fbpx

Anda Perlu Coba 9 Cara Diet tanpa Olahraga yang Mudah dan Aman Ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Mau langsing dan sehat tanpa olahraga? Bisa! Jika Anda menerapkan tips berikut secara konsisten!

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Jika mendengar kata diet mungkin yang terlintas pada benak Anda adalah menahan lapar plus olahraga berat demi bobot tubuh mencapai angka ideal. Bayangan inilah yang membuat sebagian orang bahkan sudah kehilangan semangat sebelum mulai.

Padahal sebenarnya ada cara diet tanpa olahraga yang juga tidak kalah efektifnya dalam menurunkan berat badan tanpa menyiksa diri. Penasaran? Silakan simak ulasan berikut hingga usai.

1. Pakai Piring Kecil

piring kecil

Konon ukuran piring makan di jaman sekarang lebih besar daripada piring makan yang dipakai beberapa puluh tahun lalu. Dampaknya ternyata tidak sepele, mulai dari kenaikan berat badan hingga obesitas.

Faktanya saat menggunakan piring makan yang besar otak akan menilai makanan yang terhidang hanya sedikit. Akibatnya, Anda merasa harus nambah porsi makan! Menggunakan piring makan kecil adalah tips kurus tanpa diet dan olahraga yang bisa mengontrol asupan makanan Anda sehari-hari.

Alternatif lainnya untuk memanfaatkan trik yang satu ini adalah pakai piring besar untuk menghidangkan makanan bernutrisi. Sebaliknya, untuk snack, camilan tinggi gula atau garam pakai saja piring yang ukurannya paling kecil di lemari Anda.

2. Makan dengan Perlahan 

diet sehat dan alami

Ternyata butuh waktu beberapa saat sampai otak mengaktifkan sinyal “kenyang” setelah sistem pencernaan berjalan. Inilah sebabnya Anda sebaiknya menyantap makanan atau mengunyah dengan perlahan agar porsi yang kecil saja membuat otak merasa cukup.

Lagipula bukankah kita selalu direkomendasikan untuk mengunyah makanan sebanyak 32 kali sedari kecil dulu? Alasannya agar kerja sistem pencernaan jadi lebih ringan sehingga kesehatannya tetap terjaga mengingat tekstur makanan menjadi lebih cair dan lembut saat ditelan.

Pada jurnal yang dipublikasikan pada situs National Library of Medicine terungkap temuan bahwa kecepatan makan memang berkaitan dengan peningkatan berat badan.

Ternyata, mereka yang makan lebih cepat cenderung mengalami kenaikan berat badan daripada mereka yang bersantap dengan santai.  

3. Konsumsi Serat

makanan tinggi serat

Karen Ansel, MS, RDN, ilmuan yang menulis buku Healing Superfoods for Anti-Aging: Stay Younger, Live Longer, menyatakan bahwa serat dapat melangsingkan tubuh. Kandungan serat yang Anda konsumsi akan mengembang pada usus Anda seperti spons sehingga perut terasa kenyang.

Selain itu, serat juga berdampak positif  bagi bakteri-bakteri baik dalam usus yang menunjang produksi hormon pengirim sinyal kenyang kepada otak. Dalam sehari paling sedikit Anda perlu mengonsumsi 25 gram serat misalnya pada buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, serta biji-bijian.

4. Memenuhi Asupan Protein

makanan tinggi protein

Apakah diet tanpa olahraga bisa berhasil? Bisa jika Anda menambah porsi protein dalam menu sehari-hari! Ini karena protein dapat mempengaruhi hormon –hormon yang “memberi tahu” tubuh tentang rasa lapar dan kenyang.

Jika Anda lebih sering merasa kenyang daripada lapar tentu keinginan untuk ngemil atau menyantap hidangan berkalori tinggi jadi berkurang.

Jadi mulai sekarang jangan menghindari makanan daging-dagingan yang dulu mungkin dipercaya akan menggemukkan badan. Asupan protein bisa Anda dapatkan dari dada ayam tanpa kulit, daging merah tak berlemak, ikan, tahu, dan tempe, serta almond.

5. Memenuhi Kebutuhan Cairan

banyak minum air mineral

Saat tubuh kekurangan cairan otak bisa saja mengasumsikannya sebagai rasa lapar yang mengakibatkan Anda makan semakin banyak. Nah, untuk mencegahnya pastikan kebutuhan cairan Anda terpenuhi secara optimal.

Salah satu cara yang dapat Anda coba adalah minum segelas air di antara jadwal makan untuk menghindari ngemil. Segelas air lagi sebelum makan juga terbukti mempercepat rasa kenyang dan mengurangi porsi makan Anda.

Selain itu Anda juga bisa makan hidangan yang mengandung air seperti mentimun/zucchini, melon, semangka, dan jeruk.

Alasannya air yang terkandung dalam makanan butuh waktu lebih lama untuk keluar dari tubuh sehingga Anda merasa kenyang lebih lama. Demikian menurut Barbara Rolls, direktur Pennsylvania State University’s Laboratory for the Study of Human Ingestive Behavior.

6. Menghindari Stres

tips diet ampuh tanpa olahraga

Orang cenderung makan banyak saat stres melanda, atau justru kehilangan selera makan sama sekali. Ini karena lonjakan hormon stres (kortisol) yang dapat mengacaukan sensor lapar atau kenyang dari otak.

Jadi agar cara diet alami minus olahraga yang kita bicarakan ini sukses, Anda juga perlu mengelola stres dengan baik.

Caranya bisa sangat sederhana, misalnya meditasi, berzikir, rekreasi, bercengkrama dengan orang-orang terdekat, membaca buku favorit, menonton film, dan sebagainya.

7. Tidur yang Cukup

Saat waktu tidur berkurang, misalnya karena sibuk lembur atau baru punya bayi, ternyata tubuh memproduksi lebih banyak hormon penambah nafsu makan.

Sebaliknya, hormon yang memberitahu jika Anda sudah cukup makan justru berkurang jumlahnya. Tak heran hal inilah yang membuat Anda cenderung makan lebih banyak hidangan berkalori tinggi dan sarat gula untuk menemani begadang.

Artinya, jika ingin berat badan turun dalam waktu singkat, pastikan Anda mendapatkan istirahat yang cukup dan berkualitas.

8. Mengecek Kemajuan Anda

diet alami tanpa olahraga

Anda tidak akan tahu program diet sukses tanpa olahraga yang Anda lakukan ini berhasil atau tidak jika enggan menimbang badan.

Bagi beberapa orang berhubungan dengan timbangan badan memang cukup menguji nyali, tapi Anda perlu mengecek progress yang terjadi.

Lagipula tak perlu dilakukan setiap hari, cukup 2 atau 3 kali seminggu saja. Dengan begitu Anda bisa melakukan evaluasi jika hasilnya ternyata tak sesuai harapan.

9. Minum Susu

susu diet tanpa olahraga

Siapa sangka jika menjadikan susu bisa menjadi bagian dari diet untuk melangsingkan badan. Ini karena susu hewan, baik sapi atau susu kambing etawa mengandung protein lengkap atau asam amino esensial.

Untuk memproses protein tersebut sistem pencernaan harus bekerja lebih keras dan lebih lama sehingga lambung tidak cepat kosong. Dengan begitu, Anda jadi tidak mudah kelaparan dan lebih mampu mengendalikan keinginan menyantap aneka jenis hidangan.

Untuk Anda yang mengalami intoleransi laktosa bawaan, alih-alih susu sapi cobalah beralih kepada susu kambing etawa! Alasannya adalah kandungan laktosa susu kambing lebih sedikit daripada susu sapi sehingga lebih bersahabat bagi penderita alergi tersebut.

Selain itu, susu kambing etawa juga menyediakan nutrisi yang lebih padat daripada susu sapi. Ini terutama kalsium, vitamin A, vitamin B kompleks, dan mineral-mineral penting.

Anda ingin mencoba? Supergoat, produk susu kambing etawa instan dengan tambahan gula aren asli bisa jadi pilihan! Tidak hanya nikmat cita rasanya, indeks glikemik gula aren yang rendah membuat Supergoat aman bagi siapa saja, termasuk penderita diabetes.

Kesimpulan

Ternyata dengan memodifikasi gaya hidup dan pola makan dapat membantu Anda menurunkan berat badan secara efektif bahkan tanpa olahraga keras.

Beberapa cara menurunkan berat badan tanpa olahraga dan obat-obatan tersebut di atas bisa jadi pilihan. Antara lain dengan menggunakan piring berukuran kecil, mengunyah lebih lambat, minum air, memprioritaskan makanan kaya protein dan serat, dan cukup tidur.

Selamat mencoba!

Bagikan informasi ini pada media sosial Anda agar semakin banyak orang mendapatkan manfaatnya! Jangan lupa klik subscribe untuk update informasi terkait gaya hidup dan kesehatan.   

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Artikel Terkait:

Berlanggaan Gratis!

Dapatkan pemberitahuan artikel menarik dari Supergoat, dengan berlangganan newsletter dibawah ini. Terimakasih :)

Tinggalkan komentar

Ingin Jadi Mitra Kami?

Isi form ini dan kami akan menghubungi Anda.

Pastikan data di atas sudah benar, setelah klik Join Mitra, Anda akan dibawa ke chat WA admin, silakan lanjutkan klik kirim dan jangan hapus pesan.

Form Pemesanan Supergoat

Penting!! Pastikan data di atas sudah benar, setelah klik Pesan Supergoat, Anda akan dibawa ke chat WA admin, silakan lanjutkan klik kirim dan jangan hapus pesan.