fbpx

Cara Jualan Online Di Facebook Bagi Pemula Agar Laris Manis

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Sebagai media sosial yang digunakan lebih dari 2,7 miliar orang, Facebook adalah platform yang efektif untuk memajukan bisnis Anda.

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Apakah Anda termasuk pengguna media social Facebook yang aktif? Jika demikian jangan hanya pakai medsos besutan Mark Zuckerberg ini sekedar untuk berinteraksi, karena Anda juga dapat memanfaatkannya untuk bisnis. Facebook bisa membantu Anda memperluas jangkauan promosi produk Anda jika menerapkan cara jualan online di Facebook bagi pemula ini.

Strategi Berjualan di Facebook Untuk yang Baru Memulai Bisnis Online

Terlepas dari gelarnya sebagai media sosial dengan pengguna terbanyak, Facebook bisa menjadi langkah awal untuk bisnis online modal dengan minim. Ini karena Anda mempromosikan barang dagangan secara gratis, walaupun Facebook juga menyediakan fitur iklan berbayar. Ingin tahu rahasia jualan laris di Facebook?  Begini caranya.

Pakai fitur Halaman Facebook untuk bisnis

Alih-alih langsung posting jualan pada akun personal Anda, sebaiknya manfaatkan fitur Facebook Page atau Halaman Facebook. Sebagai fitur yang memang didesain untuk tujuan komersial, Facebook Page mempunyai beberapa keuntungan, salah satunya tidak ada batasan jumlah audiens. Artinya promosi Anda berkesempatan untuk menjangkau lebih banyak pengguna Facebook.

Facebook Page juga lebih mudah muncul pada mesin pencari Google, dan juga memudahkan Anda untuk memonitor perkembangan bisnis. Halaman Facebook ini menyediakan fitur Insight yang memberikan informasi tentang jumlah viewer, likes, komentar, dan share konten-konten yang Anda posting.

Berinteraksi

Menurut Dewa Eka Prayoga, praktisi digital marketing kenamaan, tujuan utama Facebook adalah sebagai sosial media alih-alih selling media. Jadi Anda perlu berinteraksi dengan audiens Anda untuk menarik perhatian mereka.

Caranya cukup sederhana, yaitu dengan rajin berkomentar, memberi likes, atau berbagi postingan yang menurut Anda bermanfaat. Masih menurut Dewa, semakin intens interaksi Anda dengan teman atau pengikut maka akan semakin besar peluang terjadinya transaksi alias penjualan.

Berbagi/ Sharing

Selanjutnya Dewa menyarankan untuk berkonsentrasi pada giving value atau memberikan manfaat pada postingan-postingan Anda. Jadi cara jualan online di Facebook agar cepat laku adalah dengan memberikan edukasi kepada audiens Anda terutama yang berkaitan dengan produk.

Jadi jangan terus-menerus mengunggah status promosi atau jualan agar follower atau teman tidak akan ilfil yang ujung-ujungnya meng-unfriend  Anda. Banyak berbagi status yang bermanfaat akan membuat postingan Anda ditunggu-tunggu, dan secara otomatis selling Anda juga akan jalan.

Membangun personal brand

Poin ketiga tidak hanya berguna untuk meningkatkan penjualan, tetapi juga akan berimbas pada personal brand Anda. Inilah alasannya Anda perlu sharing status yang berfaedah secara konsisten untuk membentuk citra diri yang positif disamping terus menjalin interaksi.

Akhirnya akan terbangun kepercayaan dari audiens, termasuk target market Anda, sehingga peluang terjadinya penjualan semakin besar.

Pakai fitur marketplace di Facebook

Alternatif cara jualan online di Facebook tanpa modal selanjutnya adalah memanfaatkan fitur marketplace dari Facebook. Di sini pengguna Facebook bisa mencari berbagai produk yang mereka butuhkan lengkap dengan detail spesifikasi serta harganya.

Anda cukup mendaftar dan login untuk menggunakan fitur tersebut secara cuma-cuma. Agar pembeli merasa yakin dengan “toko” Anda, pastikan untuk merespon chat secara cepat dan jawablah pertanyaan calon pelanggan dengan profesional.

Bergabung dengan grup jual beli

Terakhir, Anda bisa bergabung dengan grup jual beli yang relevan dengan produk dagangan Anda. Di sini Anda bisa bebas posting jualan dengan gaya hard selling karena memang untuk itulah tujuan grup dimaksud dibentuk.

Pengguna Facebook yang menjadi member grup memang berniat untuk menjual produk miliknya, atau sebaliknya, membeli barang yang mereka butuhkan. Jadi tidak perlu repot-repot mencari cara membuat status jualan di Facebook jika tujuannya untuk diposting di grup jualan.

Untuk meningkatkan penjualan, bergabunglah dengan banyak grup sehingga postingan Anda lebih mudah disebarkan. Jadi akan semakin banyak pengguna yang melihat tayangan iklan Anda.

Kesimpulan

Untuk Anda yang berniat menjadikan internet sebagai sumber penghasilan, media sosial Facebook bisa jadi pilihan terbaik karena mempunyai jumlah pengguna terbanyak. Meski demikian Anda perlu menguasai triknya agar  agar memberi hasil yang memuaskan.

Mulailah dengan menggunakan fitur Facebook Page, rajinlah berinteraksi dan berbagi, serta bangun citra yang positif untuk meningkatkan kepercayaan audiens. Jika dana untuk memasang iklan berbayar belum tersedia, Anda bisa memanfaatkan fitur bisnis gratis dari Facebook seperti marketplace dan grup jualan.

Praktekkan cara jualan online di Facebook bagi pemula ini secara teratur untuk mendapatkan hasil seperti yang Anda harapkan.

Subscribe laman ini sekarang untuk update informasi bermanfaat seputar gaya hidup dan kesehatan bersama Supergoat.

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Artikel Terkait:

Berlanggaan Gratis!

Dapatkan pemberitahuan artikel menarik dari Supergoat, dengan berlangganan newsletter dibawah ini. Terimakasih :)

Tinggalkan komentar

Ingin Jadi Mitra Kami?

Isi form ini dan kami akan menghubungi Anda.

Pastikan data di atas sudah benar, setelah klik Join Mitra, Anda akan dibawa ke chat WA admin, silakan lanjutkan klik kirim dan jangan hapus pesan.

Form Pemesanan Supergoat

Penting!! Pastikan data di atas sudah benar, setelah klik Pesan Supergoat, Anda akan dibawa ke chat WA admin, silakan lanjutkan klik kirim dan jangan hapus pesan.