fbpx

4 Cara Merebus Daging Kambing Agar Cepat Empuk Dan Tidak Prengus

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Kecewa karena hasil olahan daging kambing Anda alot dan beraroma mengganggu? Agar tidak terjadi lagi terapkan 4 teknik rahasia ini!

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Saat Idul Adha stok daging kambing biasanya melimpah untuk diolah menjadi sate, gule, tongseng dan sebagainya. Memang memasak daging kambing bisa cukup tricky karena jika salah  hidangan jadi berbau atau alot.

Jika saat ini Anda tengah mencari cara merebus daging kambing agar cepat empuk dan bebas prengus, trik berikut mungkin bisa membantu!

1. Jangan Dicuci

cara rebus daging agar tidak alot

Cara memasak daging kambing agar tidak bau prengus adalah tidak mencuci daging kambing mentah, baik dari kulkas atau yang baru beli.

Faktanya mencuci daging kambing sebelum mengolahnya justru mempertajam aroma prengus dan membuat teksturnya semakin liat.

Untuk menghilangkan kotorannya Anda bisa langsung merebus daging segar kemudian membuang air rebusannya dan daging siap dimasak.

Sebelumnya jangan lupa menghilangkan lemak yang menempel pada daging karena dari bagian inilah sumber bau prengus yang bisa mengurangi selera makan.

2. Potong/Iris Berlawanan Arah Dengan Serat Daging

Memotong daging kecil-kecil sebelum Anda merebusnya adalah cara paling mudah untuk membuat teksturnya cepat lunak. Selain itu cara mengempukkan daging kambing juga tergantung dari teknik mengirisnya.

Untuk mendapatkan daging kambing/domba yang lembut dan empuk iris daging berlawanan arah dengan seratnya untuk membantu memecah protein yang keras. Tips tersebut juga akan mempercepat penyerapan bumbu marinasi.

3. Mengempukkan Daging Dengan Cara Alami

cara mengempukkan daging secara alami

Selebriti Chef, Sadaf Hussain merekomendasikan bahan pasta pepaya atau getah pepaya untuk mengempukkan daging sebelum proses perebusan.

Pertama, siapkan daun pepaya secukupnya lalu remas-remas perlahan untuk mengeluarkan getahnya, hati-hati agar daun tidak koyak.

Selanjutnya, bungkus daging dengan daun pepaya dan sisihkan selama sekitar setengah jam. Sambil menunggu Anda dapat menyiapkan bumbu-bumbu.

Selain getah pepaya, Anda juga bisa memanfaatkan parutan buah nanas untuk membuat tekstur daging jadi lembut karena kandungan enzim bromelain-nya.

4. Menerapkan Teknik 5-30-7

teknik rebus daging agar cepat empuk

Berapa lama merebus daging kambing biar empuk? Jika tidak punya waktu untuk merendam daging dengan aneka bahan untuk mengempukkannya, Anda dapat mencoba teknik perebusan 5-30-7.

Konon ini adalah rahasia para koki agar tekstur olahan daging jadi lunak dan lumer dalam mulut. Caranya, rebus daging sampai mendidih dan diamkan selama 5 menit, kemudian matikan kompor, tutup panci, dan tunggu selama setengah jam.

Setelah 30 menit daging kambing direbus kembali selama 7 menit dan siap ditambahkan bumbu-bumbu. Mudah, bukan?

5. Slow Cooking

Cara agar daging kambing empuk selanjutnya merebus daging dengan api kecil dalam waktu lama. Proses tersebut akan membuat serat daging yang liat terurai, termasuk jaringan ikat dan kolagennya sehingga teksturnya jadi lembut.

Tidak ada waktu spesifik untuk menerapkan teknik tersebut, namun rata-rata durasi 60 menit sudah cukup untuk memperoleh tekstur yang nyaman untuk gigi. Jika tersedia Anda juga dapat menggunakan panci presto untuk menghemat waktu.

Untuk menambah cita rasa sekaligus menghilangkan aroma prengus, Anda dapat menambahkan ketumbar, daun jeruk, bawang.

Jika ingin memasak gulai Anda dapat menambahkan kunyit, namun jika tidak sebaiknya jangan. Ini karena kunyit akan meninggalkan warna kuning yang mungkin bisa merusak tampilan hidangan Anda.

Sama dengan daging hewan lainnya, daging kambing juga mengandung kolesterol yang dapat membuat kesehatan terganggu jika menyantapnya berlebihan.

Untuk mencegahnya Anda dapat mengkonsumsi Supergoat, susu kambing etawa instan dengan tambahan gula aren. Asam lemak tak jenuh pada produk ini berkhasiat menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) secara efektif.

Selain itu Anda juga dapat menambahkan Supergoat pada berbagai olahan makanan atau minuman untuk menggantikan santan atau susu sapi. Ini misalnya gulai kambing, nasi kebuli kambing, atau kari kambing.

Selain rasanya jadi semakin nikmat, cara tersebut juga akan meningkatkan nilai nutrisi serta mencegah lonjakan kolesterol.

Sudah tak sabar bukan, untuk mencoba cara merebus daging kambing agar cepat empuk? Semoga berhasil!

Ikuti laman ini untuk update informasi bermanfaat seputar gaya hidup dan kesehatan bersama Supergoat.

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Artikel Terkait:

Berlanggaan Gratis!

Dapatkan pemberitahuan artikel menarik dari Supergoat, dengan berlangganan newsletter dibawah ini. Terimakasih :)

Tinggalkan komentar

Ingin Jadi Mitra Kami?

Isi form ini dan kami akan menghubungi Anda.

Pastikan data di atas sudah benar, setelah klik Join Mitra, Anda akan dibawa ke chat WA admin, silakan lanjutkan klik kirim dan jangan hapus pesan.

Form Pemesanan Supergoat

Penting!! Pastikan data di atas sudah benar, setelah klik Pesan Supergoat, Anda akan dibawa ke chat WA admin, silakan lanjutkan klik kirim dan jangan hapus pesan.