fbpx

7 Cara Memulihkan Stamina Setelah Sakit Tipes Sesuai Anjuran Dokter

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Cara memulihkan stamina setelah sakit tipes pasti banyak dicari jawabannya. Soalnya, banyak orang yang selesai melakukan perawatan, mengeluhkan tubuh jadi kurang fit, mudah lelah, pusing, bahkan mengalami penurunan berat badan.

Jadi, jika Anda mengalami efek sakit tipes tersebut, ketahuilah bahwa Anda tak sendiri. Demam thypoid memang berpotensi menciptakan kondisi semacam itu. Proses pemulihannya bahkan bisa 2 sampai 4 minggu.

Sepanjang proses pemulihan, agar stamina dan fisik kembali seperti semula, Anda bisa lakukan hal-hal berikut ini!

1. Minum Air Putih dengan Cukup

Badan lemas setelah sakit minum apa? Jawabannya, air putih. Khusus bagi Anda yang mengalami demam thypoid, tubuh umumnya banyak mengeluarkan cairan. 

Entah itu dari keringat, muntah, diare, dan sebab lainnya. Realitas semacam ini membuat Anda rentan dengan dehidrasi

Kondisi ini menyebabkan volume darah jadi menurun dan membuat jantung bekerja ekstra dalam distribusi nutrisi dan oksigen ke berbagai saluran tubuh. Akibatnya, tubuh Anda akan terasa lemas.

Maka, minum air putih sangat baik saat Anda masih dirawat maupun dalam fase pemulihan. Dalam sehari, agar tubuh terhidrasi lagi dengan baik, konsumsi antara 2-3 liter air.

2. Mengatur Pola Makan

Selepas sembuh dari demam thypoid, nafsu makan Anda mungkin tak begitu baik. Padahal, jika menginginkan stamina pulih kembali, Anda harus makan memiliki cukup asupan.

Solusinya, Anda bisa mengatur cara makan. Jika keberatan mengkonsumsi makanan banyak dan berat dalam satu waktu, Anda dapat mengaturnya. Caranya, makanlah sedikit-sedikit namun menambah intensitasnya.

Misalnya, jika biasanya makan berat 3 kali sehari, Anda ubah dengan makan dalam porsi lebih sedikit sebanyak 5 kali sehari. Dengan demikian, tubuh tetap tak kurang energi.

Lebih bagus lagi jika Anda menyisipkan menu-menu camilan sehat untuk menambah asupan kalori.

3.Memilih Makanan Bergizi dan Mudah Dicerna

Untuk memulihkan stamina yang hilang, makanan bergizi memang Anda butuhkan. Sayangnya, tak semua yang bergizi cocok Anda konsumsi dalam fase pemulihan demam typhoid. 

Anda sebaiknya pilih asupan bergizi tinggi yang mudah dicerna sebagai obat lemas setelah sakit tipes yang alami. Antara lain;

  • Sumber karbohidrat dengan tekstur lembut, misalnya bubur, nasi tim, atau telur rebus.
  • Buah dengan kadar air tinggi, semisal semangka, anggur, atau melon.
  • Sumber protein yang mudah dicerna, paling baik ada pada produk susu..

4. Jauhi Makanan yang Mengganggu Pencernaan

Setelah Anda sembuh dari thypoid, pencernaan tidak otomatis normal. Masih butuh waktu agar sistem pencernaan tak lagi lemah dan sensitif. Maka, untuk sementara waktu, hindarilah makanan yang mengganggu pencernaan, sekalipun gizinya tinggi.

Ada beberapa jenis asupan yang jadi pantangan, antara lain:

  • Makanan pedas, baik dari cabe alami atau cabe bubuk.
  • Makanan tinggi serat yang sulit dicerna, misalnya roti dan sereal gandum.
  • Olahan makanan dengan bumbu dan rempah, termasuk di dalamnya cuka.
  • Makanan mentah atau belum matang sempurna.
  • Makanan yang digoreng (mengandung minyak).

5. Mengkonsumsi Obat Sesuai Anjuran

Ketika Anda dalam masa perawatan, kedisiplinan dalam mengkonsumsi obat mungkin sangat bagus. Namun, ini bisa jadi berbeda ketika Anda boleh pulang dan melakukan pemulihan mandiri.

Percayalah, hal itu bisa jadi bukan pilihan bijak. Obat-obat yang dokter resepkantentu berpijak pada diagnosa masalah Anda. Baik jenis maupun jumlahnya. 

Agar proses pemulihan dapat optimal, Anda sebaiknya mengkonsumsinya sampai habis sesuai anjuran. Tentu, sambil dengan konsisten melakukan berbagai upaya pemulihan lainnya.

6. Jangan Dulu Beraktivitas Berat

Ketika Anda merasa fisik sudah membaik, itu bukan berarti Anda bebas melakukan apapun. 

Bakteri Salmonella Typhi sebagai biang kerok demam thypoid bisa jadi belum benar-benar hilang. Padahal, untuk melawannya, Anda memerlukan energi yang cukup serta daya tahan tubuh memadai. Maka, apabila Anda memaksakan, keadaannya bisa jadi semakin memburuk. 

Meskipun demikian, ini tak berarti Anda tak boleh bergerak sama sekali. Silahkan beraktivitas dan bergerak, tapi mulai dari hal ringan dulu.

7. Menghindari Stress

Selama menderita thypoid, pasti Anda merasa tak nyaman. Ketika sembuh, Anda perlu memperbaiki suasana hati dan pikiran agar terhindar dari stress.

Berdasarkan riset lokal, demam ini berpotensi kambuh lagi meskipun Anda baru saja sembuh. Ternyata, salah satu faktor pemicunya adalah tingkat stress. 

Untuk itu, lakukanlah hal-hal menyenangkan semasa pemulihan, banyak-banyak mengingat Pencipta, berpikir positif, dan konsumsi asupan yang membantu Anda menghilangkan stress.

Kami sudah menulis berbagai minuman berkhasiat untuk mengelola stress. Salah satu yang paling manjur adalah susu kambing. Selain karena mengandung asam amino triptofan, susu kambing juga kaya dengan nutrisi dan minim efek samping.

Rekomendasi

Berbagai cara menyembuhkan penyakit tipes secara total di atas, sifatnya tidak instan. Pengaruhnya berjalan bertahap dan membutuhkan waktu.

Oleh karena itu, semua cara memulihkan stamina setelah sakit tipes membutuhkan kesabaran untuk melakukannya. Jangan sampai baru sehari dua hari Anda jalankan sudah malas. Insya Allah, kalau tekad pulihnya kuat, semua bisa Anda lalui dengan semangat!

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Artikel Terkait:

Berlanggaan Gratis!

Dapatkan pemberitahuan artikel menarik dari Supergoat, dengan berlangganan newsletter dibawah ini. Terimakasih :)

Tinggalkan komentar

Ingin Jadi Mitra Kami?

Isi form ini dan kami akan menghubungi Anda.

Pastikan data di atas sudah benar, setelah klik Join Mitra, Anda akan dibawa ke chat WA admin, silakan lanjutkan klik kirim dan jangan hapus pesan.

Form Pemesanan Supergoat

Penting!! Pastikan data di atas sudah benar, setelah klik Pesan Supergoat, Anda akan dibawa ke chat WA admin, silakan lanjutkan klik kirim dan jangan hapus pesan.