fbpx

15 Cara Mengatasi Bad Mood (Simpel, Praktis, Mudah, dan Cepat)

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Bad mood dapat mengganggu aktivitas dan hubungan Anda. Pelajari cara mudah, simpel, dan praktis untuk mengatasi bad mood dengan cepat.

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Semakin dewasa, orang semakin menyadari ketika dirinya sedang mengalami bad mood. Saat bad mood datang, biasanya orang akan mencari cara mengatasi bad mood yang mudah, cepat, dan praktis.

Badmood adalah perasaan negatif berupa rasa kesal, sebal, marah, hingga putus asa yang Anda rasakan dalam waktu tertentu. 

Penyebabnya bisa sangat bervariasi, dari masalah fisik, psikis, tekanan pekerjaan, maupun relasi percintaan dan pertemanan. Bahkan, bisa jadi Anda mengalami bad mood tanpa menyadari apa sebabnya.

Apapun penyebab bad mood yang Anda alami, Anda dapat mencoba 17 langkah praktis mengatasi bad mood berikut agar hari dan perasaan Anda kembali menyenangkan.

1. Mendengarkan Musik Ceria

Bukan rahasia bahwa musik memiliki kemampuan untuk mempengaruhi kondisi hati dan perasaan. Bahkan, para psikolog sering menggunakan musik sebagai salah satu terapi mengatasi depresi dan kecemasan ringan tanpa efek samping.

mendengarkan musik untuk mengatasi badmood

Karena itu, musik juga bisa menjadi sarana untuk Anda menghilangkan jauh-jauh kondisi bad mood yang Anda rasakan. Terutama jika bad mood Anda muncul karena masalah relasi atau hubungan dengan orang.

Untuk kondisi ini, sebaiknya Anda mendengarkan musik dengan beat yang cepat, bernuansa ceria, serta mengandung lirik yang memberikan semangat. Dengan demikian, semangat dari musik dapat mengalir ke hati dan perasaan Anda.

2. Menonton Lawak atau Komedi Ringan

Tawa merupakan salah satu cara menaikkan mood paling murah, cepat, dan praktis. 

Cara ini sangat efektif dalam meningkatkan mood secara cepat karena pelepasan hormon endorfin (hormon kebahagiaan) di otak. Bahkan, penelitian mengungkapkan bahwa sesi tawa yang pendek dan ringan sekalipun dapat menurunkan kadar hormon kortisol (hormon stress) dalam tubuh.

Jadi, lain kali Anda mengalami bad mood, coba buka channel Youtube yang lucu untuk mengembalikan mood Anda jadi riang kembali.

3. Menangis

Tak hanya tawa yang dapat melepaskan hormon endorfin di otak, tetapi menangis juga dapat mendorong pelepasan oksitosin dan endorfin. Selain itu, menangis tak hanya dapat memperbaiki kondisi psikis, tapi juga fisik dengan mengurangi hormon kortisol.

menangis dapat mengatasi bad mood

Menangis dapat menjadi salah satu cara terbaik mengatasi bad mood akibat beban fisik dan perasaan yang berkepanjangan. Meski begitu, jika Anda terlalu sering menangis sampai mengganggu rutinitas harian, bisa jadi itu tanda Anda membutuhkan bantuan profesional (psikolog).

Jadi, tak apa sekali-kali menangis, namun, jangan tenggelam dan larut dalam kesedihan.

4. Menghirup Aroma Terapi

Selain musik, wewangian menjadi salah satu cara yang efektif untuk mempengaruhi gelombang otak. Karena itu, aroma terapi juga bisa menjadi salah satu cara mengatasi bad mood yang praktis dan cepat.

Anda dapat menggunakan aroma lavender dan rosemary yang sudah terkenal mampu mengurangi nyeri dan meningkatkan memori. Atau, bisa juga untuk memilih aroma orange yang mampu menurunkan kecemasan.

Coba saja beberapa wewangian aromaterapi secara langsung untuk menemukan mana yang paling cocok untuk Anda. Selanjutnya, lain waktu Anda bad mood, tinggal menyalakan diffuser dan menikmati aroma wewangian favorit Anda.

5. Minum Teh

Minum teh adalah salah satu cara mengatasi bad mood yang menyehatkan, karena merupakan gabungan terapi aroma dengan menambah cairan tubuh.

Ada banyak jenis teh yang dapat Anda coba, dari teh hitam, teh hijau, hingga teh rempah yang diperkaya dengan jahe, melati, dan bahan alami lainnya.

Aroma teh dan rempah dapat membantu merelaksasi pikiran dan tubuh Anda, sedangkan airnya dapat mempertahankan kesegaran tubuh lebih lama.

Namun, beberapa jenis teh mungkin dapat menyebabkan masalah pada lambung jika diminum terlalu sering. Karena itu, lakukan cara ini sesekali atau maksimal 2 kali dalam sehari.

6. Tidur Senyenyak Mungkin

Jika bad mood Anda datang dalam bentuk perasaan marah atau kesal, maka tidur sejenak mungkin dapat mengembalikan mood yang menurun. Terlebih lagi, jika kondisi fisik Anda sedang kelelahan.

Tidur membantu Anda untuk mengembalikan kondisi fisik agar kembali fit, sekaligus me-reset memori dan perasaan. Setelah tidur, tubuh Anda menjadi lebih bugar dan otak Anda lebih fresh untuk menimbang masalah serta mengambil keputusan.

Namun, Anda perlu ingat bahwa kekurangan tidur dapat menyebabkan masalah, tetapi kebanyakan tidur juga sama. Karena itu, selalu pertahankan waktu tidur harian yang optimal untuk menjaga mood tetap positif.

Manfaat Tidur

7. Meditasi

Bagaimana jika Anda tidak memiliki banyak waktu untuk tidur nyenyak? Jika itu terjadi, maka meditasi bisa menjadi jalan keluar bagi Anda untuk mempertahankan good mood.

Cara ini sangat mudah, simpel, tidak membutuhkan media apapun, serta dapat Anda lakukan kapanpun dan di manapun.

Caranya, Anda hanya perlu duduk dengan menegakkan posisi tubuh, lalu bernafas secara teratur dalam hitungan 10-10-10. Maksudnya, ambil nafas 10 detik lewat hidung, tahan selama 10 detik, dan keluarkan perlahan lewat mulut hingga hitungan 10 detik.

Selama proses tersebut, fokuskan pikiran pada nafas Anda. Imajinasikan nafas Anda seolah mengalir dengan lancar sesuai hitungan tersebut. Lakukan ini selama 5-10 menit sesuai kebutuhan dan Anda akan dapati efek yang menenangkan pikiran dan menyegarkan badan.

8. Olahraga Ringan

Mood yang buruk bisa datang akibat otot yang kaku dan kondisi fisik yang tidak bugar. Kondisi fisik yang buruk dapat mempengaruhi psikis Anda dan sebaliknya.

Olahraga ringan dapat membantu tubuh Anda untuk mempertahankan kebugaran dan kelenturan otot. Sekadar peregangan dan jalan-jalan di sekitar juga bisa membantu mengontrol tingkat kejenuhan akibat rutinitas yang membosankan.

Maka dari itu, sediakan waktu setidaknya 5 menit di sela-sela 1 jam kerja untuk sekadar meregangkan tubuh. Akan lebih baik lagi jika Anda dapat berjalan-jalan di sekitar rumah atau tempat kerja.

9. Jalan-Jalan di Ruang Terbuka

Terlalu lama berada di ruang tertutup dapat membuat kondisi fisik dan psikis Anda memburuk. Solusinya sangat mudah, cukup perbanyak waktu berada di ruang terbuka.

Melakukan kegiatan di ruang terbuka dapat meningkatkan kondisi mental serta mengurangi tingkat depresi maupun kecemasan. Terlebih lagi jika lingkungan Anda termasuk lingkungan terbuka hijau dengan banyak tanaman dan hewan sehingga Anda dapat berinteraksi dengan alam.

jalan di luar raungan membantu mengatasi bad mood

Jadi, sediakan waktu dan kesempatan untuk jalan-jalan ke luar ruangan dan berinteraksi dengan alam. Atau jika tidak, Anda dapat menempatkan tanaman di dalam ruangan untuk suasana yang lebih membangkitkan mood.

10. Berbincang dengan Orang Tersayang

Tak jarang bad mood datang begitu tiba-tiba akibat masalah tugas dan pekerjaan. Ketika ini terjadi, Anda mungkin membutuhkan orang lain untuk berbagi pendapat atau sekadar berbincang.

Langkah ini merupakan cara paling mudah untuk mengatasi bad mood, khususnya bagi Anda yang memiliki kepribadian ekstrovert. Bagi Anda dengan kepribadian ini, berbincang dengan orang lain bisa mengembalikan tingkat energi ke titik yang optimal.

Jadi, lain waktu Anda mengalami bad mood, cobalah untuk menemukan teman ngobrol. Tentunya teman ngobrol ini bisa dari partner kerja, kekasih, atau anak-anak Anda yang lucu dan menggemaskan.

11. Menuliskan Pikiran dan Perasaan

Lain ekstrovert, lain pula introvert. Jika Anda seorang introvert, berbincang dengan orang lain mungkin bisa jadi memberatkan. Untuk Anda yang introvert, menulis bisa jadi terapi mengatasi bad mood yang lebih menyenangkan.

Tak perlu memusingkan pilihan kata baku, maupun susunan kalimat efektif atau tidak. Tuliskan saja apa yang Anda rasakan, kekesalan, amarah, maupun harapan yang Anda miliki.

Tulis di buku maupun perangkat elektronik tidak masalah. Jika mau, Anda dapat menerbitkan tulisan Anda di blog atau media sosial. Namun, jika Anda merasa itu terlalu pribadi, Anda juga dapat menerbitkannya dengan akun anonim dan semacamnya.

12. Membuat Vlog Curhat

Jika Anda merasa tidak terlalu bagus dalam merangkai kata dalam bentuk tulisan, maka membuat sebuah catatan video (vlog) juga oke.

Curhat atau sharing merupakan salah satu terapi mengatasi bad mood yang sudah digunakan masyarakat sejak lama. Hanya saja, saat ini Anda memiliki lebih banyak channel atau media untuk menyalurkannya.

Selain mengurangi bad mood, membuat vlog bisa memberikan Anda manfaat lebih. Mulai dari mendapat respon dan pemikiran dari orang lain, hingga menarik follower lebih banyak bagi Anda yang memiliki media sosial.

Akan tetapi, bagaimanapun Anda perlu waspada untuk tidak menyebutkan nama maupun merk tertentu dengan jelas. Selain itu, Anda juga perlu memiliki filter pribadi yang kuat sehingga tidak mudah terpengaruh komentar netizen yang sering kali tanpa pikiran.

13. Melakukan Hobi

Hobi dapat menjadi pelarian yang sangat efektif untuk mengembalikan mood yang buruk menjadi normal kembali. Apapun penyebab badmood Anda, dari depresi, kecemasan, masalah tugas, pekerjaan maupun percintaan, hobi dapat menjadi solusinya.

Selain mengurangi bad mood, hobi membantu mengarahkan aliran energi Anda tetap pada hal yang positif.

Karena itu, kenali hobi Anda dan pelihara dengan baik. Entah itu membaca, menulis, memasak, bermain dan mendengarkan musik, atau apapun. Selama hobi Anda positif, maka jadikan itu sebagai terapi utama Anda mengatasi bad mood yang berkepanjangan.

14. Makan Cokelat

Hampir setiap orang menyukai rasa cokelat. Ternyata, selain enak, cokelat juga dapat membantu memperbaiki mood dan menenangkan perasaan.

Ini karena cokelat mengandung triptofan, prekursor (cikal bakal) dari hormon melatonin yang memberikan efek rileks santai bagi tubuh. Karena itu, mengonsumsi cokelat saat bad mood bisa membantu mengembalikan kondisi perasaan Anda kembali.

Namun, Anda mungkin perlu waspada untuk tidak makan cokelat terlalu banyak. Penyebabnya karena seringkali produk cokelat memiliki campuran gula yang cukup tinggi untuk memberikan rasa manis. Gula yang terlalu tinggi ini bisa menyebabkan obesitas ataupun diabetes jika dikonsumsi terlalu banyak.

15. Minum Susu Kambing Etawa

Selain cokelat, susu kambing Etawa juga termasuk minuman dengan kadar triptofan yang cukup tinggi sehingga baik untuk meringankan stress dan mengembalikan mood.

Terlebih lagi, susu kambing Etawa mengandung gizi yang cukup lengkap serta dapat mengembalikan energi yang sering menjadi pendorong hilangnya mood.

Jika Anda menginginkan efek mengatasi bad mood yang optimal, susu kambing Etawa bubuk Supergoat dengan gula aren adalah pilihan terbaik. Ini karena gula aren mengandung indeks glikemik rendah sehingga tidak berpotensi menyebabkan obesitas maupun diabetes.

Jadi, mau cara mengatasi bad mood dengan lebih mudah dan enak? Minum susu kambing Etawa Supergoat untuk hasil yang optimal.

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Artikel Terkait:

Berlanggaan Gratis!

Dapatkan pemberitahuan artikel menarik dari Supergoat, dengan berlangganan newsletter dibawah ini. Terimakasih :)

Tinggalkan komentar

Ingin Jadi Mitra Kami?

Isi form ini dan kami akan menghubungi Anda.

Pastikan data di atas sudah benar, setelah klik Join Mitra, Anda akan dibawa ke chat WA admin, silakan lanjutkan klik kirim dan jangan hapus pesan.

Form Pemesanan Supergoat

Penting!! Pastikan data di atas sudah benar, setelah klik Pesan Supergoat, Anda akan dibawa ke chat WA admin, silakan lanjutkan klik kirim dan jangan hapus pesan.