fbpx

20+ Buah yang Mengandung Vitamin C Tinggi & Menyehatkan

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Meskipun hampir semua buah mengandung vitamin C, Anda perlu tahu yang tertinggi diantaranya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Mengkonsumsi buah yang mengandung vitamin C tentu saja bagus untuk tubuh. Setidaknya, ada tujuh manfaat yang akan Anda dapatkan:

  • Meningkatkan imunitas tubuh
  • Menjaga kulit sehat dan tetap kencang
  • Membantu tekanan darah tetap terkontrol
  • Mencegah asam urat
  • Membantu menurunkan kadar kolesterol
  • Mempercepat penyembuhan luka
  • Menurunkan resiko terkena penyakit kronis

Untuk dapatkan khasiatnya, pria dewasa membutuhkan 90 miligram vitamin C per-hari, sedangkan wanita 75 miligram. Jika Anda ingin memenuhinya, ada banyak sekali pilihan buah yang bisa dikonsumsi. Kami akan membahas 20 diantaranya.

1. Jeruk

Jeruk sangat sering dikaitkan dengan vitamin C. Faktanya, kandungan vitamin C pada jeruk memang tinggi. Meskipun bukan yang tertinggi, namun jeruk juga mengandung mineral penting seperti kalsium, kalium, zat besi, magnesium, dan zinc yang tubuh butuhkan.

Vitamin C (per-100 gram)53,2 miligram
Persentase Kebutuhan Harian59%

2. Jambu Biji

Buah yang mengandung vitamin C

Buah apa yang mengandung vitamin C paling tinggi? Ternyata bukan jeruk, melainkan jambu biji. Bahkan, buah ini juga melengkapi khasiatnya dengan vitamin A, E, K, serta berbagai mineral yang sama-sama dimiliki jeruk. Paket lengkap dalam jambu biji ini tentu sangat menggiurkan.

Vitamin C (per-100 gram)228 miligram
Persentase Kebutuhan Harian254%

3. Lengkeng

Tak banyak yang tahu, buah kecil dengan cangkang berwarna coklat ini juga tergolong salah satu sumber vitamin C tertinggi. Meski nyaris tidak mengandung jenis vitamin lainnya, tapi Anda bisa menjadikannya pilihan nomor 1 jika mencari sumber vitamin C.

Vitamin C (per-100 gram)71,5 miligram
Persentase Kebutuhan Harian79%

4. Pepaya

Buah yang berasal dari Meksiko, Amerika Tengah ini juga menawarkan vitamin C yang cukup tinggi. Jika Anda punya problem pencernaan, pepaya juga disarankan mengkonsumsinya saat perut masih kosong, karena mengandung enzim yang mampu melancarkan pencernaan.

Vitamin C (per-100 gram)60,9 miligram
Persentase Kebutuhan Harian68%

5. Strawberry

Selain cocok untuk diet karena kandungannya rendah kalori dan lemak, strawberry juga sanggup memenuhi kebutuhan harian vitamin C Anda. Ketimbang vitamin E dan K yang juga ada di dalamnya, kadar vitamin C pada strawberry jauh lebih tinggi. Jadi, patut untuk Anda coba.

Vitamin C (per-100 gram)58,8 miligram
Persentase Kebutuhan Harian65%

6. Melon

Selain menyegarkan karena kandungan air yang mencapai 90%, melon juga dilengkapi dengan vitamin C. Bukan hanya itu, melon terkenal untuk Anda yang mengalami dehidrasi, masalah pencernaan, atau sedang hamil. Tak perlu ragu konsumsi melon untuk dapatkan khasiatnya.

Vitamin C (per-100 gram)61 miligram
Persentase Kebutuhan Harian68%

7. Mangga

Buah yang mengandung vitamin C untuk asam lambung

Vitamin C pada mangga juga tak kalah tinggi. Anda bisa mengkonsumsinya tanpa khawatir. Kecuali, jika Anda punya problem dengan diabetes. Kandungan gula yang tinggi pada mangga, tidak direkomendasikan untuk Anda karena akan memperparah penyakit.

Vitamin C (per-100 gram)60,1 miligram
Persentase Kebutuhan Harian67%

8. Lemon

Buah yang mengandung vitamin C selain jeruk

Lemon adalah alternatif bagi Anda yang senang dengan konsumsi buah dalam kelompok citrus. Kadar vitamin C-nya hampir sama dengan jeruk. Apalagi, kalori dalam lemon jauh lebih rendah, sehingga lebih cocok Anda konsumsi jika sedang diet.

Vitamin C (per-100 gram)53 miligram
Persentase Kebutuhan Harian59%

9. Nanas

Buah yang mengandung vitamin C dan K

Nanas hanya mengandung dua jenis vitamin, yakni C dan K. Namun, kadar vitamin C nya lumayan tinggi. Untungnya, mineral pada nanas cukup lengkap. Terdapat kalsium, kalium, zat besi, magnesium, hingga seng yang pastinya bagus untuk tubuh Anda.

Vitamin C (per-100 gram)47,8 miligram
Persentase Kebutuhan Harian53%

10. Kiwi

Buah yang mengandung vitamin C dan E

Jika Anda mencari buah yang mengandung vitamin C dan E dalam kadar tinggi, kiwi bisa jadi jawaban. Khusus vitamin C-nya, hanya dengan mengkonsumsi 100 gram, Anda sudah mampu memenuhi kebutuhan harian. Kiwi juga memiliki mineral lengkap yang sayang untuk Anda lewatkan menjadi konsumsi harian.

Vitamin C (per-100 gram)92 miligram
Persentase Kebutuhan Harian103%

11. Markisa

Markisa terkenal efektif untuk menurunkan resiko penyakit kanker. Salah satu sebabnya, karena buah ini mengandung vitamin C yang lumayan tinggi. Selain itu, markisa juga tergolong buah kaya serat ketimbang buah-buah lainnya. Jadi, bagus untuk pencernaan.

Vitamin C (per-100 gram)30 miligram
Persentase Kebutuhan Harian33%

12. Kesemek

Buah berwarna oranye yang sepintas mirip tomat ini mungkin asing bagi sebagian dari Anda. Namun, jika berkesempatan, Anda bisa mengkonsumsinya. Selain kaya vitamin C, kesemek juga kaya dengan serat serta berbagai jenis mineral, terutama zat besi, kalium, serta magnesium.

Vitamin C (per-100 gram)66 miligram
Persentase Kebutuhan Harian77%

13. Sukun

Vitamin C juga menjadi nutrisi unggulan dalam buah sukun. Meski dalam kadar lebih kecil, sukun juga mengandung nutrisi lain seperti serat, vitamin E, hingga B12. Sayangnya, sukun akan terfermentasi ketika masuk ke sistem pencernaan manusia yang implikasinya menaikan asam lambung.

Vitamin C (per-100 gram)29 miligram
Persentase Kebutuhan Harian32%

14. Sirsak

Bagaimana vitamin C pada buah sirsak? Jawabannya, cukup tinggi. Buah ini juga bisa membantu meredakan nyeri yang muncul ketika asam lambung naik. Selain itu, antioksidan di dalamnya berguna dalam mencegah radikal bebas merusak sistem pencernaan Anda.

Vitamin C (per-100 gram)20,6 miligram
Persentase Kebutuhan Harian23%

15. Bengkoang

Antioksidan yang tinggi pada bengkoang membuat banyak orang memanfaatkannya untuk kecantikan. Beberapa produk kecantikan populer biasanya mempromosikan kadar bengkoang di dalamnya. Belum banyak yang tahu, faktanya vitamin C dalam bengkoang juga lumayan tinggi.

Vitamin C (per-100 gram)20,2 miligram
Persentase Kebutuhan Harian22%

16. Srikaya

Jika Anda sering mengkonsumsi roti sobek, Anda kemungkinan sudah akrab dengan srikaya yang kerap jadi isiannya. Faktanya, vitamin C dalam srikaya juga tidak bisa dikatakan kecil. Vitamin unggulan lain yang terdapat dalam buah ini adalah B6 yang bisa menguatkan energi dan fungsi otak.

Vitamin C (per-100 gram)19,2 miligram
Persentase Kebutuhan Harian21%

17. Sawo

Nutrisi unggulan buah sawo terletak pada seratnya yang mampu memenuhi 19% kebutuhan harian per-100 gramnya. Sedangkan vitamin C, jadi nutrisi unggulan kedua. Namun, jumlahnya tak begitu kecil. Jadi, bisa juga Anda jadikan alternatif yang menyehatkan.

Vitamin C (per-100 gram)14,7 miligram
Persentase Kebutuhan Harian16%

18. Delima

Dibalik warna merahnya yang menggoda, buah delima juga kaya nutrisi. Selain vitamin C, delima mengandung vitamin K dalam jumlah yang lebih besar. Selain itu, buah ini juga memiliki mineral yang cukup lengkap beserta serat yang tak kalah bermanfaat bagi tubuh.

Vitamin C (per-100 gram)10,2 miligram
Persentase Kebutuhan Harian11%

19. Alpukat

Vitamin C bukanlah nutrisi unggulan dalam alpukat. Tapi, Anda perlu mempertimbangkan nutrisi lainnya yang tergolong tinggi jika dibandingkan buah-buah lainnya. Misalnya vitamin E, K, serta serat yang bisa memenuhi 24% kebutuhan harian hanya dengan konsumsi 100 gram saja.

Vitamin C (per-100 gram)10 miligram
Persentase Kebutuhan Harian11%

20. Pisang

Anda suka makan pisang? Sebenarnya, vitamin C di dalamnya tidak begitu besar. Hanya seperti alpukat, pisang memiliki berbagai gizi lain yang membuatnya sayang Anda lewatkan. Terutama potasiumnya yang mampu menjaga kesehatan jantung serta mencegah darah tinggi.

Vitamin C (per-100 gram)8,7 miligram
Persentase Kebutuhan Harian10%

21. Buah Naga

Terakhir, ada buah naga. Buah ini memiliki vitamin C dengan kadar yang mirip dengan pisang. Sayangnya, buah ini mungkin tak begitu ramah bagi Anda yang sedang diet atau menghindari gula dalam jumlah tinggi. Jadi, jangan terlalu banyak mengkonsumsinya.

Vitamin C (per-100 gram)8,6 miligram
Persentase Kebutuhan Harian10%

Rekomendasi

Hampir semua buah, sebenarnya mengandung vitamin C. Apa yang kami sajikan dalam daftar hanyalah deretan dengan kadar paling tinggi dibanding yang lainnya.

Jadi, jika Anda kesulitan menemukan buah-buah di atas, Anda masih mengkonsumsi buah-buah lain yang mudah ditemukan, seperti apel, pear, semangka, anggur, dan lainnya. Meskipun kadar vitamin C di dalamnya tak menyentuh 10% kebutuhan harian, tapi gizi lainnya tak bisa Anda sepelekan.

Bagaimana jika kesulitan menemukan seluruh buah yang mengandung vitamin C? Anda masih bisa mendapatkannya dari sumber lain seperti susu kambing etawa dari Supergoat. Menariknya, ada berbagai nutrisi lain yang dimiliki susu ini namun tak ada di dalam buah-buahan.

Bagaimana, apakah Anda tertarik mencobanya juga?

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Artikel Terkait:

Berlanggaan Gratis!

Dapatkan pemberitahuan artikel menarik dari Supergoat, dengan berlangganan newsletter dibawah ini. Terimakasih :)

Tinggalkan komentar

Ingin Jadi Mitra Kami?

Isi form ini dan kami akan menghubungi Anda.

Pastikan data di atas sudah benar, setelah klik Join Mitra, Anda akan dibawa ke chat WA admin, silakan lanjutkan klik kirim dan jangan hapus pesan.

Form Pemesanan Supergoat

Penting!! Pastikan data di atas sudah benar, setelah klik Pesan Supergoat, Anda akan dibawa ke chat WA admin, silakan lanjutkan klik kirim dan jangan hapus pesan.