fbpx

13 Buah yang Mengandung Protein Tinggi untuk Diet & Ibu Hamil

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Setiap hari, tubuh Anda membutuhkan protein. Deretan buah ini akan membantu Anda memenuhinya.

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Hampir semua buah itu bergizi dan baik untuk tubuh. Namun, jika yang Anda cari buah yang mengandung protein, Anda perlu menaruh perhatian pada sebagian buah yang akan kami bahas dalam artikel ini. 

Kandung protein dalam buah-buah berikut, lebih besar ketimbang buah-buah lainnya. Anda bisa mengkonsumsinya  untuk berbagai tujuan. Terutama, untuk diet atau saat hamil.

Buah yang Mengandung Protein

1. Alpukat

Protein dari Alpukat

Protein alpukat cukup besar untuk ukuran buah, meskipun nutrisi unggulannya terletak pada lemak sehat yang mengisi setengah bagian kandungannya. Selain itu, buah ini memiliki serat yang tinggi hingga mampu memenuhi 24% kebutuhan harian. 

Jumlah Protein3 gram per cangkir (150g)
Persentase Kebutuhan Harian6%

2. Jambu Biji

Protein dari Jambu

Buah ini tergolong buah tinggi protein rendah lemak. Jadi, Anda yang sedang menjaga diri dari konsumsi lemak berlebih, sangat direkomendasikan memakan jambu biji. Protein sendiri merupakan makronutrien terbesar kedua setelah karbohidrat dalam satu buah jambu biji.

Jumlah Protein4,2 gram per cangkir {165g)
Persentase Kebutuhan Harian8%

3. Nangka

Protein dari Nangka

Tahukah Anda, ternyata buah yang sering masuk dalam resep masakan olahan nusantara ini ternyata kaya dengan protein. Namun jika Anda sedang diet karbo, sebaiknya jangan konsumsi terlalu banyak. Hal ini karena kandungan karbohidratnya tergolong tinggi.

Jumlah Protein2,8 gram per cangkir {165g)
Persentase Kebutuhan Harian6%

4. Blackberry

Protein dari Blackberry

Jika yang Anda cari buah tinggi protein rendah kalori, buah blackberry bisa jadi solusinya. Di antara jenis buah berry lainnya, buah berwarna hitam ini menawarkan protein dalam jumlah yang paling tinggi. Kadar kalori  yang dalam 1 cangkirnya hanya 66 Kkal, membuatnya tepat jadi camilan saat diet.

Jumlah Protein2 gram per cangkir {144g)
Persentase Kebutuhan Harian4%

5. Raspberry

Protein dari Raspbery

Kalau Anda kesulitan mencari Blackberry, alternatif paling dekat adalah raspberry. Meski kandungan proteinnya tak sebesar blackberry, tapi buah ini mengandung lebih banyak serat. Jika blackberry hanya memenuhi 27% kebutuhan harian, maka raspberry bisa mencukupkan hingga 29%.

Jumlah Protein1,2 gram per cangkir {123g)
Persentase Kebutuhan Harian3%

6. Pisang

Protein dari Pisang

Protein pisang tak bisa Anda sepelekan. Meskipun protein bukan merupakan nutrisi unggulannya, tapi buah ini tetap layak Anda pertimbangkan. Apalagi, pisang sangat mudah ditemukan. Sayangnya, pisang mungkin akan kurang cocok bagi sebagian dari Anda. Karena, jumlah karbo dan kalori totalnya relatif tinggi.

Jumlah Protein1,6 gram per cangkir {150g)
Persentase Kebutuhan Harian3%

7. Aprikot

Protein dari Aprikot

Anda bisa aprikot dalam bentuk kering dijual di Indonesia. Selain memiliki cukup protein, aprikot juga sangat rendah lemak. Bayangkan, per takaran cangkir, buah ini hanya mengandung 0,5 gram lemak dan gula. Tentu, ini fakta yang menarik bukan?

Jumlah Protein2,2 gram per cangkir {155g)
Persentase Kebutuhan Harian4%

8. Kismis

Protein dari Kismis

Jika Anda kesulitan mencari aprikot, Anda bisa temukan buah kering lainnya yang lebih mudah, yakni kismis. Buah berwarna hitam ini bisa Anda jadikan pelengkap pada menu-menu harian. Selain menambah kadar protein pada, taburan kismis juga bisa menambah kelezatan makanan Anda.

Jumlah Protein3,3 gram per 100g
Persentase Kebutuhan Harian7%

9. Ceri Manis

Protein dari Ceri

Buah manis asal berwarna merah ini juga mengandung protein yang lumayan tinggi. Menariknya, meski mengandung karbohidrat tinggi, lemak dan kalori totalnya  termasuk rendah. Jika Anda tak sedang diet rendah karbo, ceri manis adalah pilihan bagus sebagai teman cemilan. 

Jumlah Protein1,6 gram per cangkir {154g)
Persentase Kebutuhan Harian3%

10. Kiwi

Protein dari Kiwi

Selain terkenal dengan kandungan Vitamin C dan E yang tinggi, buah kiwi juga ternyata kaya dengan protein. Buah yang biasanya berwarna hijau atau keemasan ini memiliki kelebihan lain pada kandungan potasium, magnesium, serta kalsiumnya yang bisa memenuhi 5-12% persen kebutuhan harian.

Jumlah Protein2,1 gram per cangkir {165g)
Persentase Kebutuhan Harian4%

11. Jeruk Bali

Protein dari Jeruk Bali

Sebenarnya, jeruk pada umumnya mengandung protein. Hanya saja, jika Anda mencari yang kandungannya paling tinggi, Anda sebaiknya konsumsi jeruk bali. Selain kadar proteinnya memadai, buah ini dibekali kalsium, vitamin C, serta zat besi yang berguna bagi tubuh. 

Jumlah Protein1,4 gram per cangkir {240g)
Persentase Kebutuhan Harian3%

12. Persik 

Protein dari Persik

Buah persik mengandung protein meski jumlahnya tak begitu tinggi. Meskipun demikian, Anda yang sedang diet perlu mempertimbangkannya. Faktanya, satu cangkir persik hanya mengandung 60 kalori. Selain itu, di dalamnya nyaris tak ada lemak dan rendah karbohidrat sehingga bisa menjadi buah yang mengandung protein untuk diet.

Jumlah Protein1,4 gram per cangkir {154g)
Persentase Kebutuhan Harian3%

13. Blewah

Protein dari Blewah

Dibalik fakta bahwa 90% kandungan blewah adalah air, buah ini nyatanya memiliki protein yang lumayan. Anda yang sedang fokus mengurangi lemak, kalori, dan karbohidrat juga layak untuk menyisipkan blewah dalam menu harian. Komposisi lemak, karbohidrat, serta kalori totalnya mirip-mirip dengan persik.

Jumlah Protein1,5 gram per cangkir {177g)
Persentase Kebutuhan Harian3%

Rekomendasi

Meskipun buah-buahan di atas mengandung protein lebih tinggi ketimbang buah-buah lainnya, jumlahnya masih kurang untuk memenuhi kebutuhan harian. Rata-rata, 1 cangkirnya hanya mampu memenuhi 3-8% saja.

Jadi, Anda tetap perlu menambah asupan buah dengan sumber-sumber makanan dan minuman kaya protein lainnya. Perlu Anda ketahui, setiap hari Anda membutuhkan 45-60 gram protein agar tetap dalam kondisi sehat. 

Maka, selain mengkonsumsi buah yang mengandung protein, kami sarankan Anda juga mengkonsumsi asupan lain seperti Supergoat. Susu kambing etawa ini selain memiliki cukup protein, juga memiliki rasa yang lezat dan segudang manfaat.  

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Artikel Terkait:

Berlanggaan Gratis!

Dapatkan pemberitahuan artikel menarik dari Supergoat, dengan berlangganan newsletter dibawah ini. Terimakasih :)

Tinggalkan komentar

Ingin Jadi Mitra Kami?

Isi form ini dan kami akan menghubungi Anda.

Pastikan data di atas sudah benar, setelah klik Join Mitra, Anda akan dibawa ke chat WA admin, silakan lanjutkan klik kirim dan jangan hapus pesan.

Form Pemesanan Supergoat

Penting!! Pastikan data di atas sudah benar, setelah klik Pesan Supergoat, Anda akan dibawa ke chat WA admin, silakan lanjutkan klik kirim dan jangan hapus pesan.