fbpx

Cara Mengatasi Insomnia Menurut Islam dan Doa Mujarab Melawannya

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Insomnia sudah ada sejak zaman Rasulullah Saw. Islam sudah memberikan solusi untuk mengatasinya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Tahukah Anda? Ternyata ada cara mengatasi insomnia menurut Islam, lho! Sebagai agama yang sempurna, Islam mengatur segala aspek kehidupan. Salah satunya, masalah gangguan tidur ini.

Jika Anda muslim sejati, memahami dan mengamalkan ini tentu sangat disarankan. Jelas, ada keutamaan tersendiri jika Anda meneladani apa yang sudah Rasulullah Saw tunjukkan.

Kisah insomnia di masa Rasulullah Saw

Insomnia, atau gangguan tidur, sudah terjadi sejak lama. Pada zaman Rasulullah Saw, penyakit ini juga sudah ada. Terdapat dua kisah populer terkait hal ini.

  1. Kisah yang diriwayatkan Imam at-Tirmidzi tentang Khalid bin Walid ra.
  2. Kisah yang diceritakan oleh Imam an-Nawawi mengenai Zaid bin Tsabit ra.

Keduanya datang dan mengeluhkan permasalahannya kepada Nabi Saw. Selanjutnya, Beliau mengajarkan mereka doa agar penyakit insomnia hilang. Atas izin Allah SWT, doa tersebut berhasil menyembuhkan penyakitnya.

Doa untuk mengatasi Insomnia

Jadi, terdapat dua doa yang bisa Anda amalkan. Mengapa dua? Karena Nabi Saw mengajarkan doa yang berbeda kepada Khalid bin Walid dan Zaid bin Tsabit ketika keduanya mengadu tentang insomnia yang dideritanya. 

Berikut doa susah tidur dalam Islam. Insya Allah, penyebab susah tidur malam dapat teratasi!

1. Doa untuk Khalid bin Walid

اللَّهُمَّ رَبَّ السَّمَوَاتِ السَّبْعِ وَمَا أَظَلَّتْ وَرَبَّ الْأَرَضِينَ وَمَا أَقَلَّتْ وَرَبَّ الشَّيَاطِينِ وَمَا أَضَلَّتْ كُنْ لِي جَارًا مِنْ شَرِّ خَلْقِكَ كُلِّهِمْ جَمِيعًا أَنْ يَفْرُطَ عَلَيَّ أَحَدٌ مِنْهُمْ أَوْ أَنْ يَبْغِيَ عَزَّ جَارُكَ وَجَلَّ ثَنَاؤُكَ وَلَا إِلَهَ غَيْرُكَ لَا إِلَهَ إِلَّا أَنْتَ

Artinya: “Ya Allah, Tuhan pencipta tujuh langit dengan segala yang dinaunginya, Tuhan pencipta seluruh jagat dengan segala yang dikandungnya, Tuhan pencipta segala setan dengan segala yang disesatkannya. Jadilah Engkau Ya Allah, pendamping dan melindungiku dari segala kejahatan yang akan diperbuat makhluk-Mu kepadaku, atau siapa saja yang ingin menyakitiku dan menyerangku. Maha tinggi Engkau dan tiada Tuhan selain Engkau.”

2. Doa untuk Zaid bin Tsabit

اللَّهُمَّ غَارَتِ النُّجُومُ وَهَدَأَتِ الْعُيُونُ وَأَنْتَ حَيٌّ قَيُّومٌ لَا تَأْخُذُهُ سِنَةٌ وَلَا نَوْمٌ يَا حَيُّ يَا قَيُّومُ أَهْدِئْ لَيْلِيْ وَأَنِمْ عَيْنِي

Artinya: “Ya Allah, bintang-bintang telah tenggelam, dan banyak bola mata menjadi tenang. Sementara, Kau adalah Zat Maha Hidup dan Zat Maha Tegak. Tenangkan malam hamba dan istirahatkan sepasang bola mata hamba.” 

Cara mengatasi insomnia menurut Islam

Dalam tinjauan medis, salah satu penyebab insomnia adalah stres. Ada hal-hal yang mungkin membuat Anda cemas, gelisah, dan tak enak hati sehingga tak bisa terlelap.

Selain doa, dalam Islam, ada berbagai aktivitas yang bisa membuat hati jadi lebih tenang. Melengkapi doa dengan kegiatan-kegiatan di bawah ini tentu akan membuat potensi Anda keluar dari masalah insomnia semakin tinggi.

Berikut ini cara mudah tidur menurut Islam:

1. Berwudu

Berwudhu, sesungguhnya bisa memberikan rasa tenang. Tak heran jika Nabi Saw memerintahkan orang yang marah agar segera berwudhu. Bahkan, dalam sebuah hadis, Nabi Saw juga menganjurkan ini.

“Apabila kamu hendak mendatangi pembaringan (tempat tidur), hendaklah berwudu terlebih dahulu sebagaimana wudumu untuk melakukan salat.” (H.R. Bukhari)

2.  Salat Isya

Dosa adalah pemicu lain dari hati dan pikiran tak menentu. Maka, ketika Anda susah tidur, coba ingat-ingat lagi, Anda sudah salat isya atau belum?

Jika belum, segeralah salat. Jangan tunda-tunda lagi. Di dalam salat, selain pahala, ada ketenangan dan kemuliaan yang bisa Anda raih.

Dalam sebuah hadis, Rasulullah Saw bersabda:

“Sesungguhnya salat dijadikan untukku sebagai penenang hati.” (H.R. an-Nasa’i)

3. Membaca ayat Al-Qur’an

Bagi seorang muslim, Al-Qur’an adalah sumber kebaikan. Lewat Al-Qur’an, Anda bisa mengingat Allah SWT. Dari ingatan itu, hati Anda juga akan lebih tenang.

Hal ini persis dengan firman-Nya:

الَّذِينَ آمَنُوا وَتَطْمَئِنُّ قُلُوبُهُمْ بِذِكْرِ اللَّهِ ۗ أَلَا بِذِكْرِ اللَّهِ تَطْمَئِنُّ الْقُلُوبُ

“(yaitu) orang-orang yang beriman dan hati mereka menjadi tentram dengan mengingat Allah. Ingatlah, hanya dengan mengingati Allah-lah hati menjadi tenteram.” (TQS: ar-Ra’d ayat 28)

Anda tak perlu membaca banyak-banyak. Jadi, cukupkan zikir ketika sulit tidur, misalnya dengan membaca beberapa surat pendek seperti Al-Ikhlas, Al-Falaq, serta An-Nas.

4. Selalu berprasangka baik

Kegelisahan, bisa juga muncul karena Anda terlalu banyak berpikir tentang masa depan yang buruk. 

Sebenarnya, tak salah jika kita membayangkan risiko-risiko di masa depan. Namun, jika berlebihan, ini akan membuat hati tak tenang dan akhirnya Anda susah tidur.

Dalam hadis, Rasulullah Saw bersabda:

“Janganlah seseorang di antara kalian meninggal dunia, kecuali dalam keadaan berbaik sangka terhadap Allah.” (HR Muslim)

Maka ketika mulai berbaring, pikirkan hal baik-baik tentang masa depan. Bangun optimisme untuk menjalani esok hari.

Rutin minum susu kambing sebagai sunnah dan langkah medis

Susu kambing adalah salah satu minuman favorit Rasulullah Saw. Sepertinya, Anda sudah mengetahui popularitasnya.

Menariknya, di balik fakta tersebut, susu kambing juga punya khasiat untuk meningkatkan kualitas tidur Anda.

Dalam secangkir susu kambing, terdapat asam amino triptofan. Secara medis, senyawa ini berperan penting dalam memproduksi hormon serotonin yang memberi efek baik bagi emosi Anda.

Mengonsumsinya antara 1–2 jam sebelum tidur, dapat membantu mengurangi tingkat stres sekaligus menentramkan suasana hati.

Masih ragu? Jika ya, Anda bisa mulai mengonsumsi Supergoat. Susu kambing etawa bubuk dengan bahan dan pengolahan terbaik ini memberi jaminan 100% uang kembali jika dalam 8 box tak menghasilkan khasiat apa pun.

Jadi, yuk lengkapi cara mengatasi insomnia menurut Islam bersama Supergoat!

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Artikel Terkait:

Berlanggaan Gratis!

Dapatkan pemberitahuan artikel menarik dari Supergoat, dengan berlangganan newsletter dibawah ini. Terimakasih :)

Tinggalkan komentar

Ingin Jadi Mitra Kami?

Isi form ini dan kami akan menghubungi Anda.

Pastikan data di atas sudah benar, setelah klik Join Mitra, Anda akan dibawa ke chat WA admin, silakan lanjutkan klik kirim dan jangan hapus pesan.

Form Pemesanan Supergoat

Penting!! Pastikan data di atas sudah benar, setelah klik Pesan Supergoat, Anda akan dibawa ke chat WA admin, silakan lanjutkan klik kirim dan jangan hapus pesan.