitas.  

Jika mengacu pada standar AKG (Angka Kebutuhan Gizi) harian, bagi pria dewasa adalah 2625 Kkal dan wanita dewasa 2150 Kkal. Berdasarkan rekomendasi medis, proses menggemukan badan yang aman adalah menambah 500 – 1000 kalori per hari. 

Untuk tetap mengontrol nafsu makan, Anda dapat mengkonsumsi asupan tertentu, salah satunya susu kambing etawa dari Supergoat. 

Susu kambing ini bisa mengatur nafsu ngemil cemilan tinggi kalori terlalu banyak. Selain itu, ia juga cocok untuk meningkatkan massa otot jika Anda mengimbangi konsumsi kalori dengan olahraga. Dengan demikian, berat badan Anda bisa bertambah dengan ideal tanpa takut obesitas!

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Artikel Terkait:

Berlanggaan Gratis!

Dapatkan pemberitahuan artikel menarik dari Supergoat, dengan berlangganan newsletter dibawah ini. Terimakasih :)

Tinggalkan komentar

Ingin Jadi Mitra Kami?

Isi form ini dan kami akan menghubungi Anda.

Pastikan data di atas sudah benar, setelah klik Join Mitra, Anda akan dibawa ke chat WA admin, silakan lanjutkan klik kirim dan jangan hapus pesan.

Form Pemesanan Supergoat

Penting!! Pastikan data di atas sudah benar, setelah klik Pesan Supergoat, Anda akan dibawa ke chat WA admin, silakan lanjutkan klik kirim dan jangan hapus pesan.