fbpx

7 Cara Mudah Membakar Kalori setelah Makan Malam

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Setelah makan, jangan tidur dulu. Anda bisa lakukan beberapa aktivitas untuk membakar kalori.

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Anda perlu tahu cara membakar kalori setelah makan malam. Wawasan ini akan membantu Anda mengontrol berat badan. Baik dalam konteks mempertahankan, maupun menurunkan.

Harus diakui, sebagian orang memang menganggap bahwa kebiasaan makan saat malam itu bikin gemuk. Apakah itu benar?

Anggapan tersebut tak sepenuhnya salah, namun tak juga sepenuhnya benar.

Satu hal yang pasti, jika Anda tahu dan menerapkan cara membakar kalori setelah makan malam dengan tepat, maka Anda bisa mematahkan anggapan itu. Anda tak perlu takut santap malam, bahkan meski sedang diet.

Lalu, bagaimana caranya?

1. Memberi waktu jeda 

Untuk membakar kalori, Anda butuh waktu. Benar, kan?

Para ahli menyarankan, berilah jarak antara makan dengan tidur sekitar 2-3 jam. Sebaiknya jangan terlalu sempit. Langsung tidur setelah makanan habis dapat memicu risiko penyakit seperti GERD (Gasteophageal Reflux Disease).

Nah, dalam rentang waktu tersebut, Anda bisa isi dengan kegiatan yang kami sarankan.

2. Memilih air dingin ketimbang hangat

Minum setelah makan pasti sudah jadi rutinitas Anda, benar kan? Kebiasaan itu memang bagus.

Hanya saja, jika Anda menaruh perhatian pada proses pembakaran kalori, pilihlah air dingin daripada air hangat. Pilihan ini akan membantu delapan kalori terbakar pada tubuh Anda.

Tapi, jangan terlalu berlebihan, ya meminumnya karena masalah pencernaan, usus, bahkan tenggorokan bisa jadi menimpa Anda.

3. Konsumsi makanan pembakar kalori

Asupan paling sederhana memang dengan minum air dingin. Namun, jika Anda ingin yang lebih berasa, ada kok alternatif asupan yang bisa Anda masukan dalam menu makan malam.

Setelah main course habis, Anda dapat konsumsi makanan diet malam berikut ini:

  • Apel
  • Blueberry
  • Strawberry
  • Cinnamon

Kalori, terutama yang bersumber dari lemak, dapat lebih mudah terbakar dengan zat-zat yang ada pada makanan dan minuman di atas.

4. Bercanda bersama keluarga

Jika Anda makan bersama di meja makan, sebaiknya bersenda guraulah bersama keluarga. Bicarakan hal-hal menyenangkan dan memicu tawa adalah cara bakar kalori setelah makan yang sangat mudah.

Kami tak sedang bercanda, karena ini memang mengacu pada penelitian medis. Berdasarkan riset Vanderbilt University Medical Centre, tertawa sekitar 10–15 menit bisa membakar 10 sampai 40 kalori. Lumayan bukan?

Selain itu, bercanda–selama tidak menyakiti orang lain–akan menghangatkan suasana. Keakraban akan semakin terjalin satu sama lain dengan kebiasaan ini.

5. Lakukan gerakan ringan di rumah

Bergerak dengan olahraga-olahraga seperti bersepeda dan berenang memang termasuk cara membakar kalori tercepat. Bersepeda, misalnya, Anda bisa membakar hingga 391 kalori dalam 30 menit.

Tapi, apakah Anda mau melakukannya malam-malam? Sepertinya agak berat ya?

Jadi, olahraga apa setelah makan malam? Sebagai alternatif, Anda masih bisa melakukan gerakan-gerakan ringan berikut:

  • Melakukan peregangan
  • Mondar-mandir di rumah
  • Naik turun tangga jika rumah Anda tingkat
  • Mengayun-ayun kaki saat duduk

Meski mungkin efeknya tak sebesar bersepeda, tapi itu jelas membantu proses pembakaran kalori. Meski terkesan sederhana, tapi bisa berefek juga.

6. Jalan kaki ke luar rumah

Orang Italia, punya kebiasaan bernama La Passeggiata, yakni kebiasaan berjalan kaki antara pukul 5 petang hingga 8 malam. 

Biasanya, mereka keluar rumah dan berjalan-jalan dalam waktu singkat untuk mencari kesenangan. Tak lama, hanya sekitar 15 menit saja.

Menariknya, setelah diteliti, kebiasaan ini bisa menstimulasi proses metabolisme tubuh Anda. Selain itu, berdampak juga untuk meredam lonjakan insulin serta membantu proses pencernaan.

Apabila Anda seorang pria muslim yang biasa makan setelah Maghrib, Anda bisa berjalan kaki ke masjid untuk menunaikan salat isya berjamaah.

Jika tinggal di komplek, Anda bisa sengaja berkeliling komplek sekalian mencari udara segar.

7. Minum susu kambing

Susu kambing mengandung lemak sehat bernama Medium Chain Triglyceride atau MCT. Lemak ini sudah lumayan populer di kalangan pegiat diet, bahkan sebagian orang melakukan diet MCT.

Minat orang-orang terhadap MCT ini salah satunya karena fungsinya dalam meningkatkan laju metabolisme tubuh, sehingga proses pembakaran kalori berlangsung lebih cepat. Menariknya, Anda bisa menemukan lemak ini dalam secangkir susu kambing. 

Selain itu, MCT juga membuat tubuh Anda merasa kenyang lebih lama. Dengan demikian, hasrat ngemil lagi setelah makan malam bisa aman terkendali. Supergoat adalah merk susu kambing etawa bubuk yang bisa Anda coba untuk membantu Anda dalam urusan ini.

Rekomendasi

Ketujuh aktivitas di atas bisa Anda lakukan bergantian. Anda bisa mencoba langsung untuk mendapatkan efeknya.

Namun, perlu diingat, Anda jangan berlebihan ketika melakukannya. Soalnya, tidur dengan perut kosong dan kelelahan juga tak baik bagi kesehatan. Risiko berikut ini bisa jadi muncul:

  • Mudah marah
  • Sulit tidur
  • Metabolisme terganggu

Jadi, tetaplah lakukan cara membakar kalori setelah makan malam dalam kadar normal untuk dapatkan hasil optimal. Oke?

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Artikel Terkait:

Berlanggaan Gratis!

Dapatkan pemberitahuan artikel menarik dari Supergoat, dengan berlangganan newsletter dibawah ini. Terimakasih :)

Tinggalkan komentar

Ingin Jadi Mitra Kami?

Isi form ini dan kami akan menghubungi Anda.

Pastikan data di atas sudah benar, setelah klik Join Mitra, Anda akan dibawa ke chat WA admin, silakan lanjutkan klik kirim dan jangan hapus pesan.

Form Pemesanan Supergoat

Penting!! Pastikan data di atas sudah benar, setelah klik Pesan Supergoat, Anda akan dibawa ke chat WA admin, silakan lanjutkan klik kirim dan jangan hapus pesan.