fbpx

Cara Minum Susu Kambing Etawa yang Tepat agar Makin Berkhasiat

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Untuk mendapatkan manfaat sehatnya secara optimal ketahui cara tepat minum susu kambing etawa berikut.

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Sering disebut-sebut sebagai superfood karena nutrisinya yang luar biasa lengkap, susu kambing etawa kian populer beberapa waktu belakangan ini. Kandungan berbagai vitamin, magnesium, protein, dan kalium pada susu kambing terbukti berkhasiat pada stamina, kekebalan tubuh, hingga kecantikan. Meski demikian, Anda perlu tahu cara minum susu kambing etawa untuk mendapatkan manfaatnya secara optimal.

Tips Sehat Minum Susu Kambing Etawa

Sebelumnya, Anda perlu mengetahui bahwa susu kambing etawa secara umum relatif aman untuk dikonsumsi siapa saja mulai dari anak-anak sampai lansia. Susu kambing bahkan dapat menjadi asupan pada bayi mulai usia 6 bulan, misalnya jika anak mengalami alergi susu sapi.

Meski demikian, pemberian ASI lebih direkomendasikan agar pembentukan kekebalan tubuh anak lebih sempurna. Jika Anda berniat memberikan susu kambing kepada si Kecil sebagai tambahan ASI, pastikan untuk berkonsultasi dulu kepada dokter anak.   

Tidak hanya caranya, Anda juga perlu mencermati waktu terbaik minum susu kambing etawa agar seluruh nutrisinya terserap maksimal oleh sistem cerna. Berikut panduannya.

Jangan mengkonsumsi susu kambing etawa mentah

Saat ini memang masih menjadi perdebatan apakah susu kambing sebaiknya dikonsumsi segar (mentah) atau dimasak terlebih dulu. Jika kambing dalam kondisi sehat, sebenarnya ini tidak menjadi masalah. Namun, faktanya sulit mengetahui riwayat kesehatan kambing ternak tanpa pemeriksaan dari ahlinya.

Lagipula lembaga pengawasan makanan resmi di berbagai negara merekomendasikan untuk mengkonsumsi susu yang sudah diolah dengan pasteurisasi. Ini artinya, pemanasan dengan suhu 63 derajat Celcius selama setengah jam untuk mematikan parasit penyebab gangguan pencernaan seperti Salmonella, E.coli dan sebagainya.

Tidak minum susu kambing berlebihan

Seperti umumnya susu hewan lainnya, susu kambing juga mempunyai kandungan kalori dan lemak sehingga Anda perlu membatasi konsumsinya! Rekomendasi porsi untuk anak-anak mulai usia 11 tahun sampai lansia adalah sekitar 200 ml sehari untuk memenuhi kebutuhan gizi tubuh.

Anda dapat membagi porsi tersebut menjadi dua kali minum, yaitu 100 ml saat sarapan dan 100 ml lagi di malam hari menjelang tidur. Minum susu kambing sebelum tidur akan membantu Anda mendapatkan istirahat yang berkualitas sehingga bangun dalam kondisi segar dan siap beraktivitas.

Hindari konsumsi susu kambing dengan kuliner berlemak

Susu kambing etawa segar atau susu hewan lainnya sebaiknya tidak dikonsumsi bersamaan dengan makanan berlemak. Dengan begitu, kadar lemak dalam tubuh dapat lebih terkontrol serta mengurangi peluang melonjaknya kolesterol darah.

Contoh kuliner berlemak adalah hidangan cepat saji seperti burger dan pizza, gorengan, dan daging olahan seperti nugget atau sosis.

Mencampurkan susu kambing dengan olahan lain

Anda masih dapat merasakan khasiat susu kambing etawa walaupun menggunakannya sebagai campuran atau tambahan olahan kuliner lain. Ini juga bisa menjadi upaya pembatasan konsumsi susu kambing etawa segar agar lemak yang masuk dalam tubuh tidak berlebih.

Cukup banyak olahan kuliner yang ideal dengan tambahan susu kambing terutama sebagai pengganti santan atau susu sapi. Misalnya kolak, puding susu, teh tarik, smoothie, sampai soto betawi atau opor ayam.

Selain cita rasanya jadi semakin lezat, olahan kuliner juga semakin kaya nutrisi dengan tambahan susu kambing etawa.

Waktu terbaik minum susu kambing etawa

Ada dua waktu terbaik untuk mengonsumsi susu kambing etawa. Pertama adalah sebagai asupan pertama saat sarapan, yaitu di waktu lambung masih kosong sehingga menghasilkan pasokan energi untuk beraktivitas sekaligus menjaga daya tahan tubuh.

Bagi anak-anak di bawah 5 tahun, minum susu di pagi hari sangat baik untuk menunjang proses tumbuh kembang mereka.

Kedua adalah menjelang tidur karena manfaat minum susu kambing etawa sebelum tidur ternyata banyak sekali. Tidak hanya membuat Anda tidur lebih nyenyak, penyerapan kalsium pada susu kambing akan lebih maksimal pada malam hari karena aktivitas yang terbatas.

Kebiasaan mengkonsumsi susu kambing saat akan tidur juga berkhasiat untuk meningkatkan daya ingat.

Kesimpulan

Untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal Anda perlu mengetahui cara minum susu kambing etawa yang tepat. Hal ini berkaitan dengan cara penyajian, porsi yang direkomendasikan dan waktu terbaik untuk mengkonsumsinya.

Baca juga: Efek Samping Minum Susu Kambing Etawa

Sekarang Anda juga bisa merasakan khasiat susu kambing etawa secara praktis dengan mengonsumsi Supergoat. Produk ini diolah secara aman dan higienis agar kandungan nutrisinya tetap terjaga. Selamat mencoba!

Subscribe laman ini  untuk mendapatkan informasi menarik dan actual seputar gaya hidup dan pola makan sehat. Jangan lupa untuk membagikannya juga di media sosial Anda.

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Artikel Terkait:

Berlanggaan Gratis!

Dapatkan pemberitahuan artikel menarik dari Supergoat, dengan berlangganan newsletter dibawah ini. Terimakasih :)

Tinggalkan komentar

Ingin Jadi Mitra Kami?

Isi form ini dan kami akan menghubungi Anda.

Pastikan data di atas sudah benar, setelah klik Join Mitra, Anda akan dibawa ke chat WA admin, silakan lanjutkan klik kirim dan jangan hapus pesan.

Form Pemesanan Supergoat

Penting!! Pastikan data di atas sudah benar, setelah klik Pesan Supergoat, Anda akan dibawa ke chat WA admin, silakan lanjutkan klik kirim dan jangan hapus pesan.