fbpx

10 Cara Mengecilkan Pinggang Tanpa Olahraga Secara Alami

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Ingin pinggang ramping tapi tak punya waktu untuk rutin nge-gym? Jangan khawatir, strategi ini pasti bisa membantu mendapatkan ukuran lingkar pinggang seperti yang Anda idamkan.

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Memiliki pinggang yang ramping tentu dapat mendukung Anda berpartisipasi pada tren fashion terkini. Sayangnya pola makan yang salah, gaya hidup kurang sehat, sampai kurang olahraga kerap membuat bentuk tubuh jauh dari impian. Lalu apakah ada cara mengecilkan pinggang tanpa olahraga?

Jawabannya memang ada, walaupun Anda membutuhkan waktu lebih lama untuk mewujudkannya.

Strategi Rampingkan Pinggang Tanpa Olahraga Berat   

Konon tumpukan lemak di bagian pinggang dan perut adalah yang paling bandel untuk dibuang, apalagi jika melewatkan olahraga secara teratur. Meski begitu ini bukanlah hal yang mustahil asalkan Anda disiplin menerapkan kebiasaan sehat ini.

1. Cukup tidur

Cara mengecilkan lingkar pinggang yang paling simple dan bisa segera Anda coba nanti malam adalah tidur selama 7 atau 8 jam. Sebagaimana diwartakan Halodoc, kurang tidur dapat mengacaukan hormon pengatur nafsu makan serta rasa lapar.

Saat Anda tidak cukup tidur, produksi hormon penekan nafsu makan (leptin) akan berkurang, sehingga keinginan untuk makan jadi semakin besar. Gawatnya lagi, rasa lapar yang timbul akibat kurang tidur membuat Anda lebih ingin menyantap hidangan yang berlemak atau mengandung gula tinggi.

Pada riset dengan partisipan 60.000 wanita yang digelar oleh Nurses ‘Health Study ditemukan fakta mengejutkan. Para wanita yang tidur kurang dari 5 jam ternyata beresiko lebih besar mengalami obesitas daripada mereka yang tidur selama 7 jam atau lebih.

2. Bangun lebih pagi

Kebiasaan bangun pagi ternyata berkolerasi dengan bobot tubuh yang ideal. Fakta tersebut ditemukan oleh para peneliti dari Northwestern University. Mereka yang terkena paparan matahari dalam waktu singkat di pagi hari ternyata mempunyai BMI yang lebih rendah, daripada yang hobi bangun siang.

Selain itu, mereka yang terbiasa begadang dan terjaga di siang hari ternyata cenderung mengkonsumsi lebih banyak kalori. Jumlahnya mencapai hingga 250 kalori daripada mereka yang pergi tidur lebih awal dan bangun pagi.

3. Kelola stres

Tidak ada gunanya mempraktikkan cara mengecilkan pinggul, pinggang, dan perut mati-matian jika Anda membiarkan stres menghantui pikiran. Stres akan memicu peningkatan hormon kortisol yang berdampak pada penambahan lemak di bagian tengah tubuh, termasuk pinggang.

Ada cukup banyak cara untuk mengelola stres, mulai dari mengerjakan hobi, membaca novel ringan, nonton film, atau rekreasi.

4. Makan lebih banyak protein

Untuk mencapai bobot dan bentuk tubuh yang ideal Anda perlu mengkonsumsi protein bebas lemak seperti dada ayam tanpa kulit, putih telur, dan ikan. Protein akan membantu menstabilkan gula darah dan memberi rasa kenyang lebih lama sehingga mengurangi nafsu untuk ngemil.

Protein juga menstabilkan produksi insulin serta kortisol yang berkontribusi untuk mengikis lemak perut. Kandungan asam lemak omega 3 pada ikan juga efektif membantu Anda untuk mengurangi lemak pada bagian perut.

5. Kurangi makanan asin

Natrium atau garam cenderung menahan air dalam tubuh sehingga Anda terlihat lebih gemuk. Selain itu garam juga dapat memicu perut kembung dan buncit. Konsumsi garam seharusnya maksimal hanya 3 gram sehari yang dapat Anda capai dengan menghindari seluruh hidangan olahan.

Alternatif lainnya adalah menggunakan garam alami atau sea salt yang kandungan natriumnya lebih rendah. Alih-alih garam, coba tambahkan lebih banyak rempah-rempah seperti cabe dan jinten yang berkhasiat meningkatkan metabolisme tubuh.

6. Konsumsi teh hijau

Mengganti konsumsi kopi atau teh manis dengan krim dengan teh hijau dapat menjadi cara mengecilkan pinggang samping yang terbilang mudah. Teh hijau mengandung katekin yang membantu membuang lemak dari tubuh, meningkatkan pembakaran lemak oleh hati, serta membuat tubuh lebih berenergi.

2 sampai 3 cangkir teh hijau per hari adalah dosis yang direkomendasikan untuk mendapatkan khasiat sehatnya.

7. Penuhi kebutuhan cairan tubuh

Ternyata Anda harus memastikan tubuh cukup terhidrasi agar berat badan cepat turun. Faktanya otak sulit membedakan apakah tubuh sedang kehausan atau kelaparan dan haus kerap disalahartikan sebagai lapar oleh otak kita. Tidak heran Anda jadi hobi ngemil walaupun sebenarnya tubuh Anda sedang membutuhkan tambahan air.

Jadi sekarang setiap kali timbul keinginan untuk menyantap cemilan tinggi kalori atau makanan manis, coba minum segelas air.

Dilansir dari Healthline Anda dapat mengurangi nafsu dan poris makan dengan minum segelas air sebelum bersantap. Jadi siapkan botol air yang dapat diisi ulang kapan saja untuk menemani hari-hari Anda.

8. Mengurangi makanan berlemak

Kurangi atau hindari sama sekali konsumsi makanan yang mengandung lemak trans jika ingin mengecilkan pinggang namun minus olahraga. Makan terlalu banyak hidangan berlemak tidak hanya memicu obesitas tetapi juga meningkatkan risiko penyakit jantung dan kolesterol.

Lemak trans umumnya terdapat pada fast food seperti pizza, hamburger, kentang goreng, donat, muffin, dan kue-kue yang mengandung mentega.

9. Konsumsi banyak serat

Selain mengurangi makanan berlemak, cara mengecilkan pinggul dan pinggang yang ampuh adalah meningkatkan konsumsi makanan berserat tinggi. Tidak hanya membantu memperlancar pencernaan, serat juga lebih lambat dicerna sehingga Anda tidak cepat lapar lagi.

Dengan begitu Anda lebih mudah membatasi asupan kalori untuk membuat bentuk tubuh lebih ideal. Makanan berserat tinggi terdapat pada stroberi, pir, pisang, apel, kacang hijau, kol, dan brokoli.

10. Jalan kaki

Jika tidak mempunyai waktu untuk olahraga, coba gantikan dengan lebih banyak berjalan kaki. Dengan begitu cara mengecilkan perut buncit pada wanita, termasuk merampingkan pinggang di atas akan lebih efektif.

Triknya, coba parkir kendaraan Anda di tempat yang agakjauh dari tempat tujuan sehingga Anda “terpaksa” jalan kaki untuk mencapainya. Simpan remote televisi dalam lemari agar Anda perlu berjalan untuk mengganti salurannya. Jika memungkinkan Anda juga bisa berjalan kaki untuk mencapai tujuan-tujuan yang dekat, misalnya ke warung dekat rumah, atau yang lainnya.

Kesimpulan

Ternyata ada cara mengecilkan pinggang tanpa olahraga dengan efektif yang dapat Anda coba. Ini terutama berkaitan dengan praktik pola hidup dan pola makan yang sehat. Untuk mengurangi nafsu makan sekaligus memenuhi kebutuhan gizi tubuh Anda bisa mengkonsumsi Supergoat, susu kambing etawa instan plus gula aren.

Supergoat adalah superfood yang menyediakan berbagai nutrisi yang diperlukan tubuh sekaligus memberikan rasa kenyang lebih lama. Otomatis porsi makan jadi lebih sedikit.

Subscribe laman ini untuk mendapatkan informasi aktual terkait pola makan dan gaya hidup sehat bersama Supergoat.

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Artikel Terkait:

Berlanggaan Gratis!

Dapatkan pemberitahuan artikel menarik dari Supergoat, dengan berlangganan newsletter dibawah ini. Terimakasih :)

Tinggalkan komentar

Ingin Jadi Mitra Kami?

Isi form ini dan kami akan menghubungi Anda.

Pastikan data di atas sudah benar, setelah klik Join Mitra, Anda akan dibawa ke chat WA admin, silakan lanjutkan klik kirim dan jangan hapus pesan.

Form Pemesanan Supergoat

Penting!! Pastikan data di atas sudah benar, setelah klik Pesan Supergoat, Anda akan dibawa ke chat WA admin, silakan lanjutkan klik kirim dan jangan hapus pesan.