fbpx

7 Macam Buah yang Harus Dihindari Saat Diet Melangsingkan Badan

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Buah-buahan memang menyehatkan dan kaya nutrisi, namun saat sedang diet beberapa jenis buah berikut justru harus Anda hindari.

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Saat tengah berdiet untuk menurunkan berat badan kita selalu diberitahu untuk banyak mengkonsumsi sayur dan buah. Ini tidak salah karena sebagian besar sayuran dan buah memang rendah kalori sekaligus menyediakan pasokan nutrisi penting. Namun faktanya ada beberapa buah yang harus dihindari saat diet atau paling tidak dibatasi karena dapat meningkatkan berat badan.

Agar Cepat Langsing Buah-buahan Ini Harus Dihindari Saat Diet

Buah-buahan pada daftar di bawah ini justru mengandung kalori dan gula tinggi yang sebaiknya Anda hindari saat menjalankan program diet.

Alpukat

Alpukat memang merupakan sumber lemak baik dan sehat namun Anda tidak boleh mengkonsumsinya berlebihan jika ingin menurunkan berat badan. Bayangkan, dalam 100 gr alpukat terkandung lebih kurang 160 kalori apalagi jika Anda menyantapnya dengan tambahan gula atau kental manis.

Meski begitu bukan berarti Anda harus sepenuhnya menghilangkan alpukat dari menu diet asalkan membatasi konsumsinya secara bijak.

Anggur

Ternyata buah bikin gagal diet berikutnya adalah anggur! Terlepas dari kandungan antioksidan dan nutrisi lainnya, jika sedang diet untuk menurunkan berat badan sebaiknya jangan makan buah anggur terlalu banyak. Ini karena dalam 100 gr anggur terdapat sekitar 67 kalori serta 16 gr gula!

Bentuknya yang kecil memang kerap membuat orang lupa diri saat ngemil buah ini sehingga tanpa terasa sudah memakannya dalam jumlah banyak.

Nanas

Dari citarasanya yang begitu manis seharusnya Anda sudah dapat menduga bahwa buah yang dagingnya berwarna kuning ini mengandung banyak gula. Dalam satu cangkir buah nanas ternyata terkandung hingga 17 gr gula. Pantas saja jika berat badan Anda sulit mencapai angka ideal jika hobi menyantap buah nanas.

Mangga

Buah tropis yang satu ini juga termasuk makanan yang harus dihindari saat diet lagi-lagi karena kandungan gulanya yang cukup tinggi. Kandungan gula pada secangkir buah mangga mencapai 22 gr, yang bahkan lebih tinggi daripada nanas dan anggur.

Juliana Shalek MS, RD, CDN, pakar gizi sekaligus pemilik The Nutrition Suite juga menyarankan untuk memperhatikan takaran porsi mangga jika tengah berdiet.

Semangka

Anda mungkin sering mendengar bahwa semangka adalah buah yang bagus untuk diet mengingat kandungan serat dan airnya yang tinggi. Namun faktanya dalam setiap irisan semangka berukuran sedang terdapat sekitar 17 gram gula. Anda tidak perlu menghindarinya sama sekali, melainkan batasi saja konsumsinya secara wajar.

Sebagai gambaran, dalam satu cangkir semangka hanya terkandung sekitar 9 gr gula. Jadi jangan menyantapnya lebih dari jumlah tersebut.

Buah kering

Idealnya Anda memang mengkonsumsi buah-buahan dalam keadaan segar untuk mendapatkan manfaat nutrisinya secara utuh. Lagipula buah-buahan kering seperti kismis atau plum kandungan kalorinya jadi semakin tinggi akibat hilangnya kandungan air.

Dalam secangkir kismis atau plum kering terdapat hingga 500 kalori. Cukup tinggi, bukan? Sedangkan saat tengah berdiet kebutuhan kalori Anda per hari hanya sekitar 1200 sampai 1500 kalori.

Buah kaleng

Buah kaleng memang praktis karena Anda dapat langsung menyantapnya tanpa perlu mengupas dulu. Namun jika sedang dalam program menurunkan berat badan, sebaiknya hindari jenis makanan yang satu ini. Alasannya karena produsen biasanya menambahkan banyak gula dalam pemrosesannya sehingga akan mengacaukan diet Anda.

Ini termasuk risiko melonjaknya gula darah yang dapat menggangu kesehatan. Sebagai gantinya Anda bisa mengkonsumsi apel atau pir yang kaya serat, mengandung berbagai nutrisi, namun cukup rendah kalori.

Kesimpulan:

Ternyata tidak semua buah dapat Anda konsumsi saat sedang menjalankan program diet untuk melangsingkan tubuh. Ini karena beberapa buah mempunyai kandungan kalori dan gula yang tinggi. Sementara untuk menurunkan berat badan Anda perlu memangkas asupan kalori! Dengan informasi buah yang harus dihindari saat diet di atas, Anda jadi lebih mudah menyusun menu diet yang benar.

Agar aktivitas harian tidak terganggu karena kelaparan saat diet konsumsi juga Supergoat, susu kambing etawa bubuk plus gula aren yang kaya nutrisi sekaligus mengenyangkan. Selamat mencoba!

Share on facebook
Share on twitter
Share on whatsapp
Share on telegram
Share on print

Artikel Terkait:

Berlanggaan Gratis!

Dapatkan pemberitahuan artikel menarik dari Supergoat, dengan berlangganan newsletter dibawah ini. Terimakasih :)

Tinggalkan komentar

Ingin Jadi Mitra Kami?

Isi form ini dan kami akan menghubungi Anda.

Pastikan data di atas sudah benar, setelah klik Join Mitra, Anda akan dibawa ke chat WA admin, silakan lanjutkan klik kirim dan jangan hapus pesan.

Form Pemesanan Supergoat

Penting!! Pastikan data di atas sudah benar, setelah klik Pesan Supergoat, Anda akan dibawa ke chat WA admin, silakan lanjutkan klik kirim dan jangan hapus pesan.